• Home
  • Tips
  • Tips Membuat Desain Menarik dengan Elemen Storytelling

Tips Membuat Desain Menarik dengan Elemen Storytelling

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Desain visual pada konten harus dibuat sepowerful dan semenarik mungkin karena itu adalah hal pertama yang akan dilihat oleh audiens. Bagaimana membuat desain yang powerful?

Storytelling adalah jawabannya. Lho, kita bercerita? Iya! Storytelling membuat konten visualmu menjadi lebih hidup. Emosi audiens bisa lebih tersentuh dengan kombinasi desain visual dan cerita yang menarik.

Empati dalam Storytelling

Poin penting untuk memulai storytelling atau desain adalah empati. Empati adalah awal tips membuat desain menarik karena bisa membantu desainer untuk menyampaikan pesan yang dimaksud kepada audiens.

Tips Membuat Desain Menarik
Sumber: Freepik

Konsep empati ini sudah dikenalkan oleh Aristoteles sejak lama. Aristoteles menulis tujuh elemen storytelling yang baik untuk berempati.

Selain itu, storytelling dalam desain juga dapat membantu user experience atau desainer dalam mendesain konten. Berikut ini tips membuat desain menarik menggunakan tujuh elemen storytelling dari Aristoteles.

Plot

Plot adalah kumpulan dari perjalanan dan tujuan audiens kamu. Plot menceritakan perjalanan audiens yang ingin melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain atau melakukan beberapa tindakan untuk mencapai hasil akhir. Pertanyaan yang bisa menjadi dasar membuat plot:

  • Apa yang dilakukan audiens?
  • Apa tujuan yang ingin mereka capai?
  • Bagaimana mereka mencapai tujuan tersebut?

Audiens adalah desainermu, kamu adalah penulis yang memutuskan apa yang terjadi pada audiens dan perjalanan yang ditempuh untuk membantu mereka mencapai tujuannya.

Kalau diambil contoh dari Google Chrome, sebagian besar tujuan audiens menggunakan Chrome adalah untuk mencari dan menemukan sesuatu yang mereka inginkan.

Karakter

Karakter adalah orang-orang yang saling berinteraksi dalam suatu cerita. Dalam sebuah cerita biasanya karakter adalah orang-orang yang mendapat empati atau simpati. Misalnya seorang pahlawan yang pemberani menangani semua masalahnya sendiri.

Sebagai seorang desainer, kamu akan mengenali beberapa peran karakter dalam audiens. Tidak hanya pada audiens, tips membuat desain menarik juga terletak pada elemen-elemen desain seperti chatbot, menu bar, search bar .

Contoh dari Google misalnya voice assistant Google karena mereka berinteraksi dan berkomunikasi dengan audiens dengan caranya masing-masing. Elemen desain tersebut merupakan contoh karakter tidak hidup (non-human).

Tema

Tema membuat cerita menarik bagi beberapa audiens. Dalam buku, tema bisa dapat berupa fiksi atau non fiksi.

Tetapi juga bisa menjadi sesuatu yang abstrak seperti cerita dengan tema balas dendam, penulis akan memilih untuk membuat karakter dan alur cerita sesuai dengan jenis perilaku balas dendam tersebut.

Dalam desain, tema adalah pendekatan kamu terhadap solusi. Dalam suatu produk, tema menentukan bagaimana produkmu bisa memecahkan masalah audiens dengan cara berbeda jika kompetitor memiliki plot dan karakter yang sama.

Tips membuat desain menarik yaitu dengan memberikan keunikan dan pembeda pada produk atau desain yang kamu buat. Sebagai seorang desainer, kamu harus mempunyai value agar perusahaan atau brandmu menonjol dan bisa menarik audiens.

Dialog

Dialog merupakan salah satu media untuk berkomunikasi dengan audiens dalam storytelling. Storyteller bisa menciptakan dialog dan nada bicara yang bervariasi sesuai dengan audiens mereka.

Misalnya, cerita untuk anak-anak dan orang dewasa tidak akan menggunakan dialog dan nada bicara yang sama. Tips membuat desain menarik dalam kontenmu, kamu wajib memperhatikan representasi visual seperti icon dan tipografinya.

Tips Membuat Desain Menarik
Sumber: Freepik

Saat kamu mulai menulis teks atau dialog untuk konsep desain website atau visual lainnya, pastikan kamu menulisnya sesuai dengan karakter audiens. Sebaiknya lakukan testing untuk menyempurnakan dialogmu dengan audiens.

Kamu juga harus memilih media yang tepat untuk mengkomunikasikannya agar pesanmu kepada audiens bisa tersampai dengan baik. Selain itu, konsistensi adalah faktor kunci yang memperkuat pengalaman desainmu.

Melodi

Dalam sebuah cerita, melodi merupakan unsur penting karena bisa menyatukan cerita. Begitupun dalam sebuah lagu, melodi adalah identitas yang akan dikenali oleh audiens.

Dalam desainmu, melodi adalah dasar yang membuat konsep desainmu dapat dikenali oleh audiens. Melodi ini sebagai identitas.

Seperti pada browser Chrome, mereka membuat tampilan halaman beranda dengan desain minimal yang bersih dan rapi.

Tips membuat desain menarik dari elemen melodi ini adalah kamu perlu menentukan identitas dari brandmu, jangan sampai melenceng dari brand guidelines. Dari logo, font, warna, pattern dan hal lain yang menjadi identitas brandmu.

Dekorasi

Kalau kamu menceritakan kisah bertema sejarah kuno tentang kesatria perkasa, sudah pasti kamu akan mendekornya dengan topeng dan alat peperangan kuno.

Tidak mungkin kamu mendekor dengan satu set pesawat luar angkasa beserta aliennya. Dalam sebuah cerita, dekorasi harus sesuai dengan cerita.

Dekorasi dalam desainmu adalah desain visual atau grafis. Pastikan konsep tampilan dan suasana dapat menarik audiens. Dekorasi akan menciptakan kesan pertama storytelling antara storyteller dan audiens.

Tips membuat desain menarik, gunakan grafis yang bisa mengatur mood untuk audiens baik itu pemilihan warna maupun karakter ilustrasi yang kamu buat. Dengan grafis yang menarik secara visual, audiens akan yakin untuk menjadi pelangganmu.

Scene

Scene membantu keseluruhan cerita dengan menangkap fokus penonton dan membiarkan mereka mengalami perubahan emosi di mana karakter dalam cerita berkembang melalui kesuksesan atau kegagalan.

Dalam sub bab melodi, kamu sudah tau tentang desain yang dapat dikenali dan menawarkan sesuatu yang terasa familiar kepada audiens. Dalam tontonan, ini adalah waktumu untuk menjadi kreatif dan mengesankan untuk audiens kamu.

Tips membuat desain menarik dalam scene ini kamu bisa berkreasi dengan animasi atau grafik yang memukau, bentuk interaksi karakter dan audiens yang unik, atau bahkan penggunaan teknologi yang mengejutkan untuk menonjolkan konsep cerita dan desainmu agar mudah diingat.

Tips Membuat Desain Menarik
Sumber: Freepik

Gunakan Desain yang Seimbang

Elemen-elemen di atas bisa kamu gunakan dalam proporsi yang tepat, jangan berlebihan, agar desain kamu bisa menarik dan selalu melekat di kepala audiens.

Setelah membaca tulisan ini, semoga kamu mendapatkan pemahaman baru tentang tips membuat desain menarik, baik dari segi cerita maupun tekniknya. Selamat mencoba, ya!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!