• Home
  • Berita
  • Website: Pengertian, Jenis, dan Kelebihannya

Website: Pengertian, Jenis, dan Kelebihannya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Di tengah maraknya penggunaan internet dan media digital, website adalah istilah atau kata-kata yang akrab di telinga kamu akhir-akhir ini. Tak heran jika jumlah website di internet sudah mencapai lebih dari 1,9 miliar dari berbagai niche atau tema. Dan diprediksi masih akan terus bertambah setiap harinya.

Namun, apakah kamu sudah mengetahui pengertiannya secara lengkap beserta jenis-jenisnya? Jika belum, mari simak informasi lengkapnya di bawah ini! 

website
Sumber: Envato

 

Apa Itu Website?

Website adalah sebuah situs yang ada pada web dimana kamu bisa menaruh informasi mengenai bisnis kamu, pengalaman pribadi, atau berbagai topik lainnya. Agar para pengguna internet bisa mengaksesnya melalui jaringan internet.

Supaya kamu bisa lebih memahaminya dengan baik, begini analoginya. Situs adalah bentuk fisik seperti rumah, sedangkan web adalah tanahnya. Kamu membuat rumah pastinya menyimpan berbagai kenangan dan juga informasi. Sama halnya dengan sebuah situs web.

Selayaknya rumah, website adalah media digital yang memiliki sebuah alamat yang unik sebagai petunjuk lokasi tempat tinggal kamu. 

Situs web juga memiliki hal yang sama yang sering disebut web address tau alamat web. Fungsi alamat website adalah mempermudah para pengguna internet untuk menemukan dan juga mengakses informasi pada situs web milikmu. 

Secara teknis, website adalah sekelompok halaman yang saling terhubung di internet. Pengelompokkan tersebut berdasarkan alamat atau nama yang unik. Agar memiliki alamat web yang unik, tentunya kamu harus beli domain murah.

Sekelompok halaman yang dimaksud dalam website adalah halaman web yang berisikan layanan atau informasi layanan organisasi atau bisnis kamu. Informasi yang terdapat pada halaman web memiliki format yang beraneka ragam. 

Mulai dari teks, video, gambar, audio, dan juga animasi. Kamu juga bisa mengisi halaman web dengan produk jualan dan lain sebagainya. 

Nah, supaya dapat mengunggah informasi pada halaman situs web, kamu harus beli hosting. Karena hosting berfungsi untuk menampung segala jenis informasi yang kamu posting pada halaman web.

Baca juga: Cara Membuat Website WordPress

Jenis-jenis Website

Website terbagi atas beberapa jenis dan kali ini kita akan membahas 10 jenis situs web yang paling populer. Adapun kesepuluh jenis website adalah sebagai berikut.

1. Bisnis

Website bisnis adalah sebuah situs web yang memungkinkan kamu untuk menjual produk atau layanan. Umumnya ada bagian yang dapat menjelaskan dan menampilkan produk jualan kamu dan mempunyai fitur bawaan untuk mempermudah kamu dalam menghasilkan uang. 

Jenis situs web yang satu ini juga memiliki sistem pemesanan yang mempermudah pelanggan dalam bertransaksi jual beli. 

2. eCommerce

Tidak jauh berbeda dengan situs web bisnis, eCommerce website adalah situs web yang juga bertujuan untuk menjual produk bisnis kamu secara online. 

Pada situs ini kamu dapat menampilkan foto produk, menu checkout, dan juga keranjang belanja. Cocok bagi kamu yang ingin memulai bisnis pribadi melalui platform online. 

3. Event

Bagi kamu yang memiliki bisnis seperti seminar, konser musik, atau jenis acara lainnya, website event adalah pilihan yang tepat untuk mempromosikan bisnis tersebut. 

Karena situs web ini dapat menampilkan informasi lengkap seperti jadwal acara, peta, sarana transportasi, dan pemesanan tiket. Jenis situs web ini juga sangat cocok untuk mengadakan acara-acara virtual.  

4. Personal

Membuat personal website adalah cara sederhana untuk mempromosikan diri kamu di platform internet. Kamu bisa membagikan pencapaian yang telah kamu peroleh dan menampilkan siapa kamu sebenarnya pada halaman web ini. 

Bentuk situs web ini hampir mirip dengan portofolio yang memiliki sentuhan elemen visual agar tampak lebih menarik. Salah satu contoh jenis situs web ini, yakni situs web resume tenaga profesional yang bertujuan untuk merapikan list prestasi yang telah mereka capai. 

Kamu bisa mengaplikasikan cara membuat website pribadi dari nol jika ingin memiliki situs web yang satu ini dengan bantuan CV dan template.

5. Nonprofit

Non profit website adalah jenis situs web yang berisikan informasi tentang organisasi nirlaba. Mulai dari deskripsi tentang organisasi tersebut, galeri foto aktivitas yang pernah dilakukan sebelumnya, daftar kegiatan rutin atau akan dilakukan, dan tempat untuk donasi. 

Kamu dapat menggunakan cara membuat website gratis untuk mempromosikan organisasi nirlaba yang kamu kelola. Agar lebih banyak orang yang mengetahui keberadaan organisasi tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Website Sekolah dan Contohnya

website
Sumber: Envato

6. Blog

Blog adalah jenis website yang memungkinkan kamu untuk membuat tulisan yang panjang tentang berbagai hal. Khususnya untuk gambar dan artikel yang berkaitan dengan topik tertentu. Misalnya blog kuliner dan blog traveling.  

Melalui blog kamu bisa membagikan aktivitas atau pengalaman menarik dalam hidup kamu. Kamu juga dapat mencurahkan opini pada halaman blog milikmu. Menariknya, saat ini blog juga dapat menghasilkan uang secara online yang patut kamu coba.

