• Home
  • Berita
  • Technopreneur Adalah : Profesi Populer Karena Cuan Yang Didapatkan!

Technopreneur Adalah : Profesi Populer Karena Cuan Yang Didapatkan!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Dunia digital yang semakin berkembang membuat banyak orang yang memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis dan menjadikannya sebagai lahan penghasilan.

Salah satunya seorang technopreneur. Tidak semua orang paham dengan istilah ini. Jika dilihat dari namanya saja, kamu sudah terbayangkan? Yup, technopreneur adalah seseorang yang mendirikan suatu usaha dengan dukungan teknologi.

Dengan melakukan brainstorming hingga menemukan ide baru untuk mengembangkan bisnisnya. Technopreneur adalah orang yang menciptakan solusi dalam dunia bisnis. Ingin tahu lebih lanjut?

Simak pengertian technopreneur hingga contoh technopreneur hanya di artikel kali ini! Sudah siap membahas? Yuk mulai dari pengertian technopreneur!

Technopreneur Adalah….

Kamu sudah terbayang dari penjelasan sebelumnya mengenai pengertian technopreneur? Atau masih kurang jelas?

Berdasarkan arti katanya, technopreneur adalah gabungan dari dua kata yaitu techno yang berarti teknologi dan entrepreneur yang berarti kewirausahaan.

Sehingga technopreneur adalah gabungan dari pemanfaatan teknologi dan juga bisnis konvensional. Siapa yang bisa menjadi seorang technopreneur? Jelas orang yang memiliki kecerdasan tinggi, paham akan teknologi, dan juga memiliki keuletan dalam pelaksanaannya.

technopreneur adalah
Sumber : envato

Banyak orang yang sudah bergelut menjadi seorang technopreneur. Ingin tahu siapa saja? Cari tahu pada poin contoh technopreneur selanjutnya!

Contoh Technopreneur

Apakah kamu tahu bahwa miliarder di dunia ini banyak didominasi oleh technopreneur? Yups, kebanyakan dari mereka merupakan technopreneur.

Sebab mereka mampu memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih maju dan juga unik. Bahkan di Indonesia juga ada seorang technopreneur yang sukses. Siapa dia? 

Elon Musk

Pertama, contoh technopreneur adalah Elon Musk. Menjadi salah satu orang yang berpengaruh di dunia dan popularitas yang tinggi.

Bahkan dia juga pernah dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia. Bagaimana tidak, Elon Musk adalah CEO dari perusahaan besar seperti Paypal, Tesla, dan juga SpaceX.

Sejak tahun 1995 dia sudah muncul dengan ide-ide kreatif dan juga infofatifnya membuat dia menjadi technopreneur yang sukses hingga saat ini.

Mark Zuckerberg

Apakah kamu tahu siapakah Mark Zuckerberg ini? Yup, dia adalah pemilik dari jejaring sosial yang digunakan di seluruh dunia yaitu Facebook. Jejaring sosial ini bahkan masih digunakan hingga saat ini.

Mark Zuckerberg adalah contoh technopreneur yang sejak kecil memang sudah tertarik dengan dunia teknologi. Bahkan di usianya yang masih 12 tahun dia berhasil membuat aplikasi messaging.

Kemudian dia memiliki ide untuk membuat jejaring sosial untuk menghubungkan mahasiswa Harvard. Siapa sangka bahwa karyanya tersebut masih eksis dan memiliki banyak pengguna yang tersebar di seluruh dunia. 

Bill Gates dan Steve Jobs

Selain itu, Bill Gates dan Steve Jobs merupakan contoh technopreneur yang populer, bahkan produk yang dibuat juga sangat membantu aktivitas kita tanpa kita sadar. Sudah tahu siapa mereka?

Yup Steve Jobs adalah CEO dari Apple Inc yang produknya sudah tidak usah diragukan lagi. Lalu siapa Bill Gates? Bill Gates adalah tokoh dibalik kesuksesan Microsoft. Kedua produk tersebut tidak lepas dari ide kreatif yang mereka ciptakan dan tidak terpikirkan oleh kebanyakan orang.

Nadime Makarin

Nah, jika contoh technopreneur yang terakhir ini pasti sudah dikenal di Indonesia. Dia merupakan pendiri Gojek. Gojek adalah aplikasi karya anak bangsa yang membantu pengemudi ojek untuk mencari penumpang tanpa harus menunggu lama dan memudahkan penggunanya untuk berpergian dengan mudah.

Ide yang brilian ini mampu diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia dan rasanya Gojek menjadi kebutuhan kebanyakan orang. Pengembangan aplikasi yang terus dilakukan, bahkan tidak hanyak ojek online saja.

Pemesanan makanan online, belanja online, dan pengantaran paket juga bisa dilakukan dengan Gojek. 

Baca Juga: 12 Ide Bisnis Digital Populer Untuk Jadi Entrepreneur

Peran dan Tujuan Technopreneur

Seperti pengertian technopreneur di atas, bahwa technopreneur adalah orang yang memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usahanya. Dengan begitu, technopreneurship juga berperan besar bagi penggunaan teknologi dalam berbagai tujuan.

Yuk kita bahas bersama peran dan tujuan technopreneur berikut ini.

Terciptanya lapangan kerja

Saat bisnis baru mulai bermunculan dan semakin berkembang, maka lapangan pekerjaan baru juga akan terbuka. Sebab kebutuhan akan tenaga kerja juga akan meningkat seiring dengan perkembangan bisnis.

Maka dari itu technopreneurship dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru di Indonesia sehingga bisa mengurangi tingkat pengangguran.

Mendukung perkembangan teknologi

Technopreneur adalah orang yang mengerti akan perkembangan teknologi yang akan terus memunculkan ide yang kreatif dan inovatif dalam bisnisnya.

Semakin banyaknya technopreneur maka persaingan dan perlombaan dalam pembuatan produk yang berguna bagi masyarakat akan semakin tinggi. Tentu saja hal tersebut akan berdampak positif bagi perkembangan teknologi di negara kita.

Salah satu teknologi yang digunakan dari ketiga contoh technopreneur adalah dengan memanfaatkan teknologi dalam membangun website dalam menunjang strategi usaha.

Sumber : envato

Website memang salah satu strategi yang menjanjikan. Hal ini karena melalui website semua orang yang ada di negara manapun dapat mengakses asalkan ada internet.

Membuat website membutuhkan beberapa komponen seperti domain, hosting, dan SSL. Domain sebagai alamat website, hosting sebagai tempat penyimpanan website, dan SSL sebagai pelindung website.

Seperti yang kamu tahu, banyak ekstensi domain yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah domain .XYZ. Ketersediaan domain .XYZ lebih banyak dibandingkan dengan domain lainnya.

Kamu bisa menggunakan nama domain apa saja untuk website usahamu dan menggunakan ekstensi domain .XYZ.

Memberikan solusi dari permasalahan

Selain dapat mendukung perkembangan teknologi, technopreneur adalah seorang yang mampu menciptakan solusi dari suatu permasalahan yang ada di masyarakat.

Dengan beragamnya solusi yang tercipta, maka permasalahan dan juga kebutuhan di masyarakat juga bisa segera diselesaikan. 

Promosi kewirausahaan

Bagi generasi muda, technopreneurship bisa dimanfaatkan untuk mencari pengalaman dan juga mengambil pembelajaran bagaimana cara mencapai kesuksesan.

Pembelajaran tersebut bisa dijadikan sarana motivasi dan inspirasi bagi generasi muda untuk melakukan promosi dan juga turut andil dalam perkembangan wirausaha di Indonesia.

Memajukan perekonomian nasional

Hal positif dari keberadaan technopreneur adalah dapat memajukan perekonomian nasional.

Mengapa demikian? Kehadiran technopreneur saat ini bisa mendongkrak laju perekonomian yang bersumber dari pajak digital dan lain sebagainya.

Bahkan secara data, Indonesia digadang-gadang mampu mengumpulkan hingga Rp 4 triliun rupiah pada tahun 2030 berkat keberadaan technopreneur ini.

Bagaimana Cara Menjadi Technopreneur Sukses?

Setelah mengetahui pengertian technopreneur, contoh technopreneur, hingga perannya.

Hal selanjutnya yang akan DomaiNesia bahas untuk kamu yaitu cara menjadi technopreneur yang sukses.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu coba jika ingin menjadi seorang technopreneur.

Mampu memahami kondisi dan berpikir kritis

Kunci menjadi technopreneur adalah mampu memahami kondisi sekitar dan berpikir secara kritis. Sebab untuk menjadi seorang technopreneur yang sukses harus peka terhadap masalah yang ada dilingkungan sekitar supaya mampu menciptakan solusi yang tepat sasaran.

Kita ambil contoh technopreneur yang ada di Indonesia yaitu munculnya aplikasi yang sangat membantu di banyak sektor yaitu Gojek.

Berawal dari masalah yang ada di masyarakat yang kemudian dipecahkan oleh Nadiem Makarim dengan solusi yang tepat dan juga pemanfaatan teknologi di dalamnya.

Baca penting ! pilih domain untuk website seperti Gojek

Memperluas pengetahuan dalam bidang teknologi

Dari pengertian technopreneur saja kita sudah tahu bahwa memang teknologi menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dengan kewirausahaan.

Untuk menjadi seorang technopreneur yang sukses, perkembangan teknologi harus selalu diikuti dan juga pengetahuan akan teknologi juga semakin diperluas.

Sebab nantinya solusi yang akan diciptakan pasti akan memanfaatkan teknologi. Dari mana kita harus memulainya? Kamu bisa memulai dari memahami apa itu web development dan juga mengetahui berbagai bahasa pemrograman populer dan juga memiliki performa terbaik.

Jika kamu sudah memiliki bekal yang cukup, kamu bisa membuat website sendiri bahkan aplikasi mobile sekalipun.

Memiliki jiwa kewirausahaan

Tidak cukup dengan pengetahuan akan teknologi saja, namun seorang technopreneur adalah orang yang harus memiliki jiwa kewirausahaan.

Setelah menemukan solusi dari permasalahan baik itu berupa sebuah aplikasi atau sistem, kamu harus bisa membaca peluang usaha dan tepat dalam pengambilan resiko sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang besar. 

Membangun tim yang solid

Jika ingin menciptakan gebrakan yang besar maka kamu harus mampu membangun tim yang solid dan memiliki tujuan kedepan yang jelas.

Jadi kamu harus membuat bisnis plan dan yang pasti sudah paham akan tujuan yang ingin dicapai nantinya.

Sehingga nanti kamu bisa membuat produk sejalan dengan tujuan dari perusahaan dan juga strategi marketing yang sudah jelas.

Sumber : envato

Mantapkan strategi pemasaran yang akan dilakukan

Langkah terakhir untuk menjadi technopreneur adalah mematangkan strategi pemasaran.

Kita tahu dalam dunia bisnis, pemasaran menjadi salah satu hal utama yang harus dilakukan agar bisnis yang sudah kamu bangun bisa dikenal dan juga bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.

Beli Domain Murah

Menjadi Technopreneur? Yuk Wujudkan Sekarang!

Kamu memiliki mimpi menjadi technopreneur? Tidak ada yang tidak mungkin! Semua orang bisa menjadi technopreneur termasuk dirimu sendiri. Jika memiliki kemauan yang tinggi dan kemampuan yang mumpuni, kamu bisa mewujudkan mimpimu.

Technopreneur adalah gabungan dari pemanfaatan teknologi dan juga kewirausahaan. Masih bingung harus mulai dari mana? Kamu bisa mulai dari mengenali teknologi yang saat ini umum digunakan, memahami konsep kewirausahaan, peka terhadap permasalahan disekitar kita, dan menggandeng orang yang tepat dalam membangun bisnis nantinya.

Jika semua sudah dilakukan, hal selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu memasarkan produk yang sudah dibuat. Misalnya melalui sosial media atau membangun website perusahaan.

Website perusahaan bisa dibilang sebagai wajah perusahaan kita di dunia digital. Maka dari itu, kamu harus memperhatikan performa dan juga kualitas website yang akan disuguhkan kepada pelanggan.

Dengan menggunakan layanan hosting terbaik dari DomaiNesia, dijamin website perusahaanmu akan ngebut! Mulai dari Rp 60 ribuan aja kamu bisa menggunakan hosting tersebut untuk berbisnis.

Beragam fitur bisa kamu nikmati seperti backup harian, antisipasi dari spam, dilengkapi dengan antivirus, dilengkapi dengan ​​Enterprise-grade NVMe SSD yang menjamin performa website, dan masih banyak fitur lain yang bisa kamu dapatkan. Gunakan layanan DomaiNesia dan rasakan banyak keuntungannya!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds