• Home
  • Tips
  • 12 Ide Bisnis Digital Populer Untuk Jadi Entrepreneur

12 Ide Bisnis Digital Populer Untuk Jadi Entrepreneur

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Bisnis digital saat ini memang sedang banyak dilakukan oleh banyak pelaku usaha. Pasalnya dengan membangun bisnis digital, kamu dapat menjangkau pasar lebih luas sehingga meningkatkan penjualan. Namun, saking banyaknya kompetitor bisnis digital saat ini membuat kamu harus menemukan jenis usaha yang tepat. Berikut beberapa ide bisnis digital paling populer di tahun 2022. 

Apa Itu Bisnis Digital?

Sebelum masuk pada pembahasan selanjutnya, perlu kamu ketahui dulu bahwa bisnis digital adalah sebuah bisnis yang dalam pelaksanaannya sudah menggunakan berbagai teknologi canggih. 

Penggunaan teknologi tersebut untuk menciptakan nilai baru dalam model bisnis, pengalaman pelanggan hingga mendukung operasi internal.

Bisnis digital
Sumber: Envato

Sederhananya, bisnis digital mengandalkan teknologi untuk beroperasi dan berkembang. Biasanya teknologi yang digunakan dalam bisnis digital tersebut membantu beberapa pekerjaan seperti: 

  • Menggunakan aplikasi dan sistem manajemen tugas untuk mengotomatiskan alur kerja bisnis.
  • Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) untuk meningkatkan pengalaman yang baik bagi pelanggan. 
  • Mencari data untuk meningkatkan kecerdasan bisnis. 
  • Membantu melakukan pekerjaan bisnis secara online melalui platform digital. 

Tetapi hanya mengunduh beberapa aplikasi tidak membuat usaha milikmu sudah menjadi bisnis digital. Transformasi digital yang sebenarnya adalah beralih dari proses manual ke model bisnis yang berfokus pada teknologi dan berpusat ke pelanggan secara keseluruhan.

Saat ini, memang orang menghabiskan banyak uang secara online sehingga mengalihkan penekanan bisnis ke sumber pendapatan digital dan saluran digital. 

Orang-orang kini juga lebih cepat mengenal suatu produk dan layanan dengan mencarinya secara online di internet, sehingga mendorong perusahaan untuk mencari keunggulan kompetitif baru di ruang digital.

Ide Bisnis Digital di Tahun 2022 yang Paling Populer dan Menguntungkan 

Berikut ini beberapa contoh bisnis digital paling populer: 

1. Bisnis Desain Grafis Atau UX

Desain grafis atau UX adalah salah satu bisnis digital yang populer akhir-akhir ini. Desain grafis, adalah suatu pekerjaan yang mengharuskan kamu membuat konten visual untuk mengkomunikasikan sebuah pesan tertentu. 

Contohnya seperti membuat konten visual untuk logo, materi iklan spanduk, template situs website, cover buku, kartu nama, label produk, desain kaos, template email marketing, infografis, aplikasi seluler, interface perangkat lunak, dan lain-lainnya. 

Kemudian untuk desain UI/UX biasanya untuk memberikan konten visual di situs web, aplikasi web, aplikasi seluler, perangkat lunak desktop, dan video game. 

Apabila memiliki beberapa keterampilan desain dan pemasaran, tak ada salahnya untuk mendirikan sendiri bisnis freelancer sebagai desainer UX. 

Desain UX adalah tentang memastikan bahwa aplikasi atau situs web dirancang khusus agar dapat memberikan pengalaman terbaik kepada user atau pengguna. 

Sederhananya, kamu harus memastikan bahwa desain UX tersebut bisa memberikan kenyamanan bagi pengguna saat membuka aplikasi, kemudahan navigasi, serta user friendly. 

2. Bisnis Kelola Akun Media Sosial

Banyak perusahaan di seluruh dunia saat ini mulai berinvestasi besar dalam pemasaran digital. Tentu ada keuntungan yang sangat besar apabila sebuah bisnis bisa menyusun strategi di media sosial.

Kelola akun media sosial ini tidak hanya sekadar mengunggah konten atau menjadi admin saja, tetapi juga melibatkan perencanaan strategi yang membantu klien memenuhi tujuan bisnis mereka, serta mengikuti metrik tertentu agar mampu mencapai target.  

Kamu juga akan berperan dalam membangun pengalaman bagi pelanggan dengan melibatkan mengajak mereka berkomentar atau bertanya melalui Direct Message (DM). Dalam mengelola akun media sosial, kamu bisa menggunakan beberapa tools profesional untuk membantu dan contohnya seperti Buffer, Sprout Social, atau Planoly. 

3. Bisnis Affiliate Marketing

Jika kamu telah membangun sebuah blog atau memiliki pengikut media sosial yang banyak, menjalankan bisnis digital seperti affiliate marketing memang sangat menguntungkan. 

Sebagai affiliate marketer, kamu akan ditugaskan untuk mempromosikan produk atau layanan sebuah perusahaan. 

Setiap kali seseorang membeli produk melalui tautan khusus milikmu, nantinya bisa mendapatkan persentase atau penghasilan dari penjualan tersebut. Bentuk pemasaran ini bisa menjadi peluang bisnis digital yang sangat baik.

Bisnis digital
Sumber: Envato

4. Bisnis Kerajinan Tangan

Kini berjualan produk kerajinan tangan pun bisa dipasarkan melalui online dengan mudah. Jadi, bagi kamu yang suka merajut selimut, membuat lilin, atau lainnya, bisa memanfaatkan teknologi baru untuk menjangkau ribuan pelanggan lebih banyak dari sebelumnya. Kamu bisa pelajari cara buka toko online dengan mudah di sini. 

5. Bisnis Jasa Konsultan SEO

Search Engine Optimization (SEO) telah menjadi bidang yang kompleks di dunia bisnis digital saat ini. Pasalnya banyak orang kini mulai melakukan penelusuran sebuah layanan atau produk melalui internet, sehingga para pelaku bisnis harus berlomba-lomba mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian seperti Google. 

Melalui jasa konsultan SEO ini kamu dapat membantu mendatangkan pengunjung website tanpa mengeluarkan biaya atau istilahnya mendapatkan traffic organik tanpa iklan. 

6. Bisnis Blog

Blogging dengan cepat menjadi salah satu saluran pembuatan dan distribusi konten terbesar. Sebagai seorang blogger, kamu dapat membuat dan memasarkan konten untuk membangun pasar. 

Setelah pasar berkembang, nantinya dapat menghasilkan pendapatan dalam beberapa cara. Seperti  bisnis freelancer lainnya, kamu tidak membutuhkan keahlian khusus untuk menjadi seorang blogger yang sukses. 

Tetapi pastikan strategi blogging dimulai dengan topik konten untuk mengidentifikasi saluran pemasaran dan memonetisasi usaha. 

Jangan terjun ke blogging tanpa pemikiran yang tepat tentang memulai dan bagaimana melanjutkan prospek bisnis kedepannya.

6. Bisnis Jasa Penulisan Artikel

Menulis artikel adalah ide bisnis paling menguntungkan bagi orang-orang yang pandai atau memiliki kemampuan dibidang menulis. 

Penulisan artikel ini adalah sebuah pekerjaan seperti menulis untuk surat kabar, majalah, jurnal, atau media online tertentu. Kemudian bentuk tulisan yang dipublikasikan bisa berupa berita, hasil riset, analisis akademis, debat, dan lain-lainnya.

Bisnis ini membutuhkan banyak riset dan keterampilan menulis agar bisa menjadi seorang penulis yang sukses, dan juga pastikan kamu memahami berbagai topik umum maupun spesifik.

7. Bisnis Jasa Sebagai Proofreading

Proofreader sangat dibutuhkan saat ini. Ketika kamu menulis, dan secara tidak sengaja membuat kesalahan kecil yang tidak disadari meskipun membacanya kembali, nantinya seorang korektor akan dapat menemukan kesalahan dalam kalimat serta membantu mengeditnya dengan cepat.

Agar bisa menjadi proofreading yang sukses, kamu harus superlatif dan menunjukkan keterampilan mengedit artikel yang baik. Selain itu, pastikan juga kamu harus teliti dan memperhatikan detail.

8. Bisnis Jasa Sebagai Voice Over atau Pengisi Suara

Apakah kamu memiliki suara yang bagus? Jika iya, peluang bisnis digital yang bisa kamu manfaatkan adalah dengan menawarkan jasa voice over atau pengisi suara. 

Sebagai aktor pengisi suara, kamu akan menggunakan suara dalam memasarkan sebuah produk, menghibur, menceritakan cerita, meniru karakter, dan lain-lainnya. 

9. Bisnis Jasa Sebagai Penerjemahan Artikel

Kamu yang memiliki skill di bidang bahasa khususnya lebih dari satu bahasa, bisa memanfaatkan  peluang bisnis digital sebagai penerjemahan.

Adanya kecanggihan internet saat ini memungkinkan bisnis terhubung ke seluruh dunia, sehingga membutuhkan banyak penerjemah.  

Kamu mungkin tidak perlu mendapatkan beberapa keterampilan lain untuk mulai menerjemahkan konten secara online. 

Namun, hal yang harus dilakukan adalah mendaftar ke platform pekerjaan dan menyatakan kemampuan bahasa. 

10. Bisnis Jasa Entry Data

Ini termasuk pengetikan informasi ke dalam format elektronik. Entry data adalah sebuah pekerjaan yang mengharuskan kamu mengetik informasi dari hard-copy, rekaman suara atau video ke dokumen Word, excel atau perangkat lunak apapun untuk diproses lebih lanjut.

Bisnis digital
Sumber: Envato

11. Bisnis Jasa Sebagai Copywriter

Copywriter berbeda dengan penulis artikel. Mereka adalah para ahli yang membantu tim penjualan suatu perusahaan dalam membuat konten untuk pemasaran. 

Mereka melakukan riset, merencanakan, dan menulis salinan yang ditujukan untuk mempromosikan dan memasarkan barang dan jasa atas nama klien mereka.

Sebagai copywriter, kamu perlu mengembangkan keterampilan untuk menulis surat penjualan, posting blog, iklan, dokumen teknis untuk produk, dan lain-lainnya. 

12. Bisnis Jasa Sebagai Fotografer

Memiliki keahlian di fotografi kini tidak hanya dijadikan hobi saja, tetapi bisa menjadi sumber penghasilan. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa menghasilkan uang secara online sebagai fotografer. Pertama, mengambil foto untuk sebuah acara tertentu. Kamu dapat menawarkan jasa foto ini melalui platform pekerjaan online.

Kedua, mendaftar ke platform foto premium dan kirimkan gambar milikmu. Dengan cara ini, kamu bisa berbagi keuntungan dengan platform setiap kali gambar dibeli. 

Beberapa platform yang banyak digunakan untuk menjual foto adalah Shutterstock, iStockphoto, offset, Depositphotos.

Nantinya, kamu bisa mendapatkan bayaran khusus untuk mengedit foto dan menerapkan efek khusus. Dalam melakukan pekerjaan ini, kamu akan membutuhkan perangkat lunak atau software pengedit foto.

Kelebihan Bisnis Digital

1. Memberikan Pengalaman Terbaik Kepada Pelanggan

Transformasi digital tidak hanya dapat membuka efisiensi untuk tim, tetapi juga memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan. 

Pengalaman baik yang dimaksud mencakup komunikasi online, mendapatkan produk digital, dan bahkan cara yang digunakan untuk menjangkau prospek baru.

2. Mendorong Budaya Digital 

Pergeseran budaya digital ini sangat penting bagi bisnis agar bisa terus berkembang di pasaran. Dengan adanya transformasi digital ini pun akan memaksa banyak orang termasuk para pelaku bisnis harus terus meningkatkan keterampilan dan pembelajaran digital. 

3. Membantu Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Membangun bisnis digital yang dijalankan secara online, dapat membantu kamu menjangkau pasar yang lebih luas. Kamu dapat dengan mudah menjangkau pasar lebih luas karena bisa diakses di mana saja dan kapan saja, selama 24 jam. 

Itulah beberapa kelebihan bisnis digital. Umumnya, banyak orang hanya akan fokus pada modal ketika ingin membangun sebuah bisnis. Namun, untuk bisa capai bisnis digital yang sukses kamu harus mempersiapkan beberapa hal penting lainnya seperti niche potensial, website yang menarik serta pandai dalam memanfaatkan peluang.

Bisnis digital
Sumber: Envato

Yuk, Mulai Bangun Bisnis Digitalmu Sekarang!

Jadi, bisnis digital adalah sebuah bisnis yang dalam pelaksanaannya sudah menggunakan berbagai teknologi canggih untuk bisa terus beroperasi dan berkembang di pasaran. Penggunaan teknologi ini membantu menciptakan nilai atau value dalam model bisnis, pengalaman pelanggan hingga mendukung operasi internal. 

Dan dan banyak sekali contoh ide bisnis digital yang bisa kamu coba seperti menjadi seorang penulis artikel, mengelola akun media sosial, affiliate marketing, konsultan SEO, dan lain-lainnya. Kemudian dalam membangun bisnis digital kamu juga perlu menemukan niche potensial. 

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!