• Home
  • Tips
  • Media Sosial Vs Website, Mana yang Terbaik Untuk Bisnis?

Media Sosial Vs Website, Mana yang Terbaik Untuk Bisnis?

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Kini banyak perusahaan bahkan UMKM yang beralih ke dalam bentuk digitalisasi dalam proses bisnisnya. Hal tersebut didukung oleh semakin majunya zaman yang berakibat pada pembeli yang yang lebih memilih membeli produk secara online.

Tidak bisa dipungkiri bahwa belanja online lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu. Untuk itu banyak perusahaan dan UMKM memanfaatkan berbagai platform digital untuk mengenalkan produknya.

Platform digital yang umum digunakan adalah media sosial dan juga website. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Lalu mana yang lebih cocok untuk bisnis antara sosial media vs website? Dalam artikel kali ini akan membahas perbedaan website dan media sosial.

Apakah Efektif Memanfaatkan Sosial Media Untuk Bisnis?

Saat ini sosial media telah berkembang dengan luas. Tidak hanya digunakan untuk membagikan postingan dan bersosialisasi, kini media sosial juga digunakan untuk berbisnis.

Jika sering bermain media sosial, pasti kamu menemukan banyak media sosial dari perusahaan atau UMKM yang berkeliaran di beranda milikmu.

Lalu mengapa perusahaan banyak menggunakan sosial media?

Nah sebelum membahas lebih jauh mengenai media sosial vs website, alangkah baiknya kamu mengetahui kelebihan, kekurangan, dan alasan mengapa banyak perusahaan dan UMKM yang memanfaatkannya supaya kamu bisa lebih memahami media sosial vs website nantinya.

Gratis

Kelebihan media sosial vs website yang pertama ini dimenangkan oleh media sosial sebab kamu bisa menggunakan berbagai fitur yang dimiliki secara gratis loh!

Terutama jika kamu ingin memanfaatkannya untuk memperkenalkan produk. Namun lain cerita jika kamu ingin beriklan, maka kamu harus mengeluarkan biaya lebih sendiri.

Lebih dekat dengan konsumen

Poin berikutnya yang bisa menjadi perbandingan antara media sosial dan website yaitu kemampuan interaksi dengan konsumen.

Sosial media membuat kamu lebih dekat dengan konsumen karena kamu bisa berinteraksi langsung, seperti berkomunikasi melalui pesan, komentar, dan berbagai reaksi yang lain.

Sumber : Elements Envato

Meningkatkan brand awareness

Membuat media sosial dengan profil dan tampilan halaman yang menarik, kamu bisa menarik perhatian pelanggan.

Dengan No Limit Online Loyalty, kamu bisa memanfaatkan kampanye yang menyenangkan. Hal ini akan meningkatkan engagement dan meningkatkan brand awareness.

Menjangkau pasar lebih luas

Media sosial bisa diakses kapanpun dan dimanapun, tanpa ada pembatas yang berarti. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi para pebisnis yang ingin mengembangkan usaha.

Mudah digunakan

Jika kamu menggunakan media sosial maka kamu tidak perlu belajar terlalu lama, sebab memposting konten di media sosial cukup mudah hanya dengan beberapa klik saja kamu bisa membuat konten! Jadi media sosial vs website kali ini, media sosial lebih unggul dalam penggunaannya.

Namun, media sosial juga memiliki kekurangan jika kamu gunakan dalam bisnis, apa saja kekurangannya? Berikut ini adalah kekurangan yang dimiliki media sosial.

Desain platform yang terbatas

Media sosial tidak bisa kamu ubah sesuai dengan karakter bisnis kamu. Jadi konten menjadi salah satu hal utama untuk mencerminkan bisnis kamu.

Selain itu sosial media tidak mendukung email list yang dapat digunakan untuk menjaring calon pelanggan.

Kontrol terbatas

Seperti yang kita tahu bahwa semua orang bebas berkomentar apa saja di media sosial.

Nah hal ini bisa menjadi kekurangannya karena kamu tidak bisa melakukan pembatasan komentar negatif. 

Persaingan sangat ketat

Semakin banyaknya pebisnis yang memanfaatkan media sosial, maka persaingan di dalamnya juga semakin ketat.

Pelanggan tidak terlalu percaya

Meskipun media sosial memberikan kemudahan untuk mendapatkan calon konsumen.

Namun transaksi online antara calon pelanggan dan pelaku bisnis tidak bertemu langsung. Hal ini terkadang menjadi alasan kenapa pelanggan kurang percaya.

Setelah mengetahui media sosial lebih jauh, sebagai pembanding media sosial vs website nantinya, yuk kita bahas mengenai website terlebih dahulu! 

Haruskah Memilih Website?

Website menjadi pilihan utama jika kamu ingin mengembangkan bisnis profesional.

Namun bagi orang awam banyak yang beranggapan bahwa membuat website merupakan hal yang sulit untuk dilakukan.

Hal itu menjadi alasan mereka mengurungkan niat untuk membangun website perusahaan.

media sosial vs website
Sumber : Elements Envato

Padahal banyak hal yang bisa didapatkan jika menggunakan website dalam berbisnis.

Untuk pebisnis awam kamu bisa mengikuti langkah cara mudah membuat website agar website bisnis mu bisa terwujud. Jadi, apa saja manfaat website yang bisa kamu rasakan?

Kontrol yang luas

Kamu bisa mengontrol website milikmu sesuai dengan kebutuhan. Perbedaan website dan media sosial disini cukup terlihat.

Jika pada sosial media kamu tidak bisa mengontrol siapa saja yang bisa berkomentar, nah jika kamu menggunakan website untuk bisnis, maka kamu bisa mengatur komentar mana yang ingin ditampilkan.

Jika dilihat dari kemampuan kontrol yang luas, maka pada pembahasan media sosial vs website ini, website lebih unggul jika dibandingkan dengan sosial media dalam hal kontrol platform.

Bebas menentukan desain sesuai kebutuhan

Seperti yang kita bahas sebelumnya bahwa sosial media tidak dapat di desain sesuai dengan kebutuhan.

Hal ini juga menjadi perbedaan website dan media sosial yang tampak.

Jika menggunakan website kamu bisa menentukan tema, warna, ikon, serta gambar yang akan ditampilkan sesuai dengan bisnis kamu.

Dalam poin kebebasan menentukan desain pada pembahasan media sosial vs website maka website menjadi pemenangnya. 

Membantu branding

Media sosial dan juga website memang bisa dilakukan untuk branding.

Namun dalam hal ini perbedaan website dan mesial sosial yaitu jika menggunakan website kamu bisa melakukan branding melalui konten dan juga pengenalan produk.

Biasanya pada website terdapat halaman “Tentang Kami” yang dapat dimanfaatkan untuk branding.

Selain itu, dengan membagikan artikel atau tulisan pada website dengan memanfaatkan teknik SEO maka website kamu bisa memiliki peringkat teratas pada mesin pencarian jadi secara tidak langsung kamu bisa menjangkau pasar lebih luas dan melakukan branding.

Meningkatkan kredibilitas usaha kecil

Website juga meningkatkan kredibilitas loh! Alasannya karena dengan memiliki website maka usahamu akan terlihat semakin profesional sehingga calon konsumen akan percaya untuk menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Pada poin media sosial vs website ini, website lebih diunggulkan karena terlihat lebih profesional.

Dibalik banyaknya keuntungan yang bisa kamu dapatkan, website juga masih memiliki beberapa kekurangan seperti.

Tidak gratis

Kita tahu bahwa untuk membuat website maka ada biaya yang harus kamu keluarkan untuk membayar server, domain, hosting, dan jika kamu menggunakan jasa ahli maka kamu juga harus mengeluarkan biaya tambahan.

Perlu pembelajaran yang lebih

Dalam penggunaanya, website tidak semudah media sosial, jadi kamu harus memperhatikan dan mempelajari berbagai fungsi dan strategi yang diperlukan seperti apa agar website milikmu memiliki performa yang optimal. N

ah dari perbedaan website dan media sosial, media sosial masih lebih unggul karena penggunaannya yang cukup simple.

Banyak yang harus dipersiapkan

Membuat website profesional memerlukan beberapa persiapan seperti server yang akan digunakan, domain, hosting, konten yang akan disajikan, hingga desain website.

Namun, bukan berarti kamu harus pusing.

Di DomaiNesia sudah menyediakan domain sebagai alamat website, hosting sebagai penyimpan data dan website, SSL sebagai pengaman website, dan juga alat untuk membuat website hanya dengan sekali klik.

Banyak ekstensi domain yang bisa kamu dapatkan di DomaiNesia. Salah satunya domain XYZ.

Pernahkah kamu mendengar domain XYZ? Mungkin selama ini kamu hanya familiar dengan domain .com, .co.id, .id saja.

Semakin lama, persediaan domain .com semakin menipis. Sehingga kamu akan kesulitan mencari nama domain yang sesuai keinginan.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan domain XYZ. Ketersediaan domain XYZ masih sangat banyak dibandingkan dengan domain .com.

Jadi dengan domain XYZ kamu bisa mewujudkan nama domain website sesuai dengan keinginanmu.

Jadi Siapa Pemenang Antara Media Sosial Vs Website?

Nah bagaimana apakah kamu semakin bingung mana yang lebih baik jika dilihat dari perbedaan website dan media sosial?

Memang jika dipelajari dan diperhatikan secara seksama media sosial vs website ini memiliki kekurangan dan kelebihan yang sebenarnya bisa saling melengkapi.

Untuk memulai bisnis dan mengembangkan pasar sebaiknya kamu menggunakan media sosial dan juga website agar calon pelanggan mu benar-benar yakin untuk memilih produk mu.

Biasanya dalam media sosial sebuah bisnis atau usaha dilengkapi dengan link website yang dicantumkan pada bio media sosial.

Kenapa Tidak Menggunakan Keduanya Bersamaan?

Banyak perusahaan yang lebih memanfaatkan media sosial dan juga website secara bersamaan.

Hal ini justru akan mempermudah kamu dalam melakukan pemasaran. Keduanya dapat saling terhubung, entah website yang mencantumkan sosial media atau sebaliknya.

Sumber : Elements Envato

Nah di Indonesia sendiri ada beberapa perusahaan yang memanfaatkan kedua platform ini.

Daripada kamu bingung menentukan tingkat efektif antara media sosial vs website, yuk cari tau siapa saja yang bisa kamu jadikan inspirasi!

Scarlett Whitening

Scarlett Whitening adalah salah satu bisnis yang menggunakan dua platform ini secara bersamaan.

Sejak tahun 2017 menjadi sebuah brand perawatan wajah dan juga badan, kini produk Scarlett semakin booming dan banyak digunakan.

Dengan mengusung tema kecantikan, Scarlett memiliki konten di Instagram yang sangat menarik dan mudah untuk diterima informasinya.

Tak hanya itu, website yang dimilikinya pun terlihat sangat sederhana namun tetap menjual.

Dengan berbagai media sosial yang ditampilkan pada website tersebut, membuat kedua platform ini semakin terhubung erat.

Dari Scarlett Whitening ini ada beberapa hal yang bisa kita pelajari

  • Tampilan website dan juga media sosial yang serasi dan setema sesuai dengan target pasar yang dibidik.
  • Konten yang disajikan pada media sosial instagram juga informatif dan juga dikemas secara menarik.
  • Konten yang diupload secara rutin membuat pengikut instagram juga semakin tergoda dengan berbagai produk yang ditawarkan.

MS Glow

Brand yang saat ini sedang ramai dibicarakan dan bahkan menjadi beberapa sponsor event dan juga klub sepakbola ternama.

Menghadirkan berbagai jenis produk perawatan sejak tahun 2013, kini MS Glow berhasil menjamur dimana-mana.

Brand milik Shandy Purnamasari dan Maharani Kemala ini juga memanfaatkan website dan media sosial untuk memasarkan produknya loh! Tidak heran jika sekarang mereka sudah menjadi brand perawatan yang cukup besar.

Lalu apa yang dapat kita pelajari dari MS Glow?

  • Memiliki website yang informatif dengan dilengkapi berbagai produk yang ditawarkan beserta harga dan juga rating dari produk tersebut.
  • Dalam website nya terdapat beberapa menu yang sangat informatif mengenai lokasi klinik, seller resmi, testimoni, dan bahkan feed instagramnya juga dimunculkan loh pada websitenya.
  • Konten instagram yang selalu update dan dikemas untuk memberikan informasi bahkan tips-tips kecantikan.

J.Co Donut & Coffee

J.Co Donut pertama kali resmi dibuka pada tahun 2005 dan kini memiliki outlet yang tersebar di Indonesia dan luar negeri.

Berawal dari outlet pertama di Supermall Karawaci Tangerang, Johnny Andrean pemilik usaha ini melihat peluang yang besar dan benar saja outletnya selalu ramai pelanggan.

Dari sana J.Co mulai memanfaatkan berbagai platform untuk memperluas pasarnya dengan membangun website dan juga memanfaatkan media sosial.

Ada beberapa hal yang bisa kita pelajari dari J.Co ini.

  • Website yang sangat interaktif milik J.Co ini pasti membuat pengunjung akan merasa betah dan berlama-lama untuk membaca berbagai informasi yang dikemas.
  • Tema yang diusung pada website dan instagram sejalan dengan penyusunan yang sangat rapi dan tertata.
  • Konten instagram yang mengemas tulisan yang informatif dan menjual.

Coba Padukan Website dan Media Sosial Untuk Bisnis Yuk!

Setelah kita membahas tuntas perbedaan website dan sosial media, apakah kamu tertarik menggunakan keduanya?

Jika dibahas satu persatu, website memiliki kelebihan seperti kontrol yang luas, desain yang mampu disesuaikan, membantu branding, dan juga meningkatkan kredibilitas usaha.

Namun media sosial juga tidak mau kalah dengan memiliki berbagai fitur gratis yang bisa digunakan, menjangkau pasar lebih luas, lebih dekat dengan konsumen, dan juga mudah digunakan.

Perbedaan website dan sosial media bisa menjadi perpaduan yang sangat baik apabila digabungkan.

Jadi kamu tidak perlu bingung ya siapa yang lebih efektif antara media sosial vs website lagi! Lebih baik kamu menggunakan keduanya untuk hasil yang optimal. Selamat mencoba!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!