• Home
  • Berita
  • Apa itu Digital Marketing, & Cara Pemasaran Dengan Digital Marketing

Apa itu Digital Marketing, & Cara Pemasaran Dengan Digital Marketing

Oleh Argadahana
4.67/5 (3)

Setiap perusahaan atau usaha tentu menginginkan penjualan atau pembeli yang datang lebih banyak dibandingkan sebelumnya, sampai sampai banyak perusahaan yang membuat budget planing untuk kebutuhan digital marketing, lalu apakah digital marketing itu? yuk simak selengkapnya

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah proses dimana seorang marketer, memasarkan melalui media-media digital. Media digital yang umum adalah website, media sosial, e-mail, dan aplikasi mobile (aplikasi yang tersedia di perangkat telepon genggam, tablet, atau perangkat lainnya). Tujuan digital marketing secara garis besar sama seperti marketing pada umumnya, yakni menyasar ranah awareness (pengetahuan calon customer pada produk atau jasa), ataupun ranah konversi dan peningkatan konversi (scale up).

Channel Digital Marketing

  • Teknik Digital Marketing Melalui Website

Website merupakan channel digital marketing yang cukup tua dikenal. Website menyediakan fitur yang hampir tidak terbatas untuk menyampaikan informasi pada calon customer sebuah usaha. Saat ini jenis website juga mulai lebih banyak daripada website dahulu, seperti website toko online, website berita, website pribadi atau blogger.

Website bisa dibilang merupakan channel digital marketing yang “wajib” dimiliki oleh para pemasar. Hal ini karena banyak informasi yang kurang bisa disampaikan secara panjang di media sosial namun bisa dengan mudah ditampilkan di website. Namun, tentunya untuk memiliki sebuah website dibutuhkan sebuah domain dan hosting yang paling baik.

  • Pemasaran Digital Marketing Melalui Media Sosial

Social Media Marketing dan digital marketing

Media sosial adalah media tempat untuk banyak orang dapat menulis, berkarya dan mengungkapkan isi hati serta kadang pemikiran untuk bisa di bagikan kepada banyak orang. Saat ini sudah banyak media sosial yang dapat kamu pakai untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas. Yang paling terkenal saat ini adalah Facebook, Instagram, Tiktok dan Linkdin.

Berbicara soal media sosial, tentu tidak bisa dipisahkan dengan pembuatan konten didalamnya. Satu hal yang bisa dilakukan ketika mengerjakan konten untuk media sosial adalah konten yang organik dan menarik untuk di share para pembacanya. Dan selain mendapatkan traffic secara organik, bisa juga dengan melalukan pembayaran malalui fitur iklan berbayar yang telah disediakan.

Beriklan di Facebook dan Instagram

Kamu bisa dengan mudah mendapatkan banyak penjualan melalui social media, caranya yaitu beriklan di facebook dan Instagram.
Banyak diantara kita yang masih awan soal beriklan di instagram dan facebook, karena tidak tahu caranya beriklan, untuk itu kami berikan sedikit informasi cara beriklan di facebook dan instagram agar kalian mendapatkan banjir orderan melalui facebook dan instagram.

Cara teknis beriklan di Instagram dan Facebook

  1. Masuk panel periklanan facebook di www.facebook.com/adsmanager/manage/
  2. pilih  buat iklan di pojok kiri atas
  3. Lalu pilih tujuan dari iklan kalian. Jika kalian memiliki website atau toko online, kalian bisa klik lalu lintas kunjungan.
  4. Selanjutnya pilih target orang yang ingin kalian iklan. Semakin spesifik semakin bagus.
  5. Pilih penempatan iklan, kalian bisa memilih di beranda Instagram dan beranda facebook.
  6. Jadi jika kalian ingin mendatangkan banyak pengunjung dari social media, kalian bisa menggunakan cara ini.
  • Digital Marketing Melalui Email

“Email marketing tidak mati. Kalau kamu tidak menggunakannya, kamu kalah.”Gary Vaynerchuck

Pemasaran melalui email mungkin dianggap tidak berguna bagi sebagian pemasar. Hal ini berangkat dari asumsi, kemungkinan orang untuk membuka email cukup kecil (kecuali orang yang cukup aktif menggunakannya sebagai alat komunikasi). Sehingga banyak sekali para pemasar melewatkan channel ini dan hanya menggunakan website atau media sosial.

Semua tentang email adalah menyampaikan janji. Menyampaikan janji adalah bagian besar dari email marketing, kenapa? Karena orang akan lebih mau “melompat” ketika mengetahui kemana mereka akan “melompat”.

Kunci dari email marketing adalah janji yang diungkapkan dibagian depan. Baru kemudian hal yang sebenarnya ingin disampaikan pada janji tersebut. Janji ini kemudian dikemas menjadi sebuah konten yang eksklusif agar lebih menarik.

  • Pemasaran Digital Marketing Aplikasi Mobile

Aplikasi mobile menjadi salah satu channel yang cukup menjanjikan untuk dijadikan media pemasaran. Karena dengan aplikasi mobile berarti kita sudah bisa “masuk” kedalam ranah privat yang dimiliki orang pada masa kini. Melalui mobile kita bisa memantau demografi dan bahkan perilaku seseorang ketika menginstallnya kedalam perangkat mobile miliki mereka.

Namun untuk mengenalkan sebuah aplikasi mobile, memerlukan beberapa hal yang perlu dicermati. Target untuk memasarkan aplikasi mobile adalah dengan pemilihan target audiance yang tertarget. Contohnya adalah digital marketing untuk aplikasi pembelajaran online adalah anak sekolah yang membutuhkan tambahan pelajaran seperti les private.

Pekerjaan Digital Marketing

Digital Marketing adalah ranah baru dari bidang marketing, yang memiliki penerapan yang hampir serupa meski channel nya berbeda. Berbagai pekerjaan dalam bidang digital marketing yang kerap dicari biasanya adalah digital marketer, social media specialist, SEO specialist, SEM specialist, dan data analyst. Lowongan digital marketing banyak sekali menyerap tenaga-tenaga kerja baru di berbagai bidang usaha.

Strategy Digital Marketing

Strategy Digital Marketing
source: pixabay.com
  • SEO dan SEM

Salah satu strategy digital marketing adalah SEO. Secara singkat SEO (Search Engine Optimization) adalah cara-cara yang dilakukan agar website kita lebih mudah dijangkau siapapun yang mencarinya. Ada dua cara secara umum yang bisa dilakukan yakni dengan mengoptimalkan kata kunci yang ada pada website, baik terkait jumlah kata kunci yang ada. Atau dengan penempatannya pada bagian header, sub-header, meta, alt img, interlink, dan outlink. Cara yang pertama ini disebut dengan SEO On Page.

Selanjutnya adalah SEO Off Page, cara ini berkaitan dengan distribusi link yang berasal dari luar website kita. Selain link yang masuk dari sumber luar (baca: website), juga bisa berasal dari social share. Social share berasal dari link website kita yang dibagikan melalui media sosial milik audiens kita. Mengoptimalkan SEO bisa dilakukan secara organik dengan membangunnya manual, membuat konten yang positif dan memiliki nilai agar menarik untuk di share. Atau bisa dengan menggunakan jalan pintas dengan membeli backlink dan stuffing keywords.

SEM (Search Engine Marketing) adalah cara kedua untuk mendapatkan traffic, atau memasarkan website kita. Cara ini mirip dengan paid ads namun, media yang digunakan adalah iklan yang ditampilkan pada kolom pencarian. Selain tampil pada kolom pencarian juga pada website lain yang punya kerjasama dengan kolom pencarian tersebut.

  • SMM

SMM atau Social Media Marketing adalah sebuah upaya untuk mengenalkan brand atau memasarkannya melalui channel media sosial. Untuk memasarkan melalui media sosial ada banyak jalan yang bisa dilakukan loh. Mulai dari membangun media sosial secara manual dan organik, atau bisa juga menggunakan robot untuk percepaannya. Namun, yang paling baik adalah dengan jalan meng-generate traffic secara organik.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan traffic secara organik melalui media sosial. Hal yang paling sering bisa dilakukan adalah menggunakan fitur berbayar untuk mengenalkan account media sosial pada calon customer potensial. Nah, cara mendapatkan calon potensial ini bisa dari riset demografi yang disesuaikan dengan nilai brang. Kemudian hasil riset ini dimasukkan pada parameter iklan yang akan dipasang. Sedangkan cara kedua bisa dengan menggunakan influencer yang banyak sekali tersebar di berbagai media sosial.

  •  Influencer Marketing

Influencer Marketing
source: garyvaynerchuck.com

Influencer atau orang yang berpengaruh seringkali juga disebut sebagai KOL atau Key Opinion Leader. Strategy digital marketing yang satu ini memanfaatkan influencer sebagai orang yang memberi pengaruh pada calon customer untuk menggunakan atau mengenal brand. Contoh influencer pada era sekarang adalah selebgram atau selebtweet yang sering meng-endorse­ barang tertentu pada account social media mereka.

Pada periode satu tahun kebelakang, yang menarik adalah mulai munculnya generasi influencer yang baru, dengan julukan yang umum disematkan adalah micro influencer. Secara umum, micro influencer adalah orang-orang yang memiliki pengaruh di media sosial, dengan tingkat engagement rate yang cukup tinggi. Namun tidak sebanyak para selebgram pada umumnya, dengan kisaran minimum followers sebanyak 5000 orang. Penggunaan micro influencer biasanya digunakan untuk menekan biaya karena harga layanan yang lebih murah.

  •  Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah sebuah teknik marketing yang melibatkan pihak eksternal untuk membantu memasarkan sebuah produk. Pihak eksternal ini akan mempromosikan produk sebuah perusahaan atau seseorang dan akan memperoleh komisi untuk setiap penjualan yang dihasilkan. Affiliate marketing merupakan salah satu jalan untuk memangkas biaya promosi. Namun teknik ini harus memiliki SOP yang baik sebelum dijalankan. Terutama karena reputasi sebuah brand atau produk otomatis “diserahkan” pada orang lain.

Salah satu contoh affiliate marketing adalah program yang ada pada DomaiNesia. Program afiliasi DomaiNesia memberikan bagi hasil atau komisi keuntungan hingga 40% hanya dengan merekomendasikan layanan melalui link khusus. Link ini akan otomatis tersedia ketika seseorang mendaftarkan akun afiliasi pada program afiliasi DomaiNesia.

Secara garis besar, digital marketing adalah jalan baru untuk membawa marketing pada level berikutnya, melalui channel digital. Namun, dengan update teknologi yang cukup cepat diperlukan pengetahuan yang selalu terupdate. Tertarik untuk mendalaminya?

Argadahana

Mass communication enthusiast, currently finishing MBA @UGM. Got critics, suggestions, or want to discuss this topic more? Feel free to hit me on my social accounts. :D

Artikel

Lainnya


showoff
June 11, 2021

informasi yang sangat membantu

result
September 29, 2020

informasinya sangat bermanfaat sekali kakak. makasih banyak sudah di postinya.

Mudzakkir
July 28, 2020

Mantul gan makasih jadi tahu lebih banyak apa itu digital marketing...

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah