• Home
  • Tips
  • Panduan Cara Cek DA PA Banyak Website

Panduan Cara Cek DA PA Banyak Website

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.
cek pa da banyak website

cek DA PA banyak website  – Google memang selalu melakukan pembaruan terhadap sistem penilaian peringkat SEO suatu website. Pengubahan sistem PageRank sudah lama ditiadakan sejak 2014 silam yang mana kini sudah berganti dengan Domain Authority dan Page Authority. Biasanya kedua hal tersebut biasa disingkat dengan DA dan PA.

Kedua buah komponen tersebut menilai seberapa berkualitas suatu website baru bisa mendapatkan peringkat yang tinggi menurut Google. Apabila kamu memiliki website, penting guna mengetahui cara cek DA PA banyak website. Ketika mengetahui bagaimana caranya, maka akan mudah dalam menaikkan nilai dari DA PA dan juga peringkat website.

Pengertian DA (Domain Authority)

DA yang merupakan singkatan dari Domain Authority adalah sebuah nilai acuan yang dipakai mesin penelusuran dalam menilai peringkat sebuah website yang sedang dicari pengguna internet. Apabila nilai peringkat DA semakin baik, maka akan memiliki daya saing yang baik terhadap pencarian Google. Penilaian akan diberikan dengan nilai 1 sampai dengan 100.

Namun, sebagian besar nilai rata-rata dari sebuah website yang bagus sudah mencapai angka di atas 30. Ada banyak kategori yang menjadi landasan penilaian sebuah nilai DA sebuah website, seperti:

  1. Usia Domain

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah website atau blog yang lebih lama berdiri akan lebih dipercaya oleh masyarakat pengguna internet. Jadi semakin tua usia sebuah domain, maka peringkat DA dapat bertambah juga. Pastikan website selalu diupdate secara berkala untuk bisa memiliki konten-konten yang berkualitas.

Informasi atau konten yang up to date dapat meningkatkan penilaian terhadap domain authority sebuah website. Jika kamu sekarang sudah memiliki website atau blog, maka sangat disarankan untuk melakukan update secara rutin dalam rangka meningkatkan nilai DA.

Usahakan juga untuk menggunakan layanan hosting atau domain dengan harga yang terjangkau dahulu saat mulai. Semakin sering sebuah website yang sudah berumur melakukan update, maka Google akan memberikan penilai DA yang tinggi.

  1. Terkenal

Tidak dapat dipungkiri bahwa promosi dan pemberitahuan kepada pengguna internet mengenai popularitas sebuah website sangat penting. Semakin terkenal suatu website atau blog dapat menyebabkan ada banyak sekali link-link yang disebarkan oleh pengunjung website. Mengapa sebuah website bisa menjadi terkenal? Sudah pasti ada banyak tekniknya.

Beberapa teknik SEO dapat diterapkan guna menaikkan trafik pengunjung. Namun, ada cara lain yang bisa dipakai untuk menaikkan popularitas sebuah website maupun blog yakni dengan jalan promosi. Cara tersebut biasanya dilakukan melalui berbagai macam media, seperti media sosial maupun penyebaran brosur oleh tim marketing.

  1. Konten dengan Smart Keywords

Sebuah website harus menyediakan dana khusus guna mengembangkan konten yang ada di dalamnya. Konten tersebut harus memiliki keterkaitan antara keywords yang dipakai dengan isi pembahasannya. Semakin banyak konten dengan format tersebut, maka Google akan menilai bahwa konten tersebut layak dibaca oleh banyak orang.

Alhasil, Google akan memberikan penilaian DA yang tinggi dan merekomendasikan kepada banyak pengunjung yang mencari dengan kata kunci tertentu yang sama dengan isi konten. Pastinya konten yang berkualitas akan membuat banyak pengunjung membuka website. Ujung-ujungnya, nilai trafik website dapat meningkat tajam dan omset penjualan naik.

Pengertian PA (Page Authority)

Komponen penilaian website lainnya yang diberikan oleh Google adalah berdasarkan pada PA atau Page Authority. Penilaian ini sudah pasti berbeda dibandingkan dengan DA atau domain Authority. Sebuah Page Authority akan menilai seberapa berkualitas dari sebuah halaman website.

Jika DA atau domain Authority akan mendapatkan penelitian terhadap keseluruhan domain dari website. Sedangkan PA hanya melakukan penilaian terhadap sebuah halaman yang terdapat di dalam domain saja. Apabila diibaratkan, maka DA mirip dengan sebuah apartemen dan PA sama dengan setiap rumah yang ada dalam apartemen tersebut.

Keduanya adalah satu paket penelitian website dan tidak dapat dipisahkan. Sebagian besar website memiliki penilaian DA yang lebih rendah dibandingkan dengan PA suatu website.

Panduan Cara Cek DA PA Banyak Website

Melakukan pemeriksaan terhadap nilai DA PA sebuah website dilakukan dengan menggunakan bantuan website khusus. Kamu bisa membaca panduan penilaian di setiap website dan bisa mencoba perbaikan website saat mendapati nilai DA PA belum terlalu tinggi. Bagaimana cara cek DA PA banyak website dapat diikuti secara seksama yakni:

  1. Prepostseo

Metode pertama yang bisa kamu pakai guna mengecek skor DA PA Checker adalah Prepostseo. Website tersebut dapat digunakan secara gratis oleh siapa saja dan melakukan pengecekan skor DA PA dalam jumlah banyak sekaligus. Jumlah maksimal yang URL yang dapat dicek skor DA PA-nya adalah 500 URL sekaligus. Setiap langkahnya dapat kamu ikuti, diantaranya:

  • Pertama-tama buka browser yang sudah tersedia dalam komputer maupun laptop.
  • Ketikkan https://www.prepostseo.com/ pada bagian URL bar untuk dapat memasuki website Prepostseo.
  • Tunggu sampai muncul halaman utama dari Prepostseo.

cek DA PA banyak website

  • Arahkan kursor menuju ke tombol dengan tulisan Domain Authority Checker.

  • Klik sekali dan tunggu sampai tampilan pada layar berubah masuk ke dalam sesi DA PA Checker. Kamu bisa saja mencoba memasuki tampilan tersebut langsung dengan mengetikkan URL berupa https://www.prepostseo.com/domain-authority-checker pada bagian URL bar.

Pada sesi DA PA Checker memang kamu akan melihat ada banyak sekali iklan yang terpasang di sana. Namun, bisa kamu tutup jika merasa seluruh iklan tersebut mengganggu pemandangan tampilan layar komputer kamu.

  • Pastikan bagian yang terpilih sudah berupa URLs List ditandai dengan warna biru yang mewarna pada bagian disamping tulisan tersebut ().
  • Masukkan seluruh URL dari website yang ingin kamu lakukan pengecekan terhadap skor DA PA mereka. Contoh memasukkan dua URL sekaligus dengan copy paste URl berupa alamat https://www.freepik.com/ dan https://burst.shopify.com/ dapat kamu lihat di bawah ini.

  • Kemudian, klik pada bagian tombol Check Authority () yang biasanya terletak di bagian bawah dari kolom URLs List..
  • Masukkan kode pengamanan berupa pilihan gambar sesuai dengan yang diperintahkan.
  • Tunggu proses penilaian terhadap DA PA sampai keluar. BIasanya ini hanya perlu waktu beberapa detik saja. Namun, semakin banyak jumlah URL yang kamu masukkan, maka akan semakin lama juga waktu yang diperlukan untuk melakukan penilaian skor DA PA.
  • Hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk tabel yang sederhana dan mudah dimengerti, karena hanya ada penilaian terhadap DA, PA, Spam Score, Indexed Pages in Google, Guest Post List, dan Earn Money. Kamu bisa membuka bagian halaman yang menjadi dasar penilaian pada website Prepostseo.com ini.

  1. Moz

Situs lain yang menyediakan pengecekan DA PA gratis adalah Moz. Hanya saja, kamu perlu melakukan pengecekan dalam menu yang berbeda alias satu per satu. Tidak disarankan langsung mengecek kedua nilai DA PA sekaligus. Ada banyak sekali produk lain yang ditawarkan oleh Moz juga selain penilaian skor DA PA. Setiap langkahnya dapat kamu ikuti berikut.

  • Ketikkan https://moz.com/domain-analysis pada bagian URL bar di browser kamu.
  • Tunggu sampai proses pembukaan website selesai sepenuhnya dan kamu akan bisa melihat tampilan seperti yang ditunjukkan berikut ini.

  • Arahkan kursor menuju ke bar bertuliskan Enter a domain dan sisanya langsung masukkan saja domain yang ingin kamu cek nilai DA. Misalkan saja masih dengan alamat domainesia.com dan klik pada bagian Analyze domain.
  • Proses menunggu dari analisa yang dilakukan website ini jauh lebih singkat dibandingkan dengan website sebelumnya. Hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk di bawah ini.
  • Kamu akan bisa melihat tampilan skor yang mudah dipahami dalam bentuk Domain Authority, Linking Root Domains, Ranking Keywords, dan Spam Score. Jika ingin melihat keterangan penilaian dalam rincian yang lebih lengkap bisa dengan scroll ke bawah dan akan mendapati tampilan berikut.
  • Jika melakukan scroll ke bawah lagi, maka kamu akan menemukan adanya keterangan berupa grafik yang menggambarkan tentang Discovered and Lost Linking Domains.

Kamu sudah selesai dalam melakukan penilaian terhadap DA pada suatu website dan sekarang penting mengetahui cara menggunakan penilaian PA dengan menggunakan Moz. Cara melakukan penilaian skor PA dapat kamu ikuti langkah berikut.

  • Masukkan URL berupa https://moz.com/link-explorer#index ke dalam URL bar yang ada di browser.
  • Kemudian, masukkan URL yang ingin dinilai skor Page Authority-nya. Misalkan saja domainesia.com.
  • Klik Get free link data dan tunggu sampai proses penilaian berakhir.
  • Muncul tampilan Create an account for free access. Masukkan seluruh data yang diminta dan langsung saja klik tombol Create an account.
  • Ikuti seluruh informasi yang diminta dan kamu akan bisa mendapatkan penilain dari skor PA yang diminta.
  1. Websiteseochecker

Website lainnya yang juga memperbolehkan pengunjung melakukan penilaian skor DA PA secara gratis adalah www.websiteseochecker.com. Kamu benar-benar dapat mengakses secara mudah dan gratis tanpa perlu memasukkan alamat email dalam website tersebut. Kamu yang lebih menyukai menjaga privasi alamat email tersebar, disarankan untuk menggunakan  situs ini.

  • Ketikkan saja https://www.domainesia.com/domain/ pada URL tersebut. Kamu bisa saja memasukkan lebih dari satu jenis URL, tetapi pastikan bahwa satu baris hanya ada satu URL saja dan letakkan URL kedua pada baris kedua.
  • Berikan tanda centang pada Im not a robot.

cek DA PA banyak website

  • Sisanya hanya perlu klik pada tombol Check dan tunggu proses penilaian sampai selesai. Hasilnya dapat kamu lihat berikut.
  • Kamu akan dapat melihat penilaian berupa DA, PA, dan lain sebagainya. Bahkan, situs ini juga mampu memberitahukan informasi mengenai usia suatu domain dan asal dari website tersebut.

 

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!