• Home
  • Tips
  • 11 Ide Konten Video Untuk Sosial Media

11 Ide Konten Video Untuk Sosial Media

Oleh Ratna Patria
4.67/5 (3)

Hai DomaiNesians! Berkembangnya dunia digital saat ini, membuat berbagai variasi konten bisa dinikmati. Salah satu konten yang kini terus bertambah peminatnya adalah konten dalam bentuk video. Selain karena terlihat lebih menarik, banyak platform yang mendukung seperti YouTube, Twitter, Facebook, dan Instagram.

Meskipun begitu, diperlukan ide yang tepat agar video yang dibuat menjangkau banyak orang. Terlebih dapat memberikan benefit kepada kreator seperti membeli produk, follow, dan sebagainya. Nah, berikut ini akan dijelaskan 11 ide konten video yang cocok untuk sosial media. Selamat membaca!

ide konten video
Sumber: Freepik

Interview/Q&A

Ide konten video yang pertama adalah interview atau Question dan Answer. Dalam konten ini, memberikan penjelasan yang informatif dan interaktif. Bisa jadi pertanyaan berasal dari audience atau mendatangkan orang yang ahli mengenai topik yang akan dibahas dalam video. Ide konten video ini sebenarnya bisa dilakukan untuk satu orang saja yang memberikan penjelasan, tentu saja orang tersebut harus memiliki kemampuan publik speaking yang baik.

Behind the Scenes

Terkadang audience penasaran bagaimana aktivitas yang terjadi di balik layar. Nah, untuk itu ide konten video selanjutnya adalah behind the scenes. Adegan di balik layar ini bisa video yang dilakukan perusahaan saat sedang beroperasi. Dengan ide konten video ini, kamu bisa membangun kepercayaan dan koneksi dengan audience karena membuat hubungan menjadi lebih dekat.

Produk

Ide konten selanjutnya adalah produk. Nah, konten video ini bisa dimanfaatkan sebagai ajang tunjuk bagaimana bagaimana penampilan dari sebuah produk yang kamu tawarkan. Hal ini akan berpengaruh pada keputusan calon pembeli, apakah mereka semakin tertarik untuk mencoba atau malah sebaliknya. Semakin menarik dan semakin baik kualitas video, maka membuat audience tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk tersebut.

Live Video

Hampir semua platform sosial media saat ini menawarkan fitur Live Streaming dan audience bisa terhubung langsung secara real-time. Ide konten video live streaming akan membuat brand menjadi lebih terbuka dan transparan. Yang bisa meningkatkan hubungan dengan audience.

Promo

Semua orang suka dengan promo. Maka dari itu, untuk ide konten video selanjutnya adalah dengan menawarkan promo dalam bentuk video. Promo yang eksklusif dengan visual yang memukau akan menarik perhatian audience. Dan dapat digunakan sebagai video untuk beriklan untuk menjangkau orang lebih banyak.

User-Generated Content

Membuat ide konten video memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kamu butuh usaha, ide, kerjasama, dan berbagai elemen pendukung lainnya. Maka dari itu, ide konten video selanjutnya yang bisa kamu terapkan adalah dengan user-generated content. Jadi ide konten video ini berasal dari followers atau audience kamu sendiri. Sehingga kamu tidak perlu memproduksi videonya.

ide konten video
Sumber: Freepik

Kamu bisa melihat berbagai postingan yang ada pada audience. Kemudian melakukan retweet, repost, atau upload ulang di media sosial utama. Jangan lupa juga tag creator yang asli dan hal tersebut dapat menarik audience lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Giveaway

Semua orang suka promo, semua orang juga suka yang gratis-gratis. Nah, untuk ide konten video selanjutnya adalah dengan membuat video giveaway. Atau jika giveaway terlalu biasa, kamu juga bisa membuat video kontes yang bisa dilakukan oleh seluruh audience kamu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Tentu saja, gratis maupun reward sama-sama konten yang menarik perhatian banyak orang.

Pengumuman

Konten video juga bisa digunakan untuk mengumumkan sesuatu. Misalnya mengumumkan perluasan bisnis, launching produk terbaru, dan pengumuman penting lainnya atau pengumuman yang cukup menghibur. Selain menarik audience, hal tersebut juga bisa membangun rasa keingintahuan audience lebih dalam.

Event

Event tentu saja harus dipublikasikan. Nah, untuk salah cara untuk mempublikasikannya adalah dengan membuat promosi event tersebut dalam bentuk video. Setelah itu, share di sosial media. Atau, kamu bisa langsung menyiarkan event tersebut dan membuat semua orang dapat menonton secara virtual apa yang dilakukan dalam event yang diadakan.

Berita Terbaru

Berita kini masih menjadi konten yang sering dikonsumsi banyak orang. Bahkan di sosial media pun banyak orang yang mencari berita. Nah, ide konten video selanjutnya adalah kamu bisa membuat video berita mengenai apa yang sedang terjadi, trending, dan banyak dibicarakan oleh orang. Namun, pastikan jika berita tersebut relevan dengan target audience dan niche dari akun sosial media kamu. Berita terbaru tersebut bisa kamu cari dengan cepat melalui sosial media seperti Twitter.

Tutorial

Dan ide konten video terakhir adalah tutorial. Di mana dalam video tersebut, kamu menjelaskan bagaimana cara untuk melakukan sesuatu. Bisa jadi tutorial terhadap penggunaan produk yang kamu tawarkan, atau tutorial lainnya yang berhubungan dengan topik bisnis dan target audience. Ide video konten berupa tutorial ini sering kamu jumpai dan tentu saja peminatnya sampai sekarang cukup banyak.

ide konten video
Sumber: Freepik

Ide Konten Video Kreatif, Respon Audience Positif

Nah, itulah 11 ide konten video untuk sosial media yang bisa kamu coba. Dengan memanfaatkan video yang tepat, kamu bisa menjangkau audience lebih banyak lagi. Bahkan mengundang mereka untuk follow dan berinteraksi dengan akun kamu. Namun, kamu tetap harus memastikan jika semua video yang kamu buat menghibur, menginspirasi, dan mengedukasi. Selalu kreatif dalam membuat konten untuk sosial media, karena audience tak akan pergi kemana-mana.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


ujeng Erfani
December 27, 2020

Assalamuk alaikum Wr Wb,..... Perkenalkan nama Ujeng Erfani , No Hp/ Wa. 0813 8073 0807, Email : ujengerfani@gmail.com Penanggungjawab Toko Buku CV. BESEMAH PUSTAKA / besemahpustaka.com Website Menggunakan WordPress, sekarang Website tidak aktif di geogle, katanya masa Domain saya sudah habis waktu, bagaimana cara mengaktifkan kembali, tolong di bantu., Infonya Demikian, terima kasih Bandar Lampung, 27 Desember 2020 Hormat Kami, Ttd UJENG ERFANI

ubatloja
November 12, 2020

Silahkan mampir ke channel kami ( Mu_Mu Channel ) sohib2 semua... Channel anak negeri pendatang baru

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!