• Home
  • Berita
  • FTP Adalah: Pahami Cara Kerja File Transfer Protocol!

FTP Adalah: Pahami Cara Kerja File Transfer Protocol!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Dalam era digital yang serba serbi menggunakan internet, kamu pasti memiliki perangkat yang selalu kamu andalkan dalam kebutuhan sehari-hari, seperti smartphone, laptop, ataupun PC.

Salah satu kelebihan dari Laptop atau PC adalah dapat menyimpan lebih banyak memori atau storage yang digunakan untuk bekerja, serta saat bekerja dalam tim pastinya kamu sering berkolaborasi dan membutuhkan mengirimkan file antar satu sama lain. 

Apakah kamu pernah mendengar terkait pengiriman file melalui jaringan? Yup! Metode ini dikenal sebagai FTP atau File Transfer Protocol, melalui protocol ini kamu dapat berkomunikasi dari satu jaringan ke jaringan lain dengan lebih mudah, untuk penjelasan lengkapnya, simak artikel ini hingga akhir ya!

FTP Adalah

File Transfer Protocol atau FTP adalah sebuah servis atau protokol yang dirancang menjadi penjembatan antara komputer dan server melalui jaringan dengan koneksi TCP atau Transmission Control Protocol.

Apa itu protocol? Protocol adalah sebuah prosedur yang dapat membuat perangkat elektronik berkomunikasi melalui jaringan.

Pada File Transfer Protocol ini, terdapat dua aktor yang berperan penting yaitu sebagai client dan server. 

Sumber : elements envato

File Transfer Protocol Client atau Client FTP adalah perangkat yang kamu gunakan sehari-hari dan sebagai perangkat yang mengunggah serta mengunduh sebuah file.

Sedangkan, file transfer protocol server adalah server yang menjalankan sebuah perangkat lunak yang sedang kamu gunakan dan FTP server juga yang akan menerima berbagai request yang dilakukan oleh FTP client. 

Jadi, pada dasarnya FTP adalah serangkaian prosedur yang digunakan oleh jaringan untuk berkomunikasi. Bagaimana serangkaian prosedur tersebut dapat membuat perangkat saling berkomunikasi? Berikut merupakan cara kerja FTP atau file transfer protocol yang harus kamu ketahui!

Bagaimana Cara Kerja File Transfer Protocol?

Dari segi bahasa, File Transfer Protocol sangat identik dengan pengiriman atau “Transfer”, bagaimana pengiriman tersebut bekerja?

Kita bisa menggambarkan beberapa aktor yaitu Client, dan server yang sedang bertransaksi secara rahasia demi keamanan data yang ada di dalamnya, berikut langkah-langkah cara kerja File Transfer Protocol

  1. Pertama, FTP adalah serangkaian prosedur yang harus dilewati dala  komunikasi jarungan, jadi client harus memiliki autentikasi dan izin pada server yang akan diakses data atau filenya. Autentikasi yang dimaksud adalah username dan password. Hal ini bertujuan agar keamanan dari data tidak mudah diakses oleh pihak lain yang tidak bertanggungjawab.
  2. Kedua, jika client sudah memiliki informasi autentikasi, maka selanjutnya client akan melakukan request untuk connect dengan server.
  3. Ketiga, jika client diizinkan untuk mengakses file oleh server, maka selanjutnya client dapat mengeksplor directory file yang dimiliki oleh server. Kemudian client bisa memilih file apa yang dibutuhkan dan dipindahkan atau transfer ke perangkat yang sedang digunakan. 
  4. Server bisa mengkustomisasi izin yang boleh dilakukan oleh client, seperti copy, rename, atau delete, karena alasan keamanan, tidak semua client dapat diizinkan melakukan wewenang tersebut.
  5. Terakhir, jika client telah selesai memindahkan file, maka client dapat memutuskan koneksi dengan server dan file yang dibutuhkan sudah tersedia pada komputer atau perangkat yang sedang digunakan. 

Bagaimana? Apakah kamu sudah paham tentang cara kerja file transfer protocol? Untuk memperjelas, cara kerja diatas dilakukan dengan menyesuaikan fungsi dari FTP itu sendiri, berikut merupakan penjabaran dari fungsi FTP 

Beli Hosting Murah

Fungsi FTP (File Transfer Protocol)

Berikut merupakan fungsi FTP (FIle Transfer Protocol) yang dapat membantu kamu dalam berkomunikasi melalui jaringan secara aman

Pengiriman data dengan ukuran yang cukup besar

Dengan menggunakan FTP, dapat memungkinkan pengguna untuk mentransfer file dari satu komputer ke komputer lain memanfaatkan jaringan dengan ukuran file yang cukup besar tanpa menggunakan perantara hardware lain. 

Menjadi Manajemen Aset Direktori

Kemudian, dengan menggunakan FTP pastinya akan lebih memudahkan kamu dalam mengakses direktori server. Jika kamu diberikan akses, maka kamu dapat dengan berpindah antar direktori, membuat direktori baru, menghapus direktori, dan melakukan operasi manajemen file lainnya tanpa harus mengganggu operasional yang dijalankan oleh server.

Menjadi Autentikasi dan Keamanan

File Transfer Protocol ini juga dapat menambahkan layer proteksi terhadap file dan direktori yang dimiliki oleh sebuah server. Tidak semua client memiliki autentikasi dari data server, maka hanya orang-orang yang diberi wewenang tertentu dengan jaringan internal yang sama yang dapat mengatur data dalam direktori pada server. 

Mengunggah halaman website ke internet melalui web server atau web hosting

File Transfer Protocol ini juga dapat membantu kamu dalam mengunggah website ke halaman internet menggunakan layanan hosting murah yang salah satunya dimiliki oleh DomaiNesia. Kamu bisa mendapatkan informasi terkait autentikasi FTP dari pihak layanan hosting yang kamu gunakan, dan setelah kamu terkoneksi dengan server yang dimiliki oleh layanan hosting, setelah itu kamu baru bisa dengan mudah mentransfer file yang ingin kamu unggah.

Mengunggah dan Mengunduh File

Fungsi terakhir, kamu bisa mengunggah dan mengunduh file dengan mudah menggunakan FTP. FTP adalah sebuah prosedur yang memang dirancang untuk memudahkan kita dalam bertukar informasi sebagai sarana komunikasi melalui jaringan, walaupun file tersebut berada di tempat lain, selama kamu diberikan akses dan berada di jaringaan yang sama, maka komunikasi antar komputer untuk transfer file dapat dilakukan dengan mudah.

Kelebihan FTP 

Selain fungsi dari FTP, berikut kelebihan File Transfer Protocol yang bisa kamu pertimbangkan untuk melakukan komunikasi antar perangkat melalui sebuah jaringan

Tingkat Keamanan yang Lebih Tinggi

Jika kamu menggunakan FTP, untuk mengakses file atau direktori dari server diperlukan autentikasi berupa username dan password dari server tersebut.

Selain itu, dari sisi server juga harus mengizinkan melakukan akses FTP dari komputer lain di dalam jaringan yang sama. Jadi, penggunaan FTP ini memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi jika digunakan untuk komunikasi melalui jaringan internal.

Tidak membutuhkan perangkat keras Perantara

Pada pemindahan file secara konvensional, kamu membutuhkan flash disk atau jika ukuran dari file tersebut besar kamu harus menggunakan hard disk. Dengan FTP, kamu tidak perlu lagi hardware atau perangkat keras dalam memindahkan sebuah file. Dengan ukuran berapapun kamu bisa melakukannya menggunakan FTP dengan lebih mudah dan aman.

Dapat Melakukan Transfer berupa Bulk Data

Dengan FTP, kamu tidak perlu lagi khawatir terkait ukuran dari file yang akan kamu unduh atau kamu unggah, karena FTP dapat melakukan transfer berupa bulk data atau dalam jumlah yang cukup besar.

Contoh Aplikasi FTP

Pada implementasinya, terdapat beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan dalam membantu melakukan autentikasi dan konfigurasi FTP. Komputer yang bersangkutan harus sama-sama memiliki aplikasi yang sama agar proses File Transfer Protocol ini bisa dilakukan dengan mudah dan lancar, berikut merupakan contoh dari FTP software yang dapat kamu gunakan

Filezilla

Filezilla adalah salah satu perangkat lunak yang dapat membantu kamu melakukan FTP pada berbagai sistem operasi yang kamu miliki. Filezilla memang lebih mudah terintegrasikan jika menggunakan windows, tapi sistem operasi lain seperti Mac OS, Linux tetap bisa menggunakan software ini dengan baik. 

File Transfer Protocol

Keunggulan dari filezilla ini terletak pada user interface yang mudah dipahami oleh orang awam, tampilan yang diberikan langsung menampilkan kedua direktori file dan apa yang ingin dilakukan. Pada filezilla, kamu bisa mengubah nama, mentransfer, menghapus dan mengedit suatu file dengan mudah.

WinSCP

Selanjutnya, terdapat WinSCP. WinSCP cenderung menjadi favorit para pengguna windows karena software ini hanya berlaku pada sistem operasi windows. Tampilannya yang sederhana membuat WinSCP memiliki user experience yang baik pula.

Kelebihan dari WinSCP ini adalah adanya dukungan SSH password, keyboard interaktif, public key, dan autentikasi Kerberos.

Penutup

Jadi, apa itu File Transfer Protocol? Pada intinya, FTP adalah susunan prosedur yang digunakan untuk sebuah perangkat dapat berkomunikasi di dalam jaringan.

Fungsi utama FTP adalah dapat mentransfer file serta melakukan manajemen direktori antara client dan server FTP dengan mudah. memiliki banyak keunggulan dan salah satunya adalah tingkat keamanan yang cukup tinggi dalam proses komunikasinya karena dibutuhkan sebuah autentikasi untuk mengakses sebuah file yang terdapat pada sebuah server.

Jadi, apakah kamu tertarik mencoba FTP atau File Transfer Protocol dalam mentransfer file antar komputer?

Baca Juga : Cara Menggunakan FTP dengan FileZilla

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds