• Home
  • Tips
  • 7 Strategi Konten Marketing Yang Harus Kamu Terapkan

7 Strategi Konten Marketing Yang Harus Kamu Terapkan

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Hai DomaiNesians! Bill Gates, dulu pernah bilang ‘Content is King’ yang artinya konten adalah raja. Dan sepertinya perkataan Bill Gates ada benarnya juga. Saat ini dengan adanya konten dalam industri bisnis, pengaruhnya akan membuat bisnis ikut berkembang.

Misalnya website akan banyak dikunjungi, media sosial akan di-follow banyak orang, atau mendapat customer baru dan menjangkau audience yang tepat sesuai dengan bidang bisnis yang dijalankan.

Konten Marketing Strategi
Sumber: Freepik

Hanya saja setelah membuat konten, kamu harus menerapkan strategi konten marketing untuk mempromosikan konten yang kamu buat. Tujuannya tentu saja agar konten yang dipublikasikan menjangkau orang yang tepat.

Nah, kali ini akan dijelaskan 7 strategi konten marketing yang harus kamu lakukan untuk menjangkau banyak orang. Simak penjelasannya ya!

Gunakan Email

Strategi konten marketing yang pertama adalah dengan menggunakan email. Jadi, setelah kamu membuat konten, baik itu berupa blog post, ebook, podcast, video, atau konten lainnya. Gunakan email untuk mempromosikannya.

Kirimkan email berisi link ke konten secara personal dan hanya konten yang berkualitas ke target pembaca. Pastikan juga target pembaca adalah orang yang memang membutuhkan konten yang kamu buat.

Misalnya, konten tentang blog atau website, tentu akan dikirim ke blogger; atau konten tentang kecantikan, tentu akan dikirim ke wanita.

Mengelompokkan Konten

Strategi konten marketing selanjutnya adalah mengelompokkan konten. Dalam website, pengkategorian konten berdasarkan isi kontennya bisa sangat mudah dilakukan.

Tujuannya untuk memudahkan pembaca yang berminat pada kategori tertentu dan ingin membaca lebih lanjut. Tak hanya itu, pengelompokkan konten juga bisa dilakukan melalui sebuah postingan.

Misalnya konten yang membahas tentang ‘Cara Membuat Website’, bisa disisipkan link ke konten lain yang berhubungan dengan website. Seperti ‘Cara Membeli Domain dan Hosting’, ‘Plugin yang Wajib Digunakan’, dan sebagainya.

Promosi melalui Email Newsletter

Strategi konten marketing yang ketiga adalah membangun promosi melalui email newsletter. Hanya saja, promosi dengan strategi ini harus dimulai dengan membangun daftar email terlebih dahulu.

Jadi tambahkan fitur berlangganan atau subscribe di website kamu. Sehingga orang-orang yang datang dan tertarik dengan konten yang kamu punya akan mendaftarkan emailnya untuk berlangganan.

Dengan begitu setiap kali mempublikasikan konten, konten akan terkirim secara otomatis melalui email ke subscriber. Inilah yang akan membuat konten kamu banyak dilihat.

Mentransformasi konten

Saat ini konten itu tidak hanya dinikmati dalam bentuk tulisan saja. Bisa juga dalam bentuk lain seperti video atau audio. Nah, strategi konten marketing selanjutnya adalah mentransformasi kontan yang sudah ada sebelumnya menjadi bentuk konten baru.

Misalnya konten artikel dibuat menjadi infografis atau podcast; bisa juga konten video dibuat menjadi konten ebook; dan sebagainya.

Konten Marketing Strategi
Sumber: Freepik

Dengan begitu, kamu akan mendapat audience baru sesuai dengan preferensi jenis konten yang kamu buat. Kamu akan mendapatkan followers baru jika mempublikasikan konten infografis di media sosial seperti Instagram.

Bisa juga mendapat subscriber baru dengan mempublikasikan konten video di Youtube.

Intinya dalam strategi konten marketing ini, kamu harus mengenalkan brand di berbagai platform media untuk menjangkau lebih banyak audience yang tertarik dengan konten yang kamu buat.

Publikasi Ulang Konten

Terkadang, cara ampuh untuk strategi konten marketing adalah dengan mempublikasikan ulang konten yang pernah kamu publikasikan.

Misalnya, setelah dipublikasikan di blog, publikasikan juga di media sosial. Sehingga orang-orang yang ada di media sosial kamu tertarik dan ikut mengunjungi konten blog kamu.

Atau kamu juga bisa mengubah tanggal publikasi konten di blog. Biasanya orang-orang suka membaca hal-hal yang baru-baru ini dirilis, sehingga konten yang sudah ketinggalan zaman sulit untuk mendapat perhatian.

Untuk itulah dengan mengubah tanggal publikasi konten, kemungkinan besar pengunjung akan menjadi tertarik untuk membacanya. Dan konten akan menjadi di posisi teratas di blog feed kamu.

Content RoadShow

Strategi konten marketing selanjutnya adalah content roadshow yang artinya adalah menyebarkan konten ke berbagai media. Cara ini selain untuk mendapatkan traffic, juga bisa digunakan untuk meningkatkan performa SEO pada blog.

Jadi caranya adalah dengan mengajukan content placement pada blog atau website orang lain yang mempunyai pengaruh. Content placement ini bisa berbayar atau bisa juga gratis yang biasa disebut dengan guest blog.

Jadi setelah kamu mengirimkan artikel atau konten orisinil, konten akan dipublikasikan di blog tersebut. Dengan begitu, kamu akan mendapat link aktif menuju blog kamu.

Hal ini selain akan meningkatkan posisi pencarian blog di search engine juga bisa menjangkau pengunjung baru yang berasal dari blog tempat konten dipublikasikan.

Hubungi Orang/Perusahaan yang Disebut Dalam Konten

Strategi konten marketing yang terakhir adalah dengan menghubungi orang atau perusahaan yang kamu sebut di dalam konten yang kamu buat.

Sebenarnya strategi terakhir ini sangat mudah, tapi juga bisa sangat berdampak.

Jika orang atau perusahan tersebut merespon, bisa saja mereka memberikan atau mempromosikan konten kamu melalui media atau platform yang mereka gunakan.

Konten Marketing Strategi
Sumber: Freepik

Promosikan Konten Untuk Menjangkau Lebih Banyak Audience

Saat ini banyak sekali konten yang bertebaran di Internet. Namun, hanya konten yang terpilih saja yang akan dilihat, dikunjungi, atau dilirik banyak orang.

Sehingga dibutuhkan strategi konten marketing agar konten yang dipublikasikan bisa menjangkau banyak audience yang tepat.

Tanpa promosi dan menggunakan strategi yang tepat, konten yang dipublikasikan tidak punya kesempatan untuk dilihat banyak orang.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!