• Home
  • Berita
  • 7 Tips Membuat Agensi Digital Marketing

7 Tips Membuat Agensi Digital Marketing

Oleh Argadahana
No ratings yet.
7 Tips Membuat Agensi Digital Marketing

Membangun sebuah agensi digital marketing tidak dapat dilakukan semudah membalikkan telapak tangan. Namun peluang untuk memperoleh keuntungan yang besar masih terbuka lebar. Hal ini karena pemasaran kini banyak melibatkan media digital.

Kenapa Membuat Agensi Digital Marketing?

Agensi digital marketing adalah agensi yang menyediakan jasa pemasaran menggunakan media digital seperti mesin pencari, media sosial maupun media elektronik. Peranan agensi digital marketing kini semakin dibutuhkan mengingat ketatnya persaingan di dunia digital, berbanding terbalik dengan pengetahuan dalam menggunakan media digital yang tergolong baru ini.

Sehingga banyak perusahaan maupun perorangan yang membutuhkan jasa agensi digital untuk membantu mencapai tujuan yang diharapkan. Baik itu bertujuan untuk menyebarkan awareness hingga mencapai sejumlah penjualan atau konversi.

Nah, sebelum memulai sebuah agensi digital marketing kamu perlu memperhatikan 7 tips berikut ini agar memudahkan perjalanan memulai bisnis ini.

Mempekerjakan Karyawan yang Sesuai

Jika kamu memiliki peran untuk membuat sebuah agensi digital marketing, baik membangun untuk pihak eksternal maupun internal, pastikan bahwa kamu mempekerjakan karyawan yang sesuai pada bidangnya.

Hal yang sering terjadi pada perusahaan besar adalah, karyawan rentan untuk dipindahkan dari satu bidang ke bidang lain yang mereka tidak begitu menguasai. Dan jika kamu memiliki “keberuntungan” untuk membentuk tim kamu sendiri, maka kamu punya kesempatan untuk merekrut orang yang tepat.

Bekerja Secara Remote

Bekerja secara remote atau jarak jauh tidak hanya terjadi karena pandemi. Terutama pada bidang digital marketing. Mengingat serba cepatnya bidang pemasaran digital, maka kemampuan untuk bekerja secara cepat tanpa harus berangkat ke kantor adalah sebuah kebutuhan utama.

Selain dapat memangkas waktu, bekerja secara remote juga lebih efisien karena dapat dilakukan di mana saja. Untuk itu kamu perlu berinvestasi pada alat yang dapat mendukung budaya kerja ini.

Mengerjakan Hal yang Kamu Suka

Dunia digital adalah dunia yang cukup menggoda untuk bisa dipelajari semuanya. Mungkin kamu telah bisa membuat copywriting yang baik, membuat sebuah website, mengedit foto untuk postingan, atau menjalankan iklan. Namun, hal yang paling aman adalah jika kamu mengerjakan bidang yang merupakan passion utama kamu.

Mengerjakan bidang yang menjadi passion utama ini akan membantu kamu bisa memaksimalkan pekerjaan yang sedang dilakukan. Tidak hanya itu, mengingat waktu adalah uang, maka setiap pekerjaan pun ada baiknya dibagikan pada anggota tim agar lebih efisien.

Lagi pula, kue yang disajikan masih cukup besar pada bidang ini, tidak ada salahnya membagi beberapa potong bukan?

Membentuk Budaya Kerja yang Sesuai

Budaya kerja mungkin adalah hal yang paling penting ketika kamu ingin membangun sebuah agensi digital marketing. Untuk membangun sebuah budaya yang baik kamu perlu memperhatikan kepuasan kerja dan moral karyawan, tingkat stres hingga cara untuk meningkatkan performa kerja.

sumber: pixabay.com

Hal-hal yang telah disebutkan tadi adalah variabel yang dapat digunakan untuk menentukan budaya kerja yang tepat. Ketika budaya kerja yang digunakan sudah tepat, maka karyawan bisa memaksimalkan potensi mereka dan tentunya akan selalu loyal pada perusahaan.

Budaya kerja yang kerap diterapkan secara formal biasanya adalah aturan berpakaian atau seragam kerja. Sedangkan yang informal misalnya cara kamu atau karyawan memanggil karyawan lainnya. Misalnya memanggil bro/sis atau pak/bu, yang tentunya menghasilkan dampak yang berbeda-beda pada setiap orang tergantung latar belakang budaya mereka masing-masing.

Memilih Industri yang Kamu Suka

Salah satu hal yang sebaiknya diperhatikan ketika memulai sebuah agensi digital marketing adalah memahami bidang spesifik mana yang kita kuasai. Misalnya kamu lebih memiliki pengetahuan di bidang kesehatan atau finance, maka fokuslah pada kedua bidang tersebut.

Dengan memiliki spesifikasi pada bidang khusus akan memberikan kamu kesempatan lebih dalam untuk menggali lebih dalam program maupun strategi pemasaran yang bisa dilakukan. Tidak cuma itu, kamu juga bisa dikenal sebagai spesialis pada bidangnya, yang akan memberikan kesempatan untuk memperoleh klien yang lebih banyak.

Membagi Tugas Kepada Karyawan

Dalam menjalankan sebuah aktifitas pemasaran, seperti yang telah dijelaskan diatas, kamu lebih baik memiliki sebuah tim yang sesuai dengan bidang yang dibutuhkan. Pastikan setiap peran yang menjalankan SEO, SEM, media sosial atau content marketing, terisi dengan talenta talenta yang terbaik.

Memiliki sebuah tim dalam agensi digital marketing yang kamu buat, lebih baik daripada memiliki sekumpulan individu yang bekerja secara freelance.

Membuat Proses Kerja dan SOP yang Sukses

Jika kamu memiliki kelebihan pada bidang digital dengan fokus pada sebuah industri, maka kamu akan mengetahui seluk-beluk industri tersebut dan cara apa yang terbaik untuk mengimplementasikan berbagai tugas dan proses kerja.

membuat proses kerja
sumber: pixabay.com

Proses kerja dan SOP dalam menjalankan kegiatan marketing tentunya akan berbeda-beda untuk setiap industri. Sebagai contoh pada industri makanan yang berkaitan dengan segmen anak muda yang menggunakan penyebutan yang lebih casual pada para pengunjung media sosialnya.

Sebagai akhiran, jika kamu memiliki kesempatan untuk membangun sebuah agensi digital marketing atau membangun tim di sebuah perusahaan, catatlah bahwa kamu telah memiliki posisi yang menguntungkan. Ingat, ini membutuhkan banyak dedikasi waktu dan kerja pada awal pendiriannya. Namun akan sebanding dengan besarnya kesempatan yang akan datang. Selamat berproses!

Sumber: Search Engine Journal

Argadahana

Mass communication enthusiast, currently finishing MBA @UGM. Got critics, suggestions, or want to discuss this topic more? Feel free to hit me on my social accounts. :D

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!