• Home
  • Tips
  • Blog Hosting : 7++ Tips Memilih Hosting Tepat Untuk Membuat Website Blog

Blog Hosting : 7++ Tips Memilih Hosting Tepat Untuk Membuat Website Blog

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Pernahkah kamu mendengar istilah blog hosting? Buat kamu yang memang berada di dunia blog pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut.

Sampai saat ini website blog masih menjadi andalan sebagai media informasi hingga media berbagi. Karena melalui website blog semua orang di dunia dapat mengakses.

Sama seperti website yang lain, website blog juga membutuhkan hosting sebagai tempat penyimpanan.

Itulah asal muasal dari istilah blog hosting. Yuk, ketahui lebih dalam dan tips memilih hosting yang tepat untuk blog hosting!

Apa itu Blog Hosting

Blog hosting adalah produk hosting untuk menyimpanan website blog. Website blog memang berisikan beberapa script, kode program, gambar, hingga video.

Semua itu disimpan didalam hosting. Website blog yang disimpan didalam hosting akan bisa diakses oleh orang di seluruh dunia. Tidak peduli dimana saja, asalkan terhubung dengan koneksi internet maka website blog bisa diakses.

blog hosting
Sumber : envato

Nah, seperti apa blog hosting yang stabil dan baik? Tentunya blog hosting yang baik adalah memiliki waktu pemuatan atau loading website yang cepat sehingga konten yang ditampilkan cepat muncul di halaman website.

Tidak hanya itu saja, blog hosting yang baik adalah layanan yang menyediakan fitur optimalisasi website. Bagaimana cara memilih blog hosting yang stabil bagi pemula? Langsung saja ke bahasan selanjutnya.

Tips Memilih Blog Hosting Untuk Pemula

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat kamu memilih blog hosting, antara lain :

Pahami Spesifikasi Blog Hosting

Setiap paket hosting yang ditawarkan memiliki spesifikasi sendiri-sendiri. Untuk itu pastikan memilih blog hosting yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya DomaiNesians!

Sumber : elements envato

Misalnya kamu ingin membuat website blog dengan pengunjung kira- kira 25ribu hingga 100ribu, maka pahamilah komponen apa saja yang dapat menampung pengunjung sebanyak itu. Yang pasti pilihkan blog hosting yang menawarkan fitur optimalisasi website.

Memiliki Kemudahan Dalam Mengelola Blog Hosting

Buat kamu seorang pemula, mungkin akan sedikit sulit untuk meradaptasi dengan dunia hosting.

Namun tenang saja, ada beberapa blog hosting yang sudah menawarkan pengelolaan yang mudah. Mulai dari melakukan instalasi, membersihkan cache, melindungi keamanan website, hingga mengupload gambar pada website.

Resources

Resources blog hosting adalah yang paling penting. Resources blog hosting yang utama terdiri dari CPU, Physical RAM, dan Cloud SSD. Ketiga komponen tersebut menentukan kecepatan loading website dan kapasitas penyimpanan.

Buat kamu yang kurang mengetahui bagaimana resources yang baik, kamu bisa lihat review layanan hosting yang dilakukan oleh beberapa situs.

Lihat Fitur Tambahan Pada Hosting

Fitur tambahan pasti ada di setiap paket hosting. Bisa jadi fitur keamanan, fitur optimalisasi, fitur anti virus, fitur anti lemot, dan masih banyak lagi.

Jadi, lihat fitur- fitur tambahan yang pasting dapat berguna pada kehidupan blog hostingmu ke depannya.

Tersedianya Tim Support 24/7

Adanya tim support selama 24 jam adalah hal yang paling penting saat ingin memilih blog hosting.

Hal ini karena apabila sewaktu- waktu blog hosting ada masalah, akan bisa terselesaikan lebih cepat.

Sumber : envato

Apalagi bagi kamu seorang pemula yang ingin membangun website. Akan sangat membutuhkan tim support.

Salah satunya adalah DomaiNesia. DomaiNesia memiliki tim support yang bersedia membantu kamu selama 24 jam. Bisa melalui chat, email dan telepon.

Pilih Blog Hosting Sesuai Budget

Bagi orang yang tidak familiar dengan perhostingan, layanan hosting dianggap memiliki harga yang mahal.

Layanan hosting mahal karena memiliki rentang waktu mulai dari 1 bulan, 3 bulan, hingga 2 tahun.

Namun sebelum memilih blog hosting, kamu bisa menghitung terlebih dahulu kira- kira kebutuhan apa yang harus ada di website yang sesuai dengan budget.

Jangan memaksakan budget untuk membeli hosting ya DomaiNesians!

Developer Friendly

Apa maksudnya? Sekarang banyak developer yang membangun website blog. Sehingga sudah banyak muncul kode program atau framework apa saja yang support dengan hosting. Seperti Node JS, javascript.

Pilih Hosting Daily Backup

Backup masih menjadi hal yang harus diperhatikan saat memiliki hosting. Backup data dilakukan untuk mencegah apabila terjadi hal- hal yang tidak dinginkan dari para hecker.

Hosting yang menyediakan backup disetiap harinya, akan disarankan untuk DomaiNesians, kamu tidak perlu pusing- pusing emlakukan backup.

Segera Pilih Blog Hosting Yang Sesuai ya!

DomaiNesia, sebagai penyedia hosting selalu melakukan pengembangan dan peningkatan.

Mulai dari kemudahan penggunaan dan pengelolaan hingga teknologi infrastruktur yang digunakan dalam hosting.

Semua produk hosting DomaiNesia juga termasuk ke dalam beberapa tips diatas. Buat kamu yang tertarik dengan hosting terbaik DomaiNesia, kamu bisa langsung mengikuti panduan Cara Order Hosting Indonesia di DomaiNesia.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah