• Home
  • Tips
  • 10 Ide Bisnis Sampingan yang Perlu Kamu Coba

10 Ide Bisnis Sampingan yang Perlu Kamu Coba

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

DomaiNesians! Apakah kamu sekarang sedang mencari ide bisnis sampingan? Ini hal yang cukup umum bagi banyak orang karena selain bisa menambah pendapatan, tetapi juga kesempatan untuk mengembangkan kemampuan untuk ide-ide yang kamu punya.

Dengan ide brilian yang kamu punya ditambah dengan strategi pemasaran yang efektif, tandanya kamu sudah siap untuk punya kerja sampingan! Kamu bisa mengubah hobi atau hal-hal yang kamu sukai menjadi pendapatan tambahanmu. Kira-kira, apa saja ya?

ide bisnis sampingan
Sumber: Freepik

Penulis Lepas

Dengan pemasaran konten online yang semakin masif, permintaan penulis lepas yang berkualitas semakin meningkat. Mereka mencari penulis lepas untuk membuat konten blog yang informatif dan menarik agar bisa menjadikan pembaca blog menjadi pelanggan mereka. Tentu saja ini sebuah peluang bagi kamu yang suka menulis dan ingin mendapatkan uang jajan tambahan.

Desain Grafis

Kalau kamu memiliki keahlian menggunakan software desain, kamu bisa menjadikan ini sebagai peluang. Dari membuat logo, infografis, hingga membuat desain website saat ini ada banyak permintaan dengan harga yang menggiurkan.

Biasanya para UMKM tidak memiliki budget yang terlalu besar untuk membuat logo dan branding usaha ke desainer profesional, ini bisa menjadi peluang untuk menambah pendapatan.

Berjualan di eCommerce

Kamu bisa membeli barang yang berkualitas bagus di warehouse atau pasar loak kemudian menjualnya kembali di e-Commerce atau toko online pribadi.

Ini bisa menjadi ide bisnis sampingan yang menguntungkan. Kamu bisa menjual produk seperti sepatu, baju, peralatan rumah ataupun mainan anak.

Kalau di weekdays kamu harus bekerja nine to five, kamu bisa berakhir pekan dengan mencari barang baru dan malamnya bisa digunakan untuk mengemas atau mengirimkan barang yang terjual.

Pelatih Fitness Online

Industri fitness training dan hidup sehat belakangan ini banyak digemari banyak orang bahkan menjadi gaya hidup. Bagi orang-orang yang suka berolahraga dan bersertifikasi trainer atau coach, hobi yang sehat ini bisa menjadi sumber cuanmu.

Para influencer fitness mengajak para followingnya untuk berolahraga kemudian bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjadikan mereka sebagai klien.

Kamu pun bisa mencobanya, pengaruhi teman-teman media sosialmu untuk berolahraga dan jadikan mereka klienmu dengan berbagai program fitness yang kamu kuasai dan tawarkan.

Coding

Seiring kemajuan teknologi, banyak bisnis yang membutuhkan website dan aplikasi mobile untuk keperluan mereka. Ini merupakan peluang ide bisnis sampingan bagi kamu yang memiliki keahlian coding.

Pemilik bisnis butuh seorang ahli yang bisa mendesain ulang website dan menambahkan berbagai fitur baru di website mereka. Biasanya, bayaran untuk coding ini juga sangat menggiurkan. Tertarik?

Blogging

Blogging merupakan salah satu ide bisnis sampingan termudah untuk memulainya, biaya untuk membuat website termasuk hosting dan domain tidak terlalu besar untuk sebuah modal.

ide bisnis sampingan
Sumber: Freepik

Kamu bisa membuat blog dengan topik yang kamu kuasai dan mendapatkan uang dari subscriber atau Google AdSense. Menulis pengetahuan dan pengalaman yang kamu punya di blog merupakan aktivitas yang menarik dan menyenangkan.

Kamu bisa menulis mengenai teknologi, lifestyle, traveling, otomotif dan hal lain yang sangat kamu kuasai. Semakin fokus dan niche, semakin baik!

Blog yang memiliki trafik lebih kecil tetapi engagement dengan pembacanya bagus bisa mengungguli blog dengan ratusan ribu pengunjung tanpa memanfaatkan Google AdSense. Kamu bisa juga menjual ebook di websitemu yang berisi kumpulan ilmu dan pengalaman yang kamu miliki.

Social Media Management

Setiap bisnis membutuhkan media sosial yang aktif, tetapi tidak semua pemilik bisnis memahami media sosial atau memiliki anggaran untuk membayar social media manager yang bekerja full time.

Ini bisa menjadi ide bisnis sampinganmu jika kamu mengenal dan paham dengan berbagai media sosial saat ini. Bisa saja bosmu akan menambah bayaranmu jika impresi media sosial berpengaruh terhadap penjualan bisnisnya. Menarik, kan?

Membuat Kerajinan Tangan (Crafts)

Buat kamu yang hobi membuat kerajinan tangan di waktu luang, ini adalah peluang untuk mengubah hasil karyamu menjadi cuan. Kamu bisa menjualnya di eCommerce atau membuat toko online sendiri di media sosial. Kuncinya adalah kamu menawarkan sesuatu yang benar-benar unik, baik itu produk ataupun gaya khasmu.

Fotografer

Kalau kamu suka memotret dan memiliki kemampuan mengedit foto, kamu bisa menjadikan ini sebagai ide bisnis sampinganmu. Penjual produk online membutuhkan gambar produk, profesional bisnis membutuhkan foto wajah, foto prewedding dan wedding, itu sebagian dari contoh peluang pasar bagi fotografer. Kamu bisa menjalankan bisnis ini di saat weekend.

Kursus Online

Kursus online sekarang semakin banyak peminatnya, banyak orang yang haus untuk mendevelop skill dan mencari ilmu baik untuk karier atau bisnisnya.

Kalau kamu memiliki pengetahuan lebih mengenai hobi tertentu, kamu bisa membuka kursus online mengenai hal tersebut. Setelah kamu selesai membuat materi dan merekamnya untuk kursus online, kamu bisa menjualnya di berbagai platform.

Jangan Lupa Riset Kompetitor

Semua ide bisnis sampingan di atas bisa kamu jadikan sebagai bisnis penuh waktu jika kamu benar-benar sudah memiliki banyak pelanggan. Kamu juga perlu melakukan riset kompetitor dalam bidang bisnis sampinganmu, apakah memiliki pasar yang menggiurkan?

ide bisnis sampingan
Sumber: Freepik

Jika iya, kamu harus menonjolkan keunikan dalam produk atau jasamu. Kamu bisa mendaftarkan dirimu di marketplace khusus freelancer untuk mendapatkan klien lebih banyak.

Walaupun hanya bisnis sampingan, jangan lupa untuk selalu mengupgrade diri agar kamu semakin profesional. Bagaimana? Sudah menemukan ide bisnis sampingan yang bisa menambah penghasilan utamamu? Selamat mencoba!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


wid
March 14, 2021

Pilihan yang menarik, klu sudah jadi aplikasi apa ada fitur pembaruan masing-masing tsbt?

Dani
March 1, 2021

Yang suka gratisan mana nih min🤣🤣

Yola
February 19, 2021

Jangan lupa mampir di youtube ku ya : Yola B Erl Cosmetics

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!