• Home
  • Berita
  • Ingin Tahu Apa itu Deep Web Serta Perbedaannya dengan Dark Web?

Ingin Tahu Apa itu Deep Web Serta Perbedaannya dengan Dark Web?

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Website adalah kumpulan informasi yang disajikan dalam bentuk web yang bahkan kamu hampir setiap hari membukanya. Nah untuk itu, istilah deep web dan dark web mungkin sudah tidak asing lagi di telingamu. Apa yang pertama kali terlintas di pikiranmu jika mendengar istilah tersebut? Mungkin kamu mengira keduanya merupakan hal yang sama kan! Deep web memang seringkali dikira sebagai website sisi gelap yang kontennya bersifat ilegal dan berbahaya bahkan disangkut pautkan dengan hacker. Padahal website tersebut menyimpan sejuta informasi penting dan sensitif yang tidak bisa diakses secara publik. Jadi keduanya memang berbeda ya DomaiNesian! Yuk cari tahu deep web lebih dalam lagi!

deep web
Sumber: Envato

Deep Web adalah

Deep web adalah website yang berisi informasi penting dan bersifat rahasia yang membuatnya tidak bisa diakses oleh publik. Sebenarnya kamu sering loh mengaksesnya tapi kamu tidak sadar saja. Kok bisa? Karena halaman kotak masuk email dan juga halaman saldo pada internet banking ternyata termasuk deep web karena berisi informasi penting yang membutuhkan autentikasi jika kamu ingin mengaksesnya. Bayangkan bahwa halaman website itu seperti gunung es.

Yang kamu tahu dan kamu bisa mengakses halaman website hanya pada ujung atas dari gunung es yang terlihat dari permukaan saja loh! Lalu deep web adalah halaman website yang terletak pada pegunungan es yang berada di bawah permukaan air laut sehingga tidak bisa dilihat oleh sembarang orang. Mesin pencari seperti Google hanya dapat mengakses website yang berada pada permukaan air saja seperti mengakses marketplace, film, dan hal-hal yang bisa kamu jangkau. Sebenarnya situs yang berada pada deep web itu bersifat legal dan aman namun perlu kredensial jika ingin mengaksesnya. Ada beberapa bagian dari website ini seperti.

Basis data

Kumpulan file yang dilindungi secara publik maupun privat. Kumpulan file ini tidak terhubung ke area lain di dalam jejaring, sehingga hanya dapat diakses di dalam basis data pada web itu sendiri.

Intranet

Jaringan internal untuk perusahaan, pemerintahan, dan fasilitas pendidikan yang digunakan untuk berkomunikasi dan mengontrol aspek organisasi atau instansi secara privat. Beberapa konten yang termasuk dalam deep web seperti.

  • Akun surat elektronik dan layanan pengiriman pesan
  • Dokumen hukum
  • Data akun media sosial
  • Data berkas resmi perusahaan
  • Data rekam medis
  • Data akun perbankan
  • Data perusahaan yang tersimpan di dalam database
  • Data ilmiah dan akademik yang terdapat di dalam database

Perlu diingat bahwa kamu bisa mengakses deep web dengan browser biasa namun perlu kredensial untuk mengaksesnya.

deep web
Sumber: Envato

Manfaat Deep Web

Secara garis besar terdapat beberapa manfaat mengakses deep web, seperti:

Melindungi data informasi pribadi

Kamu bisa memanfaatkan website ini untuk menyimpan informasi yang menurut kamu pribadi secara online dalam bentuk teks, dokumen, dan dalam bentuk file yang lain. Informasi pribadi tersebut dilindungi dengan autentikasi nama pengguna dan kata sandi. Jika kamu merasa kurang, kamu bisa menambahkan dengan autentikasi ganda ya!

Mengakses informasi pribadi secara aman

Selain untuk menyimpan data pribadi, yang pasti kamu bisa mengakses informasi pribadi tersebut secara aman. Kenapa aman? Karena deep web adalah website yang menyimpan data dan dapat diakses dan ditemukan pada web itu sendiri. 

Resiko Penggunaan Deep Web

Deep web adalah kumpulan dari banyak website yang tidak terindeks oleh mesin pencarian. Bisa diartikan bahwa web ini hanya bisa diakses oleh orang tertentu yang sudah siap menanggung semua resikonya, seperti.

Menyebabkan virus berbahaya yang susah untuk dihilangkan

Pertama, resiko deep web adalah bisa mendatangkan virus yang bisa menginfeksi komputer dan sulit untuk dihilangkan. Internet memang memberikan dampak positif bagi kehidupan sehari-hari. Namun internet juga menjadi sarana penyebaran virus yang efektif dan cepat. Apalagi jika kamu mengakses website satu ini, sebab deep web dikenal memiliki virus yang jauh lebih kuat dan juga kelas berat. Virus tersebut memang susah untuk dihilangkan dan berdampak pada kerusakan yang besar. Itulah mengapa apabila kamu mengakses website tersebut kamu sudah siap menanggung segala resiko dari serangan virus berbahaya.

Siap-siap untuk diincar oleh hacker

Apabila kamu dalam mengakses deep web tidak memasang keamanan ekstra dan juga berhati-hati dalam membuka konten di dalamnya, maka otomatis kamu sudah menjadi incaran hacker dan juga cyber crime yang lain. Selain itu, informasi pribadi milikmu juga bisa bocor dan diakses oleh orang lain. Tidak hanya itu, bahkan mereka bisa membaca lokasi mu loh!

Wow, jika kamu tidak berhati-hati maka kamu bisa mendapatkan ancaman lain seperti penculikan, penipuan, bahkan hingga pembunuhan. Untuk keamanan ekstra dan berjaga-jaga, alangkah lebih baiknya saat kamu mengakses deep web gunakan VPN atau Virtual Personal Network untuk mengelabui IP dan juga lokasi kamu dan juga jangan memulai percakapan dengan siapapun.

deep web
Sumber: Envato

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Mengakses Deep Web

Meskipun deep web sebenarnya relatif aman, namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan hindari saat mengaksesnya. Bukan cuma kamu loh yang mengaksesnya, jika kamu salah sedikit maka cyber crime mengintai kamu. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus kamu hindari seperti.

  • Menjauh dari tautan berbahaya dan mencurigakan.
  • Menghindari melakukan transaksi pembayaran.
  • Jangan lupa menyembunyikan identitas asli.
  • Menghindari percakapan dengan orang asing.
  • Tetap waspada dengan konten yang kamu cari.

Perbedaan Deep Web dan Dark Web

Apa saja perbedaan deep web dan dark web? DomaiNesia akan membahas secara singkat perbedaan ketiganya.

Akses

Perbedaan deep web dan dark web yang pertama terletak pada cara mengaksesnya. Untuk mengakses dark web, kamu memerlukan Tor Browser dan VPN, sedangkan untuk mengakses deep web, kamu tidak memerlukan browser khusus ataupun VPN.

Keamanan

Perbedaan deep web dan dark web berikutnya yaitu masalah keamanan. Untuk tingkat keamanan, dark web memiliki tingkat keamanan yang lebih rendah jika dibanding deep web karena untuk mengakses dark web kamu memerlukan tambahan software yang harus kamu pasang di komputer kamu. Jika kamu tidak berhati – hati bisa saja komputer kamu terancam.

Jumlah

Dark web hanyalah sebagian kecil dari deep web. Sedangkan deep web adalah bagian terbesar dari internet dan melebihi surface web (website yang biasa kita gunakan). Maka dari itu, dari segi jumlah juga menjadi perbedaan deep web dan dark web.

Konten

Perbedaan deep web dan dark web berikutnya dapat dilihat dari segi konten. Dark web sudah dirancang dengan enkripsi dan memang sudah sengaja disembunyikan karena biasanya menjadi pusat kegiatan ilegal dan memiliki konten yang ilegal juga. Sedangkan deep web adalah situs internet yang tidak terindeks di mesin pencarian namun memiliki konten yang legal.

Sumber: Envato

Jadi, Sudah Paham Deep Web kan?

Deep Web adalah website yang tidak dapat diakses secara publik karena tidak terindeks pada mesin pencarian namun tetap memiliki konten yang legal dan aman. Contoh dari website ini seperti data email pribadi, data akun media sosial, data akun perbankan, hingga data perusahaan yang tersimpan di database.

Meskipun deep web aman, tapi kamu harus tetap waspada ya DomaiNesian dari kejahatan berinternet dengan memperhatikan cyber security pada komputer kamu. Setelah membaca artikel ini, kamu jadi tahu kan jika deep web dan dark web adalah hal yang berbeda. Perbedaan deep web dan dark web yang paling kentara terletak pada konten yang disuguhkan, jika deep web memiliki konten yang legal sedangkan dark web memiliki konten yang ilegal. Jangan salah paham lagi ya!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah