• Home
  • Berita
  • Mbps Adalah: Ukur kecepatan Internet Dengan Mengukur Mbps!

Mbps Adalah: Ukur kecepatan Internet Dengan Mengukur Mbps!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Sering merasa WiFi kamu lambat? Saat telah terkoneksikan dengan WiFi pasti hal pertama yang dikeluhkan adalah kecepatan WiFi yang belum sesuai. WiFi adalah salah satu teknologi yang membantu manusia dalam mengakses internet, mengelola informasi, bekerja, dan sebagainya. Saat ini WiFi sudah menjadi kebutuhan wajib masyarakat, hingga tempat-tempat publik biasanya akan dinilai kurang optimal jika belum memiliki WiFi, karena setiap orang seringkali harus mengakses sebuah website yang membantu aktivitas mereka di suatu tempat. 

Ketersediaan dan kecepatan menjadi aspek penting bagi masyarakat saat pergi ke suatu tempat, apakah kamu pernah mengukur kecepatan WiFi? Bagaimana cara mengukur bahwa WiFi sedang cepat atau sedang lambat? Kamu dapat mengukur WiFi dari angka mbps pada WiFi tersebut.

Apakah Mbps adalah bagian dari internet? Yuk kita bahas secara detail, simak hingga akhir artikel ya!

Mbps Adalah

Mega Bit Per Second atau Mbps adalah salah satu satuan kecepatan internet yang biasanya terkoneksikan dengan sebuah perangkat.

Kecepatan internet sering diukur dalam Mbps untuk menunjukkan seberapa cepat data dapat di download atau diunggah dalam jaringan. Mbps menjadi tolak ukur apakah sebuah internet cepat ataupun lambat, karena dari namanya Mega bit per detik yang artinya berapa mega bit sebuah internet dapat terkirimkan dalam satuan detik. Satuan Mbps ini lah yang digunakan oleh ISP (Internet Service Provider).

Sumber : envato

Karena itu, jika kita menggunakan speedtest, yang muncul adalah kecepatan dengan satuan Mbps.

Contohnya seperti kecepatan 10 Mbps berarti bahwa internet tersebut dapat mengirimkan data sebanyak 10 megabit setiap detiknya. 

Mbps adalah salah satu diantara satuan kecepatan yang populer dikalangan masyarakat, terutama pada Mbps WiFi adalah hal yang tidak asing lagi. Padahal terdapat satuan-satuan lain yang juga harus kamu ketahui dalam mengukur kecepatan internet.

Penjelasan satuan pengukuran lainnya mulai dari yang terkecil adalah sebagai berikut

Bps (Bit per detik)

Bps adalah 1 bit per detik berarti satu bit data ditransfer setiap detik.

Kbps (Kilo bit per detik)

Kbps adalah 1 Kilobit per detik setara dengan 1.000 bit per detik.

Mbps (Mega bit per detik)

Mbps adalah 1 Megabit per detik setara dengan 1.000.000 bit per detik atau 1.000 Kbps.

Gbps (Giga bit per detik)

Gbps adalah 1 Gigabit per detik setara dengan 1.000 Megabit per detik atau 1.000.000 Kbps.

Bps (Byte per detik)

Byte adalah unit yang lebih besar dari bit, dan 1 Byte per detik setara dengan 8 bit per detik.

KBps (Kilo byte per detik)

KBps adalah 1 Kilobyte per detik setara dengan 8 Kilobit per detik atau 8.000 bit per detik.

MBps (Mega byte per detik)

MBps adalah 1 Megabyte per detik setara dengan 8 Megabit per detik atau 8.000 Kilobit per detik.

GBps (Giga byte per detik)

GBps adalah 1 Gigabyte per detik setara dengan 8 Gigabit per detik atau 8.000 Megabit per detik.

Pahami Perbedaan MBps dan Mbps

Jika dilihat dari penjelasan di atas, terdapat beberapa tingkatan kecepatan yang memiliki singkatan yang mirip.

Seperti halnya MBps dan Mbps, sebenarnya apa yang membedakan mereka? Jika dari pengertiannya, Mbps adalah mega bit per second yang artinya akan mengirimkan data dalam megabit per detiknya, sedangkan MBps adalah mengirimkan data dalam mega byte per second.

Yang membedakan keduanya adalah satuan dalam pengiriman data. Dengan perbedaan penulisan huruf kapital, jika bit menggunakan huruf b kecil sedangkan byte menggunakan huruf B kapital.

mbps adalah
Sumber : envato

Saat kamu ingin melakukan pengecekan kecepatan internet, kamu harus memperhatikan satuan yang digunakan apakah menggunakan bit atau byte.

Hal ini akan berdampak pada tingkat kecepatan yang sedang berjalan dan seberapa banyak data yang dapat dikirimkan pada internet tersebut.

Karena 1 Mega byte ini akan sama dengan 8 mega bit per detik. Jadi kamu harus pastikan satuan apa yang digunakan agar dapat memperkirakan kecepatan yang tepat.

Bagaimana Cara Mengukur Mbps WiFi?

Mbps WiFi adalah salah satu cara untuk mengukur kecepatan WiFi, lantas bagaimana cara kita tahu cara mengukur Mbps WiFi? Mbps adalah satuan yang sebenarnya tidak bisa kita lihat secara langsung proses pengiriman datanya, namun kita bisa melihat angkanya berdasarkan riwayat-riwayat pengiriman data menggunakan internet tersebut.

Berikut merupakan situs yang bisa kamu kunjungi saat ingin melakukan pengecekan kecepatan Mbps WiFi

  1. Fast
  2. Fiber Google
  3. Speedtest
  4. Speedcheck 

Jika kamu tertarik membuat website seperti di atas, kamu bisa memulai dengan membangun website menggunakan layanan hosting murah DomaiNesia tanpa ribet dan berkualitas.

Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Mbps WiFi?

Dalam mengukur kecepatan WiFi, Mbps adalah salah satu patokannya. Secara tidak langsung, Mbps juga akan mengukur kekuatan jaringan yang terkoneksikan dengan internet.

Namun, apa yang mempengaruhi tinggi rendahnya Mbps WiFi? Mbps WiFi adalah hal yang dapat diukur dan terdapat faktor yang mempengaruhinya. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatannya? Berikut penjelasannya

Kapasitas Jaringan

Faktor pertama dalam mempengaruhi kecepatan Mbps adalah kapasitas jaringan.

Kapasitas jaringan pada suatu tempat sangatlah penting. Contohnya di saat kamu berada di sebuah gedung besar, pasti kapasitas jaringan sudah diatur sedemikian rupa untuk dapat diakses oleh orang dengan skala yang cukup besar agar tetap dapat mengakses jaringan tanpa mempengaruhi kinerjanya. 

Berbeda dengan koneksi jaringan pada WiFi di rumah, yang hanya akan diakses oleh beberapa orang saja dengan skala yang kecil. Kapasitas ini harus diperhitungkan agar tidak terjadinya perebutan koneksi yang membuat kecepatan jaringan menurun.

Latensi 

Faktor kedua dalam mempengaruhi kecepatan Mbps adalah latensi. Latensi disini dapat terlihat saat kamu melakukan PING pada jaringan. Latensi mengukur waktu yang diperlukan untuk mengirim dan menerima sinyal antara dua perangkat yang ada di jaringan.

Semakin rendah latensi maka bisa dikatakan bahwa kecepatan jaringan cukup tinggi dan dapat mengirimkan data lebih cepat.

Stabilitas

Faktor ketiga dalam mempengaruhi kecepatan Mbps adalah stabilitas. Stabilitas sebuah jaringan akan menjadi faktor yang penting untuk melihat kecepatan dari sebuah jaringan. Jaringan yang stabil akan cenderung memberikan kecepatan yang lebih baik dan pasti dalam melakukan pengiriman sebuah data.

Jadi, jika kamu ingin mengukur seberapa cepat kekuatan internet yang berasal dari WiFi maupun sumber internet lainnya, kamu bisa melihat seberapa tinggi Mbps yang diberikan.

Sumber : envato

Penggunaan situs untuk pengukuran Mbps Wifi adalah hal yang tepat. Perhatikan juga penulisan Mbps yang benar dan jangan sampai tertukar dengan MBps ya!

Faktor yang paling berpengaruh dalam kecepatan internet adalah kapasitas jaringan, latensi dan kestabilan, jadi pastikan kamu sudah memeprtimbangkan hal-hal tersebut sebelum menentukan pemasangan jaringan internet pada sebuah lokasi ya!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds