• Home
  • Tips
  • Ingin Bangun Usaha Kecil-kecilan? Ikuti 11 Cara Memulai Bisnis di Sosial Media

Ingin Bangun Usaha Kecil-kecilan? Ikuti 11 Cara Memulai Bisnis di Sosial Media

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Hai DomaiNesians! Dengan berkembangnya teknologi yang ada, sekarang bisnis juga bisa dijalankan menggunakan berbagai media. Melalui internet yang bisa menghubungkan banyak orang, bisnis jadi bisa menjangkau target yang tepat dalam jumlah yang cukup banyak. Nah, selain menggunakan website, ternyata bisnis juga bisa dijalankan menggunakan media sosial.

Cara memulai bisnis melalui media sosial juga tidak begitu merepotkan daripada cara memulai bisnis membuat website. Karena dengan menggunakan sosial media, sudah terdapat audience yang beraneka ragam dan kamu tidak repot memaintenance platform tersebut. Untuk kamu yang ingin memulai usaha melalui sosial media, berikut ini cara memulai bisnis yang bisa kamu ikuti langkah-langkahnya.

Cara Memulai Bisnis
Sumber: Freepik

Mulai dengan Perencanaan

Cara memulai bisnis yang paling utama adalah perencanaan. Apapun jenis bisnisnya, platform apa yang digunakan, dan bagaimana konsep atau ide kedepannya, tentu saja harus direncanakan secara matang. Tanpa perencanaan yang matang, kamu jadi tidak memiliki tujuan yang jelas dengan apa yang ingin dicapai.

Beberapa hal yang harus kamu rencanakan adalah sebagai berikut.

  1. Menentukan tujuan bisnis
  2. Melihat dan menganalisa kompetitor
  3. Atur budget (pengeluaran dan untuk keperluan apa)
  4. Mencari inspirasi dan ide yang kreatif
  5. Merancang agenda kedepannya dan dicatat dalam kalender

Pilih Platform yang Tepat

Setelah melakukan perencanaan, cara memulai bisnis melalui sosial media selanjutnya adalah dengan menentukan platform yang tepat untuk bisnis kamu dan untuk audience kamu. Saat ini terdapat berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan sebagainya.

Kamu bisa menentukan platform tersebut, berdasarkan jumlah audience yang ada. Sehingga akan ada variasi audience yang bisa kamu filter lagi mana yang sesuai dengan target audience kamu. Sebenarnya kamu juga bisa menggunakan lebih dari satu platform selama kamu bisa mengelola semua platform yang ada dengan maksimal.

Tahu Target Audience

Salah satu alasan mengapa menjalankan usaha melalui sosial media cukup efektif karena kamu bisa menentukan target audience kamu secara spesifik. Tapi sebelum itu, kamu harus mengetahui target audience kamu sendiri. Mulailah dengan menganalisa produk sendiri dan mengumpulkan data spesifik siapa yang cocok untuk menggunakan produk tersebut.

Perluas Audience

Setelah kamu memiliki gambaran yang jelas dengan target audience. Cara memulai bisnis melalui sosial media selanjutnya adalah dengan memperluas audience. Saat ini sosial media memiliki banyak sekali pengguna, dan itulah kelebihan yang bisa kamu dapatkan. Ditambah terdapat juga fitur bagi para pebisnis dan marketer yang bisa menganalisa perilaku dari pengguna sosial media itu sendiri. Dengan begitu, kamu bisa menjangkau audience kamu, misalnya targetnya demografis wilayah seluruh Indonesia dan sebagainya.

Bangun Relationship

Cara memulai bisnis melalui sosial media selanjutnya adalah dengan membangun relasi. Dan uniknya media sosial, kamu bisa secara aktif melakukan percakapan dengan pelanggan dan atau followers. Sehingga kamu bisa membangun relasi setiap saat yang tentu saja lebih personal, daripada melakukan penjualan dimuka.

Selain itu, dengan membangun relasi di sosial media, pelanggan akan percaya dengan apa yang dilakukan oleh brand melalui konten dan cara brand itu sendiri memperkenalkan produknya. Dan dengan membuat pelanggan merasa dekat dengan mereka, hubungan dengan pelanggan akan menjadi lebih intens. Pelanggan tersebut berpeluang besar untuk menjadi pelanggan setia.

Bagikan Konten Visual yang Menarik

Saat ini ketertarikan audience terhadap konten sangat menentukan apakah mereka tertarik dengan produk atau tidak. Dan cara memulai bisnis selanjutnya adalah dengan membagikan konten visual yang menarik. Audience biasanya akan membeli produk yang bisa mereka lihat secara visual melalui gambar yang ada. Sehingga hal tersebut bisa kamu gunakan untuk rutin mempublikasikan foto terbaik dengan visual menarik mengenai produk yang kamu jual.

Cara Memulai Bisnis
Sumber: Freepik

Fokus pada Kualitas Bukan Kuantitas

Walaupun harus mempublikasikan konten secara rutin, tapi fokuslah pada kualitas bukan pada kuantitas. Audience akan sangat senang apabila media sosial dipenuhi dengan konten-konten terbaik. Apalagi konten yang memiliki value bagi audience. Selain membuat audience menjadi semakin percaya, dengan kualitas konten yang ada audience lainnya juga akan tertarik dan kemungkin akan menjadi followers baru.

Gunakan Tools yang Tepat

Nah, cara memulai bisnis selanjutnya dengan sosial media adalah menggunakan tools yang tepat. Walau biasanya di dalam sosial media itu sendiri sudah terdapat analytics yang membantu kamu mengetahui performa konten, tapi biasanya kamu butuh tools yang bisa melakukan lebih dari itu. Misalnya melakukan management untuk engagement, analytics yang lebih komplit dan mudah dibaca, grafik, dan kurasi konten yang bisa mengorganisir konten yang akan diposting.

Amati dan Respon Audience

Pentingnya merespon feedback apa yang diberikan audience terhadap akun sosial media kamu, seperti pertanyaan, saran, dan sebagainya. Dengan merespon apa yang mereka katakan, kamu berarti tidak menutup mata dan ingin membangun kepercayaan terhadap pelanggan. Selain itu amati pula perilaku audience mulai dari konten apa yang mereka sukai dan masalah apa yang mereka hadapi terkait produk kamu.

Jadwalkan Konten dan Publikasi Rutin

Cara memulai bisnis menggunakan sosial media selanjutnya adalah dengan menggunakan penjadwalan konten yang bisa kamu gunakan untuk rutin memposting konten. Saat ini media sosial seperti Facebook, dan Instagram sudah memiliki penjadwalan gratis yang bisa kamu gunakan tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan yaitu dengan menggunakan Studio Creator. Jadi, kamu bisa posting konten secara rutin dan mempersiapkan segalanya.

Lacak dan Tingkatkan Performa

Dan cara terakhir memulai bisnis dengan sosial media adalah dengan melacak performa akun media sosial kamu. Apa yang harus kamu pertahankan, dan apa yang harus kamu tingkatkan. Apakah ada peningkatan dari jumlah followers dan berapa persentase pembeli dan jumlah followers yang ada. Semakin detail informasi yang kamu dapatkan, semakin bagus untuk kamu dalam menentukan langkah kedepannya.

Cara Memulai Bisnis
Sumber: Freepik

Memulai Bisnis di Sosial Media, Pelanggan dari Berbagai Wilayah

Dengan cara memulai bisnis menggunakan sosial media di atas, kamu memiliki gambaran jika setiap bisnis memerlukan audience untuk bisa bertahan. Dan dengan menggunakan media sosial untuk bisnis pun, kamu juga harus mencari audience yang ada. Bisa dengan rutin membuat konten berkualitas, aktif melakukan interaksi, dan berbagai hal lainnya. Dengan memanfaatkan sosial media sebagai tempat untuk berusaha, kamu berkesempatan mendapatkan pelanggan yang tersebar di berbagai wilayah.

Ratna Patria


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!