• Home
  • Berita
  • HTML Editor Terbaik untuk Para Web Developer

HTML Editor Terbaik untuk Para Web Developer

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Bagi kamu yang berkecimpung di dunia website sebagai web developer (web programmer atau web designer) tentu sudah sangat familiar dengan yang namanya teks editor.

Sebagai web developer tentu kamu pernah melakukan kesalahan termasuk pada saat menulis kode. Hal tersebut pasti dialami oleh hampir semua orang yang bekerja sebagai web developer, baik pemula maupun yang sudah profesional.

Untuk meminimalisir kesalahan tersebut dibutuhkan tools khusus seperti spellcheck untuk mengoreksi ejaan dan grammar.

Apa Itu HTML Editor?

HTML editor adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk membuat sekaligus mengedit kode HTML. HTML sendiri singkatan dari Hypertext Markup Language.

Walaupun pondasi pembuatan website dapat menggunakan aplikasi text editor manapun, namun tidak jarang programmer yang menggunakan HTML editor.

HTML Editor Terbaik
Sumber: Pixabay

Tools ini dapat digunakan untuk menambah fungsionalitas, mengecek error dan lain sebagainya. Dengan menggunakan HTML editor, aktivitas dan pekerjaan kamu akan jauh lebih mudah.

Pekerjaan seperti menulis kode (tool ini akan meng-highlight syntax), menambahkan elemen dan struktur HTML yang kerap digunakan, dan juga dalam menjalankan fitur autocompletion.

5 Rekomendasi HTML Editor Terbaik

Sebagai rekomendasi untuk kamu, berikut ini akan dipaparkan rekomendasi berapa HTML editor terbaik yang sebagian besar bersifat multiplatform atau bisa digunakan di berbagai sistem operasi.

Notepad++

Notepad++ tentunya sudah sangat familiar sebagai salah satu HTML editor terbaik yang direkomendasikan. Notepad++ dibuat memang untuk sistem Windows.

Kehadiran fitur ini bisa dikatakan untuk melengkapi kekurangan dari text editor bawaan Windows yaitu Notepad. Semua programmer tentu sudah mengetahui jika Notepad++ dapat digunakan secara gratis dan juga sangat mudah digunakan.

Terlebih software ini sudah aktif dengan notasi http. Jadi cukup kamu klik 2 kali url nya maka kita akan menuju situs yang kita maksud.

HTML Editor Terbaik
Sumber: Pixabay

Blue Fish

Jika membahas editor HTML terbaik tidak lengkap rasanya jika tidak menyebutkan yang satu ini. Bluefish merupakan editor programming yang sangat populer digunakan oleh kalangan web developer.

Software ini memang biasanya banyak digunakan oleh para web developer yang sudah mahir. Namun bukan berarti software ini tidak bisa digunakan oleh para pemula. Blue fish bisa digolongkan sebagai text editor yang ringan.

Software ini pun bukan hanya bisa digunakan di Linux saja namun bisa juga digunakan di Windows. Jadi tidak heran jika Bluefish banyak diminati karena autocomplete syntax.

Ultra Edit

Ultraedit adalah salah satu html editor terbaik dan populer di kalangan web developer. Software ini digadang-gadang memiliki performa yang powerfull. Software ini mampu dijalankan disemua sistem operasi seperti Windows, Max Es, dan Linux.

Beberapa fitur yang ada pada software ini pun sama halnya seperti text editor lainnya seperti unicode support, 64 bit file handling, large file handling, disk based text editing, spell checker dan beberapa fitur editing lainnya.

Walaupun kamu bisa menggunakan software ini secara gratis tapi untuk menikmati semua fitur yang disediakan kamu perlu membeli lisensinya.

Light Table

Satu lagi HTML editor terbaik yang recommended adalah Light Table. Software ini bisa digunakan pada semua sistem operasi. Software ini juga sangat ringan dan memiliki tampilan yang menarik.

Kamu bisa menggunakan software dan menikmati semua fitur di dalamnya secara gratis. Salah satu fitur yang bisa kamu gunakan adalah watches. Fitur ini memungkinkan kamu mengamati tiap perubahan dari kode HTML yang kamu inginkan.

Belum lagi Light Table memiliki debug dan akses penyimpanan yang cukup luas. Namun, software ini kurang cocok untuk editor pengembangan abstraksi. Walaupun begitu, pengembang software ini terus berusaha meningkatkan performa program pada Light Table secara realtime.

Atom

Atom adalah satu dari sekian banyak HTML editor terbaik yang sangat populer dan paling banyak digunakan oleh para web developer di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

HTML Editor Terbaik
Sumber: Pixabay

Software ini bisa digunakan secara bebas dan gratis dan software ini dapat terhubung secara langsung dengan project yang ada di Github. Atom juga menyediakan theme yang beragam sehingga kita bisa memilih tema sesuai dengan kebutuhan kita.

Atom juga merupakan software dengan basic electron dan javascript. Sehingga kamu bisa dengan mudah mengubah settingan Atom yang kamu gunakan.

Siap Belajar dengan HTML Editor?

Itulah beberapa editor HTML yang populer dan banyak digunakan. Kamu bisa memilih HTML editor yang bisa mengakomodasi semua kebutuhan dan memudahkan pekerjaan yang kamu lakukan.

Ratna Patria

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!