Automasi Buat Kamu Tak Buang Waktu Kelola Media Sosial4 min read

No ratings yet.

Automasi Buat Kamu Tak Buang Waktu Kelola Media Sosial

Apakah kamu orang yang cukup sibuk untuk mengelola media sosial? Ada berapa akun media sosial yang kamu miliki? Apakah akun tersebut hanya akun pribadimu? Yap, banyak orang tidak hanya memiliki satu akun media sosial. Tak dipungkiri, kebutuhan akan informasi dan peluang menggunakan media sosial cukup terbuka lebar.

Dengan akun media sosial kamu bisa “display” hal yang kamu miliki. Mulai dari barang dagangan hingga promosi terkait diri kamu sendiri jika kamu adalah seorang public figure. Dari media sosial yang kamu pakai, tentu kamu butuh pengelolaan media sosial salah satunya dengan menggunakan automasi media sosial.

Satu Alat untuk Semua Media

Kemudahan untuk mengelola media sosial ramai dibicarakan karena nyatanya cukup memangkas waktu terutama jika kamu memiliki beberapa akun media sosial aktif. Automasi media sosial menjadi salah satu cara yang solutif untuk lebih efektif mengelola media sosial. Kamu cukup menggunakan tools untuk bisa langsung terhubung dengan banyak media sosial yang kamu punya dengan sekali klik. Tools ini bisa kamu pakai sebagai media promosi yang bisa langsung terhubung ke berbagai media yang sudah kamu sambungkan.

automasi media sosial

Sumber: Pixabay

Tools Automasi Media Sosial

Automasi membantu kamu untuk mengatur jadwal posting di berbagai platform media sosial sekaligus sehingga dapat meringkas waktu. Berikut beberapa tools automasi yang bisa kamu pakai untuk membantumu lebih efektif menggunakan media sosial:

  1. Facebook Scheduler

Kalau kamu menggunakan Facebook sebagai platform yang kamu fokuskan maka kamu dapat memanfaatkan fitur yang mereka miliki. Built in fitur yang mereka miliki membuat kamu bisa menjadwalkan postingan yang telah kamu persiapkan terlebih dahulu. Langkahnya cukup mudah, kamu perlu pergi ke halaman Facebook kamu, tulis postingan yang akan kamu sampaikan, lalu klik ikon panah ke bawah dan pilih “Schedule”. Dari fitur ini kamu akan diarahkan untuk memilih tanggal dan waktu kapan postinganmu akan dipasang. Hal ini berlaku untuk postingan yang lain. Cukup mudah.

  1. Buffer

Berbeda dengan Facebook Scheduler, Buffer menawarkan lebih banyak keterhubungan dengan platform media sosial lain seperti Twitter, Instagram, Google+, Linkedin dan lainnya. Fitur yang dimiliki Buffer (versi gratis) membantu kamu untuk bisa terhubung dengan lima media sosial yang kamu miliki. Kalau kamu menggunakan versi gratis, maka kamu hanya bisa menjadwalkan 10 postingan per profil. Buffer cukup mumpuni karena selain automasi konten, juga memberikan analisis kinerja postingan dengan menampilkan jumlah like, jumlah share, jumlah klik dan potensi klien. Hal yang kamu perlu lakukan adalah menghubungkan profil sosial media yang kamu punya kemudian mengatur waktu penjadwalan postingan pada menu setting. Semudah itu.

automasi media sosial

Sumber: Pixabay

  1. Hootsuite

Fitur lebih lengkap yang bisa kamu gunakan untuk automasi media sosial bisa ditawarkan oleh Hootsuite. Hootsuite free plan bisa menghubungkan tiga profil dengan akun yang berbeda. Jika kamu memiliki business page dan menangani dua hingga tiga fanpage maka ini adalah pilihan yang tepat karena kamu bisa mengelola masing-masing akun. Hootsuite memungkinkan kamu untuk melihat keseluruhan manajemen media sosial yang kamu lakukan mulai dari penjadwalan hingga interaksi dengan direct messaging dengan pengguna lain.

  1. Zapier

Zapier memungkinkan kamu untuk membuat “zap” dan menjalankan konten yang kamu inginkan. Contoh termudah yang bisa kamu perhatikan dengan tools automasi media sosial satu ini adalah kamu ingin membuat konten Facebook yang nantinya akan di share di akun lain seperti Linkedin, kamu hanya perlu membuat “zap”. Nantinya semua konten yang akan kamu posting di Facebook akan di share juga pada akun Linkedin dalam sekejap.

  1. Post Planner

Post planner berbentuk aplikasi yang bekerja pada platform Facebook dalam hal automasi media sosial. Post planner digunakan untuk menemukan, merencanakan dan melakukan posting pada Facebook, light instagram, twitter dan pinterest. Post Planner lebih menekankan pada keterlibatan dengan audience yang kamu miliki. Aplikasi ini memberikan beberapa keuntungan buat kamu, seperti:

  • Identifikasi tren yang sedang naik untuk tujuan berbagi konten
  • Analisis kompetitif dari akun Facebook, Twitter dan Instagram untuk menguji kontennya.
  • Memberikan alternatif ide atau saran ketika akan update media sosial kamu.

    automasi media sosial

    Sumber: Pixabay

Tips Automasi Media Sosial

Penjelasan terkait aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk automasi media sosial di atas bisa kamu pilih dan kamu gunakan sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu perlu menyesuaikan penggunaan aplikasi tersebut sesuai dengan goals yang sudah kamu tentukan agar lebih efektif dan efisien. Berikut beberapa saran dari kami bagaimana automasi media sosial yang kamu lakukan bisa lebih profesional, apa saja?

  1. Tanggal dan waktu posting

Pemasangan konten perlu memperhatikan beberapa aspek seperti kapan audiens mu aktif menggunakan sosial media mereka. Hal ini perlu karena kontenmu perlu dilihat oleh audiens dengan waktu yang tepat sehingga terjadi engagement.

  1. Persiapan Konten

Usahakan untuk selalu memperbarui konten agar tidak memposting konten yang sama secara berulang. Audiens mu akan senang dengan sajian konten yang fresh dan unik. Oleh karena itu perlu adanya refresh konten yang kamu miliki agar sesuai dengan kondisi lingkungan dan situasi audiens mu. Pastikan juga bahwa kontenmu nyaman untuk dilihat oleh para audiens idealmu.

  1. Harus terlihat

Bangun engagement dengan audiens mu membantu konten dan halaman yang kamu buat menjadi terlihat dan mendapat perhatian. Hal ini penting karena kamu butuh orang lain untuk loyal dengan produk melalui konten yang kamu sajikan. Ajaklah audiens mu untuk terlibat pada konten yang kamu posting. Tanyakan pada mereka kebutuhan yang mungkin mereka perlukan, hubungi mereka, sapa mereka, sambut mereka dan jalin komunikasi dengan mereka sehingga membangun kedekatan.

Automasi media sosial membantu kamu untuk tidak harus khawatir kehilangan waktu untuk memposting konten, dengan tools yang tepat dan konten yang menarik maka kamu akan dengan mudah mendapatkan atensi dari audiens mu. Selamat mencoba. Semoga artikel ini bermanfaat!

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar