• Home
  • Berita
  • Mengapa Jaringan Telkom Sering Lambat Mengakses Website?

Mengapa Jaringan Telkom Sering Lambat Mengakses Website?

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Hai DomaiNesians, beberapa waktu lalu banyak pelanggan yang menginformasikan bahwa akses ke website menjadi lambat ketika menggunakan jaringan Telkom seperti IndiHome. Padahal setelah dicoba untuk membuka halaman lain seperti Google atau YouTube masih bisa dan baik-baik saja. 

Mengapa hal ini bisa terjadi dan cukup sering terjadi? Berdasarkan informasi yang yang ada, hal tersebut terjadi karena kapasitas jaringan Telkom ke exchange lokal Indonesia sering penuh. Jadi sebenarnya kendala ini tidak hanya terjadi pada pelanggan DomaiNesia saja, namun ke semua pengguna jaringan Telkom.jaringan telkom

DomaiNesia Sudah Terhubung ke Jaringan Telkom

Saat ini, DomaiNesia sudah terkoneksi dengan  jaringan Telkom NCIX sebesar 1Gbps. Hal tersebut merupakan upaya kami memberikan solusi terkait kendala akses lambat. Namun dengan solusi ini pun jaringan Telkom masih sering penuh sehingga menyebabkan akses ke website juga melambat. Meskipun ada beberapa faktor yang tidak bisa dikendalikan, namun kami berusaha untuk mengurangi dampak yang mungkin terjadi.jaringan telkom

Kapasitas jaringan Telkom ke exchange lokal Indonesia yang sering penuh memang menjadi alasan utama lambatnya koneksi ISP IndiHome. Padahal, Hampir semua ISP dan penyedia konten di Indonesia terhubung ke Internet Exchange dengan tujuan menghemat biaya jaringan dan meningkatkan kecepatan. 

Internet Exchange juga membantu mengurangi latensi yang diperlukan untuk mentransfer konten, sehingga proses routing tidak memerlukan terlalu banyak hops dan dapat terhubung secara langsung.

Setiap Penyedia Layanan Internet terhubung ke internet exchange dengan kapasitas port yang beragam. Kapasitas jaringan yang disewa biasanya disesuaikan dengan jumlah penggunaan bandwidth. Ketika penggunaan bandwidth ini mendekati kapasitas port, seharusnya ISP meningkatkan kapasitas port tersebut. Kapasitas port biasanya diperbarui untuk menghindari kemacetan dan packet loss. 

Kesimpulan

DomaiNesia mengajak semua DomaiNesians untuk memahami bahwa kendala akses ke website menjadi lambat adalah karena koneksi Telkom ke exchange lokal Indonesia sering penuh. Untuk mengatasi hal tersebut, DomaiNesia sudah terkoneksi dengan jaringan Telkom NCIX. Namun hal tersebut tidak menjamin akses menjadi lancar sepenuhnya. Kami berharap informasi yang kami berikan bisa memberi sedikit pengertian mengenai kendala jaringan Telkom. Terima kasih atas kesetiaannya menggunakan layanan DomaiNesia.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah