• Home
  • Berita
  • Promosi adalah: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan 7 Contohnya

Promosi adalah: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan 7 Contohnya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Promosi adalah suatu kegiatan wajib yang dilakukan untuk memasarkan dan memperkenalkan produk agar lebih dikenal oleh banyak orang. Maka dari itu, promosi adalah hal yang sangat vital dalam melakukan pemasaran produk dalam berbisnis. Sayangnya, banyak orang yang belum paham mengenai pengertian promosi hingga jenis-jenis promosi yang bisa dipilih. Wah tepat sekali jika kamu mengunjungi artikel ini karena DomaiNesia akan mengajak kamu untuk berkenalan dengan promosi dan bagaimana cara menerapkannya. Mari kita gali lebih dalam lagi mulai dari pengertian hingga contoh promosi. Simak hingga akhir ya!

promosi adalah
Sumber: Envato

Promosi adalah Bagian Dari Pemasaran

Pengertian promosi adalah salah satu aktivitas pemasaran yang dilaksanakan untuk penyebaran informasi dan juga mempengaruhi banyak orang untuk menggunakan atau membeli sebuah produk atau jasa yang ditawarkan. Bisa dibilang bahwa promosi adalah kegiatan untuk memasarkan dan mengenalkan produk kepada banyak orang sebagai sasarannya.

Promosi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara loh DomaiNesia! Bisa menggunakan konten di media cetak, baliho, selebaran, konten video, konten audio, dan masih banyak lagi. Hingga saat ini, kegiatan promosi semakin berkembang dengan menggandeng artis dan influencer untuk menjadi talent bahkan dijadikan sebagai brand ambassador. 

Kamu juga bisa memanfaatkan sosial media untuk melakukan promosi seperti Instagram, YouTube, dan Facebook. Kegiatan ini biasa dikenal dengan sosial media marketing. Jenis marketing ini cukup efektif dan tidak mengeluarkan banyak dana jika dibandingkan dengan promosi yang lain. Selain menggunakan sosial media, kamu juga bisa memanfaatkan website dan blog. Promosi ini biasanya disebut dengan digital marketing. Mengapa saat ini efektif melakukan digital marketing? Ada beberapa alasannya seperti:

  • Banyaknya pengguna internet, bahkan di Indonesia pengguna internet aktif hingga di angka 204.7 juta pengguna.
  • Mudah dalam menjangkau audience yang lebih luas dan menentukan target pasar yang akan dituju. 
  • Lebih mudah untuk melakukan komunikasi dan juga interaksi dengan audience.
  • Dapat menentukan waktu dan durasi panjangnya promosi.

Semua bisnis bisa memanfaatkan promosi dalam memperkenalkan produknya. Baik dari penjual online, UMKM, hingga raksasa bisnis sekalipun. Lalu apa sih tujuan promosi? 

Apa Tujuan Promosi?

Kamu sekarang sudah tahu kan mengenai pengertian promosi. Selanjutnya akan muncul pertanyaan lagi mengenai apa tujuan promosi? Dari pengertian promosi di atas, sudah bisa kita simpulkan bersama bahwa tujuan promosi adalah memikat calon konsumen menggunakan produk yang ditawarkan dengan memunculkan kesadaran secara alami mengenai kebutuhan mereka yang bisa diselesaikan dengan produk yang kamu tawarkan. Masa cuma itu segitu aja tujuan promosi? Jelas masih ada beberapa lagi dong! Simak penjelasannya.

1. Meningkatkan angka penjualan

Pertama, tujuan promosi adalah untuk meningkatkan angka penjualan. Hal itu bisa terjadi karena dengan promosi kamu akan memperkenalkan dan menawarkan sejumlah kelebihan yang dimiliki produk mu. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan solusi dari permasalahn calon pelanggan dengan inovasi dari produk yang kamu tawarkan. Dengan begitu, calon pelanggan akan merasa tertarik dan kamu mendapatkan hasil yang maksimal di dalam penjualan.

2. Membentuk identitas suatu produk

Membentuk identitas dari suatu produk atau branding menjadi tujuan promosi berikutnya. Artinya, promosi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk membentuk sebuah identitas, kesan, atau citra dari produk yang ditawarkan. Untuk melakukan branding ini, kamu harus menciptakan promosi yang menarik dan lain daripada yang lain agar pelanggan mendapatkan kesan yang berbeda.

promosi adalah
Sumber: Envato

3. Meningkatkan loyalitas dari konsumen

Dalam dunia bisnis, persaingan kompetitor semakin ketat dan berusaha untuk mengambil pelanggan mu. Maka dari itu kamu harus melakukan penawaran menarik agar pelanggan mu tetap setia menggunakan produk milikmu. Lakukan promosi secara rutin agar pelanggan mengetahui setiap penawaran yang kamu berikan.

4. Memperketat persaingan dengan kompetitor

Persaingan dengan kompetitor merupakan hal yang wajar dalam bisnis. Untuk itu kamu harus pandai-pandai dalam memilih solusi dan cara yang tepat agar produk mu tetap terjual di pasaran dan menghasilkan penghasilan yang stabil. Maka dari itu, promosi adalah solusi untuk memperketat persaingan di dalam bisnis. Promosi yang dilakukan terus menerus dan rutin maka pelanggan dan calon pelanggan akan tertarik kepada tawaranmu.

Apa Saja Fungsi Promosi?

Promosi adalah salah satu langkah yang bisa kamu lakukan untuk membangun dan memperkuat bisnis. Agar promosi bisa berjalan secara optimal maka semua pelaku bisnis harus paham apa fungsi dari promosi. Ada beberapa fungsi dari promosi yang dapat membantu pelaku bisnis untuk mengepakkan sayapnya lebih besar lagi. Apa saja fungsinya?

  • Mengenalkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada semua orang yang menjadi target pasarnya.
  • Menggandeng calon pelanggan potensial.
  • Mempermudah proses bisnis yang lain seperti penjualan dan pemasaran produk.
  • Membangun brand awareness dari sebuah produk.
  • Menjalin hubungan dengan pelanggan atau calon pelanggan.

Itulah beberapa fungsi dari promosi yang wajib diketahui oleh pelaku bisnis. Sekarang DomaiNesia akan mengajak kamu untuk membahas jenis-jenis promosi. Wah ternyata promosi masih terbagi menjadi beberapa jenis ya!

Jenis-Jenis Promosi

Promosi merupakan salah satu cara yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan popularitas produk atau jasa yang ditawarkan. Masing-masing jenis promosi memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan dalam menentukan strategi promosi yang tepat. Promosi terbagi menjadi 4 jenis. Apa saja jenis-jenis promosi yang bisa diterapkan untuk bisnis kamu?

1. Promosi tradisional

Jenis promosi tradisional adalah promosi yang sudah dilakukan dari zaman dahulu hingga saat ini tetap dilakukan. Cara promosi ini yaitu dengan menyebarkan brosur, pamflet, menempelkan stiker, papan reklame, memanfaatkan media cetak seperti koran dan majalah, serta memanfaatkan media digital seperti radio dan televisi. Jenis promosi ini memang sangat efektif dan dapat menjangkau pasar lebih luas. Namun kekurangannya yaitu membutuhkan dana yang cukup besar, apalagi jika kamu ingin melakukan promosi melalui televisi dan papan reklame.

2. Promosi digital

Era yang serba digital saat ini membuat semua orang menggunakan media sosial dalam segala kegiatan. Tidak heran lagi bahwa banyak pelaku bisnis saat ini memanfaatkan sosial media untuk melakukan promosi. Baik melalui Instagram, YouTube, Twitter, Facebook, dan Twitter. Promosi digital ini bisa kamu pilih untuk mempromosikan produk dengan target pasar yang spesifik namun tetap dengan jangkauan yang tetap luas. Dengan memanfaatkan jenis promosi ini, kamu tidak memerlukan biaya yang besar, bahkan kamu bisa melakukannya secara gratis.

3. Promosi langsung

Promosi langsung atau direct marketing adalah kegiatan promosi yang dilakukan secara bertatapan muka dan berkomunikasi langsung dengan pelanggan atau calon pelanggan. Jenis promosi ini cukup efektif karena dapat membujuk dan mengajak calon pelanggan untuk menggunakan produk yang kamu tawarkan. Namun, perlu diingat kamu membutuhkan biaya tambahan untuk sales yang nanti akan menawarkan produk mu melalui stand atau toko.

4. Endorsement

Endorsement mirip dengan digital marketing yaitu dengan memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan produk. Namun, yang menjadi pembeda yaitu jenis promosi ini menggandeng influencer atau artis untuk melakukan promosi produk mu melalui sosial media pribadinya. Kita tahu bahwa influencer dan artis memiliki jumlah followers yang tinggi, maka dari itu kamu berpeluang untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat yang lebih luas. Biaya untuk endorsement biasanya tergantung oleh berapa followers dari influencer dan bisanya juga sudah ditentukan price list nya. 

Jadi jenis-jenis promosi ini ada 4 ya DomaiNesian! Kamu tinggal memilih jenis promosi mana yang cocok untuk bisnis dan modal yang kamu miliki.

Contoh Promosi

Ada banyak jenis strategi promosi yang dapat digunakan bisnis untuk meningkatkan penjualan dan visibilitas, seperti iklan, hubungan masyarakat, kampanye surat langsung, acara, dan lain-lain. Banyak contoh promosi yang sudah diterapkan pelaku bisnis untuk memasarkan produknya. Apa saja contoh promosi?

