• Home
  • Berita
  • Digital Marketing : Pengertian, Jenis, dan Strateginya!

Digital Marketing : Pengertian, Jenis, dan Strateginya!

Oleh Argadahana
4.67/5 (3)

Fenomena digital marketing saat telah menjadi perbincangan hangat baik pada lingkup stakeholder perusahaan maupun masyarakat luas pada umumnya.

Seperti halnya sektor atau bidang lainnya dalam kehidupan, ranah marketing ternyata juga berdampak terhadap perkembangan teknologi. Banyak hal baru yang harus dengan cepat disesuaikan terhadap aktivitas marketing sebelumnya atau dewasa ini banyak orang menyebutnya sebagai disrupsi.

Lantas, apa itu digital marketing? Apa saja contoh digital marketing online dan apa yang dipelajari digital marketing? Jika kamu pernah membaca online marketing untuk pemula, hari ini kamu akan belajar banyak mengenai digital marketing dengan membaca penjelasan dibawah ini. Let’s start!

Apa Itu Digital Marketing?

Sektor marketing atau pemasaran telah sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Dulu, pemasaran seringkali terbatas pada media tradisional seperti televisi, radio, dan iklan cetak.

Namun, dengan munculnya internet dan media sosial, pemasaran telah berkembang dan menjadi lebih terarah, personal, dan interaktif.

Salah satu perubahan signifikan dalam pemasaran adalah kemampuan untuk mengumpulkan dan menganalisis data tentang perilaku dan preferensi konsumen. 

Perubahan signifikan lainnya adalah maraknya teknik seperti pengoptimalan mesin telusur atau Search Engine Optimization (SEO), pemasaran mesin telusur atau Search Engine Marketing (SEM), pemasaran media sosial, pemasaran email, dan pemasaran konten.

Nah semua hal yang telah dijelaskan pada narasi diatas ada bagian dari digital marketing online. Lalu apa pengertian digital marketing?

digital marketing
Sumber : envato

Digital marketing mengacu pada penggunaan channel dan teknologi digital untuk mempromosikan merek (brand), produk, atau layanan.

Ini melibatkan berbagai strategi dan taktik yang dirancang untuk menjangkau dan melibatkan audience target tertentu melalui platform dan saluran digital, seperti mesin pencari (search engine), media sosial, email, perangkat seluler, dan situs web.

Pemasaran digital mencakup berbagai teknik, seperti SEO, SEM, pemasaran media sosial, pemasaran email, pemasaran konten, pemasaran influencer, dan pemasaran seluler. 

Masing-masing teknik ini memiliki kumpulan taktik dan alat uniknya sendiri, tetapi semuanya memiliki tujuan yang sama untuk menjangkau dan melibatkan pelanggan potensial (leads) secara online.

Salah satu keunggulan pemasaran digital adalah kemampuannya untuk mengukur dan melacak hasil secara real-time. Ini memungkinkan bisnis membuat keputusan berdasarkan data dan mengoptimalkan kampanye untuk kinerja yang lebih baik. 

Pemasaran digital juga memungkinkan penargetan audiens tertentu yang lebih tepat berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan kriteria lainnya, yang dapat menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi dan laba atas investasi atau Return of Investment (ROI) yang lebih baik.

Beberapa ahli juga telah berhasil mendefinisikan arti dari digital marketing online. Secara umum, pengertian digital marketing sama yaitu adalah aktivitas marketing atau pemasaran yang dilakukan melalui channel digital.

Berikut ini adalah beberapa pengertian digital marketing menurut para ahli:

  1. “Digital marketing adalah penggunaan saluran, perangkat, dan platform digital untuk mempromosikan produk dan layanan, dengan tujuan menciptakan keterlibatan dengan pelanggan dan mendorong pertumbuhan bisnis.” – Dave Chaffey, salah satu pendiri Smart Insights
  2. “Digital marketing adalah praktik mempromosikan produk atau layanan melalui saluran digital untuk menjangkau konsumen. Tujuan utamanya adalah mempromosikan merek melalui berbagai bentuk media digital.” – Neil Patel, influencer pemasaran digital dan pengusaha. 
  3. “Digital marketing adalah seni dan ilmu untuk menciptakan hubungan dengan audiens target melalui saluran digital. Ini adalah istilah umum yang mencakup semua upaya pemasaran online yang digunakan bisnis untuk terhubung dengan pelanggannya, mulai dari pengoptimalan mesin telusur hingga periklanan media sosial.” – Ryan Deiss, CEO DigitalMarketer.
  4. “Digital marketing adalah istilah luas yang digunakan untuk menggambarkan penggunaan saluran, perangkat, dan platform digital untuk mempromosikan produk atau layanan, terhubung dengan pelanggan, dan mendorong pertumbuhan bisnis.” – Hubspot, platform digital marketing online. 

Baca Juga : Yuk, Belajar Experential Marketing Demi Meningkatkan Bisnismu!

Manfaat Digital Marketing

Apa yang dipelajari digital marketing salah satunya adalah terkait pemanfaatannya. Perkembangan dan kemajuan teknologi tentunya banyak mengarah pada kebermanfaatan salah satunya adalah manfaatnya dalam bidang digital marketing online.

Untuk dapat lebih mudah memahami manfaat dari digital marketing, berikut ini adalah penjelasan poin demi poin dari manfaat digital marketing:

  • Targeted audience: digital marketing online memungkinkan penargetan yang lebih tepat dari audience tertentu berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan kriteria lainnya. Artinya, bisnis dapat menjangkau orang yang tepat dengan pesan yang tepat pada waktu yang tepat, sehingga menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi dan laba atas investasi atau Return of Investment (ROI) yang lebih baik. 
  • Hasil terukur: Pemasaran digital memberikan hasil yang lebih terukur dan dapat dilacak dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Bisnis dapat melacak dan menganalisis data tentang perilaku konsumen, keterlibatan, dan tingkat konversi, dan menggunakan informasi ini untuk mengoptimalkan kampanye agar kinerja yang lebih baik. 
  • Hemat biaya: Digital marketing online seringkali lebih hemat biaya daripada pemasaran tradisional. Banyak saluran pemasaran digital, seperti media sosial dan email, bebas digunakan, dan opsi iklan berbayar dapat disesuaikan dengan anggaran apa pun. 
  • Jangkauan yang lebih besar: Digital marketing memungkinkan bisnis menjangkau audience yang lebih luas daripada pemasaran tradisional. Dengan jangkauan global internet, bisnis dapat terhubung dengan pelanggan potensial di mana saja di dunia, kapan saja. 
  • Membangun merek atau brand: Digital marketing online memberi cara baru dan ampuh untuk membangun merek dan reputasi secara online. Dengan membuat konten yang menarik dan memanfaatkan media sosial, dapat menjadikan diri mereka sebagai pemimpin pemikiran dan pakar industri, serta terhubung dengan pelanggan di tingkat yang lebih pribadi.
  • Engagement meningkat: Digital marketing online memungkinkan bisnis untuk terlibat dengan pelanggan secara waktu nyata melalui media sosial, obrolan langsung, dan saluran digital lainnya. Ini dapat membantu membangun kepercayaan dan mendorong hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan, yang mengarah pada peningkatan loyalitas dan bisnis berulang. 
  • Fleksibilitas: Kampanye pemasaran dapat dengan mudah disesuaikan dan dioptimalkan dengan cepat berdasarkan data real-time dan mendapatkan feedback pelanggan. Ini berarti bahwa bisnis dapat merespons dengan cepat perubahan pasar atau kebutuhan pelanggan, dan menyesuaikan kampanye sesuai dengan data tersebut.

    digital marketing
    Sumber: Envato

Cara Memulai Digital Marketing

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara memulai digital marketing, sebaiknya kamu ketahui lebih dulu kelemahan dari digital marketing. Digital marketing online memiliki beberapa kelemahan yang harus diingat untuk “‘pemain“ bisnis.

Pertama, tingkat persaingan yang tinggi di ruang digital dapat menyulitkan bisnis baru atau kecil untuk mendapatkan visibilitas dan menarik pelanggan.

Kedua, lanskap digital yang terus berubah berarti bahwa bisnis harus tetap up-to-date dengan alat dan strategi terbaru agar tetap efektif. 

Ketiga, ketergantungan pada teknologi dan platform digital dapat menimbulkan risiko terhadap kehadiran online dan keamanan data bisnis.

Keempat, banyaknya konten dan iklan digital dapat mempersulit bisnis untuk mengatasi kebisingan dan menarik perhatian konsumen.

Terakhir, sifat pemasaran digital yang impersonal terkadang dapat menghambat kemampuan bisnis untuk membangun kepercayaan dan hubungan dengan pelanggan.

Buat Rancangan Biaya Digital Marketing

Biaya pemasaran digital dapat sangat bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, termasuk ukuran dan cakupan kampanye, jenis platform atau alat yang digunakan, dan tingkat keahlian yang dibutuhkan.

Namun, dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional, pemasaran digital seringkali lebih hemat biaya karena kemampuan penargetan dan kemampuannya untuk melacak dan mengukur hasil secara real-time

Beberapa channel digital marketing online, seperti misalnya pada media sosial dan email marketing, bisa relatif murah atau bahkan gratis, bergantung pada tingkat investasi dalam desain dan pembuatan konten.

Channel lain, seperti iklan pada mesin pencari (search engine) atau influencer marketing, mungkin memerlukan investasi yang lebih besar untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Penting bagi bisnis untuk mempertimbangkan dengan hati-hati anggaran digital marketing online dan mengalokasikan sumber daya berdasarkan tujuan spesifik dan audience target. 

Berinvestasi dalam konten dan desain berkualitas, serta pemantauan dan pengoptimalan yang berkelanjutan, dapat membantu memaksimalkan dampak kampanye pemasaran digital dan memberikan return investasi yang kuat dari waktu ke waktu.

Sebagai contoh digital marketing, katakanlah suatu bisnis ingin meluncurkan kampanye marketing di media sosial untuk mempromosikan lini produk baru mereka.

Mereka berencana menggunakan Facebook, Instagram, dan Twitter untuk menjangkau audience target yang terdiri dari wanita berusia 25-45 tahun yang tertarik dengan kesehatan dan kebugaran.

Untuk membuat konten media sosial, bisnis tersebut perlu berinvestasi dalam desain dan pembuatan konten, baik dengan mempekerjakan pekerja lepas (freelancer) atau menggunakan tim internal.

digital marketing
Sumber: Envato

Mereka memperkirakan total biaya pembuatan konten adalah Rp 3 juta. Untuk mempromosikan posting media sosial mereka dan meningkatkan jangkauan mereka, bisnis memutuskan untuk mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1 juta per platform untuk iklan.

Mereka berencana untuk menjalankan posting bersponsor dan iklan bertarget untuk menjangkau audience yang mereka inginkan. Jadi total biaya untuk iklan media sosial adalah Rp 3 juta. 

Terakhir, bisnis perlu mengalokasikan sumber daya untuk pemantauan berkelanjutan dan pengoptimalan kampanye media sosial mereka, termasuk menganalisis tingkat keterlibatan dan menyesuaikan konten dan penargetan sesuai kebutuhan.

Mereka memperkirakan ini akan membutuhkan sekitar 5 jam kerja per minggu, dengan biaya Rp 150 ribu per jam, dengan total biaya Rp 3 juta per bulan. 

Dalam skenario ini, total biaya kampanye pemasaran media sosial akan menjadi Rp 9 juta untuk bulan pertama, termasuk pembuatan konten, periklanan, serta pemantauan dan pengoptimalan yang berkelanjutan.

Bergantung pada hasil kampanye, bisnis dapat memilih untuk menyesuaikan anggaran dan strategi untuk bulan-bulan mendatang guna memaksimalkan laba atas investasi.

Tentukan Target Pasar

Menentukan target pasar untuk pemasaran digital melibatkan identifikasi dan pemahaman karakteristik dan perilaku pelanggan atau audience yang ideal untuk bisnis. Berikut ini adalah beberapa langkah contoh digital marketing untuk membantu menentukan target pasar: 

  • Melakukan riset pasar: Ini melibatkan pengumpulan data dan wawasan tentang pasar secara keseluruhan, termasuk kebutuhan, preferensi, perilaku, dan demografi pelanggan. Riset pasar dapat dilakukan melalui survei, kelompok fokus, dan metode lainnya. 
  • Menganalisis data pelanggan: Ini melibatkan analisis data tentang pelanggan yang sudah ada, seperti usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dan perilaku pembelian mereka. Data ini dapat dikumpulkan melalui sistem Customer Relationship Management (CRM) dan alat lainnya. 
  • Ketahui persona pelanggan: Berdasarkan riset pasar dan data pelanggan, buat persona pelanggan terperinci yang mewakili pelanggan atau audience ideal untuk bisnis. Persona ini harus mencakup informasi seperti usia, jenis kelamin, lokasi, pekerjaan, minat, dan poin rasa sakit. 
  • Tentukan audience target: Gunakan persona pelanggan tadi untuk menentukan audience target pemasaran. Ini mungkin melibatkan pemilihan kriteria demografis atau berbasis minat tertentu untuk menargetkan iklan digital, atau menyesuaikan pesan dan konten posting media sosial dan email agar selaras dengan audience target. 
  • Pantau dan lakukan improvement: Setelah kampanye pemasaran digital diluncurkan, pantau kinerjanya dan sesuaikan penargetan dan pengiriman pesan sesuai kebutuhan berdasarkan hasil. Ini mungkin melibatkan pengujian A/B variasi iklan yang berbeda atau menyesuaikan kriteria penargetan untuk mengoptimalkan hasil. 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, bisnis dapat secara efektif mengidentifikasi dan menargetkan pelanggan atau audience ideal yang dapat membantu memaksimalkan dampak kampanye dan mendorong hasil yang lebih baik.

digital marketing
Sumber: Envato

Cari Referensi Channel Digital Marketing

Ada beberapa channel contoh digital marketing online yang dapat digunakan, diantaranya yang paling populer adalah sebagai berikut:

Contoh Digital Marketing Melalui Website

Pemasaran digital dengan situs web melibatkan penggunaan situs web yang kamu miliki sebagai hub pusat untuk menarik, melibatkan, dan mengubah pengunjung menjadi pelanggan. Berikut beberapa langkah yang harus diikuti: 

  • Optimalkan situs web di mesin pencarian: Ini melibatkan penelitian kata kunci, mengoptimalkan meta tag dan konten, serta meningkatkan kecepatan dan kegunaan situs untuk meningkatkan visibilitas mesin pencari dan menarik lalu lintas organik. 
  • Buat konten berkualitas tinggi: Ini termasuk membuat posting blog, artikel, video, infografis, dan jenis konten lainnya yang memberikan value bagi audience target dan membantu membangun brand.
  • Gunakan iklan berbayar: Gunakan metode iklan berbayar seperti Google Ads atau iklan media sosial untuk mengarahkan lalu lintas bertarget ke situs web dan meningkatkan awareness. ]
  • Ukur dan analisa hasil: Gunakan alat analitik situs web untuk melacak lalu lintas situs web, perilaku pengguna, dan tingkat konversi. Gunakan data ini untuk menyesuaikan strategi pemasaran digital dan tingkatkan hasil dari waktu ke waktu.

Kamu bisa menggunakan WordPress untuk memudahkan membuat website dengan berlangganan WordPress hosting. Untuk menghemat biaya, kamu juga harus bisa mencari domain murah yang dapat kamu gunakan sebagai alamat website.

Beli WordPress Hosting

Contoh Digital Marketing Melalui Media Sosial

Pemasaran digital di media sosial melibatkan penggunaan platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan lainnya untuk mempromosikan brand atau bisnis, terlibat dengan audience target, dan mendorong konversi.

Ini dapat mencakup membuat dan berbagi konten, menjalankan iklan media sosial, terlibat dengan pengikut, dan mengukur serta menganalisis kinerja media sosial. 

Media sosial adalah cara yang efektif untuk menjangkau audience yang besar dan beragam, membangun awareness, dan menjalin hubungan dengan pelanggan.

Strategi media sosial yang dijalankan dengan baik dapat membantu mengarahkan lalu lintas situs web, meningkatkan penjualan, dan membangun basis pelanggan setia. 

Kamu bisa dengan mudah mendapatkan banyak penjualan melalui social media, caranya yaitu beriklan di facebook dan Instagram.

Banyak diantara kita yang masih awan soal beriklan di instagram dan facebook, karena tidak tahu caranya beriklan, untuk itu kami berikan sedikit informasi cara beriklan di facebook dan instagram agar kalian mendapatkan banjir orderan melalui facebook dan instagram.

Contoh Digital Marketing Melalui Email

Digital marketing dengan email melibatkan penggunaan email untuk berkomunikasi dengan audience target, mempromosikan bisnis, dan mendorong konversi.

Salah satu teknologi yang dapat memudahkan melakukan aktivitas ini adalah dengan menggunakan email hosting. Nah, berikut beberapa langkah contoh digital marketing online yang harus diikuti: 

  • Buat daftar email: Kumpulkan alamat email dari pelanggan, pengunjung situs web, dan pengikut media sosial menggunakan magnet utama seperti unduhan konten, uji coba gratis, atau penawaran eksklusif. 
  • Segmentasikan daftar email: Bagilah daftar email menjadi beberapa segmen berdasarkan karakteristik seperti demografi, minat, dan perilaku pembelian sebelumnya. 
  • Buat konten yang berharga: Kembangkan konten email yang menarik dan informatif yang memberikan value seperti pembaruan produk, penawaran khusus, dan berita industri yang relevan. 
  • Gunakan otomatisasi: Gunakan alat otomatisasi email untuk menjadwalkan dan mengirim kampanye email yang ditargetkan berdasarkan pemicu seperti aktivitas situs web, riwayat pembelian, atau tanggal tertentu. 
  • Personalisasikan email: Gunakan teknik personalisasi seperti memasukkan nama penerima, pembelian atau interaksi sebelumnya, dan menyesuaikan konten dengan minat dan preferensi mereka. 
  • Pantau dan analisa hasil: Lacak metrik pemasaran email utama seperti rasio klik-tayang, dan rasio konversi untuk mengukur keefektifan kampanye yang kamu lakukan dan menyesuaikan strategi sesuai kebutuhan.

Contoh Digital Marketing Melalui Aplikasi Mobile

Marketing jenis ini biasanya dilakukan menggunakan Telemarketing dan SMS marketing.

Telemarketing adalah bentuk pemasaran langsung yang melibatkan menghubungi pelanggan potensial melalui telepon untuk mempromosikan produk atau layanan, mengumpulkan informasi, atau melakukan survei. Itu dapat dilakukan di rumah atau dialihdayakan ke pusat panggilan pihak ketiga.

Telemarketing bisa efektif untuk bisnis yang memiliki audience yang ditargetkan dan penawaran yang menarik, tetapi juga bisa mengganggu dan dapat mengakibatkan reaksi negatif dari pelanggan. 

Pemasaran SMS, di sisi lain, melibatkan pengiriman pesan teks ke ponsel pelanggan untuk mempromosikan produk atau layanan atau memberikan pembaruan penting.

Pemasaran SMS dapat lebih hemat biaya daripada bentuk pemasaran lainnya, dan dapat digunakan untuk menyampaikan informasi yang sensitif terhadap waktu. Namun, penting untuk mendapatkan persetujuan penerima sebelum mengirim pesan SMS.

Selain itu, pesan SMS harus mematuhi peraturan terkait spam dan privasi.

digital marketing
Sumber: Envato

 

Jenis Digital Marketing

Setelah memahami apa itu digital marketing dan tujuannya, kamu harus memahami jenis-jenis digital marketing yang dapat digunakan oleh perusahaan.

Push Digital Marketing

Push digital marketing adalah salah satu jenis strategi pemasaran dimana produk atau layanan ditawarkan langsung kepada pelanggan dengan tujuan mencapai hasil penjualan yang cepat.

Strategi ini umumnya digunakan untuk produk yang belum terlalu dikenal dan berfokus pada peningkatan eksposur.

Beberapa contoh push digital marketing termasuk endorsement produk oleh pemilik usaha kepada influencer atau selebriti, pengiriman email promosi produk kepada pelanggan yang telah berlangganan newsletter di situs web, atau mengirimkan pesan broadcast melalui WhatsApp kepada semua kontak yang pernah membeli produk tertentu.

Pull Digital Marketing

Pull digital marketing adalah strategi pemasaran yang berbeda dengan push marketing, dimana promosi dilakukan secara tidak langsung.

Dalam pull digital marketing, iklan dan promosi dirancang sedemikian rupa sehingga calon pelanggan menjadi tertarik untuk mencari informasi lebih lanjut tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

Tujuan utama dari pull digital marketing adalah meningkatkan kesadaran (awareness) dan membangun loyalitas pelanggan.

Beberapa contoh jenis pemasaran digital ini adalah konten SEO di sebuah situs, iklan pay per click, pemasaran di media sosial, liputan media, giveaway, atau promosi potongan harga di marketplace.

Semua strategi pull marketing ini bertujuan untuk menginspirasi pelanggan agar mencari lebih banyak informasi tentang produk atau layanan, sehingga mereka dapat membuat keputusan pembelian dengan lebih baik.

Website

Memiliki website resmi telah menjadi suatu keharusan bagi para pemilik usaha yang ingin beroperasi secara online. Website tidak hanya berfungsi sebagai “kantor atau toko” digital bagi bisnis, tetapi juga merupakan alat promosi yang sangat penting.

Ada beberapa alasan mengapa memiliki website adalah keputusan yang cerdas untuk promosi bisnis kamu, diantaranya:

  • Ketersediaan 24/7: Website kamu akan selalu aktif, bahkan saat kamu tidur. Hal ini berarti pelanggan dapat mengakses informasi tentang produk atau layanan kamu kapan saja, sehingga kamu tidak akan melewatkan peluang potensial.
  • Jangkauan yang Lebih Luas: Melalui website, kamu dapat mencapai pelanggan potensial di seluruh dunia. Cara ini akan memperluas basis pelanggan kamu jauh lebih dari yang bisa dicapai melalui toko fisik.
  • Biaya yang Lebih Efisien: Dibandingkan dengan metode promosi tradisional seperti iklan cetak atau iklan televisi, promosi melalui website jauh lebih murah. Kamu dapat menciptakan konten, mengupdate penawaran, dan berinteraksi dengan pelanggan kamu tanpa biaya tambahan yang signifikan.
  • Kontrol Penuh: Melalui website, kamu memiliki kendali penuh atas konten dan presentasi merek kamu. Kamu dapat merancang tampilan dan pesan yang sesuai dengan citra bisnis kamu.
  • Informasi yang Lebih Mendalam: Website memungkinkan kamu untuk menyediakan informasi mendalam tentang produk atau layanan kamu. Kamu dapat menyertakan deskripsi produk, panduan penggunaan, ulasan pelanggan, dan banyak lagi.
  • Interaksi dengan Pelanggan: Website memberi kamu kesempatan untuk berinteraksi dengan pelanggan melalui formulir kontak, chat live, atau komentar di blog. Hal ini memungkinkan kamu untuk menjawab pertanyaan, memberikan dukungan, dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan kamu.
  • Pengukuran dan Analisis: Melalui penggunaan alat analisis web, kamu dapat melacak kinerja website kamu. Kamu dapat mengukur traffic, konversi, dan perilaku pengguna untuk mengidentifikasi apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki dalam strategi promosi kamu.

Berdasarkan penjelasan tersebut, kamu telah mengetahui bahwa website menjadi alat yang kuat dalam upaya promosi bisnis kamu.

Website bukan hanya tempat untuk menampilkan produk atau layanan kamu, tetapi juga merupakan pintu gerbang digital untuk memperluas jangkauan bisnis kamu dan membangun kepercayaan pelanggan. 

Search Engine Marketing

Search Engine Marketing (SEM) adalah strategi pemasaran digital yang hampir mirip dengan Search Engine Optimization (SEO) dalam hal memanfaatkan mesin pencari, namun dengan fokus yang berbeda.

SEM berfokus pada iklan langsung yang muncul di hasil pencarian mesin pencari, dan salah satu produk yang sering digunakan untuk SEM adalah Google Ads.

SEM mirip dengan PPC (Pay-Per-Click) dimana kamu membayar hanya ketika seseorang mengklik iklan kamu. Oleh karena itu, sangat penting untuk menciptakan konten promosi SEM yang menarik dan relevan agar iklan kamu mendapatkan klik yang bermakna.

Jika kontennya kurang menarik, biaya yang kamu keluarkan untuk iklan tersebut mungkin akan sia-sia.

Konten iklan SEM harus dirancang dengan baik dan sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan agar muncul dalam hasil pencarian yang relevan.

Selain itu, halaman tujuan yang terhubung dengan iklan juga harus relevan dan memiliki daya tarik agar pengguna yang mengklik iklan tersebut tetap tertarik dan berinteraksi dengan situs web kamu.

Penggunaan Google Ads atau produk serupa memungkinkan kamu untuk mengelola dan mengoptimalkan iklan SEM kamu dengan lebih baik.

Kamu dapat mengukur kinerja iklan, mengatur anggaran harian atau bulanan, menentukan kata kunci yang akan ditargetkan, dan menyesuaikan iklan berdasarkan hasil yang kamu dapatkan.

Pada SEM, persaingan bisa ketat, terutama untuk kata kunci yang populer. Oleh karena itu, strategi yang efektif dan konten iklan yang menarik sangat penting agar kamu bisa bersaing dan mendapatkan hasil yang baik dalam upaya SEM kamu.

digital marketing
Sumber : envato

Social Media Marketing

Social Media Marketing (SMM) adalah strategi pemasaran digital yang berfokus pada penggunaan media sosial sebagai platform untuk promosi.

SMM berbeda dengan SEM (Search Engine Marketing) yang mengandalkan mesin pencari, karena SMM menggunakan media sosial seperti Facebook atau Instagram Ads sebagai alat utama untuk iklan.

Pada SMM, kamu dapat memanfaatkan berbagai platform media sosial yang populer seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan banyak lagi.

Platform-platform ini menyediakan alat iklan yang kuat, seperti Facebook Ads Manager, yang memungkinkan kamu untuk membuat dan mengelola iklan dengan cara yang sangat tersegmentasi.

Salah satu keunggulan besar dari SMM adalah bahwa hampir semua orang memiliki akun media sosial, sehingga peluang produk atau brand kamu untuk dikenal lebih luas sangat besar.

Kamu dapat menargetkan iklan kamu kepada segmen demografis tertentu, minat, perilaku, dan lokasi geografis, sehingga iklan kamu hanya ditampilkan kepada audiens yang paling relevan.

Selain itu, media sosial juga memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan pelanggan secara langsung, menjalin hubungan, dan mendengarkan umpan balik mereka.

Hal ini dapat membantu dalam membangun loyalitas pelanggan dan memahami kebutuhan serta preferensi mereka. 

Online Advertising

Media promosi berbayar adalah salah satu strategi pemasaran digital yang memerlukan investasi finansial. Dalam jenis promosi ini, kamu membayar platform atau media tertentu untuk menampilkan iklan atau konten promosi kamu kepada audiens yang ditargetkan.

Keuntungan utama dari media promosi berbayar adalah kemampuannya untuk mendapatkan konsumen dengan cepat dan efisien.

Kamu dapat mengatur target audiens kamu berdasarkan berbagai kriteria seperti lokasi geografis, usia, minat, dan lain-lain, sehingga iklan kamu hanya akan ditampilkan kepada orang-orang yang memiliki potensi menjadi pelanggan potensial.

Hal ini dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran kamu.

Namun, perlu diingat bahwa media promosi berbayar juga dapat menjadi opsi yang lebih mahal dibandingkan dengan beberapa jenis promosi digital lainnya.

Biaya iklan dapat bervariasi tergantung pada platform yang kamu pilih dan seberapa kompetitif pasar kamu. Oleh karena itu, penting untuk merencanakan anggaran pemasaran yang sesuai dan memastikan bahwa setiap dolar yang kamu habiskan menghasilkan hasil yang diharapkan.

Selain itu, perlu juga dilakukan pemantauan dan analisis yang cermat terhadap kinerja kampanye promosi berbayar kamu.

Hal ini akan membantu kamu memastikan bahwa kamu mendapatkan nilai yang sebanding dengan investasi kamu dan membuat perubahan jika diperlukan untuk meningkatkan efektivitas kampanye kamu.

Email Marketing

Email marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital yang sangat efektif. Dalam email marketing, promosi berupa pesan dalam bentuk gambar atau tulisan dikirimkan kepada pelanggan yang telah men-subscribe newsletter di website atau platform milik pemilik usaha.

Keuntungan utama dari email marketing adalah bahwa kamu dapat berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan kamu.

Mereka telah menunjukkan minat dalam bisnis atau produk kamu dengan berlangganan newsletter, sehingga mereka lebih cenderung membuka dan membaca email kamu.

Pesan promosi dalam email marketing dapat berupa berbagai hal, seperti penawaran khusus, diskon, informasi produk terbaru, konten eksklusif, atau bahkan newsletter reguler yang berisi berita dan informasi menarik seputar bisnis kamu.

Tujuan dari email marketing adalah untuk memicu pembelian kembali dari pelanggan yang sudah ada dan meningkatkan loyalitas mereka. Namun, penting untuk diingat bahwa email marketing harus dilakukan dengan hati-hati.

Jangan mengirim terlalu banyak email yang bisa dianggap spam oleh pelanggan kamu. Selalu tawarkan nilai tambah dalam setiap email yang kamu kirimkan, sehingga pelanggan merasa bahwa mereka mendapatkan manfaat dari berlangganan newsletter kamu.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan alat analisis untuk melacak performa email marketing kamu, seperti tingkat bukaan, tingkat klik, dan konversi. Hal ini akan membantu kamu memahami seberapa efektif kampanye email marketing kamu dan membuat perbaikan jika diperlukan.

Video Marketing

Video marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang kuat dan efektif dalam membawa pesan kamu kepada audiens kamu.

Melalui video, kamu memiliki kesempatan untuk berkomunikasi secara langsung dan menyajikan informasi dengan cara yang menarik dan engaging.

Dalam video marketing, kamu dapat menjelaskan dengan rinci tentang bisnis kamu, produk atau layanan yang kamu tawarkan, dan cara penggunaannya. kamu dapat menggunakan visual dan audio untuk menggambarkan produk kamu dengan lebih baik, sehingga audiens dapat lebih memahami fitur-fitur dan manfaat yang ditawarkan.

Dengan menjelaskan produk secara lebih mendalam, kamu dapat membantu calon pelanggan memutuskan apakah produk kamu sesuai dengan kebutuhan atau masalah yang mereka hadapi.

Selain itu, video marketing juga memungkinkan kamu untuk menampilkan testimonial dan ulasan positif dari pelanggan yang puas. Ini adalah cara yang efektif untuk membangun kepercayaan di antara calon pelanggan.

Testimonial dan ulasan ini memberikan bukti sosial bahwa produk atau layanan kamu telah memberikan manfaat kepada orang lain, dan hal ini dapat membujuk calon pelanggan untuk mempercayai kamu dan mencoba produk kamu.

Salah satu keunggulan besar dari video marketing adalah kemampuannya untuk mengekspresikan emosi dan kepribadian perusahaan kamu.

Kamu dapat mengkomunikasikan nilai-nilai, budaya, dan visi perusahaan kamu melalui video dengan cara yang sulit dicapai melalui teks atau gambar saja.

Dengan menjelaskan siapa kamu dan apa yang kamu pedulikan, kamu dapat membangun ikatan emosional dengan audiens kamu. Terakhir, video marketing juga memiliki potensi untuk menjadi viral.

Jika kamu berhasil menciptakan video yang unik, lucu, atau menginspirasi, video tersebut dapat menyebar dengan cepat di media sosial dan mencapai audiens yang jauh lebih luas daripada yang diharapkan.

Ini dapat membantu kamu membangun merek yang kuat dan mendapatkan eksposur yang signifikan.

Strategi Digital Marketing

Dalam dunia digital marketing, terdapat sejumlah strategi yang dapat kamu manfaatkan untuk mempromosikan produk atau layanan kamu melalui berbagai saluran komunikasi digital yang tersedia.

Pemilihan strategi yang tepat sangat tergantung pada jenis bisnis kamu, audiens target, dan tujuan pemasaran yang ingin kamu capai.

Berikut adalah beberapa strategi digital marketing yang umum digunakan:

Search Engine Marketing (SEM)

Strategi digital marketing yang melibatkan mesin pencari, seperti Google, Bing, Yahoo, atau Facebook, dikenal dengan istilah SEM (Search Engine Marketing). SEM sendiri terbagi menjadi dua area utama, yaitu SEO (Search Engine Optimization) dan PPC (Pay-per-Click):

Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah cara untuk meningkatkan visibilitas konten digital marketing kamu di mesin pencari seperti Google tanpa harus membayar biaya iklan.

Strategi ini melibatkan berbagai praktik seperti pengoptimalan kata kunci, pengembangan konten berkualitas tinggi, pemahaman tentang algoritma mesin pencari, dan perbaikan teknis di situs web kamu. 

Pay-per-Click (PPC)

PPC adalah strategi di mana kamu membayar kepada penyedia iklan, seperti Google Ads, untuk menampilkan iklan digital marketing kamu di bagian atas atau samping hasil pencarian mesin pencari.

Setiap kali seseorang mengklik iklan kamu, kamu akan dikenakan biaya. PPC sangat efektif dalam menghasilkan traffic segera dan mengarahkan calon pelanggan langsung ke situs web kamu.

Iklan PPC biasanya diberi label “Ad” atau “Iklan” untuk membedakannya dari hasil pencarian organik. 

Kedua strategi ini, SEO dan PPC, memiliki peran penting dalam upaya digital marketing kamu.

SEO membantu kamu membangun visibilitas jangka panjang di mesin pencari, sementara PPC dapat memberikan hasil yang cepat dan terukur. Pemilihan strategi tergantung pada tujuan, anggaran, dan sasaran audiens kamu.

Content Marketing

Content marketing adalah strategi pemasaran yang sangat efektif dan melibatkan berbagai jenis konten untuk mempengaruhi pengguna untuk membeli produk atau jasa kamu.

Salah satu langkah kunci dalam menerapkan strategi content marketing yang sukses adalah dengan memiliki website kamu sendiri.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ambil untuk mengimplementasikan strategi content marketing melalui website:

  • Buat Website kamu Sendiri

Pertama, kamu perlu membuat website bisnis kamu sendiri. Tahap ini merupakan poin penting dalam membangun keberadaan online yang kuat. Pilih domain yang relevan dan mudah diingat untuk bisnis kamu. Pastikan juga untuk memilih layanan web hosting yang kamul dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

  • Buat Konten Berkualitas

Setelah memiliki website, mulailah membuat dan mengelola konten berkualitas. Langkah ini dapat berupa artikel blog, video, infografis, panduan, ulasan produk, dan konten lain yang relevan dengan bisnis kamu. Pastikan kontennya informatif, bermanfaat, dan relevan dengan target audiens kamu.

  • Optimasi SEO

Optimasi SEO (Search Engine Optimization) adalah kunci dalam membuat konten kamu muncul di halaman pertama mesin pencari. Langkah ini akan membantu bisnis kamu lebih dikenal secara luas dan meningkatkan traffic organik ke website kamu.

Kamu dapat melakukan penelitian kata kunci, mengoptimasi judul, deskripsi, dan konten, serta memastikan kecepatan dan responsivitas website kamu.

  • Jadilah Konsisten

Konten marketing adalah perjalanan yang berkelanjutan. Penting untuk konsisten dalam memproduksi dan memposting konten secara teratur. Buat jadwal publikasi dan pertimbangkan untuk menggunakan media sosial dan email marketing untuk mempromosikan konten kamu kepada audiens kamu.

  • Analisis dan Evaluasi

Terakhir, pantau dan analisis performa konten kamu. Gunakan alat analisis web dan data untuk memahami seberapa efektif konten kamu dalam menarik dan mengkonversi audiens.

Lakukan evaluasi reguler dan sesuaikan strategi kamu berdasarkan temuan kamu. Melalui langkah-langkah ini, kamu dapat memanfaatkan strategi content marketing melalui website kamu untuk membangun keberadaan online yang kuat, menarik lebih banyak pengunjung, dan mempengaruhi mereka untuk membeli produk atau jasa kamu.

Email Marketing

Email marketing adalah salah satu strategi penting dalam digital marketing yang melibatkan pengiriman email kepada pelanggan atau subscriber.

Namun, keberhasilan email marketing tidak hanya bergantung pada fakta bahwa kamu mengirimkan email, tetapi juga seberapa menarik dan efektif email tersebut dalam mempengaruhi pelanggan kamu. Berikut beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam email marketing:

  • Konten yang Menarik

Pastikan konten email kamu informatif, relevan, dan menarik bagi pelanggan kamu. Berikan nilai tambah, seperti tips, penawaran eksklusif, atau informasi yang berguna. Gunakan judul yang menarik dan deskripsi singkat yang menggugah minat agar pelanggan mau membuka email kamu.

  • Personalisasi

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan engagement adalah dengan personalisasi email. Gunakan nama pelanggan dan sesuaikan konten dengan preferensi mereka jika memungkinkan.

  • Desain yang Responsif

Pastikan email kamu memiliki desain yang responsif sehingga terlihat baik di berbagai perangkat, termasuk komputer, tablet, dan ponsel.

  • Call to Action (CTA)

Sertakan CTA yang jelas dan menarik agar pelanggan tahu langkah apa yang diharapkan dari mereka setelah membaca email.

  • Frekuensi Pengiriman

Jangan mengirim terlalu banyak email dalam satu waktu sehingga membuat pelanggan merasa terganggu. Atur frekuensi pengiriman yang wajar.

  • Analisis dan Optimalisasi

Pantau kinerja email kamu dengan alat analisis. Perhatikan metrik seperti open rate, click-through rate, dan tingkat konversi. Gunakan hasil analisis ini untuk mengoptimalkan strategi email marketing kamu ke depan.

  • Compliance dengan Regulasi

Pastikan kamu mematuhi regulasi privasi data, seperti GDPR atau CAN-SPAM Act, untuk melindungi data pelanggan kamu.

Selain itu, ada berbagai alat email marketing yang dapat membantu kamu dalam proses ini, seperti Mailchimp, Constant Contact, atau GetResponse. Alat-alat ini dapat membantu kamu membuat, mengirimkan, dan menganalisis email marketing dengan lebih efektif.

Influencer Marketing

Influencer marketing adalah strategi dimana kamu bekerja sama dengan influencer atau tokoh terkenal di internet yang memiliki pengikut yang besar dan setia.

Kamu membayar influencer ini untuk memasarkan produk atau layanan kamu kepada audiens mereka melalui platform media sosial mereka atau konten digital lainnya. Influencer ini memanfaatkan reputasi mereka yang kuat dan pengaruhnya untuk mempromosikan produk kamu kepada pengikut mereka.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing melibatkan mitra atau afiliasi yang membantu memasarkan produk kamu. Mitra ini menerima komisi atau imbalan berdasarkan penjualan atau tindakan tertentu yang dilakukan oleh pelanggan yang mereka referensikan ke bisnis kamu.

Misalnya, jika kamu memiliki program afiliasi, mitra kamu akan mempromosikan produk kamu melalui tautan afiliasi unik, dan jika seseorang membeli produk melalui tautan tersebut, mitra tersebut akan menerima komisi.

Social Media Marketing

Social media marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif dalam dunia digital. Strategi ini melibatkan penggunaan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, TikTok, dan platform lainnya untuk mempromosikan bisnis kamu.

Terdapat beragam platform media sosial yang dapat kamu manfaatkan. Setiap platform memiliki audiens yang berbeda, jadi penting untuk memahami karakteristik masing-masing dan memilih yang sesuai dengan target kamu.

Konten yang kamu bagikan di media sosial harus relevan dengan audiens dan bisnis kamu. Gunakan gambar, video, artikel, dan infografis yang menarik perhatian. Berinteraksi secara aktif dengan audiens kamu.

Tanggapi komentar, pesan, dan pertanyaan dengan cepat dan ramah. Ini membantu membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan potensial.

Banyak platform media sosial menawarkan iklan berbayar yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan jangkauan dan mengarahkan traffic ke situs web kamu.

Kamu dapat menargetkan iklan berdasarkan demografi, minat, dan perilaku pengguna. Pantau kinerja kampanye media sosial kamu dengan alat analisis yang disediakan oleh platform tersebut. Lihat metrik seperti jumlah pengikut, interaksi, dan konversi untuk mengukur efektivitas kampanye kamu.

Konsistensi dalam posting konten sangat penting. Jadwalkan posting secara teratur agar audiens kamu tahu kapan mengharapkan konten baru.

Penggunaan hashtags yang relevan dapat meningkatkan visibilitas konten kamu di platform seperti Instagram dan Twitter. Namun, pastikan untuk tidak berlebihan dalam penggunaan hashtags.

Selalu pantau komentar dan reputasi bisnis kamu di media sosial. Tanggapi ulasan dan komentar negatif dengan profesionalisme dan upayakan menyelesaikan masalah dengan pelanggan.

Selain konten rutin, kamu juga dapat membuat kampanye khusus di media sosial, seperti kontes, diskon terbatas, atau acara promosi khusus. Ini dapat mendorong partisipasi aktif dari audiens kamu.

Dengan mengikuti praktik terbaik dalam social media marketing, kamu dapat memaksimalkan potensi bisnis kamu dalam dunia digital.

Viral Marketing

Viral marketing adalah cara pemasaran yang dilakukan sekreatif mungkin agar orang-orang tertarik untuk membagikannya secara luas. Salah satu contohnya adalah iklan es krim yang telah menjadi fenomena viral marketing.

Perusahaan pembuat iklan ini mengambil latar drama kolosal yang sering trending dan menjadi perbincangan di kalangan orang-orang.

Mereka menjalankan strategi dengan memasukkan semua ciri khas drama tersebut ke dalam iklannya, termasuk adegan menaiki elang, penggunaan aktor dan aktris yang sama, serta mengikuti jalan cerita drama tersebut.

Namun, ada sentuhan “nyeleneh” yang sengaja ditambahkan untuk menarik perhatian penonton.

Hasilnya, iklan ini cepat menjadi viral karena penonton terus membagikannya di berbagai platform jejaring sosial, menciptakan dampak besar dalam upaya pemasaran perusahaan.

Mobile Marketing

Pemanfaatan perangkat mobile atau seluler dalam pemasaran digital tidak terbatas pada koneksi internet saja. Mobile marketing, yang merupakan bagian penting dari strategi digital marketing, mengambil dua bentuk utama: telemarketing dan SMS marketing.

Telemarketing adalah metode yang melibatkan penggunaan telepon untuk berhubungan dengan pelanggan melalui nomor ponsel mereka.

Metode ini sering digunakan oleh perusahaan seperti lembaga perbankan atau pembiayaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka.

Telemarketing dilihat sebagai cara yang efektif untuk mempertahankan pelanggan, karena memberikan sentuhan personal yang membuat pelanggan merasa dihargai.

Sementara itu, SMS marketing melibatkan penggunaan layanan SMS untuk mengirim pesan promosi massal ke nomor ponsel pelanggan.

Meskipun penggunaan SMS dalam komunikasi pribadi telah menurun, beberapa perusahaan masih memanfaatkannya sebagai alat untuk mempromosikan produk atau layanan mereka.

Salah satu keunggulan SMS dalam strategi digital marketing adalah kemampuannya untuk menyebarkan pesan secara cepat dan dengan biaya yang lebih terjangkau, menggunakan fitur yang disebut “SMS Blast”. 

Radio Advertising

Radio advertising adalah salah satu strategi dalam pemasaran digital yang perlu diperhitungkan. Meskipun awalnya radio digunakan sebagai sarana hiburan tradisional, perkembangan teknologi telah memungkinkan radio untuk diakses melalui internet.

Oleh karena itu, radio advertising tetap menjadi metode yang efektif untuk memasarkan produk kamu.

Meskipun mungkin bukan metode yang sering digunakan dalam era digital, tidak ada alasan untuk mengabaikan potensi pelanggan yang masih mendengarkan radio, terutama melalui platform online. 

TV Advertising

Television advertising atau iklan televisi adalah salah satu media yang tetap populer dalam dunia pemasaran digital. kamu dapat membeli slot iklan di berbagai stasiun TV untuk mempromosikan produk atau layanan kamu.

Biaya iklan televisi bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti popularitas acara yang sedang tayang. Semakin populer acara tersebut, semakin mahal biaya slot iklannya.

Jenis iklan yang ditampilkan juga beragam, mulai dari iklan di antara jeda acara, iklan running text, hingga iklan yang menjadi sponsor dalam acara tertentu.

Agar lebih efektif dalam menggunakan iklan televisi, banyak perusahaan menggunakan jasa agensi iklan yang ahli dalam merancang dan menempatkan iklan sesuai dengan target audiens mereka.

Dengan berbagai opsi dan strategi yang tersedia, iklan televisi tetap menjadi salah satu pilihan yang signifikan dalam strategi pemasaran digital, meskipun biayanya dapat bervariasi, berkisar antara 14 juta hingga 110 juta rupiah tergantung pada stasiun TV, waktu penayangan, dan jenis iklan yang dipilih.

Kesalahan Umum Pada Digital Marketing

Pemasaran digital memang menawarkan banyak kemudahan yang menggiurkan, namun, penting untuk selalu berhati-hati dan menghindari kesalahan-kesalahan tertentu agar bisnis kamu dapat berjalan sesuai rencana pemasaran yang telah kamu susun.

Beberapa kesalahan umum yang harus dihindari saat menjalankan konsep pemasaran digital termasuk:

Strategi yang Tidak Tepat Sasaran

Strategi dan perencanaan memainkan peran kunci dalam menentukan arah sukses bisnis, terutama di era digital yang terus berubah.

Dalam dunia digital yang dinamis, tren berubah dengan cepat, sehingga penting untuk selalu beradaptasi dengan kebutuhan dan keinginan konsumen yang terus berkembang.

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh beberapa pemasar adalah mencoba menjangkau sebanyak mungkin konsumen tanpa mempertimbangkan target pasar yang tepat. Hal ini dapat menghambat proses analisis audiens yang relevan dengan produk atau jasa kamu.

Sebelum memperkenalkan produk atau jasa secara luas, langkah pertama yang harus kamu ambil adalah menentukan tujuan dan merancang rencana pemasaran yang spesifik.

Pastikan bahwa strategi pemasaran yang kamu buat memiliki sasaran yang tepat, sesuai dengan karakteristik target pasar, dan mudah dijangkau. Dengan demikian, kamu akan memiliki landasan yang kuat untuk memulai kampanye pemasaran digital kamu.

Memahami Calon Konsumen

Dalam dunia bisnis, menjadi solusi atas kebutuhan konsumen adalah kunci utama kesuksesan. Sayangnya, banyak pebisnis yang terlalu fokus pada produk atau layanan yang mereka tawarkan, tanpa memperhatikan apakah produk tersebut sesuai dengan permintaan pasar.

Mengukur tingkat kebutuhan pasar sebelum merancang strategi pemasaran adalah langkah penting. Idealisme dalam bisnis tentu saja penting, tetapi tidak boleh mengesampingkan kepentingan audiens.

Penting untuk memahami apa yang konsumen butuhkan, apa yang mereka sukai, dan tren apa yang sedang berlaku di kalangan calon konsumen.

Memahami audiens tidak selalu berarti mengubah produk yang kamu tawarkan. Lebih sering, ini melibatkan penyesuaian dalam hal kemasan, konten promosi, dan pemilihan Key Opinion Leader yang relevan.

Mengikuti tren yang sedang berkembang di masyarakat juga bisa menjadi strategi yang efektif. kamu dapat menggunakan alat seperti Google Trends untuk melihat permintaan produk tertentu.

Cukup masukkan nama produk dalam kolom pencarian, dan Google Trends akan menampilkan grafik yang menggambarkan sejauh mana permintaan produk tersebut dalam beberapa waktu terakhir. 

Mengabaikan Pengukuran Kinerja Digital Marketing

Digital marketing memiliki peran yang sangat penting dalam dunia bisnis modern. Selain memberikan kemudahan dalam hal promosi, digital marketing juga memiliki keunggulan yang sangat berharga: kemampuan untuk mengukur dan menganalisis kinerja pemasaran secara rinci.

Salah satu alasan utama mengapa banyak pebisnis beralih ke digital marketing adalah kemampuannya untuk memberikan data yang terukur. Penting untuk melihat lebih dari sekadar jumlah pengunjung atau jumlah klik pada iklan.

Kamu dapat menganalisis berbagai metrik yang lebih mendalam, seperti tingkat kesadaran merek di kalangan audiens, jumlah pengunjung yang benar-benar mengunjungi situs web kamu, atau seberapa sering iklan kamu di-klik oleh pengguna mesin pencari.

Hal ini adalah elemen penting dalam strategi digital marketing yang efektif. Dengan menganalisis data ini, kamu dapat mengukur sejauh mana efektivitas kampanye pemasaran kamu dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. 

Mengabaikan Story-telling dan Copywriting

Dalam konteks digital marketing, konten memiliki peran yang sangat penting. Konten merupakan medium utama yang digunakan untuk berkomunikasi dengan audiens kamu.

Baik itu dalam bentuk teks, desain, atau video, pesan yang ingin kamu sampaikan kepada calon konsumen harus disampaikan dengan jelas dan efektif.

Salah satu elemen kunci dalam pembuatan konten yang efektif adalah copywriting. Copywriting adalah seni dan ilmu menulis teks yang memiliki tujuan untuk mempengaruhi pembaca atau pemirsa.

Dalam digital marketing, copywriting digunakan untuk membuat teks yang menarik, persuasif, dan informatif.

Tulisan dalam konten harus mampu memberikan kesan yang kuat kepada audiens. Tulisan ini bisa berarti membuat mereka tertarik dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan, memberikan informasi yang berguna, atau mengedukasi mereka tentang suatu topik tertentu.

Dengan kata lain, tulisan kamu harus mampu menyampaikan pesan dengan cara yang efektif sehingga audiens dapat dengan mudah memahami dan mengidentifikasi nilai dari produk atau layanan yang kamu promosikan.

Ketika kamu mampu menggabungkan konten yang berkualitas dengan copywriting yang baik, kamu dapat menciptakan kampanye digital marketing yang lebih efektif.

Konten yang informatif dan menarik akan menarik perhatian audiens, sementara copywriting yang persuasif akan membantu mengubah minat mereka menjadi tindakan, seperti membeli produk atau menghubungi bisnis kamu.

Halaman Website yang Tidak Rapi dan Tidak Lengkap

Website resmi perusahaan adalah elemen pertama yang umumnya dikunjungi oleh konsumen saat mereka mencari informasi tentang produk atau layanan melalui mesin pencarian.

Website dapat dianggap sebagai wajah bisnis kamu. Website adalah tempat pertama dimana konsumen berinteraksi dengan bisnis kamu secara online.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa tampilan dan fungsionalitas website mampu memenuhi kebutuhan pengunjungnya tanpa menyebabkan kebingungan karena navigasi yang rumit.

Sebuah website bisnis yang baik harus mampu menyajikan informasi dengan jelas dan singkat, serta memiliki call-to-action dan landing page yang terstruktur dengan baik agar pengunjung dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari.

Selain itu, pesan yang ditampilkan di halaman depan website harus singkat, jelas, dan informatif. Kekurangan informasi seperti ketiadaan blog, kurangnya informasi kontak, atau ketiadaan halaman “Tentang Kami” dapat merusak reputasi bisnis kamu.

Untuk memastikan keterjangkauan konsumen, penting juga untuk menampilkan nomor telepon dan alamat email perusahaan agar konsumen dapat dengan mudah menghubungi kamu untuk pertanyaan, saran, atau kritik.

Selain itu, website harus responsif dan dapat diakses melalui perangkat mobile, mengingat perilaku dinamis pengguna yang semakin bergantung pada perangkat seluler.

Iklan dan Landing Page yang Tidak Sesuai

Kesalahan dalam strategi pemasaran semacam ini bisa sangat merugikan bisnis kamu dan mengurangi tingkat kepercayaan konsumen. Sebagai contoh, bayangkan kamu sedang mencari laptop murah di mesin pencarian Google dan kemudian mengklik iklan yang menjanjikan penawaran tersebut.

Namun, ketika kamu sampai di landing page, kamu justru disuguhkan dengan penawaran tablet berharga fantastis yang tidak sesuai dengan ekspektasi kamu.

Agar menghindari kesalahan semacam ini, sangat penting untuk memeriksa dan menganalisis dengan cermat setiap elemen yang akan kamu tampilkan di landing page.

Konten di landing page harus selaras dan sesuai dengan iklan yang kamu pasang di berbagai platform seperti Google, Facebook, YouTube, Instagram, dan lainnya.

Langkah ini akan memastikan bahwa pengunjung yang datang ke landing page memiliki ekspektasi yang sesuai dengan apa yang mereka lihat dalam iklan, dan ini dapat meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnis kamu. 

Proses Check-out yang Rumit

Penting untuk memastikan bahwa tahapan check-out di website kamu tidak rumit, karena jika hal ini terjadi, kemungkinan besar konsumen akan meninggalkan website tanpa menyelesaikan pembelian.

Ketika konsumen telah melalui proses seleksi barang dan sudah sampai pada tahap check-out, langkah selanjutnya menuju proses pembayaran haruslah singkat dan sederhana.

Proses pembayaran yang rumit atau memerlukan terlalu banyak informasi dapat membuat konsumen merasa frustasi dan akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan pembelian.

Oleh karena itu, penting untuk menyederhanakan proses check-out sebisa mungkin agar konsumen dapat menyelesaikan pembelian dengan mudah dan cepat, tanpa hambatan atau kesulitan yang tidak perlu.

Tidak Menghitung Return of Investment (ROI)

ROI, yang merupakan singkatan dari Return on Investment atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai laba atas investasi, adalah sebuah rasio yang mengukur seberapa efektif sebuah investasi dalam menghasilkan keuntungan atau pendapatan.

Tanpa menghitung ROI, sulit untuk menilai efektivitas dari berbagai strategi pemasaran yang telah diterapkan. Oleh karena itu, menghitung ROI menjadi langkah penting dalam mengukur sejauh mana investasi dalam pemasaran telah memberikan hasil yang diharapkan.

Menghitung ROI dalam pemasaran bisa menjadi proses yang cukup rumit. Pertama, kamu perlu menentukan komponen-komponen apa saja yang perlu dihitung dalam perhitungan ROI.

Beberapa dari komponen tersebut mungkin termasuk jumlah traffic ke website kamu, jumlah leads atau prospek yang dihasilkan, tingkat konversi dari prospek menjadi pelanggan, atau jumlah klik pada iklan kamu.

Setelah itu, kamu perlu menghitung total pendapatan atau penjualan yang dihasilkan dari strategi pemasaran tersebut dan menguranginya dengan biaya investasi yang telah dikeluarkan. Setelah memiliki angka-angka ini, kamu bisa menghitung ROI dengan rumus yang sederhana, yaitu : 

Dengan menghitung ROI secara teliti, kamu dapat menilai apakah investasi dalam pemasaran telah memberikan hasil yang sepadan atau justru merugikan.

Hal ini memungkinkan kamu untuk mengalokasikan anggaran pemasaran dengan lebih efisien, meningkatkan strategi yang bekerja, dan menghindari pemborosan pada strategi yang tidak efektif.

Cara Menyusun Strategi Digital Marketing Yang Baik dan Efektif

Berikut ini cara menyusun strategi digital marketing yang baik dan efektif, antara lain :

Definisikan Tujuan Bisnis kamu

Langkah pertama yang sangat penting dalam menyusun strategi digital marketing yang efektif adalah memahami tujuan bisnis kamu secara mendalam.

Tujuan bisnis ini akan menjadi dasar dari seluruh strategi yang akan kamu susun. Dalam menetapkan tujuan, penting untuk mempertimbangkan baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang yang ingin kamu capai dengan bisnis kamu.

Tujuan-tujuan yang kamu tetapkan harus memenuhi beberapa kriteria kunci. Pertama, tujuan tersebut haruslah spesifik, artinya tujuan tersebut harus jelas dan terdefinisi dengan baik sehingga semua orang dalam tim pemasaran dapat memahaminya. 

Selanjutnya, tujuan harus terukur yang berarti kamu harus memiliki cara untuk mengukur kemajuan dan pencapaian tujuan tersebut.

Tujuan yang kamu buat juga harus dapat dicapai, yang berarti mereka harus realistis dan dapat diwujudkan oleh bisnis kamu dalam waktu tertentu.

Terakhir, tujuan harus relevan dengan bisnis kamu, sehingga mencapainya akan memiliki dampak positif pada keseluruhan bisnis kamu.

Misalnya, tujuan kamu mungkin adalah meningkatkan penjualan produk tertentu sebesar 20% dalam enam bulan ke depan atau meningkatkan brand awareness kamu di kalangan target audiens kamu.

Setelah tujuan kamu jelas, kamu dapat melanjutkan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang akan membantu kamu mencapai tujuan-tujuan tersebut. 

Kenali Target Audience kamu

Setelah memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan bisnis kamu, langkah selanjutnya adalah mengenal dengan baik siapa target audience kamu.

Target audience atau audiens sasaran merupakan kelompok orang yang menjadi fokus utama dari upaya pemasaran kamu. Memahami audiens kamu adalah kunci kesuksesan dalam digital marketing.

Untuk memahami audiens kamu dengan baik, kamu perlu melakukan analisis mendalam terkait siapa mereka dan apa yang mereka butuhkan.

Hal ini melibatkan penentuan karakteristik demografis seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, dan lokasi geografis. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor psikografis seperti minat, hobi, nilai-nilai, dan preferensi yang mungkin dimiliki oleh audiens kamu.

Semakin baik kamu memahami audiens kamu, semakin mudah untuk mengembangkan strategi digital marketing yang tepat untuk mereka.

Kamu dapat membuat konten yang relevan dan menarik bagi mereka, serta menentukan platform dan kanal komunikasi yang paling efektif untuk mencapai mereka. 

Pilih Platform Digital yang Tepat

Setelah memiliki pemahaman yang mendalam tentang target audience kamu, langkah berikutnya adalah memilih platform digital yang tepat untuk mengkomunikasikan pesan kamu kepada mereka.

Ada berbagai platform digital yang dapat kamu manfaatkan dalam strategi digital marketing kamu. Beberapa di antaranya termasuk media sosial, email marketing, SEO (Search Engine Optimization), PPC (Pay-Per-Click) advertising, konten pemasaran, dan banyak lagi.

Pemilihan platform yang tepat adalah langkah kunci dalam kesuksesan strategi digital marketing kamu. Kamu perlu mempertimbangkan karakteristik audiens kamu, preferensi mereka, serta perilaku online mereka.

Misalnya, jika audiens kamu aktif di media sosial, maka investasi dalam pemasaran media sosial dapat menjadi pilihan yang baik. Jika kamu ingin meningkatkan visibilitas di mesin pencari, maka fokus pada SEO bisa menjadi strategi yang relevan.

Penting untuk memilih platform yang relevan dengan target audience kamu dan yang paling efektif untuk mencapai tujuan bisnis kamu. Memahami kekuatan dan kelemahan setiap platform adalah kunci dalam pengambilan keputusan yang tepat. 

Buat Isi Konten yang Berkualitas

Isi konten yang berkualitas adalah elemen kunci dalam strategi digital marketing yang berhasil. Tanpa konten yang kuat, semua upaya pemasaran digital kamu mungkin tidak akan memberikan hasil yang diinginkan.

Oleh karena itu, penting untuk memahami betapa vitalnya konten yang kamu produksi. Konten yang baik harus memenuhi beberapa kriteria penting.

Pertama, konten tersebut harus menarik. Hal ini berarti konten kamu harus mampu menarik perhatian audiens kamu sejak awal. Langkah ini bisa kamu lakukan melalui judul yang menarik, gambar yang mencolok, atau bahkan konten video yang memukau.

Kedua, konten kamu harus informatif. Hal ini berarti konten tersebut harus memberikan informasi yang bernilai kepada audiens kamu. Langkah ini bisa kamu implementasikan dalam bentuk panduan, artikel berita terbaru, atau penjelasan yang mendalam tentang topik tertentu.

Konten kamu juga harus relevan dengan target audience kamu, yang berarti kamu harus memahami siapa mereka dan apa yang mereka butuhkan.

Konten yang relevan akan lebih mungkin dipertimbangkan oleh audiens kamu. Selain itu, konten kamu harus memiliki nilai tambah.

Konten yang memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi audiens kamu atau memberikan wawasan yang berharga akan lebih dihargai.

Terakhir, konten kamu harus mudah dibaca dan memiliki format yang menarik. Ini termasuk penggunaan paragraf yang pendek, daftar poin, atau subjudul yang memandu pembaca melalui konten kamu dengan mudah.

Gunakan Data untuk Mengukur Keberhasilan

Langkah terakhir dalam menyusun strategi digital marketing yang efektif adalah memanfaatkan data untuk mengukur keberhasilan. Tanpa pengukuran yang akurat, sulit untuk menilai apakah kampanye kamu berhasil mencapai tujuan bisnis kamu.

Pemantauan kinerja kampanye digital kamu secara teratur sangat penting. Langkah ini melibatkan pengumpulan dan analisis data seperti tingkat konversi, jumlah klik, pengunjung unik, dan lainnya.

Melalui data ini, kamu dapat mengevaluasi apakah kamu telah mencapai tujuan kamu atau jika ada area yang perlu perbaikan. Data yang kamu kumpulkan juga dapat memberikan wawasan berharga tentang perilaku audiens kamu.

Kamu dapat memahami apa yang mereka cari, bagaimana mereka berinteraksi dengan konten kamu, dan di mana mereka meluangkan waktu online. Informasi ini dapat membantu kamu menyempurnakan strategi kamu.

Selanjutnya, data membantu kamu membuat keputusan yang lebih baik. kamu dapat menentukan mana kampanye yang paling efektif, mengalokasikan anggaran kamu secara lebih cerdas, dan mengidentifikasi tren yang mungkin mempengaruhi bisnis kamu di masa depan.

Mulai Digital Marketing Bersama Dengan DomaiNesia!

Dengan pemahaman yang mendalam tentang target audience kamu, pemilihan platform digital yang sesuai, konten yang berkualitas, dan penggunaan data untuk mengukur dan memperbaiki kampanye kamu, kamu akan memiliki landasan yang kuat untuk strategi digital marketing yang sukses.

Buat kamu yang memiliki ide digital marketing seperti website dan email marketing, yuk lakukan bersama DomaiNesia. Saat kamu ingin membuat website, tentunya kamu akan membutuhkan yang namanya domain, hosting, dan, SSL.

Tenang, DomaiNesia bisa membantu kamu memenuhi ketiga komponen tersebut. Selain itu DomaiNesia juga memiliki email hosting yang bisa membantumu dalam mengirimkan email ke konsumen.

Yuk mulai melakukan digital marketing online untuk bisnismu. Kamu bisa memulai dengan membangun website untuk meningkatkan awareness dan potensial pelanggan. Mulai dengan berlangganan hosting Indonesia DomaiNesia atau VPS murah terbaik dan mulai bangun website bisnismu!

Argadahana

Here to share stories about marketing, communication, and business related to tech industries. Feel free to hit me up on my social accounts.


Ayoni Sulthon
January 2, 2023

Tidak perlu di upload kalau ada update artikel kak, biasanya sudah otomatis

Salina Salleh
December 30, 2022

Maaf bertanya, script sitemap di atas harus dimasukin setiap kali kita post?

showoff
June 11, 2021

informasi yang sangat membantu

result
September 29, 2020

informasinya sangat bermanfaat sekali kakak. makasih banyak sudah di postinya.

Mudzakkir
July 28, 2020

Mantul gan makasih jadi tahu lebih banyak apa itu digital marketing...

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds