• Home
  • Tips
  • 11 Tips Interview Podcast Agar Tidak Membosankan

11 Tips Interview Podcast Agar Tidak Membosankan

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

DomaiNesians! Kalau kamu penggemar podcast, pasti kamu pernah menemukan podcast yang pertanyaannya membosankan atau mungkin host yang tidak berhenti membicarakan diri mereka sendiri. Wawancara podcast terdengar mudah, tapi kenyataanya tidak.

Percakapan yang mengalir dari satu topik ke topik berikutnya serta host dan bintang tamu yang menikmati percakapan adalah sebuah keterampilan yang membutuhkan latihan.

tips interview podcast
Sumber: Freepik

Sebagai host podcast, kamu bertanggung jawab untuk menciptakan podcast yang tidak membosankan dan layak didengar. Inilah 11 tips interview podcast yang bisa kamu coba.

Undang Tamu yang Kamu Minati

Tips interview podcast yang pertama adalah mengundang tamu yang menarik. Jangan menginterview seseorang hanya karena mereka terkenal atau memiliki jabatan yang oke.

Kamu harus memiliki tamu yang audiens mu benar-benar tertarik untuk mendengarkan apa yang tamu kamu ceritakan. Lebih baik lagi, jika tamu kamu sesuai dengan topik podcast.

Riset Tamu

Memberikan terlalu banyak pertanyaan kepada tamu akan membuat percakapan terasa kaku malah dianggap tidak sopan. Kamu perlu mencari tahu tentang cara mereka berkomunikasi apakah jawaban mereka panjang atau pendek, apakah mereka suka out of topic.

Riset yang bisa kamu coba untuk mencari tahu tentang tamu podcast:

  • Cari tahu di halaman page di website mereka. Jangan terjebak pada riwayat karier atau achievement, karena belum tentu ini menjadi hal yang bagus untuk menjadi topik interview.
    Ketika kamu membaca halaman about, coba untuk memahami mereka secara personal. Perhatikan sesuatu yang menarik dan tidak biasa tentang mereka.
  • Cari tahu tentang topik apa yang mereka posting baru-baru ini di media sosial. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai diskusi dalam interview dan juga memberikan opini dan alasan mereka mengenai topik tersebut.
  • Temukan tamu kamu di podcast lain. Kamu bisa mencari tahu apakah mereka pernah muncul di podcast lain dan dengarkan beberapa diantaranya.
    Kamu akan mendapatkan gambaran tentang topik yang paling mereka suka dan bagaimana mereka akan tampil di podcastmu.

Siapkan dan Berikan Pertanyaan Investigasi

Setelah mau melakukan riset, tips interview podcast selanjutnya adalah memikirkan tentang pertanyaan yang akan kamu sampaikan. Kamu harus menemukan pertanyaan yang kreatif.

Jangan sampai pertanyaan yang kamu sampaikan sudah pernah ditanyakan oleh podcast lain dan mungkin kamu akan mendapatkan jawaban yang sama.

Kalau podcast kamu bertujuan untuk membantu pendengar belajar, fokuslah pada pertanyaan mengapa dan bagaimana. Usahakan tamu kamu memberikan contoh konkret, tips dan studi kasus mengenai topik podcastmu.

Kamu juga harus memposisikan diri menjadi pendengar podcast dan berikan pertanyaan yang benar-benar audiens inginkan jawabannya.

Sebagai persiapan, kamu bisa membuat daftar pertanyaan tetapi tidak perlu kaku untuk mematuhinya secara runtut. Lakukan saja interview secara fleksibel dan terbuka.

Kalau kamu sambil membaca list pertanyaan, interview tidak akan mengalir secara alami.

Proses Pra-Wawancara

Membuat tamu nyaman adalah salah satu tips interview podcast yang baik. Kamu bisa mengajak ngobrol santai terlebih dahulu sambil menyuguhkan minuman atau snack untuk mereka untuk mencairkan suasana.

tips interview podcast
Sumber: Freepik

Obrolan sebelum interview ini bisa digunakan sebagai bahasan pada saat interview podcast. Kalau interviewnya secara jarak jauh, kamu perlu memberikan beberapa informasi kepada mereka mengenai penjelasan singkat topik podcastmu dan siapa target audiensmu untuk membantu mereka menyesuaikan jawaban dengan audiensmu.

Setelah merekam podcast, kamu juga perlu menginfokan kapan episodenya publish dan bagaimana cara promosinya.

Jaga Percakapan Terus Mengalir

Waktu 30 menit akan terasa singkat kalau kamu memiliki banyak hal menarik untuk dibahas. Jangan takut untuk menarik kembali percakapan tamu kalau mereka out of topic.

Audiens podcastmu lebih ingin mendengar tamu daripada kamu, jadi berikan pertanyaan yang jelas dan ringkas saja sebagai interviewer. Kalau memungkinkan, selipkan humor agar interview tidak terlalu formal.

Penasaran dan Hadir Sepenuhnya

Interviewer yang benar-benar tertarik dengan apa yang tamu katakan jauh lebih menarik dan hadir sepenuhnya daripada mereka yang ingin pamer atau memberi tahu audiens banyak hal yang sudah mereka ketahui.

Jangan Potong Jawaban

Tips interview podcast yang selanjutnya adalah jangan memotong tamu saat berbicara karena bisa membuat mereka dan audiens yang mendengar jengkel. Ketika tamu mengatakan sesuatu yang lucu, kamu boleh tertawa tetapi tetaplah diam saat mereka berbicara.

Aktif Mendengarkan

Menjadi pendengar yang baik adalah kunci. Kamu tidak perlu terobsesi dengan pertanyaan berikutnya yang akan kamu sampaikan saat tamu kamu sedang berbicara. Kamu perlu mendengarkan agar tidak kehilangan maksud jawaban mereka.

Selalu Nyalakan Recorder

Tips interview podcast ini seringkali diacuhkan. Jangan mematikan perekam atau mikrofon sampai kamu benar-benar yakin kalau interview telah selesai. Bisa saja tamu kamu mengucapkan kutipan yang bisa direkam dan menjadi penutup di akhir podcastmu.

Dengarkan Kembali

Mendengarkan diri sendiri adalah salah satu cara terbaik untuk membuat podcast yang lebih baik. Saat kamu mendengarkan ulang interview, kamu bisa mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan baik itu pertanyaan yang bisa lebih singkat, poin penting yang memutuskan alur interview dan lain-lain.

Belajar dari Interviewer Profesional

Kamu bisa mendengarkan podcaster yang kamu kagumi, buat catatan dan modifikasi cara dia dengan caramu sendiri. Jangan meniru. Cari tahu apa yang membuat mereka menonjol?

Apakah bisa menerapkan teknik wawancara mereka dalam podcastmu? Podcaster profesional berawal dari podcaster amatir. So, tips interview podcast yang terakhir, jangan ragu untuk belajar lebih banyak dari mereka.

tips interview podcast
Sumber: Freepik

Jangan Takut untuk Memulai

Itulah tips interview podcast yang bisa kamu coba untuk memproduksi podcast berkualitas dan informatif untuk audiensmu. Perlu diingat, podcaster profesional bermula dari pemula. Segera cari tahu tamu yang akan kamu ajak ke podcastmu dan terapkan tips-tips di atas.

Ratna Patria

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!