7. Portfolio

Portfolio adalah jenis website yang paling tepat untuk kamu menampilkan keterampilan atau hasil karya pribadimu. Situs web ini umumnya berisikan galeri untuk karya kamu dan deskripsi lengkap mengenai pekerjaan kamu. Situs web portfolio bisa kamu manfaatkan sebagai resume ketika melamar suatu pekerjaan.

8. Forum Online

Tujuan utama pembuatan website forum online adalah menyediakan sarana untuk anggota forum berdiskusi tentang topik tertentu. 

Fungsi lainnya adalah agar antar anggota bisa saling memberikan dukungan dan bantuan. Kehadiran situs web ini mampu mempertemukan dan menyatukan orang-orang dengan pemikiran dan tujuan yang sama dalam satu wadah.

9. Membership

Membership website adalah situs web keanggotaan yang hanya bisa diakses oleh para anggota. Jadi, tidak terbuka untuk umum. 

Situs web ini memiliki area khusus anggota yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan informasi, menggunakan alat, atau layanan dari pemilik situs. Nah, bagi pemilik situs, memiliki situs web yang satu ini dapat menjadi cara menghasilkan uang melalui internet dengan mudah.

10. Informasi

Website informasi adalah jenis situs web yang menyediakan berbagai informasi tentang topik tertentu. Situs web ini bersifat nonprofit yang hanya bertujuan untuk berbagi informasi kepada para audiens. 

Namun, jenis situs web ini bisa kamu hubungkan dengan situs web bisnis dengan topik yang masih berkaitan. Ini adalah cara promosi yang cukup mudah untuk kamu lakukan. 

Kelebihan Memiliki Website

Memiliki website pribadi bisa memberikan kamu berbagai kelebihan seperti berikut ini: 

1. Online 24/7

Bagi kamu yang mempunyai situs web bisnis atau eCommerce, para pelanggan kamu akan selalu bisa menemukan produk jualan kamu setiap saat secara online. 

Hal ini akan memberikan kenyamanan bagi calon pelanggan untuk mengakses informasi produk tanpa harus ada tekanan untuk membeli. 

2. Kredibilitas

Website adalah media digital yang dapat menampilkan informasi mengenai bisnis kamu secara online yang mudah untuk diakses oleh calon pelanggan. 

Biasanya pelanggan melakukan penilaian kualitas bisnis kamu melalui situs web. Terutama pada bagian ulasan produk dari pelanggan kamu sebelumnya.

3. Ekspansi Pasar

Keuntungan lainnya memiliki website adalah kamu dapat menjangkau pelanggan secara lebih luas tanpa batasan geografis. Karena para pelanggan bisa mengenal produk kamu secara online dari tempat tinggal mereka masing-masing.

4. Periklanan

Melakukan periklanan online dan SEO yang tepat merupakan cara terbaik untuk membantu kamu meningkatkan trafik kunjungan website milikmu. 

Karena, situs web kamu akan berada pada halaman pertama di mesin pencarian Google. Semakin tinggi angka trafik situs web kamu, maka akan mempermudah kamu untuk mendapatkan pelanggan baru.

Baca juga: 15+ Inspirasi Website Portofolio Desain Artistik dan Menarik

5. Customer Service Online

Kamu dapat menampilkan jawaban yang sering diajukan pelanggan pada bagian FAQ di situs web kamu. 

Sehingga bisa menghemat uang dan waktu, mengurangi biaya layanan pelanggan, serta memberikan informasi lebih banyak kepada pelanggan. 

Selain itu kamu juga bisa mengunggah ulasan positif pelanggan sebagai testimoni produk pada halaman web. 

6. Pertukaran Informasi

Pada halaman website kamu bisa mencantumkan jam buka, menampilkan produk atau gambar lokasi, dan informasi kontak. 

Selain itu kamu juga dapat memanfaatkan formulir kontak sebagai sarana menerima ulasan atau pertanyaan dari pelanggan maupun calon pelanggan. 

Video promosi produk juga bisa kamu tampilkan pada halaman situs web yang pastinya lebih hemat biaya.  

7. Menghemat Biaya

Jika kamu menggunakan situs web sebagai sarana berjualan, kamu tidak perlu memikirkan biaya sewa toko, utilitas, biaya overhead, dan upah karyawan. Hal ini pastinya akan memungkinkan untuk kamu menawarkan produk dengan harga lebih murah. 

Situs web juga dapat berperan sebagai wadah informasi internal bisnis yang bisa kamu bagikan setiap waktu.

8. Consumer Insight

Melalui website, kamu dapat mengetahui siapa saja yang menjadi pelanggan kamu, cara mereka menemukan bisnis kamu, dan hal-hal yang mereka sukai. 

Sehingga, kamu bisa menyesuaikannya dengan bisnis milikmu untuk meningkatkan angka penjualan.

website
Sumber: Envato

Apakah Kamu Tertarik untuk Memiliki Website?

Ternyata website adalah wadah terbaik untuk kamu berbagi informasi baik tentang diri kamu secara pribadi maupun mengenai topik tertentu. 

Situs web juga terbagi dalam 10 jenis yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Bahkan bisa kamu gunakan untuk membangun bisnis online.   

Kamu juga dapat menerima berbagai manfaat dari situs web baik secara materi maupun wawasan. Jadi, apakah kamu tertarik untuk membangun dan memiliki website sendiri?

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Abu Haqqi
March 17, 2022

Saya sudah 4 tahun-an kalau tidak salah beli domain .id di Domainesia, lebih mahal memang dibandingkan .com. Tapi karena visitor sudah ribuan per-hari, dan nama domainnya pendek, maka saya perpanjang terus.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!