• Home
  • Tips
  • Rahasia Terbongkar! Cara Cek Traffic Website Kompetitor

Rahasia Terbongkar! Cara Cek Traffic Website Kompetitor

Oleh Ratna Patria

Mau tidak mau, saat ini website adalah kebutuhan pokok dalam dunia maya (internet). Berbondong-bondong orang mulai belajar untuk membuat website. Berbagai pelatihan hingga artikel mulai banyak yang membahas mengenai cara membuat website bagi pemula maupun topik mengenai upgrade skill terkait hal ini. Namun, apa sebenarnya hal penting yang perlu kamu ketahui setelah memiliki website? Jawabannya adalah: datangkan traffic dalam websitemu!

Artikel ini akan membantu kamu untuk cek traffic website yang kamu miliki sehingga kamu bisa mulai membuat strategi mendatangkan traffic jika hasilnya kamu rasa kurang. Mungkin juga cara ini dapat kamu gunakan untuk cek traffic website kompetitor! Nah, ini menarik bukan? Bagaimana cara cek traffic website terutama website kompetitormu? Yuk, simak penjelasan dibawah ini dengan seksama!

cek traffic website
Sumber: Envato

Apa itu traffic website

Traffic website merupakan lalu lintas orang atau pengunjung yang masuk ke dalam alamat websitemu. Seperti saat ini ketika kamu membaca artikel Domainesia, maka sekarang ini kamu merupakan salah satu dari sekian banyak traffic dari website blog Domainesia. Ya, semua orang yang mengunjungi website ini akan tercatat sebagai pengunjung website yang disebut traffic. Jika kamu baru sekali mengunjungi website ini maka kamu akan terhitung sebagai pengunjung baru atau new user. Namun jika kamu sudah kali kedua dan seterusnya maka kamu tercatat sebagai returning user.

Mengapa harus cek traffic website

Jumlah traffic yang masuk ke dalam website kamu merupakan salah satu indikasi kesuksesan website. Tentunya dengan traffic yang banyak itu artinya konten yang kamu buat banyak yang suka, produk yang kamu tawarkan banyak peminatnya atau bahkan marketing atau iklan yang kamu gunakan dalam kampanye mampu menarik leads. Lalu mengapa website kompetitor juga perlu kamu tahu perkembangan traffic nya? Berikut penjelasannya

Website pribadi

Sebelumnya kamu perlu tahu dulu tujuan dari cek traffic website pribadimu. Dengan memeriksa statistik website mu, kamu dapat dengan mudah melihat bagaimana kinerja website kamu. Data traffic website kamu akan menunjukkan dari mana asal pengunjung berasal, bagaimana pengunjung terlibat dengan konten website, dan strategi pemasaran digital apa yang berhasil.

cek traffic website
Sumber: Envato

Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak pelanggan email, lebih banyak penjualan untuk toko online mu, atau hanya lebih banyak traffic secara keseluruhan, maka kamu perlu memeriksa analitik traffic website kamu secara teratur. Dengan melacak traffic website, kamu akan tahu di mana posisi website yang kamu kembangkan saat ini dan apa yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkannya.

Website kompetitor

Menganalisis statistik traffic website kompetitor kamu dapat mengungkapkan banyak informasi bermanfaat seperti:

  • Halaman dan postingan apa yang memberikan traffic terbanyak bagi kompetitor
  • Kata kunci mana yang memiliki peringkat tinggi oleh kompetitor
  • Channel yang mengarahkan traffic paling banyak kepada mereka (misalnya traffic dari media sosial)

Semua informasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan strategi pemasaran konten kamu atau bisnismu, pembuatan tautan, proses penelitian kata kunci, dan banyak lagi. Dengan memahami apa yang menghasilkan traffic paling banyak bagi kompetitormu, kamu akan dapat menargetkan kata kunci dan topik yang sama untuk menghasilkan lebih banyak trafficuntuk website kamu.

Baca Juga : Email Hosting Indonesia

Cara cek traffic website menggunakan tools

Cara melihat traffic website dapat kamu lakukan dengan bantuan alat atau tools. Ada beragam tools yang tersedia secara gratis maupun berbayar. Kamu dapat menggunakannya dan mulai menganalisa website pribadimu maupun kompetitor. Berikut ini adalah penjelasan sekaligus cara cek traffic website pada masing-masing tools.

1. SEMRush

cek traffic website
Sumber: SEMRush

SEMRush adalah alat analisis cek traffic website dan competitor research all-in-one. Ini adalah salah satu alat terbaik sebagai cara cek traffic website dan menganalisa serta memantau traffic untuk website apa pun. Setelah kamu memasukkan URL kompetitor, kamu akan mendapatkan data terperinci dari total traffic kompetitor kamu.

Kamu dapat melihat metrik website penting seperti volume traffic bulanan dari waktu ke waktu, distribusi traffic menurut negara, kata kunci yang menghasilkan traffic paling banyak, dan banyak lagi. Fitur luar biasa lainnya yang disebut Bulk Traffic Analysis yang memungkinkan kamu menganalisis tingkat traffic untuk beberapa kompetitor sekaligus.

Jika kamu menginginkan laporan lengkap, maka paket premium mulai dari $119,95 per bulan, yang akan memberi kamu akses penuh ke sumber traffic kompetitor, peringkat, media sosial, dan banyak lagi.

2. SimilarWeb

cek traffic website
Sumber: SimilarWeb

Cara cek traffic website selanjutnya menggunakan SimilarWeb. SimilarWeb adalah pemeriksa traffic website online yang memberi kamu gambaran umum tentang traffic kompetitor kamu dan channel mana yang paling berharga bagi mereka. Mungkin pada awalnya kamu hanya berpikir akan disediakan traffic dari pencarian, namun ternyata kamu akan mendapatkan laporan terperinci tentang seluruh strategi traffic website.

Setelah kamu menjalankan website melalui tools ini, kamu akan mendapatkan perincian traffic secara keseluruhan.Kamu akan mendapatkan metrik keterlibatan seperti rasio pentalan (bounce rate), jumlah halaman yang dilihat per kunjungan, durasi kunjungan rata-rata, dan sumber traffic teratas untuk website itu.

Di luar traffic pencarian organik, kamu akan menemukan kata kunci berbayar apa yang menghasilkan traffic website, hingga saluran media sosial apa yang paling berharga. Terakhir, kamu akan mendapatkan perincian tentang audience website, jenis website lain yang mereka minati, dan daftar websitekompetitor untuk kamu teliti lebih lanjut.

Versi gratis alat ini memberi kamu data traffic yang sudah sangat berguna. Namun jika kamu memerlukan laporan yang lebih detail, kamu dapat membuat akun perusahaan dengan harga khusus.

3. Google Search Console

cek traffic website
Sumber: Google Search Console

Cara melihat traffic website selanjutnya adalah menggunakan Google Search Console. Google Search Console adalah alat gratis dari Google yang memungkinkan kamu menganalisis traffic mesin pencari kamu. Alat ini memberi kamu gambaran lengkap tentang bagaimana websitekamu dilihat oleh mesin pencari.

Ini menunjukkan jumlah tayangan, klik, rasio klik-tayang (CTR), dan posisi rata-rata kata kunci kamu di mesin pencari. Ini tentu membantu kamu memahami kata kunci apa yang kamu rangking dan volume pencarian yang dihasilkannya. Informasi ini dapat membantu kamu meningkatkan traffic kamu.

Misalnya, jika kamu menemukan peringkat kamu di posisi 11, maka kamu dapat mengoptimalkan posting blog untuk mencoba memindahkannya ke halaman pertama hasil pencarian. kamu juga dapat melihat halaman mana yang diindeks. Setelah kamu menambahkan websitekamu ke Google Search Console, kamu dapat mulai melihat data website kamu tersebut.

4. Ubersuggest

cek traffic website
Sumber: Ubersuggest

Cara cek traffic website selanjutnya dengan Ubersuggest. Ini adalah alat gratis dan premium dari Neil Patel yang menawarkan banyak data traffic website yang berguna. Mudah digunakan dan antarmuka dibuat untuk pemula. Jika kamu belum pernah melakukan riset kata kunci atau analisis traffic sebelumnya, maka alat ini membuatnya sangat sederhana.

Fitur analisis traffic memberi kamu perincian tentang traffic kompetitor kamu dari waktu ke waktu, kata kunci yang memberi mereka traffic paling banyak, dan halaman paling populer di website mereka. Kamu juga dapat menyelam lebih dalam ke setiap bagian dari laporan traffic. Misalnya, kamu dapat memperluas hasil ‘Halaman Teratas’ untuk mendapatkan perincian dari setiap halaman yang dipublikasikan di website dan perkiraan jumlah traffic yang dihasilkannya setiap bulan.

Versi gratis alat ini memberi kamu akses ke data 3 bulan terakhir. Paket premium mulai dari $29 per bulan, menjadikannya salah satu alat termurah dalam daftar ini.

5. Ahref

cek traffic website
Sumber: Ahref

Ahrefs adalah salah satu alat SEO paling populer di pasar yang dipercaya oleh merek seperti Netflix, Uber, dan Facebook. Ini membantu kamu melihat berapa banyak traffic yang diperoleh kompetitor kamu dan mengapa peringkat mereka sangat tinggi.

Ahrefs merayapi lebih dari 6 miliar halaman web setiap hari, dengan lebih dari 200 juta website dalam indeks mereka. Banyak sekali data yang mampu memberi kamu wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk membantu kamu mengungguli kompetitor kamu dan mendapatkan lebih banyak traffic. Antarmukanya sangat sederhana dan ramah pengguna. Cukup masukkan URL website di bidang pencarian dan alat akan menarik semua informasi website yang tersedia.

Saatnya cek traffic website kamu dan kompetitor!

Buat kamu yang sudah memiliki website, tidak ada salah untuk rutin melakukan cek traffic website kamu. Traffic website merupakan lalu lintas orang atau pengunjung yang masuk ke dalam alamat websitemu. Jumlah traffic yang masuk ke dalam website kamu merupakan salah satu indikasi kesuksesan website. Tentunya dengan traffic yang banyak itu artinya konten yang kamu buat banyak yang suka, produk yang kamu tawarkan banyak peminatnya atau bahkan marketing atau iklan yang kamu gunakan dalam kampanye mampu menarik leads. Yuk, pantau terus traffic dari websitemu!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds