• Home
  • Tips
  • 5+ Tips Meningkatkan Branding untuk Bisnis, Ampuh dan Cepat

5+ Tips Meningkatkan Branding untuk Bisnis, Ampuh dan Cepat

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.
5+ Tips Meningkatkan Branding untuk Bisnis, Ampuh dan Cepat

Setiap bisnis memiliki strategi masing-masing untuk membuatnya berbeda dari yang lain. Contoh kecilnya adalah menerapkan tips meningkatkan branding untuk bisnis agar namanya lebih dikenal masyarakat. Branding bisa dikatakan berhasil apabila orang bisa dengan mudah mengingat brand Anda tanpa harus mencari tahu terlebih dahulu.

Namun tentunya proses ini tidaklah mudah. Anda harus bekerja keras agar brand awareness bisnis berkembang dengan baik. Anda dapat memanfaatkan sosial media, website, dan platform-platform online lainnya untuk menarik perhatian calon konsumen. Selain itu Anda bisa mencoba menjalankan beberapa tips berikut ini.

6 Tips Meningkatkan Branding untuk Bisnis

Bagi bisnis yang sudah lama beroperasi, brand awareness bukan menjadi suatu hal yang sulit untuk mereka dapatkan. Namun bagaimana dengan bisnis Anda yang tergolong baru dengan merek dan brand yang belum terkenal?. Tentu Anda membutuhkan usaha dan strategi yang tepat agar brand awareness terkenal. Seperti ini caranya.

1. Buat Nama Bisnis, Logo, Tagline yang Menarik dan Unik

Tips meningkatkan branding untuk bisnis yang pertama adalah buat nama bisnis, logo, tagline yang menarik dan unik. Nama bisnis akan menjadi tanda pengenal untuk konsumen, sedangkan logo pasti selalu muncul pada hal-hal yang berhubungan dengan bisnis Anda. Contohnya saja produk, website, sosial media, kartu nama, dan lain sebagainya.

cara Meningkatkan Branding untuk Bisnis, Ampuh dan Cepat

Logo harus memiliki keunikan yang menggambarkan bisnis itu sendiri. Jangan copas milik orang lain karena bisa membuat Anda terlibat masalah nantinya. Kalau Anda merasa tidak bisa membuat logo secara pribadi, Anda bisa menyewa jasa desain logo. Dijamin hasilnya akan lebih memuaskan.

Selain logo ada satu poin yang harus Anda perhatikan yakni tagline. Membuat tagline yang menarik sebenarnya tidak mudah. Butuh kemampuan yang memadai agar kalimat yang Anda sampaikan tidak bertele-tele namun tetap bisa mempresentasikan merek. Upayakan tagline menggunakan kata-kata yang lugas, jelas, dan mudah dipahami.

2. Manfaatkan Sosial Media

Berdasarkan data dari “Digital Around The World 2019” ada sebanyak 150 juta penduduk yang mengakses sosial media. Dari data ini Anda bisa meningkatkan brand awareness bisnis dengan tetap aktif di akun resmi bisnis. Banyaknya pengguna akan memudahkan Anda menjangkau target pasar.

Media sosial memungkinkan agar merek bisnis bisa dikenal masyarakat secara luas dan lebih spesifik. Bahkan Anda bisa memperoleh data-data pengunjung tanpa harus melakukan riset secara langsung. Agar tips meningkatkan branding untuk bisnis ini maksimal silahkan gunakan fitur iklan berbayar.

3. Gunakan Website yang Profesional dan Informatif

Selain media sosial, bisnis bisa lebih berkembang jika Anda juga menggunakan website. Bahkan sekarang banyak konsumen yang menilai bisnis dari situs resminya. Website sendiri bisa Anda isi dengan berbagi informasi seperti alamat perusahaan, produk, bidang bisnis, artikel informatif dan lain sebagainya.

Berbicara tentang website Anda tidak hanya sekedar membuatnya saja. Harus ada strategi untuk mengoptimalkan situs tersebut sehingga bisa menempati posisi teratas ketika dicari orang. Salah satu caranya adalah mengoptimalkan SEO mulai dari membuat tampilan web yang menarik, user-friendly,dan mengisi dengan konten-konten berkualitas.

Tidak masalah jika Anda kurang pandai menulis artikel. Saat ini jasa penulis artikel cukup banyak jumlahnya. Anda hanya perlu request ingin konten yang seperti apa. Dijamin hasilnya bagus dan berkualitas. 

4. Gunakan Influencer

Influencer merupakan orang-orang yang memiliki pengaruh besar di sosial media dengan jumlah pengikut ribuan hingga jutaan. Jika ingin masyarakat lebih cepat mengenali bisnis Anda tidak ada salahnya kalau mencoba berkolaborasi dengan para influencer. Namun pastikan bahwa orang tersebut benar-benar berpengaruh.

Biasanya influencer selalu menjadi model rules untuk para followersnya. Apa yang mereka promosikan akan menarik minat orang lain bahkan mempengaruhi keputusan pembelian. tips meningkatkan branding untuk bisnis yang satu ini sudah cukup terbukti akurat bahkan menjadi trend digital marketing.

5. Aktif Mengikuti Event

Meski kemudahan teknologi membantu Anda untuk mempromosikan bisnis namun tetap saja Anda harus meluangkan waktu untuk mengikuti event. Internet dan sosial media hanya bisa menarik perhatian orang dan belum tentu mereka langsung terpikat dengan adanya promosi yang Anda lakukan.

Maka dari itu melalui event-event yang ada Anda bisa memperkenalkan merek brand secara langsung. Jangan hanya mengincar jumlah pengunjungnya saja namun pilih event-event yang sesuai dengan target pasar Anda. Berikan kesan baik selama event berlangsung karena hal ini berhubungan langsung dengan citra bisnis Anda.

Tips meningkatkan branding untuk bisnis ini memang membutuhkan dana yang lebih besar, terlebih jika Anda menjadi sponsorship. Agar tidak terjadi keseimbangan pengeluaran Anda perlu melakukan perencanaan dengan matang.

5+ Tips Meningkatkan Branding untuk Bisnis, Ampuh dan Cepat

6. Terapkan Strategi Co-Branding

Tips meningkatkan branding untuk bisnis yang terakhir adalah terapkan strategi Co-Branding. Perusahaan-perusahaan besar sudah banyak yang mencoba strategi ini. Jika Anda pernah mencoba Indomie rasa Chitato mungkin tidak asing lagi dengan prakteknya. Penggabungan dua produk ini terbilang unik namun juga bisa menarik perhatian.

Konsumen bisa dibuat penasaran dengan kombinasi antar brand dan kemungkinan besar akan membeli untuk mengetahui hasilnya. Meskipun hasilnya tidak sepadan dengan kombinasi antar brand besar, namun setidaknya bisnis Anda bisa dikenal masyarakat berkat bantuan brand lain yang menjadi partner Co-Branding.

Baca Juga : 5 Cara Mengubah Brand yang Tumpul Menjadi Cool

Tingkatkan Branding Bisnis Anda Sekarang Juga!

Memiliki bisnis dengan brand awareness kuat akan membantu memperbesar nama usaha tersebut. Sebagai pemilik Anda harus menerapkan tips meningkatkan branding untuk bisnis ini dengan baik dan efisien. Tidak perlu terburu-buru karena hasil akan mengikuti bagaimana usaha Anda. Jika Anda ingin meningkatkan branding dengan website, bisa membeli domain premium untuk tingkatkan kredibilitas website bisnis Anda.

 

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds