• Home
  • Tips
  • 5 Cara Membuat Iklan di Twitter untuk Pemula

5 Cara Membuat Iklan di Twitter untuk Pemula

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Jenis iklan Twitter yang cenderung sederhana dan tidak ada biaya minimum bisa menjadi pertimbanganmu beriklan di Twitter.

Cara Membuat Iklan di Twitter
Sumber: Pixabay

Kali ini DomaiNesia akan memberitahu cara membuat iklan di Twitter yang ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Bagaimana caranya? Yuk disimak!

Jenis Iklan Twitter

Sebelum mengetahui cara membuat iklan di Twitter, berikut ini jenis-jenis iklan Twitter yang perlu kamu ketahui untuk membantu menentukan tujuan dan strategi pemasaran brand.

Tweet iklan sangat mirip dengan tweet biasa, bedanya kamu perlu membayar agar kontenmu bisa tampil di timeline audiens yang belum memfollow akunmu. Tweet iklan akan ada label Sponsored di sudut kiri bawah tweet.

Akun Twitter yang dipromosikan akan tampil di timeline followers yang berpotensi memfollow akunmu, di hasil pencarian dan Who To Follow. Akun iklan diberi label Sponsored dan tombol Follow.

Pengguna Twitter dapat berinteraksi dengan trend yang diiklankan sama seperti dengan trending topik lainnya. Bedanya, akan ada label Sponsored untuk audiens yang menjadi target. Promoted trend akan tampil di list pertama Trends for you, tab pencarian dan timeline. Promoted trends bisa dalam bentuk video dan GIFs.

Moments Twitter merupakan kumpulan tweets yang bercerita. Dengan promoted moments, kamu bisa membagikan iklan cerita di Twitter dengan lebih dari 280 karakter.

Automated Ads

Kalau kamu baru mengenal iklan Twitter dan tidak yakin dengan biaya yang harus dikeluarkan, kamu bisa mencoba Twitter Promote Mode. Twitter Promote Mode akan otomatis mempromosikan tweet dan profil brandmu.

Cara Membuat Iklan di Twitter

Setelah kamu mengenal jenis-jenis iklan di Twitter, berikut ini 5 langkah cara membuat iklan di Twitter:

Membuat Akun Twitter untuk Beriklan

Cara membuat iklan di Twitter yang pertama adalah kamu harus membuat akun iklan terlebih dahulu. Masuk ke akun Twittermu, lalu buka ads.Twitter.com. setelah itu masukkan negara dan zona waktu lalu klik Let’s go.

Selanjutnya masuk ke Twitter Ads Manager dengan berbagai fitur yang bisa melacak dan menganalisis metrik dari campaign iklan.

Cara Membuat Iklan di Twitter
Sumber: Pixabay

Pilih Tujuan Beriklan di Twitter

Setelah membuat akun, selanjutnya kamu perlu menentukan tujuan campaign untuk menentukan jenis iklan dan engagement yang akan kamu bayar. Berikut ini beberapa tujuan beriklan di Twitter:

Awareness

Reach: Promoted Tweet yang dilihat oleh banyak audiens. Kamu akan dikenakan biaya per 1.000 impresi.

In-stream video views: Menayangkan iklan di awal video yang dimiliki oleh partner Twitter. Kamu akan dikenakan biaya pada setiap penayangan video.

Consideration

Video views: Menayangkan video atau GIF ke audiens. Kamu akan dikenakan biaya untuk setiap penayangan video

App installs: Menginstall aplikasi. Kamu akan dikenakan biaya untuk setiap aplikasi yang terinstall

Website clicks or conversions: Membuka websitemu. Kamu akan dikenakan biaya per klik

Engagement: Memaksimalkan engagement dengan tweet yang kamu promosikan. Kamu akan dikenakan biaya per engagement tetapi hanya pada awal engagement pada setiap audiens.

Followers: Menambah followers Twitter dan akan dikenakan biaya pada setiap follower baru.

Conversion

App re-engagement: Membuat audiens membuka dan menggunakan aplikasi yang sebelumnya sudah mereka install. Biaya yang akan dibayar ialah per klik aplikasi.

Pada contoh cara membuat iklan di Twitter kali ini, kita akan membahas campaign untuk menambah followers dan membuat audiens baru di akunmu.

Setelah mengklik Followers dan masuk ke halaman Campaign setup, kamu akan mengisi nama campaign, cara pembayaran, biaya dan jadwal iklan tayang. Setelah itu klik Next.

Pilih Kategori dan Penawaran (Bidding)

Cara membuat iklan di Twitter selanjutnya adalah menentukan kategori iklan dan penawaran di halaman Ad group setup. Sebaiknya kamu pilih beberapa kategori iklan agar bisa menargetkan audiens, konten iklan, biaya dan waktu yang berbeda.

Di halaman ini kamu akan mengisi biaya yang bersedia kamu keluarkan untuk setiap interaksi. Jika memilih bid otomatis, Twitter akan menetapkan bid untuk mendapatkan hasil terbaik dengan harga terendah berdasarkan anggaranmu.

Menargetkan Audiens

Menargetkan audiensmu berdasarkan jenis kelamin, usia, lokasi, bahasa dan teknologi yang mereka gunakan juga menjadi poin penting agar semuanya dapat berjalan sukses. Bagian Audience features bisa kamu gunakan untuk menargetkan iklan ke audiens dengan minat spesifik seperti event, perilaku bahkan keyword dan acara TV yang mereka tweet.

Kamu juga bisa mengupload daftar email dan menargetkan audiens yang mirip dengan followersmu. Setelah itu klik Next.

Penempatan Iklan

Cara membuat iklan di Twitter yang terakhir adalah menentukan tempat untuk iklanmu. Ini ada di sisi kanan layar dan klik Next. Di halaman selanjutnya, klik Launch campaign dan iklanmu siap tayang!

Tips Beriklan di Twitter

Setelah kamu mengetahui cara membuat iklan di Twitter, mengetahui tips beriklan di Twitter agar campaign marketingmu berhasil juga tidak kalah penting. Berikut ini tips beriklan di Twitter:

Bisnis dan Brand Harus Jelas

Ketika mengiklankan konten, kemungkinan target audiensmu belum mengetahui brandmu.

Jadi, jelaskan tentang bisnismu melalui foto, video dan copy yang akan diiklankan. Buatlah deskripsi dan profil yang jelas dan menarik sehingga audiens tergerak memfollow akunmu.

Akun bisnis yang terverifikasi juga menjadi nilai plus karena audiens dapat mempercayai brandmu.

Copy yang Singkat dan Menarik

Walaupun dalam satu kali post Twitter bisa menulis hingga 280 karakter, tetapi kamu harus tetap membuat copy yang menarik dan to the point karena audiens akan scrolling timeline secara cepat. Penggunaan CTA menarik dan URL yang singkat bisa kamu aplikasikan ketika membuat iklan di Twitter.

CTA yang Jelas

Iklan yang bagus adalah iklan yang berhasil membuat audiens melakukan tindakan yang kamu harapkan. Untuk menunjang tujuan campaign, jangan buat audiens bingung. Gunakan CTA yang jelas seperti ajakan untuk follow, klik link website atau download aplikasi.

Persentase Diskon

Ketika bisnismu sedang menjalankan diskon produk, sebaiknya gunakan angka persentase diskon saat beriklan karena audiens cenderung mengklik iklan yang menuliskan angka diskon daripada menuliskan hemat sekian rupiah.

Gambar dan Video Berkualitas

Pastikan setiap gambar dan video yang kamu iklankan mengikuti ukuran spesifik Twitter, gambarnya tajam dan menarik perhatian audiens. Selain itu, semua gambar dan video juga harus berkaitan dengan materi iklan.

Cara Membuat Iklan di Twitter
Sumber: Pixabay

Lakukan A/B Testing

Setelah mengetahui cara membuat iklan di Twitter dan beberapa tips singkatnya, sebaiknya jangan gunakan format yang sama ketika beriklan.

Kamu bisa mengecek kompetitor dan lakukan A/B testing dengan mengganti gambar, copy atau CTA dan lihat apakah itu berpengaruh pada engagement postmu atau tidak. Selamat beriklan!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!