1. Flash sale

Contoh promosi yang pertama yaitu program flash sale yang biasa kita temui saat membuka marketplace. Contoh promosi ini sangat efektif karena saat ini hampir semua manusia menggunakan market place untuk melakukan transaksi bahkan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Biasanya harga yang ditawarkan cukup miring bahkan hingga setengah dari harga aslinya atau lebih. Flash sale ini dilakukan dalam kurun waktu yang tidak panjang dan produk yang ditawarkan juga cepat sekali habis karena sudah diborong.

promosi adalah
Sumber: Envato

2. Cashback

Saat ini pembayaran menggunakan e-money sangat menjamur dimana-mana. Bahkan saat kamu membeli makanan menggunakan salah satu e-money sebut saja seperti OVO, Shopeepay, dan Go pay banyak promo cashback yang bisa kamu dapatkan. Cashback ini biasanya memiliki syarat bahwa kamu harus melakukan transaksi dengan nominal tertentu. Cashback yang diberikan juga beragam nilai dan bentuknya. Contoh promosi ini juga cukup efektif karena pelanggan akan tergoda dengan cashback yang diberikan sehingga dia membeli produk dengan nilai yang sudah ditentukan.

3. Buy 1 get 1

Pasti kamu sering kan melihat atau bahkan mendapatkan penawaran beli 1 gratis 1. Ini menjadi contoh promosi yang paling sering ditemui baik di department store dan juga rumah makan. Contoh penawaran ini yaitu beli 1 makanan gratis 1 minuman dan masih banyak lagi. Contoh promosi ini menguntungkan kedua belah pihak loh DomaiNesian! Baik dari pelanggan yang akan mendapatkan barang yang mereka inginkan dengan harga yang lebih murah dan juga bagi pelaku bisnis yang bisa memperkenalkan produk barunya. 

4. Combo hemat

Contoh promosi selanjutnya yaitu combo hemat atau bundling. Kamu bisa menggabungkan antara produk terlaris dan produk yang kurang diminati menjadi satu dan menjualnya dengan harga promo. Dengan begitu kamu bisa memanfaatkan stok yang ada dan akan membuat pelanggan tergiur dengan promonya.

5. Subsidi biaya pengiriman

Siapa yang tidak senang jika biaya pengiriman dari pembelian produk mendapatkan subsidi atau gratis ongkir? Pasti semua pelanggan senang dan membuatnya lebih sering belanja pada toko online milikmu. Gratis ongkir ini menjadi contoh promosi yang sering kita temui apalagi saat membeli barang di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee.

6. Potongan harga produk tertentu

Potongan harga pada produk tertentu juga menjadi contoh promosi yang sering dilakukan. Contoh promosi ini sering diterapkan pada produk baru yang diperkenalkan. Dengan potongan harga maka pelanggan bisa mencoba produk baru mu dengan harga yang terjangkau dan membuat pelanggan tertarik untuk mencoba.

7. Promosi melalui blog

Terakhir, contoh promosi adalah melalui blog. Blog atau website bisa kamu manfaatkan juga untuk kegiatan promosi. Banyak loh perusahaan dan bisnis yang sudah besar memanfaatkan blog untuk wadah promosi mereka. Dengan membuka blog maka pelanggan akan diarahkan ke menu utama, lalu melihat produk-produk yang lain dan hal itu bisa menjadi keuntungan untuk penjual. Istilahnya sambil menyelam minum air. Jika kamu masih belum tau bagaimana cara membuat website atau blog maka kamu bisa mengikuti tutorial yang sudah kami bahas sebelumnya.

promosi adalah
Sumber: Envato

Sudah Siap Mempromosikan Bisnismu?

Promosi adalah kunci dari sebuah bisnis dan penjualan. Jika tidak adanya promosi, siapa yang akan mengetahui produk mu? Dalam KBBI, pengertian promosi adalah perkenalan untuk memajukan usaha, dagang, dan sebagainya. Maka dari itu inti dari promosi adalah memperkenalkan produk ke segmen pasar yang sudah ditentukan.

Tujuan dilakukannya promosi yaitu untuk menaikkan penjualan, memperkenalkan produk, bersaing dengan kompetitor, dan juga menciptakan identitas produk. Dalam dunia bisnis ada banyak contoh promosi mulai dari buy 1 get 1, cashback, gratis ongkir, combo hemat, potongan harga, dan juga flash sale. Jenis-jenis promosi ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan promosi dari bisnis kamu. Jadi kamu memilih jenis dan contoh promosi mana yang menurutmu lebih efektif?

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah