• Home
  • Berita
  • Ketahui Pengertian, Keuntungan, dan Cara Jadi Dropshipper

Ketahui Pengertian, Keuntungan, dan Cara Jadi Dropshipper

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Singkatnya, dropshipper adalah seseorang yang melakukan dropshipping.

Nah, dropshipping merupakan model bisnis yang membutuhkan minim modal awal (atau bahkan tidak butuh modal sama sekali) dan minim usaha.

Sebab, dropshipping memungkinkan penjual (dropshipper) hanya perlu memasarkan produk, baik secara online maupun offline, tanpa perlu menyetok dan menangani produk secara langsung.

Sehingga bisa dibilang bahwa dropshipper adalah pihak ketiga antara penjual dan pembeli.

Dropshipper
Sumber: Envato

Tapi, sebenarnya apa itu dropshipper? Apakah kita bisa mengatakan bahwa dropshipper adalah strategi penjualan terbaik dibandingkan strategi lainnya?

Nah, dalam artikel ini kita akan kupas tuntas semua hal tentang dropshipper. Scroll sampai habis ya!

Apa Itu Dropshipper?

Mungkin penjelasan mengenai apa itu dropshipper sudah dijelaskan sekilas di paragraf pengantar di atas.

Namun, DomaiNesia akan menjelaskan kembali dengan lebih rinci.

Jadi, dropshipper adalah model berbisnis seseorang yang menjual suatu produk dari supplier tertentu tanpa perlu menyetok produk tersebut.

Jika ada pembeli, maka si penjual-yang berperan sebagai pihak ketiga-akan memesankan produk ke supplier dan pengiriman juga akan diurus oleh supplier.

Alhasil, cara kerja dropshipper adalah si penjual tidak harus menangani produk secara langsung.

Dropshipper adalah salah satu cara mudah untuk menjadi seorang pengusaha.

Sebab, kamu bisa menjalankan toko tanpa perlu adanya modal operasional sebanyak model bisnis tradisional (contohnya reseller).

Kamu tidak perlu membuka toko fisik, mempekerjakan karyawan, membayar biaya operasional produk, atau menyimpan produk.

Sebagai gantinya, kamu bisa membuat toko online berupa website atau blog lalu menghubungkan pembelian grosir dari supplier yang sudah memiliki produk dan ruang gudang.

Bagaimana cara membuat blog paling mudah? Gampang! Kamu bisa membeli layanan DomaiNesia yang menawarkan pembangunan website atau blog.

Dengan adanya website toko online, kamu bisa memaksimalkan pemasaran produk supplier, misalnya melakukan promosi dan iklan.

Dengan begitu, dropshipper adalah solusi berbisnis yang sederhana dan dapat bermanfaat jika dikelola dengan baik.

Manfaat Menjadi Dropshipper

Dropshipper adalah pilihan profesi yang bagus untuk calon wirausahawan mulai lakukan karena kemudahan akses pendukung dropshipping.

Dengan menjadi dropshipper, kamu bisa menguji berbagai ide bisnis yang sesuai kemampuan dan pengetahuanmu dengan kerugian minimal.

Dengan begitu, kamu bisa belajar banyak tentang cara memilih dan memasarkan produk yang terbaik sesuai versi kamu.

Berikut ini beberapa alasan lain mengapa dropshipper adalah solusi populer menjadi wirausahawan dengan mudah.

  • Membutuhkan modal yang lebih sedikit

Mungkin keuntungan terbesar menjadi dropshipper adalah memungkinkan seseorang untuk memiliki toko e-commerce tanpa harus memiliki modal berpuluh-puluh juta rupiah.

Sebab pada dasarnya, penjual konvensional harus memiliki perencanaan biaya untuk persediaan produk dalam jumlah besar.

Peran dropshipper membuat kamu tidak perlu membeli produk, kecuali kamu sudah melakukan penjualan dan pembeli telah menyelesaikan pembayaran.

Dan karena kamu tidak terikat ketentuan paten dari supplier untuk menjual produk mereka, seperti dalam transaksi jual-beli konvensional, risiko dalam memulai toko dropshipping atau menguji produk baru menjadi lebih kecil.

Tapi perlu kamu ingat. Satu-satunya pengeluaran terbesar kamu selama menjadi dropshipper adalah iklan.

Beriklan membuat toko dropship kamu mendapatkan lebih banyak daya tarik. Hal ini berlaku untuk kamu yang memang dari awal ingin membangun bisnis online yang besar dengan cara mudah.

  • Tak butuh persiapan khusus

Manfaat lain yang akan kamu dapatkan jika menjadi dropshipper adalah kamu tidak butuh terlalu banyak persiapan, baik persiapan materil dan nonmateril.

Contohnya, kamu tidak perlu ambil pusing dalam mengelola atau membayar gudang produk.

Kamu juga tak dibuat repot untuk mengemas dan mengirimkan pesanan pembeli.

Selain itu, kamu tidak harus memiliki pengalaman bisnis sebelumnya untuk memulai menjadi dropshipper.

Namun, kamu akan tetap memerlukan beberapa pengetahuan dasar, alat, serta sumber daya yang tepat, contohnya website dan media sosial toko online.

Kalau kamu rela meluangkan sedikit waktu untuk mempelajari dasar-dasar berbisnis, maka kamu dijamin bisa menjalankan bisnis dengan cepat dan mempelajari sisanya seiring berjalannya bisnis.

  • Pengeluaran operasional bisnis lebih rendah

Karena kamu tidak harus berurusan dengan pembelian kebutuhan toko atau mengelola gudang, biaya pengeluaran bisnis kamu cukup rendah sehingga jarang mengalami kerugian.

Faktanya, banyak dropshipper yang sukses menjalankan toko dropshipping sebagai bisnis rumahan bermodalkan sebuah laptop dan beberapa biaya untuk melakukan dropshipping.

  • Bebas berjualan di mana saja

Kamu bisa menjadi dropshipper dari mana saja, lho! Asalkan kamu memiliki koneksi internet selama dropshipping.

Sebab, kamu harus siap sedia berkomunikasi dengan supplier dan pelanggan.

Dropshipper
Sumber: Envato
  • Bebas memilih jenis produk yang dijual

Manfaat berikutnya dari profesi dropshipper adalah kamu bisa menawarkan berbagai jenis produk kepada calon pelanggan, mulai dari produk sehari-hari hingga produk yang sedang ngetren.

Kamu dapat membuat daftar produk baru kapanpun kamu mau sesuai dengan strategi yang kamu tentukan sendiri juga.

Kamu tidak perlu melakukan menyetok barang yang kamu jual. Fleksibel sekali, bukan?

Dropshipper membuat kamu tidak perlu membuat terlalu banyak komitmen seperti mempekerjakan staf atau menyewa ruang gudang.

Alhasil, kamu dapat mengelola semuanya dengan lebih mudah.

Setelah kamu menemukan supplier dan mengatur semua kebutuhan sebagai dropshipper, maka selanjutkan kamu hanya perlu konsisten dan bertanggung jawab untuk mengelola toko dropship online kamu.

Cara Jadi Dropshipper Sukses

Setelah membaca apa itu dropshipper dan manfaatnya, mungkin diantara DomaiNesians berpikir bahwa pekerjaan dropshipper hanya menjual produk melalui toko online sehingga pelanggan datang untuk membeli.

Padahal lebih dari itu. Butuh perencanaan yang matang agar model bisnis yang kamu lakukan diketahui banyak orang, khususnya target pasar.

Tak jarang model bisnis online ini sering dipandang sebagai skema bisnis yang berlangsung secara cepat sehingga penjual juga lebih cepat kaya.

Tapi tidak sesederhana itu, ferguso. Untuk melihat dan menikmati kesuksesan dropshipping, para dropshipper harus bekerja keras dan butuh waktu untuk membuat bisnisnya menguntungkan.

Berikut ini keenam cara jadi dropshipper sukses yang perlu kamu kuasai.

  • Tambah nilai jual produk

Memiliki rencana yang solid tentang cara menambah nilai jual produk bagi pelanggan kamu adalah faktor keberhasilan yang paling penting.

Sebenarnya, faktor ini penting untuk semua bisnis, tetapi khusus dropshipper, lebih dari itu. pebisnis yang sukses memahami bahwa bukan hanya produk yang mereka tawarkan, tetapi mereka juga menjual wawasan, informasi, dan solusi.

Jika kamu tidak dapat menambahkan nilai melalui informasi dan panduan berkualitas, kamu bisa bersaing dengan menetapkan harga terbaik.

Ingat ya, harga terbaik dengan melihat perkembangan tren dan kompetitor.

Jangan gunakan prinsip “harga termurah” dalam jangka waktu panjang. Hal itu nantinya berdampak pada ketahanan brand bisnis.

Nah, kamu bisa menawarkan harga yang sedikit di atas rata-rata tapi dengan tambahan promo kecil-kecilan.

  • Fokus pada marketing dan SEO

Marketing dan SEO sangat penting untuk keberhasilan bisnis kamu, terutama untuk kamu yang memiliki anggaran kecil dalam menjalankan bisnis.

Strategi marketing dan SEO sangat penting dilakukan saat 6-12 bulan pertama berdirinya dropshipping.

Jika kamu berhasil membuat dan meresmikan website dropship kamu, kamu perlu fokus untuk melakukan pemasaran dan SEO setidaknya selama 4-6 bulan.

  • Fokuskan produk bisnis pada niche tertentu

Hampir setiap dropshipper sukses memiliki satu kesamaan, yaitu mereka fokus memasarkan produk dalam niche atau tema tertentu.

Memfokuskan niche bisnis memungkinkan kamu untuk berkomunikasi lebih efektif dengan pelanggan sehingga toko dropship kamu lebih menonjol dan bisa bersaing dengan bidang yang lebih kecil.

Kamu juga perlu mengidentifikasi niche atau segmen yang paling menguntungkan dan memungkinkan nilai toko dropshipping kamu bertambah.

Kemudian, cobalah posisikan bisnis kamu untuk fokus pada kebutuhan dan masalah calon pelanggan.

  • Memiliki pandangan jangka panjang

Menjadi seorang dropshipper bisa diibaratkan seseorang yang membangun inovasi sarat nilai yang mana butuh komitmen dan logika terbaik dari waktu ke waktu.

Jangan mudah ter-trigger saat satu bulan pertama membangun bisnis dropshipping karena masa itulah yang paling susah dan melelahkan.

Siapkan selalu mental serta plan B, plan C, dan seterusnya jika rencana awalmu gagal. Anggap itu adalah pelajaran berharga yang akan membuatmu tidak jatuh ke lubang yang sama.

  • Menawarkan layanan unik yang luar biasa

Memiliki pelanggan yang bahagia adalah hasil pemasaran terbaik.

Seperti yang terjadi di hampir semua bisnis, pebisnis lebih mudah menjual produk ke pelanggan yang puas daripada mencoba meyakinkan calon pelanggan baru untuk membeli produk.

Biasanya jika pelanggan tersebut merasa telah dilayani hingga puas, maka mereka cenderung membagikan pengalamannya kepada orang lain untuk juga mencoba produk tersebut.

Menjadikan layanan pelanggan sebagai prioritas membuat bisnis dropshipping kamu dijamin sukses.

  • Jangan terpaku pada detail

Maksudnya bagaimana? Jadi, usahakan kamu jangan terlalu fokus pada detail yang bukan urusan kamu.

Misalnya nama perusahaan supplier dropship, logo, tema, atau layanan pemasaran email karena itu tidak akan menentukan kesuksesan bisnis dropship kamu.

Sebelum memilih supplier, lakukan riset dan buat keputusan yang tepat dengan syarat jangan biarkan detail kecil melumpuhkan bisnis dropship kamu.

Dropshipper
Sumber: Envato

Jadi, Apakah Worth-it Menjadi Dropshipper?

Memang pada dasarnya, dropshipper adalah bukan satu-satunya pilihan kamu untuk bisa menghasilkan cuan.

Meskipun para dropshipper bukan menjual barangnya sendiri, tapi mereka bisa menjadi entrepreneur sukses dengan dropshipping berbagai produk sehingga jangkauan penjualan produk yang bisa di-handle semakin luas.

Berkat beberapa perencanaan dan pertimbangan yang cermat, kamu bisa membangun bisnis dropshipping yang berkembang dan menguntungkan.

Pastikan kamu juga melek perkembangan bisnis khususnya bisnis di Indonesia.

Kamu punya bisnis tapi belum dapat engagement yang bagus? Jika iya, maka kamu perlu buat website bisnis.

Kamu bisa membuat website dengan memanfaatkan layanan shared hosting dari DomaiNesia! Semangat membangun bisnis terbaik kamu, DomaiNesians!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!