• Home
  • Tips
  • Cara Membuat Website Desa Mudah dan Praktis

Cara Membuat Website Desa Mudah dan Praktis

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Siapa yang berani bilang bahwa sebuah desa tidak boleh memiliki website? Di era yang sangat modern seperti saat ini, memiliki website adalah sebuah keharusan termasuk website desa dan luar biasanya lagi saat ini kamu dapat membaca cara membuat website disini. Tidak hanya untuk entitas bisnis, memiliki sebuah website dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi siapapun. Mau tahu lebih lanjut tentang manfaat memiliki website dan cara membuat website desa dengan mudah, praktis, dan yang pasti murah? Baca artikel cara membuat website desa ini sampai tuntas ya!

Mengenal Lebih Dalam Tentang Website 

Website Adalah

Website adalah kumpulan halaman yang dapat diakses publik dan saling terkait dalam satu nama domain. Website dapat dibuat dan dikelola oleh individu, grup, bisnis, atau organisasi untuk keperluan berbagai tujuan.

Cara Membuat Website Desa
Sumber: Envato

Website datang dalam variasi atau inovasi bentuk yang hampir tak ada habisnya, termasuk website pendidikan, berita, forum, media sosial, e-commerce, dan sebagainya termasuk website desa. Halaman-halaman dalam website biasanya merupakan campuran teks dan media atau elemen lainnya. Meskipun demikian, tidak ada aturan yang menentukan bentuk website. 

Seseorang dapat membuat situs web yang hanya berisi foto, atau kata kata-kata yang ditautkan ke halaman website lain. Namun, banyak situs mengikuti pola standar seperti adanya menu beranda yang tertaut ke kategori dan konten lain di dalam satu website. Beranda mewakili halaman utama situs itu sendiri. Seringkali, beranda adalah semacam “hub” dari mana semua halaman lain dapat diakses. 

Setiap halaman adalah satu dokumen HTML, dan semuanya terhubung melalui hyperlink yang dapat digabungkan dalam satu navigasi untuk kemudahan penggunaan. Bilah navigasi ditampilkan di setiap halaman, bukan hanya beranda, dan memungkinkan pengguna untuk berpindah dengan cepat melintasi struktur situs halaman website utama. Maka dari itu bilah navigasi biasanya selalu dibuat secara konsisten ditempat yang sama alias tidak berpindah.

Bagian penting lainnya dari sebagian besar website adalah footer, yang merupakan bagian berulang lainnya yang ditemukan di bagian bawah setiap halaman. Biasanya footer berisi tautan eksternal dan internal yang mengarah ke website serupa atau halaman lain dari website yang sama, bersama dengan info penting lainnya seperti tautan ke persyaratan layanan, kebijakan privasi, dan halaman kontak, serta alamat fisik perusahaan atau pemilik website. 

Website di web hosting murah server, dan memerlukan browser web seperti Chrome, Firefox, atau Internet Explorer untuk mengaksesnya (baik di komputer atau perangkat seluler). Sebuah website dapat diakses langsung dengan memasukkan alamat url-nya atau dengan mencarinya di search engine seperti Google. Lalu apa itu website desa dan bagaimana cara membuat web desa?

Cara Membuat Website Desa
Sumber: Envato

Pengertian Website Desa

Merujuk pada pengertian website diatas, website desa adalah website yang berisi atau membahas topik mengenai suatu desa. Artinya halaman-halaman dalam website tersebut akan menampilkan apapun yang menggambarkan dan mewakili desa tersebut. 

Pada dasarnya sebuah website desa hanyalah berupa website informasi dengan beli domain dengan nama desa tertentu di Indonesia, artinya website ini dibangun untuk sekedar menampilkan informasi, tanpa adanya fitur lainnya yang kompleks. Tentu sangat jarang atau bahkan kamu tidak akan menemukan sebuah website desa yang memiliki fitur toko online di dalamnya. Lalu bagaimana cara membuat website desa?

Mengapa Desa Harus Memiliki Website?

Mungkin sebagian dari kamu mengira bahwa membuat website untuk sebuah desa adalah hal yang berlebihan. Jangan salah sangka! Membangun website untuk desa tentu terdapat keuntungannya, diantaranya adalah

  • Meningkatkan potensi wisata, dengan mempromosikan desa melalui website maka kemungkinan jangkauan promosinya lebih luas.
  • Membuka peluang bagi pengembangan desa. Dengan memberikan informasi yang sejelas-jelasnya, ini dapat membuat orang yang tertarik untuk “investasi” ke desa tersebut terbuka lebar
  • Keterbukaan dan transparansi kepengurusan. Dengan menggunakan website, pengurus desa dapat membuat transparansi dalam menjalankan kepengurusan.

Manfaat Memiliki Website 

Secara umum, manfaat memiliki website adalah sebagai berikut ini:

  • Pertukaran Informasi, sederhananya website menyediakan cara yang cepat dan mudah untuk mengkomunikasikan informasi antara website atua pemiliknya dan audience
  • Kredibilitas, sebuah entitas bisnis maupun non-bisnis akan mendapatkan kepercayaan lebih tinggi ketika memiliki website. Ini karena masyarakat luas memiliki informasi lengkap mengenai entitas tersebut sehingga dapat melakukan validasi ketika terdapat indikasi penipuan mengatasnamakan entitas tersebut.
  • Meningkatkan peluang. Website, secara umum, adalah cara yang bagus untuk menyediakan tempat yang dapat dirujuk oleh calon investor. Ini menunjukkan tentang apa perusahaan kamu, apa yang telah dicapai dan apa yang dapat dicapai di masa depan.
  • Marketing, tentu ini adalah manfaat website yang banyak orang memanfaatkannya.

Cara Membuat Website Desa

Sebenarnya tak ada yang berbeda dengan membuat website pada umumnya, hanya saja cara membuat website desa berbeda dalam sisi kontennya. Perlu didasari juga bahwa kebanyakan dalam struktur pengurusan desa tidak ada spesialisasi dalam pembuatan website ini. Maka dari itu DomaiNesia berusaha menyajikan konten cara membuat website desa dengan mudah, praktis, dan murah sehingga memudahkan pengurus desa (baik dari sisi sumber daya manusia maupun budget) dalam mengembangkan website.

Cara Membuat Website Desa
Sumber: Envato

Membuat website desa bisa dengan mudah kamu kerjakan dengan menggunakan platform atau Content Management System (CMS) WordPress. Mengapa harus menggunakan WordPress? Ini karena WordPress merupakan alat gratis yang disediakan untuk mengembangkan dan mengelola website tanpa pengkodean atau ngoding alias ini adalah cara membuat website tanpa coding. Kamu juga bisa menggunakan banyak plugin yang dapat membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan fitur website desa. Langkah-langkah cara membuat website desa adalah sebagai berikut:

Siapkan Draft Konten

Ini adalah langkah yang harus dilakukan oleh setiap orang yang ingin mengembangkan sebuah website. Hal ini penting dilakukan untuk memudahkan-mu melakukan ekseskusi pembuatan website. 

Cara membuat web desa bisa kamu mulai dengan membuat draft menu atau halaman yang harus ada dalam website. Misalkan kamu bisa membuat halaman: 

  • Beranda
  • Tentang desa
  • Struktur pengurus desa
  • Wisata desa
  • Karya desa
  • Kegiatan desa
  • Dan lain sebagainya

Tidak hanya itu, kamu juga harus melakukan detailing terhadap isi konten dalam setiap halaman tersebut. Jika kamu telah mempunyai itu semua, maka ketika melakukan desain website, kamu dapat dengan mudah menata layout, dan elemen lain penyusun website sesuai draft yang kamu buat. 

Mulai Install WordPress

Cara membuat website desa yang selanjutnya adalah dengan melakukan instalasi WordPress. Eh, sebelumnya pastikan kamu telah memiliki WordPress hosting atau Web hosting untuk website dan domain ya! Jika sudah, kamu bisa langsung masuk pada cPanel layanan kamu.Cara Membuat Website Desa

Untuk dapat menginstal wordpress, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Softaculous Apps Installer. Ini adalah aplikasi khusus untuk membantu pengguna CPanel melakukan instalasi CMS dan aplikasi lainnya. Cara Membuat Website Desa

Cari CMS WordPress dan pilih, maka kamu akan masuk pada interface installer WordPress seperti pada gambar di atas kemudian ikuti langkah yang ada. Jangan lupa untuk memilih tujuan domain yang ingin kamu install WordPress, ini penting buat kamu memiliki beberapa domain dalam satu hosting. Selain itu atur juga username dan password untuk akun WordPress-mu. Apabila sudah selesai, klik install pada bagian bawah halaman. 

Lakukan Pengaturan dan Kustomisasi

Cara membuat website desa selanjutnya adalah melakukan kustomisasi terhadap konten dan pengaturan lanjutan. Kamu perlu memilih tema yang sesuai dengan desain website-mu. Untuk memilih tema kamu bisa mencarinya pada menu appearance kemudian pilih themes dan add new. Cara Membuat Website Desa

Setelah itu kamu bisa memilih tema yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Klik install lalu aktifkan. Cara Membuat Website Desa

Cara membuat website desa selanjutnya adalah dengan menyesuaikan menu dengan draft yang telah kamu siapkan sebelumnya. Untuk itu, kamu perlu masuk pada bagian menus. Kamu bisa mulai mengatur menu-nya sesuai dengan yang kamu inginkan.Cara Membuat Website Desa

Jadikan Desa-mu Dikenal Oleh Orang-orang Seluruh Dunia!

Memiliki website untuk desa akan membuat desa dikenal oleh banyak orang, bahkan seluruh dunia bisa mengaksesnya. Website adalah kumpulan halaman yang dapat diakses publik dan saling terkait dalam satu nama domain. Merujuk pada pengertian website, website desa adalah website yang berisi atau membahas topik mengenai suatu desa. Artinya halaman-halaman dalam website tersebut akan menampilkan apapun yang menggambarkan dan mewakili desa tersebut. Pada dasarnya tak ada yang berbeda dengan membuat website pada umumnya, hanya saja cara membuat website desa berbeda dalam sisi kontennya. Yuk terapkan cara membuat web desa ini!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds