• Home
  • Tips
  • 5 Rekomendasi Strategi Marketing Twitter yang Bisa Kamu Coba

5 Rekomendasi Strategi Marketing Twitter yang Bisa Kamu Coba

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Hi DomaiNesians! Kamu tahu kan media sosial Twitter? Media sosial yang cukup populer karena sistem retweet, DM, dan follback.

Selain karena banyak digunakan oleh para tokoh terkemuka, Twitter juga menjadi ajang untuk menuangkan pikiran.

Tak jarang, orang biasa pun bisa menjadi terkenal dengan modal nge-tweet.

 strategi marketing Twitter 
Sumber: Freepik

Karena memang pengguna Twitter cukup banyak, hal itulah yang akhirnya dimanfaatkan bagi pebisnis untuk memperlebar sayapnya agar dikenal banyak orang.

Dan bahkan, pihak Twitter sendiri tidak menyangkal bahwa Twitter bisa menjadi tempat yang tepat untuk menumbuhkan bisnis.

Kalau kamu tertarik, simak 5 strategi marketing Twitter berikut ini ya!

Membuat Profile yang Enak Dilihat

Strategi marketing Twitter yang pertama adalah dengan mengoptimalkan profile bisnis kamu terlebih dahulu.

Hal ini akan membuat orang yang melihat profil kamu terkesan dan akhirnya melakukan interaksi lanjutan, seperti follow atau bahkan langsung membeli produk yang kamu tawarkan.

Kamu hanya tinggal mengatur tampilan brand yang konsisten di seluruh tata letak profile.

Dan antara gambar sampul dengan gambar profile harus melengkapi dan menarik secara visual.

Untuk gambar profil bisa berupa logo atau gambar yang mempresentasikan bisnis.

Sedangkan untuk gambar sampul, sebaiknya menggunakan gambar yang mengkomunikasikan bisnis brand kamu, seperti misi atau pesan tertentu.

Tak lupa, pada keterangan di bio, gunakan keyword yang relevan dengan bisnis untuk mendapatkan pasar tertarget dan tautkan link ke website atau produk yang kamu jual.

Ajak Fanbase Berinteraksi

Yang membedakan Twitter dengan media sosial lain seperti Facebook atau Instagram adalah Twitter bisa digunakan untuk berinteraksi 24 jam secara aktif.

Kamu bisa posting posting tweet 2.400 per harinya tanpa dianggap sebagai spam.

Hal inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk terus berkomunikasi dengan followers dan fans. Cara mudahnya dengan tag nama atau dengan menggunakan fitur retweet.

Strategi marketing Twitter ini juga bisa dilakukan dengan melakukan percakapan dengan audience. Atau misalnya menggunakan fitur Twitter polls, yang bisa digunakan untuk membuat polling dan melihat hasilnya secara instan.

Kamu bisa bertanya tentang topic yang berhubungan dengan industri bisnis mu saat ini atau hal-hal yang menghibur.

Tingkatkan Followers

Meningkatkan followers juga penting untuk brand awareness dan menarik lebih banyak customers agar tertarik membeli produk yang kamu jual.

Secara teknis, dengan followers yang banyak, apa yang dipublikasikan akan jadi cepat tersebar.

 strategi marketing Twitter 
Sumber: Freepik

Salah satu cara strategi marketing Twitter untuk meningkatkan followers adalah dengan memanfaatkan trend.

Twitter sendiri dikenal dengan fitur trending topic. Dimana dengan terdapat halaman yang memang dikhususkan untuk melihat isu yang sedang hangat dan menjadi perbincangan di dunia Twitter.

Dengan mengikuti trending itulah, kamu bisa mempublikasikan konten yang berkaitan ataupun dengan membuat hastag tertentu.

Posting Konten Terjadwal

Twitter marketing selanjutnya adalah posting konten terjadwal. Dengan Twitter, semakin aktif, maka akan semakin baik pula akun kamu.

Sebagaimana pola media atau platform online lainnya, semakin banyak orang berlama-lama pada platform tersebut, maka platform akan mendapatkan keuntungan.

Untuk itu, Twitter akan sangat suka jika kamu membuat konten yang membuat orang berlama-lama di Twitter.

Hanya saja, jika tidak memiliki rencana akan kesulitan jika harus terus aktif. Untuk itulah kamu bisa menggunakan fitur konten terjadwal sebagai strategi marketing Twitter kamu.

Misalnya kamu setiap harinya posting setiap jam-jam prime time. Seperti saat pagi hari, atau saat jam istirahat siang, atau jam sore-malam.

Selain karena lebih efisien, dengan menggunakan postingan terjadwal akan membuat postingan Twitter terorganisir dengan baik.

Gunakan Twitter Ads

Nah, strategi marketing Twitter selanjutnya adalah dengan menggunakan Twitter Ads. Twitter menyediakan banyak sekali jenis periklanan yang bisa kamu sesuaikan.

Untuk toko online, yang cocok untuk digunakan adalah iklan untuk awareness dan website click campaigns.

Keduanya berfungsi untuk meningkatkan jumlah klik pada website, mengkonversi pengunjung, dan juga memperkenalkan brand ke jagad Twitter.

Dan jika kamu memilih awareness ads, tagihan pembayaran setiap 1000 kali impressions. Sedangkan untuk website, tagihan pembayaran untuk setiap kali website di klik.

Kamu juga bisa mengubah target marketing sesuai dengan orang yang pernah mengunjungi website kamu.

Yang harus kamu perhatikan, ketika membuat iklan, pastikan jika iklan to-the-point dan jelas.

Pastikan jika copy yang tertulis jelas, bisa dibaca, dan sesuai dengan atmosfir Twitter.

Selain text, tambahkan juga visual seperti gambar untuk meningkatkan rasa tertarik orang-orang.

Dan yang terakhir, pastikan jika strategi marketing Twitter yang kamu terapkan sudah tepat, dan kamu bisa mulai melakukan iklan.

 strategi marketing Twitter 
Sumber: Freepik

Strategi Marketing Twitter Bisa Nambah Customer Lagi

Biar tidak salah langkah, kamu bisa mencoba mencari tahu bagaimana brand terkemuka mengelola Twitter. Strategi marketing Twitter apa yang mereka gunakan.

Dan coba kamu analisis lalu pilih mana yang bisa diterapkan. Dengan strategi marketing Twitter yang tepat, penggunaan Twitter kini tidak hanya sebatas media sosial saja.

Tetapi juga ajang untuk menunjukkan eksistensi perusahaan, berhubungan dengan customer dengan lebih personal, dan menambah customer yang baru.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!