• Home
  • Berita
  • Kol Marketing adalah Strategi Bisnis di Media Sosial

Kol Marketing adalah Strategi Bisnis di Media Sosial

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Seringkali media sosial saat ini dijadikan senjata utama para pemilik bisnis untuk melakukan promosi agar meningkatkan jangkauan bisnis dan tentu saja berakhir dengan harapan keuntungan meningkat. Banyak sekali cara-cara para pemilik bisnis untuk memberi terobosan baru dalam memanfaatkan digital marketing saat ini.

Trend marketing saat ini semakin beragam, hal ini menjadi tantangan untuk para tim marketing pada sebuah bisnis. Selain ide-ide yang kreatif, para tim marketing juga memerlukan bantuan seseorang yang memiliki pengaruh di media sosial, hal ini bertujuan untuk mempersuasi para pengikut mereka untuk membeli produk atau jasa dari sebuah bisnis. Siapakah seseorang ini? Pasti sudah tidak asing bagi kamu mendengar tentang Kol Marketing. Apa itu Kol Marketing? Yuk, simak penjelasan di bawah ini ya!

Kol marketing
Sumber: Envato

Kol Marketing adalah

KOL merupakan singkatan dari Key Opinion Leader, jadi KOL Marketing adalah sebuah teknik marketing yang dimana sebuah bisnis atau brand bekerja sama dengan individu yang merupakan tokoh terkenal pada platform tertentu untuk mempromosikan produk atau jasa sebuah bisnis atau brand. KOL marketing sangat umum digunakan di media sosial, seperti instagram, youtube, twitter dan sebagainya. KOL Marketing adalah strategi yang tepat jika bisnis kamu ingin menjangkau pasar lebih luas dan lebih dikenal oleh masyarakat. 

Pada KOL Marketing terdapat beberapa pihak yang terlibat di dalamnya, yang pertama adalah pemilik brand, kemudian pihak KOL atau tokoh yang berpengaruh pada sebuah industri yang digeluti. Lebih sering kita ketahui, perusahaan mempercayakan KOL kepada orang yang berpengaruh seperti influencer, aktor, kalangan selebritis dan sebagainya. Mengapa? Karena mereka dianggap mampu memberi pengaruh terhadap para masyarakat terutama yang terkait pada kehidupan pribadi mereka. 

Seringkali, orang yang berpengaruh ini menjadi pusat perhatian masyarakat di media sosial, mulai dari kesehariannya, apa yang digunakan mereka, semua akan diperhatikan. Itulah mengapa para pemilik bisnis memiliki kepercayaan kepada mereka. 

Strategi KOL marketing ini memang belum lama menjamur di Indonesia, namun strategi ini sudah digunakan sebelum adanya media sosial dengan mengandalkan sebuah aktor atau aktris menjadi bintang iklan dan seakan-akan menggunakan produk atau brand tersebut pada kesehariannya. Walaupun sebutan KOL marketing ini masih cukup baru, ternyata saat ini terdapat klasifikasi jenis dari KOL marketing, ingin cari tahu lebih dalam? Mari kita kupas tuntas!

Baca juga: Apa Itu Influencer dan Manfaatnya untuk Bisnis Online

Jenis Kol Marketing

Jenis KOL Marketing dapat berbagai macam bergantung pada strategi dan point of view bisnis kamu. Berikut jenis KOL marketing menurut Influencer Marketing Hub jika diklasifikasikan berdasarkan jumlah pengikut pada media sosial mereka.Kol marketing

Para pemilik bisnis memiliki preferensi masing-masing terhadap influencer yang digunakan. Dalam memilih influencer ataupun aktor menjadi KOL untuk strategi marketing kamu, tentu saja jumlah pengikut bukan satu-satunya aspek yang harus kamu pertimbangkan. Terdapat aspek lain di luar jenis KOL marketing diatas, seperti bagaimana nrand kamu akan sesuai dan cocok digunakan oleh influencer tersebut atau tidak. Berikut aspek-aspek lain yang disarankan untuk kamu perhatikan saat memilih influencer sebagai KOL.

Bagaimana Cara memilih KOL Marketing yang Tepat?

Bagi kamu pemilik brand masih bingung apa-apa saja yang harus diperhatikan selain jenis KOL marketing di atas, tetap simak penjelasan berikut ini ya! Karena jangan sampai kamu sudah merogoh kocek yang cukup besar namun tidak ada impact terhadap bisnis kamu, pastikan apa yang kamu keluarkan dan apa yang kamu dapatkan worth it! Berikut penjelasannya

1. Pilih Jenis KOL sesuai Bidang Bisnis Kamu

Pertama-tama, kamu harus memilih jenis KOL yang sesuai dengan bisnis kamu. Penggunaan strategi dalam menentukan jenis KOL Marketing adalah hal penting karena kamu akan berhasil bila kamu memilih influencer atau aktor yang tepat dalam mempromosikannya. 

Disini kamu mulai memilih, siapa saja yang sesuai dengan bidang bisnis kamu, contohnya kamu adalah pemilik brand peralatan bayi, maka target kamu adalah influencer yang sering mengedukasi atau membagikan konten tentang perawatan bayi, atau influencer yang juga seorang ibu muda yang baru memiliki bayi. Kemudian, barulah kamu pilih jenis KOL marketing dengan jumlah followers berapa yang ingin kamu gunakan, yang tentu saja harus menyesuaikan budget bisnis kamu ya!

2. Pertimbangkan Citra dari Influencer 

Selanjutnya, pilihlah influencer yang memiliki citra bagus di media sosial maupun di kehidupan nyata. Dengan memperhatikan citra seorang influencer, hal itu akan berpengaruh kepada bagaimana respon dari pengikut mereka saat mempromosikan produk kamu. Jadi, lebih berhati-hati dan lakukan background check terlebih dahulu melalui berita-berita fakta yang menyangkut influencer tersebut.

3. Cari Tahu Grafik Engagement media sosial Influencer

Saat kamu sudah memiliki beberapa calon influencer yang akan digunakan sebagai KOL marketing, selanjutnya kamu harus mulai mencari tahu engagement dari influencer tersebut. Engagement media sosial adalah ukuran bagaimana orang berinteraksi dengan akun dan konten media sosial kamu. Biasanya, setiap influencer memiliki grafik engagement mereka masing-masing saat mengunggah sebuah konten, dari situ kamu bisa meminta info saat berkomunikasi dengan influencer tersebut agar tahu seberapa kuat engagement antara influencer dengan pengikutnya.

Kol marketing
Sumber: Envato

Baca juga: 6 Tips Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis

4. Waktu Promosi 

Pada tahapan ini, seharusnya kamu sudah berkomunikasi dengan influencer pilihan kamu dan saatnya kamu menentukan waktu promosi yang tepat. Hal ini bertujuan agar promosi dilakukan pada waktu dimana para pengikut influencer tersebut sedang aktif dalam bermedia sosial. Dengan strategi waktu yang tepat akan berpengaruh terhadap hasil yang akan didapatkan.

5. Gaya Promosi

The last but not least, terdapat gaya promosi. Gaya promosi setiap KOL pasti berbeda-beda, namun kamu bisa sesuaikan dengan gaya brand yang ingin kamu tunjukkan. Jangan sampai gaya promosi yang dilakukan belum disepakati sebelumnya, agar KOL dapat menyampaikan dengan baik kepada para pengikut mereka terkait brand kamu.

Agar lebih memahami tentang KOL marketing, kamu harus tau contoh penerapan yang ada pada lapangan. Berikut merupakan penjabaran contoh dari penggunaan strategi KOL Marketing.

Contoh Kol Marketing

KOL adalah seorang influencer yang bertanggung jawab untuk mempromosikan sebuah brand yang sudah disetujui sebelumnya, namun seorang influencer belum tentu seorang KOL, karena tidak semua influencer menjalin kerja sama dengan sebuah brand, ada juga influencer yang memang suka untuk membagikan kesehariannya dan produk yang digunakan tanpa adanya maksud promosi. 

Pada praktiknya, seperti ini KOL marketing dapat menguntungkan bisnis kamu. Contoh KOL marketing adalah seorang influencer di kontrak menjadi KOL dari sebuah brand kecantikan kemudian membuat seakan-akan influencer tersebut memang memakai sebuah brand pada kesehariannya. Karena para masyarakat sangat memperhatikan mereka dan terkadang memiliki keinginan seperti mereka, para pengikut tersebut akan ikut ingin membeli atau mengkonsumsi produk tersebut. 

Berikut merupakan contoh KOL marketing dari salah satu influencer yang juga seorang KOL pada bidang fashion terutama hijab fashion wear. Influencer ini memiliki username instagram @sashfir, pada foto ini beliau sedang mempromosikan salah satu brand tas ternama yang terlihat jelas bahwa beliau sedang menggunakannya. 

Dengan foto beserta caption yang ciamik membuat postingan ini sudah disukai lebih dari 40rb orang, luar biasa bukan? Yang awalnya mungkin kamu tidak tertarik saat melihat produknya, saat ini kamu melihat produk tersebut dapat di padu padankan dengan setelan senada dan digunakan oleh seseorang yang berpengaruh di dunia fashion, lebih terlihat menarik bukan?

 

Kol marketing
Source: Instagram @sashfir

Manfaat KOL Marketing bagi Bisnis Kamu!

1. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat dari KOL Marketing yang pertama adalah dapat meningkatkan brand awareness dari bisnis kamu. Dengan bantuan KOL yang mempromosikan produk kamu, membuat para pengikut mereka sadar akan adanya brand kamu. Pastinya, brand kamu akan sering disebut jika promosi dilakukan, hal ini membuat para pengikut mereka juga menyimak dimana tempat KOL tersebut membeli sebuah produk, jadi jelas dengan menggunakan  KOL marketing membuat brand awareness dari bisnis kamu meningkat.

2. Meningkatkan Kredibilitas Sebuah Brand

Selanjutnya, strategi KOL marketing dapat membantu meningkatkan kredibilitas kamu sebagai sebuah produk. Mengapa? Karena KOL memiliki pengaruh yang luar biasa dalam suatu platform, yang membuat semua orang ingin tahu apa produk-produk yang mereka rekomendasikan.

Jika seorang KOL sudah mempromosikan suatu brand, artinya adalah seorang KOL tersebut telah menjamin kualitas, manfaat, serta keamanan sebuah brand. Itulah mengapa kekuatan para influencer sebagai KOL marketing ini sangat kuat. Mereka memiliki kepercayaan dari pengikut mereka, karena apapun yang mereka rekomendasikan adalah produk terbaik di bidangnya.

3. Dapat Menjangkau Pasar lebih Luas

Manfaat yang kamu bisa rasakan selanjutnya adalah dengan bantuan dari KOL marketing kamu dapat menjangkau target pasar yang sesuai namun lebih luas lagi. Dengan kehebatan para KOL marketing dalam mempromosikan sebuah produk, orang yang sebelumnya bukan termasuk target pasar kamu akan mulai tertarik pada produk kamu dan mencobanya karena merupakan rekomendasi serta produk yang digunakan oleh seorang KOL.

4. Meningkatkan Revenue 

Dengan menggunakan KOL marketing tentu saja brand kamu akan memiliki peningkatan revenue. Peningkatan tersebut bisa berbagai macam dan dari segala sudut pandang. Dengan pemilihan influencer yang tepat untuk menjadi KOL, membuat target pasar lebih luas dan brand awareness meningkat, kemudian akan mengarah pada keingintahuan para masyarakat terhadap produk kamu. Walaupun terkadang semua tidak berjalan mulus, tapi setidaknya brand kamu lebih dikenal banyak orang daripada sebelumnya.

Kol marketing
Sumber: Envato

Sesuaikan Jenis KOL dengan Bisnis

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa seorang KOL Marketing adalah seseorang yang berpengaruh pada platform tertentu yang dapat dimanfaatkan sebagai media promosi suatu brand atau bisnis yang beroperasi melalui media sosial. 

Jenis KOL marketing juga beragam, bisa dilihat melalui sudut pandang jumlah pengikut ataupun bidang-bidang yang akan menyesuaikan pada bisnis kamu. Sebelum memilih KOL juga harus berhati-hati, agar biaya yang sudah dikeluarkan tidak sia sia. Kamu bisa melihat contoh KOL marketing yang sudah dijelaskan di atas dan cobalah untuk explore pada media sosial kamu.

Sampai sini apakah kamu sudah yakin menggunakan strategi marketing ini? Pertimbangkan secara jangka panjang serta jangan lupa siapkan budget yang cukup ya!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds