• Home
  • Berita
  • Giveaway adalah Strategi Menyenangkan Pelanggan, Begini Caranya!

Giveaway adalah Strategi Menyenangkan Pelanggan, Begini Caranya!

Oleh Ratna Patria

Kamu orang Indonesia kan? Pasti familiar dengan kutipan Bung Karno berikut “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. Ya, kutipan ini bisa juga berlaku seperti ini “Berikan pelanggan 1000 produk, niscaya akan terjadi banyak penjualan. Berikan pelanggan 1 giveaway, niscaya akan kau guncangkan penjualan”. Ini tidak berlebihan sama sekali karena strategi giveaway adalah salah satu cara efektif dalam strategi marketing!

Giveaway adalah tren yang terus melahirkan dampak positif saat ini.  Bagaimana giveaway bisa mengguncangkan penjualan? Mengapa bisa terjadi? Mungkin terbesit di pikiranmu pertanyaan-pertanyaan tersebut. Nah, jawaban dari pertanyaan ini dapat kamu simak di artikel berikut ini.

giveaway adalah
Sumber: Envato

Giveaway adalah

Halo para marketer! Kamu sering melihat giveaway berseliweran di timeline media sosial? Atau kamu adalah netizen yang tidak mau ketinggalan setiap ada giveaway yang diadakan? Nah, seharusnya kamu juga melirik teknik ini untuk diterapkan di strategi marketing perusahaan atau bisnismu! Jangan anggap sepele untuk teknik marketing ini. Melansir dari Easypromos’ survey, bahwa 92,6% marketer telah mengatur dan membuat giveaway di media sosial. Strategi yang paling umum adalah menjalankan giveaway di Facebook dan Instagram. 45,5% brand mengatur dan membuat giveaway di dua channel ini. 

Giveaway adalah salah satu teknik dalam strategi digital marketing. Pada dasarnya, giveaway adalah aktivitas bagi-bagi hadiah dengan syarat dan ketentuan tertentu. Tentunya, syarat dan ketentuan yang diberikan memiliki maksud dan tujuan yang berpeluang menguntungkan perusahaan atau bisnis.

Bagaimana dan mengapa giveaway dilakukan banyak perusahaan? Ini karena hal tersebut efektif dalam menarik leads. Teknik giveaway adalah perpaduan marketing dengan psikologi. Teknik ini menyasar aspek psikologi seseorang yaitu tepatnya pada afeksi. Menurut penelitian yang ada, seseorang lebih terpacu membeli atau mendapatkan suatu produk saat produk tersebut memberikan lebih banyak interaksi emosional.

Tujuan giveaway

Mengapa giveaway dapat mengguncangkan penjualan? Ini karena tujuan strategi ini men-trigger positif marketing funnel sehingga tentunya berdampak pada peningkatan penjualan. Mengacu pada konsep AIDA, dengan adanya giveaway, akan ada banyak leads yang masuk dalam wadah marketing kamu. Misalkan saja giveaway tersebut kamu arahkan ke landing page, maka akan meningkat berkali lipat leads yang mendarat disana dan jika hadiah dari giveaway adalah produk yang kamu jual, maka dapat dipastikan mereka memiliki keinginan terhadap produkmu. Ini luar biasa, kamu dapat memfilter calon pelanggan yang telah mengenal, tertarik sekaligus menginginkan produkmu! 

Luar biasa bukan tujuan dari dilakukannya giveaway ini? Kamu hanya tinggal membuat mereka melakukan action. Jika mereka adalah pemenang giveaway maka kamu memiliki kesempatan untuk membuatnya membeli produk yang sebelumnya mereka dapatkan secara gratis. Apabila mereka bukan pemenang, kamu dapat memberikan penawaran khusus lagi kepada mereka. Ingat, mereka adalah calon pelanggan yang sudah terbukti menginginkan produk kamu! Tujuan lainnya adalah meningkatkan engagement media sosial jika syarat dan ketentuan mengarah kepada ini. Misalkan saja wajib like, follow, dan lain sebagainya.

Contoh giveaway

Berbagai bentuk giveaway sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan. Apa saja contoh giveaway tersebut? Berikut ini beberapa contoh giveaway yang bisa kamu gunakan sebagai referensi

Social media giveaway

Ini merupakan giveaway yang paling banyak digunakan saat ini entah itu melalui instagram, twitter, facebook, tiktok, dan lainnya. Contoh giveaway ini adalah like, share, and comment giveaway. Peserta hanya akan diberi syarat untuk melakukan like, comment, and share sesuai ketentuan yang diberikan dan di akhir periode akan diumumkan peserta yang beruntung mendapatkan hadiah.

giveaway adalah
Sumber: Envato

Contoh giveaway selanjutnya adalah Tag Friends. Kamu dapat menggunakan pendekatan yang mirip dengan giveaway sebelumnya dengan contoh ini. Dalam postingan giveaway ini, pengguna diminta untuk menandai teman di komentar dan mengikuti 2 akun instagram yang berbeda untuk syaratnya.

Website giveaway

Mungkin kamu bisa mempromosikan giveaway melalui media sosial, namun kamu menyelenggarakan giveaway di website. Ada banyak gamifikasi yang bisa kamu gunakan di website misalkan kamu bisa membuat fitur spell wheels, atau mengharuskan paserta untuk mengisi form tertentu, dan lainnya.

Email giveaway

Ini mungkin bisa menjadi kelanjutan dari website giveaway. Setelah para peserta mengisi form yang berisi email, kamu bisa melaksanakan giveaway yang kamu kirim ke email masing-masing peserta.

Jenis giveaway

Secara umum ada dua jenis giveaway yaitu self giveaway dan sponsored giveaway. Nah, perbedaan dari dua jenis giveaway adalah 

Self giveaway

Ini merupakan jenis giveaway yang diselenggarakan langsung oleh perusahaan itu sendiri guna memperkenalkan produk mereka. Self giveaway adalah jenis yang biasa digunakan oleh perusahaan yang telah menyiapkan budget khusus untuk melakukan giveaway serta memiliki tim marketing yang solid. Keuntungan menggunakan jenis giveaway ini adalah fokus yang mengarah pada tujuan perusahaan itu sendiri. 

Sponsored giveaway adalah giveaway yang disponsori oleh perusahaan atau penyelenggara lain. Ini biasanya dilakukan oleh perusahaan atau bisnis pemula karena belum ada tim marketing. Penyelenggara giveaway akan meminta bayaran terhadap aktivitas ini. Penyelenggara akan mengumpulkan beberapa perusahaan yang berminat melakukan sponsored giveaway kemudian membuatkan giveaway sesuai dengan tujuan masing-masing peserta giveaway.  Jenis giveaway ini juga bisa didefinisikan sebagai giveaway kolaborasi jika diselenggarakan oleh 2 atau lebih perusahaan tanpa menggunakan jasa penyelenggara. 

Channel giveaway

Mau tidak mau, saat ini adalah era dimana digital marketing menjadi opsi terpenting melakukan strategi marketing. Tak luput dari itu, teknik giveaway tentunya mengerucut pada digital marketing khususnya melalui channel media sosial. Seperti data yang disebutkan di atas, bahwa 45,5% brand mengatur dan membuat giveaway di Instagram dan Facebook. Selain itu, membuat giveaway di website perusahaan juga merupakan hal positif. Bahkan ini berpeluang berdampak pada pembelian produk lain yang ditawarkan di website tersebut. Beberapa channel giveaway yang dapat kamu gunakan adalah: 

  • Instagram
  • Tiktok
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Landing page

Cara membuat giveaway

Setelah kamu mengetahui pengertian, contoh, dan channel giveaway saatnya intip bagaimana cara membuat giveaway. Berikut ini adalah cara membuat giveaway 

Tentukan tujuan

Langkah pertama cara membuat giveaway adalah menentukan tujuan untuk giveaway kamu. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tujuan giveaway adalah men-trigger atribut yang berada di funnel marketing. Misalnya, kamu mungkin ingin:

  • Meningkatkan leads yang masuk ke landing page
  • Meningkatkan interaksi media sosial
  • Mendapatkan email calon pelanggan

    giveaway adalah
    Sumber: Envato

Rencanakan giveaway

Cara membuat giveaway selanjutnya adalah memilih tujuan untuk giveaway, kamu siap untuk merencanakannya.

Tentukan hadiah

Hadiah giveaway harus sesuatu yang terkait dengan bisnis atau brand kamu. Jangan memberikan iPad hanya untuk mendapatkan peserta yang banyak karena itu tidak akan mendatangkan peserta berkualitas yang benar-benar akan menguntungkan bisnis kamu. Kamu ingin memilih hadiah dengan nilai yang cukup signifikan untuk menjamin tingkat partisipasi. Semakin berharga hadiahnya, semakin banyak partisipasi dan peserta yang akan kamu dapatkan.

Tentukan syarat dan ketentuan

Kamu juga perlu memutuskan bagaimana pengguna dapat mengikuti giveaway. Beberapa kemungkinan yang bisa disyaratkan kepada peserta adalah mengikuti akun bisnismu, like posting, @mention satu atau lebih pengguna lain di komentar, memposting sesuatu dengan tagar, membuka website bisnismu, dan sebagainya. Persyaratan masuk dapat berupa salah satu atau kombinasi dari kriteria ini yang terpenting adalah tetap memudahkan pengguna untuk berpartisipasi.

Jadwalkan giveaway

Untuk memudahkan kamu dalam mengorganisir giveaway, jadwalkan dengan jelas kapan kamu memulainya, mempromosikan nya, hingga mengakhirinya.

Tentukan tagar kampanye yang di tonjolkan

Tagar kampanye (#namakampanye) kamu sangat penting untuk mempromosikan giveaway dan mencari konten yang dibagikan sebagai entri dalam giveaway, serta melacak kesuksesan dan analitik kamu. Pilih tagar yang terkait dengan kampanye, tema, produk atau layanan, dan/atau bisnis kamu. Tagar kampanye harus eksklusif untuk kampanye individu itu. Pastikan juga tidak ada orang lain yang menggunakannya.

Cara umumkan pemenang

Kamu juga perlu memutuskan bagaimana pemenang akan dipilih dan bagaimana kamu akan memberi tahu mereka. Apakah kamu akan menggunakan alat generator acak atau akan menilainya? Apakah kamu akan mengirim email kepada pemenang atau DM mereka di Instagram? Atau pakai cara lain?

Setelah kamu memberitahu pemenang, kamu dapat mengumumkannya secara publik di Instagram melalui post. Ini adalah praktik terbaik untuk memberitahu pemenang secara pribadi sebelum mengumumkannya secara publik di Instagram.

Luncurkan giveaway

Cara membuat giveaway selanjutnya adalah meluncurkannya. Kamu dapat mengkomunikasikan dengan gambar yang menarik. Dengan cara ini, itu tidak akan dianggap hanya sebagai foto lain ketika orang-orang menggulir feed Instagram mereka. Pilih gambar yang terkait dengan tema/konten kampanye. Dalam keterangan posting, sertakan syarat dan ketentuan.

Penting untuk dicatat bahwa sebagian besar giveaway tidak akan menjadi viral dan menghasilkan hasil besar untuk kamu dengan cepat. Kontes pertama kamu mungkin hanya mendapatkan beberapa peserta. Jika audience kamu tidak terbiasa dengan giveaway yang kamu selenggarakan, mereka mungkin ragu untuk ikut. Pengulangan dan konsistensi dalam penyelenggaraan giveaway akan membantu membangun momentum untukmu.

giveaway adalah
Sumber: Envato

Evaluasi

Lacak hasil semua giveaway kamu untuk mengukur partisipasi, peningkatan pengikut, klik ke website kamu, dan kriteria lainnya. Kamu dapat mulai membandingkan data dari setiap giveaway untuk menentukan jenis hadiah, waktu, konten, dan jenis partisipasi yang mendorong hasil terbaik untuk bisnis kamu berdasarkan tujuan. Nah, itulah cara membuat giveaway dengan mudah!

Buat giveaway dan guncangkan penjualanmu!

Begitulah giveaway bisa mengguncang penjualanmu. Giveaway adalah salah satu teknik dalam strategi digital marketing. Pada dasarnya, giveaway adalah aktivitas bagi-bagi hadiah dengan syarat dan ketentuan tertentu. Mengapa giveaway dapat mengguncangkan penjualan? Ini karena tujuan strategi ini men-trigger positif marketing funnel sehingga tentunya berdampak pada peningkatan penjualan. Yuk saatnya kamu memulai giveaway pertamamu atau optimasi secara konsisten giveaway yang sudah kamu mulai!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds