• Home
  • Berita
  • Inilah Daftar Alamat Google Dunia Paling Update

Inilah Daftar Alamat Google Dunia Paling Update

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

“Kenapa harus pakai Google luar negeri sih? Memangnya ada bedanya dengan yang biasa kita gunakan?”

Nah, itu mungkin pertanyaan kamu ketika ada teman yang Googling dengan alamat Google negara lain. Alasannya, selama ini kamu mungkin selalu menggunakan Google.co.id yang sesuai dengan lokasi Indonesia.

Bagi yang belum memahaminya, hal ini tentu aneh. Padahal kamu sebenarnya bisa mendapatkan keuntungan ketika menggunakannya, lho. Apalagi cara browsing Google luar negeri itu mudah.

Baiklah, agar kamu tidak makin penasaran, yuk baca sampai selesai agar bisa segera memanfaatkannya!

alamat google dunia
Sumber: Envato

Apa itu Alamat Google?

Alamat Google adalah URL website Google yang utamanya menggunakan google.com. Pun begitu, itu sebenarnya merupakan domain Google untuk wilayah Amerika Serikat. Untuk negara tertentu, URL Google-nya akan berbeda sesuai dengan domain di negara tersebut.

Sebagai contoh, alamat Google luar negeri Jepang menggunakan google.co.jp. Sementara di Rusia, kamu akan menggunakan google.ru. Ya, domain adalah penentu dari perbedaan tersebut dengan ekstensi yang berbeda-beda.

Google memiliki alamat yang berbeda untuk menyesuaikan dengan penggunanya. Caranya, dengan menggunakan berbagai metode untuk menentukan lokasi pengguna.

Itu bisa dilakukan dari pengenalan alamat IP, mendeteksi pengaturan bahasa pada perangkat, dan layanan lokasi pada perangkat.

Kalau Google tidak dapat menentukan lokasi pengguna secara pas, Google akan menetapkan lokasi default ke negara atau wilayah tempat alamat IP pengguna berada.

Kenapa Ada Banyak Alamat Google Dunia?

Intinya, Google ingin memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna dengan menampilkan hasil pencarian yang relevan dengan lokasi pengguna tersebut. Itulah kenapa ada banyak alamat Google seluruh dunia.

Penjelasan lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Bahasa yang Beragam

Google ingin memberikan hasil pencarian terbaik kepada pengguna. Nah, dengan menampilkan hasil penelusuran dalam bahasa pilihan pengguna, Google ingin konten yang disajikan kepada penggunanya akan lebih sesuai.

Kamu mungkin tidak akan melihat perbedaannya pada bahasa yang sama-sama menggunakan huruf latin. Tapi, hal itu akan sangat terasa bagi pengguna bahasa dengan huruf khusus seperti di Jepang atau Korea. Itulah kenapa Google luar negeri Jepang perlu untuk memiliki URL sendiri.

2. Mata Uang yang Berbeda

Bukan hanya terkait bahasa, banyaknya alamat Google dunia juga dipengaruhi oleh mata uang di setiap negara yang berbeda. Ini tentu sesuai dengan perkembangan Google yang bukan hanya untuk pencarian informasi berupa artikel.

Adanya Google shopping menunjukkan bahwa mesin pencari ini ingin memenuhi segala kebutuhan pengguna, termasuk kebutuhan berbelanja.

Nah, jika Google menampilkan hasil pencarian yang masih menggunakan mata uang dolar dan bukan mata uang lokal pengguna, tentu akan mengurangi kenyamanan.

Pengguna akan harus melakukan perhitungan untuk mengkonversi dari mata uang USD ke Rupiah, misalnya.

3. Hukum dan Peraturan yang Berbeda

Sebagai perusahaan dengan audiens global, Google harus mematuhi hukum dan peraturan di negara tempat Google beroperasi. Ini juga alasan besar kenapa daftar alamat Google seluruh dunia ada.

Google akan lebih mudah untuk menyesuaikan hasil pencarian yang akan ditampilkan sesuai dengan ketentuan atau undang-undang yang berlaku di negara tersebut.

Sebagai contoh, hasil pencarian Google di Indonesia tidak akan memberikan hasil untuk pencarian terkait dengan judi, pornografi dan lainnya. Mau di Eropa, hasil pencarian Google harus sesuai dengan undang-undang terkait perlindungan privasi yang ada di sana.

alamat google dunia
Sumber: Envato

Fungsi Alamat Google

Setelah mengetahui berbagai alasannya, kamu tentu sudah bisa menebak apa saja fungsi alamat Google luar negeri

  • Loyalitas Pengguna.  Apabila pengguna melihat hasil penelusuran yang relevan dengan wilayah mereka, akan lebih sering mereka menggunakan layanan dari mesin pencari tersebut.
  • Taat Hukum. Google bisa lebih mudah mematuhi hukum dan peraturan negara dari target pengguna mereka. Kalau Google memberikan layanan di negara Eropa, maka perusahaan tersebut bisa menjamin setiap pengguna mereka paham bagaimana Google mengelola data pribadi mereka sesuai aturan GDPR. Tentunya, menggunakan bahasa lokal yang mereka pahami.
  • Performa. Dengan pembagian alamat Google dunia sesuai dengan negara pengguna, Google dapat mengoptimalkan layanannya. Misalnya, Google bisa menggunakan server yang berbeda untuk menayangkan hasil penelusuran di negara yang berbeda. Atau, Google menjalankan algoritma yang berbeda untuk menentukan peringkat website di negara yang berbeda.

Itu tadi fungsi Google luar negeri dari sudut pandang Google sebagai penyedia layanan. Lalu, bagi pengguna sendiri apa fungsi alamat Google dunia?

  • Hasil pencarian yang relevan. Bisa dibayangkan apabila pengguna di Indonesia ingin membeli sebuah sepatu. Namun, hasil pencarian yang diberikan Google dari berbagai toko sepatu di luar negeri. Nah, hal ini tidak akan terjadi apabila ada sebuah Laman Google khusus untuk pengguna di Indonesia.
  • Kemudahan Penggunaan. Salah satu hambatan dalam mendapatkan informasi adalah terkait penggunaan bahasa. Jadi, apabila pengguna dapat menggunakan layanan Google dalam bahasa lokal mereka akan lebih mudah untuk menggunakan layanan.

Kalau bagi pemilik website, fungsi alamat Google seluruh dunia apa, ya?

  • Menjangkau Audiens yang Lebih Luas. Pemilik website dapat menjangkau audiens yang lebih luas dengan membuat website mereka tersedia dalam berbagai bahasa.
  • Meningkatkan Traffic dan Pendapatan. Website yang tersedia dalam berbagai bahasa dapat menghasilkan lebih banyak traffic dari pengguna di berbagai negara, apalagi kalau sudah menyediakan pembayaran yang menerima berbagai mata uang.

Cara Menggunakan Alamat Google Luar Negeri

Inilah beberapa cara browsing Google luar negeri apabila kamu ingin mendapatkan hasil pencarian yang berbeda dengan lokasi kamu berada atau bahasa yang lain:

1. Lewat Hasil Pencarian Alamat Google Seluruh Dunia

Kamu bisa menggunakan Google luar negeri dengan cara:

  • Buka browsermu, baik Google Chrome, Firefox, Brave atau lainnya.
  • Ketikkan “Google spasi Negara yang dituju” pada kolom URL yang biasanya akan mengarahkan ke hasil pencarian Google. Sebagai contoh, Google US atau Google Amerika.

google luar negeri

  • Pilih Google USA dari hasil pencarian, atau sesuai tujuan negara yang kamu inginkan. Untuk memastikan, kamu bisa melihat pada bagian URL. Sebagai contoh, untuk Google luar negeri Jepang, kamu bisa memilih URL paling atas atau di bawahnya.

google luar negeri

2. Langsung Mengetikkan Alamat Google Dunia

Apabila kamu sudah mengetahuinya, langkah paling mudah adalah dengan langsung mengetikkan alamat Google dunia yang menjadi tujuan kamu.

  • Buka browser kamu
  • Ketikkan URL Google luar negeri yang dituju. Sebagai contoh, kalau kamu akses Google Korea, kamu bisa mengetikkan “google.com.kr”. Nantinya, kamu akan diarahkan ke halaman Google yang menggunakan huruf Hangul.

google luar negeri

3. Menggunakan VPN atau Proxy

Cara browsing Google luar negeri yang terakhir hanya disarankan bagi kamu yang sudah mahir. Kamu bisa memanfaatkan proxy gratis atau menggunakan aplikasi VPN dengan server negara lain.

Kamu dapat mengubah alamat Google luar negeri dengan membuka halaman “Pengaturan” di browser mengisikan proxy yang kamu inginkan. Setelah menyimpan pengaturan, setiap akses yang kamu lakukan dari brosur tersebut akan dianggap berasal dari negara sesuai proxy yang dipakai.

Daftar Alamat Google Luar Negeri Terlengkap

Berikut ini adalah alamat Google seluruh dunia yang perlu kamu pahami agar bisa mengakses pencarian dengan lebih tepat:

google luar negeri

google luar negeri

google luar negeri

google luar negeri

google luar negeri

google luar negeri

google luar negeri

google luar negeri

google luar negeri

Alamat Google Dunia Manakah yang Akan Kamu Gunakan?

Ternyata ada banyak alamat Google luar negeri, bukan? Semua itu diciptakan bukan sekadar iseng atau membingungkan pengguna. Namun, alamat Google dunia justru membantu pengguna untuk mendapatkan hasil pencarian terbaik.

Kalau ingin menggunakan pencarian default, maka akan mendapatkan hasil pencarian sesuai dengan lokasi di mana kamu berada. Sedangkan, apabila ingin mendapatkan hasil pencarian yang spesifik dari negara lain, cukup menggunakan Google luar negeri yang diinginkan.

Di sisi lain, adanya alamat Google seluruh dunia juga memastikan Google memenuhi ketentuan undang-undang yang berlaku di negara pengguna. Selain itu, juga untuk memastikan bahwa Google dapat menjaga performa.

Kami sudah menjelaskan bagaimana cara browsing Google luar negeri dengan beberapa langkah mudah. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat. Dapatkan informasi terkait teknologi dan website di artikel-artikel kami lainnya.Salam!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds