7 Strategi Pemasaran Produk Makanan

strategi pemasaran produk makanan

Bisnis kuliner adalah sebuah bisnis yang tidak akan pernah mati. Tak hanya di kota-kota besar yang padat penduduk sekalipun, tapi juga di kota-kota lainnya. Hal ini karena makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Namun dengan banyaknya jenis usaha yang serupa, membuat persaingan juga ketat. Dan diperlukan strategi pemasaran makanan yang paling baik.

Membuat usaha makanan menjadi sebuah usaha online adalah langkah yang baik untuk memasarkan produk-produk kuliner. Mengingat dengan segala macam yang kita konsumsi sekarang ini sudah bisa dibeli atau didapatkan melalui jalur online. Bahkan bentuk distribusinya juga bisa melalui jalur online, contoh pesan makanan via Gojek. Nah, strategi pemasaran makanan apa yang paling baik untuk bisnis kuliner Domainesians?

Memulai Bisnis Makanan Online Pertama

Bisnis makanan online sekarang tidak hanya terbatas pada makanan kering atau makanan yang sudah diawetkan. Namun, bisnis makanan online kini sudah menjangkau warung-warung Indomie atau burjo khas sunda. Hal ini terjadi karena permintaan masyarakat yang cukup tinggi terhadap makanan cepat saji ala Indonesia tersebut, dan difasilitasi oleh perusahaan teknologi misalnya Go-Jek yang mengambil lahan distribusinya.

makanan online

Source: Thalappakatti

Berkembangnya bisnis online makanan ini tentunya membuka banyak sekali peluang bagi mereka yang ingin memiliki bisnis makanan online pertamanya. Apalagi untuk mereka yang telah atau berpengalaman dalam bisnis catering kecil-kecilan. Atau mereka yang mengawali dari melayani pesanan khusus dan mengantarkannya sendiri. Atau yang sudah melakukan internet marketing sederhana seperti memasarkanya melalui Facebook.

Strategi Pemasaran Produk Makanan Terbaru

Membuat Website Resmi

Website adalah salah satu bentuk kehadiran kamu di dunia online. Berfungsi untuk menambah kredibilitas bisnis online yang sedang dijalankan. Dan yang termasuk didalamnya adalah bisnis online makanan.

Membangun website adalah salah satu bentuk strategi pemasaran makanan yang harus pertama kali dilakukan sebelum langkah-langkah selanjutnya. Hal ini karena website nantinya akan digunakan sebagai halaman untuk diiklankan melalui Google atau search engine lainnya. Website juga dapat menampilkan informasi lebih banyak dibandingkan media lainnya.

Baca Juga: Buat Domain Keren Untuk Usahamu Sekarang

Memasang Iklan Melalui Google

Google menjadi adalah salah satu tempat terbaik untuk mengiklankan bisnis makanan atau kuliner yang sedang dijalani. Hampir semua orang mencari jawaban di Google termasuk mengenai tempat yang menjual makanan paling dekat dengan mereka. Atau mungkin ada beberapa orang yang mencari katering makanan online yang juga bisa jadi salah satu pasar potensial.

beriklan di google adwords

Source: The Drum

Adwords Google adalah strategi pemasaran produk makanan melalui media iklan baris yang tampi di halaman pencarian Google. Pengguna akan dikenai charge setiap kali iklan tersebut di klik oleh audiens, dengan harga yang variatif tergantung tingkat persaingannya. Namun, sebelum beriklan pastikan kamu sudah memiliki beberapa kata kunci utama untuk iklan yang akan dijalankan.

Contohnya, untuk bisnis warung pecel di Yogyakarta. Bisa menggunakan “warung pecel jogja”, “pecel jogja”, atau “pecel yogyakarta”. Selain kata kunci target daerah juga perlu diperhatikan, supaya iklan tersebut lebih maksimal. Kecuali untuk makanan yang bisa dikirim hingga keluar kota, bisa dengan mentarget kota-kota yang jadi tujuan.

Optimasi Website

Sebuah halaman website akan sia-sia jika tidak teroptimasi. Website yang teroptimasi dengan baik akan lebih mudah dijangkau oleh audiens dan target pasarnya. Gambarannya, jika kamu memiliki lapak di pasar dan berada di barisan paling depan. Maka akan lebih mudah untuk menjangkau calon pembeli karena akan terlihat lebih dahulu.

Nah, strategi pemasaran produk makanan yang satu ini bisa dilakukan dengan dua cara. Yang pertama adalah mengoptimalkan website dengan mengisinya dengan konten. Konten-konten misalnya artikel tidak boleh ditulis dengan sembarangan, namun harus berdasarkan kata kunci yang relevan dengan jenis usaha yang dijalankan.

Baca Juga: Website Instant dengan WordPress

Aktif Menggunakan Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu jenis channel dengan pengguna aktif paling banyak di dunia jika digabungkan. Beberapa media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Youtube memiliki peringkat tertinggi di dunia. Dan dari sekian media sosial tersebut sudah dimasuki brang-brand yang memasang iklan didalamnya.

makanan media sosial

Source: BiniBlog

Menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran produk makanan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya mengoptimalkan Instagram untuk mengunggah foto-foto makanan, atau memasarkan foto-foto tersebut melalui Facebook. Atau malah menunjukkan proses memasak di channel Youtube yang telah dimiliki.

Media sosial yang baik adalah media sosial yang aktif dalam menanggapi setiap komentar yang masuk. Selain itu juga secara rutin memiliki konten untuk diunggah kedalam media sosial yang digunakan. Tidak hanya itu namun, pemasaran melalui media sosial bisa juga dengan memasang iklan pada portal yang digunakan.

Tips Membuat Foto Yang Keren

Foto merupakan salah satu jenis konten yang menarik dimata para pengunjung. Baik pengunjung website maupun media sosial selalu menyukai konten dengan gambar atau foto. Nah, sebenarnya gambar atau foto bentuk apa yang dapat menarik lebih banyak pengunjung atau pembeli?

rule of third

Source: PictureCorrect

Konten foto baik untuk penggunaanya di media sosial, maupun di website memiliki rasio yang unik. Namun secara garis besar, untuk objek utama dapat menggunakan metode dasar yakni the rule of third. Rule of thrid adalah sebuah teknik fotografi sederhana dimana kita manfaatkan grid pada kamera untuk mengacu.

Mendaftar Menjadi Mitra Perusahaan Ojol

Selain sebagai salah satu bisnis transportasi online atau ojek online (ojol), kehadiran ojek online sangat membantu para pebisnis yang dagangan dan pembelinya berada dalam satu kota yang sama. Apalagi untuk para pedagang makanan online dan para pengusaha warung makan.

Hal ini karena ojek online telah memiliki fitur pembayaran online melalui pihak-pihak yang telah ditunjuk. Tentunya ini akan memudahkan pemasaran produk makanan yang kamu mulai dengan konsep Geo Marketing.

Membuat Promo Harga Khusus

Promo khusus bisa jadi salah satu strategi pemasaran produk makanan yang bisa dicoba. Hal ini cocok digunakan untuk daerah mahasiswa misalnya. Selain itu juga promo atau harga khusus akan membuat produk makanan yang kamu miliki lebih mudah dikenal. Dan tentunya lebih terjangkau bagi konsumen baru yang masih ingin mencoba.

Endorsement Dari Selebgram

Salah satu teknik pemasaran online yang paling juara saat ini adalah influencer marketing. Influencer adalah mereka yang memliki aset digital dengan jumlah mulai dari 5000 jumlah follower. Keuntungan menggunakan akun media sosial publik adalah jauh lebih mudah dijangkau oleh pemirsanya.

food blogger makanan

Source: iDiva

Kesimpulan

Ketujuh strategi pemasaran produk makanan yang telah dibahas diatas dapat kamu aplikasikan secara berurutan. Dengan membuat website resmi sebagai langkah awal untuk memulai sebuah bisnis kuliner secara online. Dalam membuat website juga ada baiknya memilih layanan terbaik, tak hanya dari segi domain namun juga penyedia hosting. Percayakan hosting terbaik pada ahlinya, Domainesia.

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!
>