• Home
  • Tips
  • Siap-siap Cuan! Simak 6++ Tips Memulai Bisnis Travel Online

Siap-siap Cuan! Simak 6++ Tips Memulai Bisnis Travel Online

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Bisnis Travel – Saat ini bisnis tour and travel memang cukup menjanjikan. Pasalnya, sudah masyarakat yang berminat untuk menjelajahi Indonesia bahkan ke luar negeri. Tentu saja hal tersebut bisa kamu jadikan sebagai peluang bisnis travel. Bagi yang tertarik, simak beberapa cara memulai bisnis travel online berikut yuk.

Cara Memulai Bisnis Travel Online

Buat kamu yang ingin memulai bisnis tour and travel, kamu bisa melakukan beberapa persiapan berikut ini :

1. Buat perencanaan bisnis travel

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah membuat perencanaan bisnis tour and travel atau business plan. Dengan adanya perencanaan yang matang, kamu bisa lebih mudah untuk membangun bisnis travel. Pastikan kamu membuat rencana hingga rinci, bahkan juga memperhatikan strategi apa yang harus dilakukan.

Jadi, tidak hanya sekedar memiliki target saja tapi juga harus mengetahui langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk membangun bisnis tour and travel.

Menulis rencana bisnis akan membantu mempersempit apa tujuan, dan membangun visi yang jelas dan fokus ke depannya.

2. Melakukan riset pasar dan temukan niche yang sesuai

Selanjutnya kamu perlu melakukan riset untuk menemukan niche yang sesuai dengan target bisnis. Ini menjadi bagian penting dalam memulai bisnis tour and travel karena kamu akan lebih mudah menawarkan layanan travel ke orang-orang yang tepat, sehingga kemungkinan sukses akan lebih besar.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan riset secara mendalam. Khususnya riset pada tren travel baru yang belum banyak diterapkan oleh bisnis travel agent lain.

Sumber : Elements Envato

Dengan melakukan riset pasar pada tren travel baru, kamu akan menjadi lebih tahu apa yang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen saat ini. Sederhananya, kamu harus siapa pelanggan ideal dan tentukan apa yang mereka inginkan serta butuhkan.

3. Mulai membangun merek bisnis travel

Setelah menentukan seperti apa pasar dan niche yang spesifik untuk bisnis tour and travel milikmu, kini saatnya membangun kesadaran masyarakat tentang layanan bisnismu.

Seperti yang kita tahu, bahwa industri travel sangatlah kompetitif, sehingga melakukan pemasaran atau branding yang tepat akan membantu bisnis semakin menonjol.

Branding sendiri merupakan upaya yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk image dari bisnis tour and travel. Beberapa upaya yang dilakukan mulai dari menciptakan nama, membuat logo, hingga menentukan konsep warna bagi bisnis travel.

Oleh karena itu, perencanaan strategi sangat penting dilakukan di awal sehingga kamu akan lebih mudah melakukannya pada tahap ini. Beberapa strategi branding yang saat ini banyak dilakukan adalah:

Menyampaikan tujuan brand

Melalui tujuan dan alasan yang unik kamu memulai bisnis tour and travel ini tentu akan menarik perhatian konsumen. Selain itu, juga bisa menjadi nilai unggul bisnis travel milikmu sehingga mampu bersaing dengan kompetitor lain di pasaran.

Jaga konsistensi

Maksud dari jaga konsistensi ini adalah mempertahankan beberapa hal penting saat membangun bisnis travel seperti desain logo, ide, warna, hingga penggunaan gaya bahasa.

Miliki platform jualan yang terpercaya

Terakhir adalah membangun platform jualan yang terpercaya. Kini banyak orang mulai membangun akun bisnis travel di media sosial dan website.

Untuk website, jika kamu merupakan pebisnis pemula dari Indonesia akan lebih baik jika menggunakan domain ID sebagai domain website bisnis travel.

Mengapa begitu? Karena dengan domain ID akan lebih meningkatkan kepercayaan user terhadap website dan tidak hanya itu website mu akan terlihat bukan website yang abal- abal.

Baca Juga : Pengaruh dan Kelebihan Domain ID Bagi Website Indonesia Yang Harus Kamu Ketahui!

Di mana pelanggan bisa melihat secara rinci semua hal tentang bisnis travel milikmu mulai dari penawaran layanan, harga, hingga review lainnya.

4. Buatlah legalitas kerjasama yang jelas

Bisnis travel ini juga membutuhkan legalitas yang kuat dan jelas setiap melakukan kerjasama. Legalitas bisnis usaha ini merupakan pokok identitas perusahaan.

Dimana dalam seluruh komponennya dapat menunjukkan bahwa bisnis milikmu sudah ada izin hukum yang sah agar melanjutkan kelangsungan yang aman.

Di sebagian besar lokasi, kamu tidak membutuhkan lisensi atau sertifikasi khusus. Namun, persyaratan lisensi ini tentu akan berbeda di setiap negara. Sehingga, bagi kamu yang memilih bisnis travel dengan target perjalanan ke seluruh dunia, ada baiknya untuk mengurus lisensi.

5. Buat perencanaan budget bisnis travel yang jelas

Agar bisnis travel bisa berjalan lancar dan sukses, kamu juga harus membuat rencana budget untuk membiayai segala kebutuhan operasional.

Selain itu, buat juga rencana bisnis untuk bisa mendapatkan dana dari investor. Pasalnya saat bisnis travel berjalan, kamu akan membutuhkan dana untuk materi pemasaran. Contohnya pemasaran online untuk mengelola website bisnis dan offline seperti mencetak flyer, poster, kartu nama, dan lainnya. Anggaran biaya awal juga akan digunakan untuk branding atau iklan.

6. Pilih lokasi dan rekrut karyawan

Selanjutnya, buatlah rencana logistik untuk membuka bisnis travel ke publik. Jadi, tentukan berapa banyak karyawan yang perlu direkrut.

Namun, bagi kamu yang merasa perekrutan karyawan belum terlalu dibutuhkan tak ada salahnya untuk menunggu sampai bisnis travel mulai memperluas operasi.

Selain itu, Anda ingin menentukan lokasi bisnis yang strategis agar para pelanggan bisa dengan mudah mengunjungi toko fisik dan berbicara atau berkonsultasi langsung mengenai layanan yang ditawarkan.

7. Mulai lakukan pemasaran bisnis travel ke publik

Melakukan pemasaran di era digital seperti sekarang memang sudah jauh lebih mudah. Kini sudah tersedia berbagai platform online baik gratis maupun berbayar untuk mempromosikan bisnis travel.

Apalagi jika bisnis travel milikmu sudah memiliki situs website, maka bisa langsung menerapkan strategi digital marketing untuk promosinya. Ini adalah strategi pemasaran bisnis menggunakan internet.

bisnis travel
Sumber : Elements Envato

Cara pemasaran ini terbilang paling efektif saat ini apalagi dengan biaya yang terjangkau. Namun, bagi kamu yang ingin melakukan strategi pemasaran dengan iklan berbayar cobalah untuk menentukan target audiens dan niche spesifik.

Selain itu, juga tentukan demografi dan anggaran yang sesuai dengan perencanaan bisnis di awal.Tak hanya melalui online, kamu juga bisa memaksimalkan pemasaran melalui offline dengan mencetak flyer, poster dan lain-lainnya.

8. Perluas jangkauan pasar bisnis travel

Memperluas jangkauan bisnis travel ini dapat membantu kamu jadi lebih sukses dengan cepat. Caranya mulailah untuk menjalin hubungan baik atau kerjasama dengan beberapa bisnis travel agent lainnya dari berbagai daerah maupun negara.

Melalui kerjasama tersebut kamu bisa coba untuk membuat berbagai macam program atau promo paket perjalanan.

Selain memperluas jangkauan pasar, kerjasama tersebut juga bisa menjadi salah satu sumber data untuk mencari destinasi wisata, restoran, atau hotel yang menarik.

Sehingga, kamu tidak perlu lagi repot melakukan survei langsung ke tempat tersebut. Selain melakukan kerjasama dengan bisnis travel agent, cobalah untuk langsung berkomunikasi juga dengan beberapa pengurus tempat wisata, pemilik hotel atau bahkan komunitas dan blogger.

Baca Juga : Cara Membangun Brand Digital yang Awet

Layanan Bisnis Travel

Selain melakukan pemesanan maskapai penerbangan dan kamar hotel, ada juga beberapa jenis layanan yang biasanya ditawarkan dari pihak bisnis tour and travel yaitu:

1. Menyimpan catatan preferensi perjalanan pelanggan

Kamu juga harus mencatat setiap preferensi perjalanan pelanggan seperti detail informasi mengenai tempat duduk di pesawat hingga aturan-aturan hotel yang mungkin perlu diketahui.

Kemudian juga melengkapi informasi tentang fasilitas hotel, agar pelanggan merasakan pengalaman yang baik dan puas saat menggunakan jasa travel milikmu.

2. Melakukan riset tentang destinasi perjalanan pelanggan

Kamu juga harus melakukan riset terhadap tujuan atau destinasi perjalanan pelanggan. Ketahuilah beberapa informasi seperti daerah wisata paling populer, makanan khasnya, serta hal-hal pentingnya lainnya yang mungkin akan dibutuhkan oleh pelanggan.

Apa Saja Keuntungan yang Didapat dari Bisnis Travel?

Semua bisnis memang tujuan akhirnya adalah mencari keuntungan. Nah, berikut ini adalah keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat kamu memulai bisnis travel.

1. Selalu Memiliki Peminat

Keuntungan pertama dari menjalankan bisnis tour and travel adalah banyak peminatnya atau lebih sederhananya ini bukanlah bisnis musiman.

Sehingga bisa dijalankan hampir sepanjang tahun. Banyak sekali orang-orang yang ingin melakukan traveling atau perjalanan tanpa melihat waktu. Sehingga pemasukan dari bisnis tour and travel ini memang cenderung lebih stabil.

Apalagi jika memasuki waktu liburan panjang yang terjadi setiap tahunnya. Di mana ini menjadi peluang bisnis travel untuk bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

Cobalah untuk menawarkan paket khusus dengan tema liburan yang menawarkan berbagai fasilitas unik. Sehingga para pelanggan akan semakin tertarik mencobanya.

2. Full Payment Order

Melakukan bisnis tour and travel ini juga menghindari kamu dari penipuan. Pasalnya, setiap pelanggan melakukan pemesanan, mereka harus membayar full atau penuh di muka agar segala prosesnya bisa terlaksana.

Pihak bisnis tour and travel akan membutuhkan pembayaran penuh di awal, karena harus lebih dulu melakukan pemesanan untuk tiket pesawat, hotel dan destinasi lain yang ingin dikunjungi.

Yuk, Ikut Cara Memulai Bisnis Travel Online di Atas Agar Berjalan Lancar dan Sukses!

Itulah beberapa cara memulai bisnis travel online yang bisa kamu lakukan. Tujuan dari cara-cara di atas tentu agar bisnis tour and travel yang kamu jalankan bisa sukses hingga mendapatkan keuntungan maksimal.

Apalagi melihat, banyaknya masyarakat saat ini yang tertarik untuk melakukan traveling tentu menjadikan bisnis tour and travel sebagai peluang yang cukup menjanjikan.

Ditambah dengan adanya kecanggihan teknologi, membuat kamu semakin mudah melakukan promosi bisnis tour and travel di berbagai platform online seperti website dan media sosial. Tak lupa pastikan bahwa layanan yang kamu berikan, bisa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan, ya.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Desnya
October 4, 2022

makasi info nya

nisa
October 3, 2022

terima kasih infonya yang sangat bermanfaat....

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!