• Home
  • Tips
  • SEO Time! Begini Cara Menulis Artikel SEO yang Optimal

SEO Time! Begini Cara Menulis Artikel SEO yang Optimal

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Halo, DomaiNesians! It’s SEO Time! Ini mungkin jadi salah satu artikel yang kamu tunggu-tunggu ya. Akhir-akhir ini memang banyak ber-sliweran kata SEO dalam berbagai artikel atau bahasan lainnya. Banyak orang bilang SEO adalah hal penting dalam sebuah bisnis. Apa benar sih? Emang apa itu SEO? Gampangnya gini deh, Search Engine Optimization (SEO) ini merupakan teknik yang membuat sebuah konten dapat ter-indeks dengan baik pada pencarian Google sehingga mampu menempati peringkat atas bahkan pada halaman pertama pencarian Google.

Siapa yang tidak mau sih kalau ada orang yang melakukan pencarian kata kunci “Toko Buku” dan website toko buku mu berada di nomer 1 hasil pencarian tersebut. Pasti website mu akan kebanjiran pengunjung. Hmm, lalu bagaimana teknik SEO tersebut? Tenang, penjelasan dibawah ini akan membantumu memahami teknik SEO tersebut khusus cara menulis artikel SEO ya. Yuk, simak baik-baik!

cara menulis artikel seo
Sumber: Envato

 

Apa itu Artikel SEO?

Tahu cara bikin artikel SEO? Apa itu artikel SEO? Bagaimana cara menulis artikel SEO? Ini merupakan contoh pertanyaan-pertanyaan yang mungkin baru muncul sekitar 5 tahun terakhir. Bisa dibilang ini merupakan disrupsi dalam dunia menulis. Ini tentu sangat erat kaitannya dengan munculnya raksasa search engine Google atau mesin pencari lainnya. Dalam mesin pencari, terdapat jutaan bahkan lebih konten yang dapat diakses seluruh orang didunia ini yang tersambung dengan internet. Tak dapat dihindarkan juga akan adanya konten dengan topik yang sama disana. Saat inilah SEO masuk. 

Tentu kamu tidak mau jika konten yang telah kamu buat tidak ada yang mengakses karena konten tersebut tidak muncul dihalaman pertama Google. Mengapa demikian? Ini disebabkan faktor kemalasan orang untuk membuka halaman kedua dan seterusnya atau scroll terlalu bawah saat sedang melakukan pencarian di Google. Sekali lagi, saat inilah SEO masuk.

Konten atau artikel SEO merupakan konten yang di optimasi sesuai dengan kaidah yang diterapkan oleh Google dalam menentukan posisi atau peringkat suatu konten di mesin pencarinya. Mau tidak mau, kamu harus nurut sama Google agar mendapatkan peringkat atas, walaupun memang Google tidak secara langsung membocorkan caranya. Namun dalam banyak prakteknya, telah banyak yang mencobanya dan sukses. Lalu bagaimana cara menulis artikel SEO? Apakah penulisan judul, penggunaan kata, dan tipe penyampaian bahasa berpengaruh terhadap SEO dan menentukan peringkat dalam mesin pencari Google? 

Cara Menulis Artikel SEO

Bisa dibilang bahwa cara bikin artikel SEO ini susah-susah gampang. Pertama, yang perlu kamu pahami adalah kesadaran bahwa SEO benar-benar membantumu dalam meningkatkan posisi website atau konten mu dalam pencarian Google. Ini penting untuk membuatmu konsisten terus berupaya mencapainya! Kedua, pahami cara menulis artikel SEO secara lengkap mulai dari persiapan hingga eksekusi penulisan. Nah, berikut ini adalah dasar dalam cara menulis artikel SEO yang perlu kamu ketahui.

Persiapan

Tahap pertama dalam kaitannya cara menulis artikel SEO  ini adalah dengan banyak melakukan riset sebelum eksekusi penulisan dimulai. Ini merupakan tahap yang sangat penting dalam rangkaian cara menulis artikel SEO. Tanpa melakukan tahap ini, bisa dipastikan artikel atau konten yang kamu buat tidak bisa disebut dengan artikel SEO karena pada tahap ini kamu akan menentukan keyword utama dan LSI keyword (Latent Semantic Indexing) yang akan kamu gunakan dalam artikel.

1. Gunakan Alat Riset untuk Menemukan Topik Hebat 

Langkah pertama untuk mempelajari cara menulis artikel SEO adalah menentukan topik yang baik. Jika di kepalamu terus berputar ide dan mencoba mencari tahu apa yang ingin dibaca orang, cobalah bekerja lebih efektif dengan menggunakan tools  yang dapat membantu kamu. Tools cara mencari kata kunci atau keyword banyak tersedia seperti misalnya SEMRush, Google Keyword Planner, hingga Ubersuggest.

cara menulis artikel seo
Sumber: Envato

Alat Penelitian Topik menguraikan topik yang sesuai dengan audience mu dan mengidentifikasi bagian paling populer yang ada dari berbagai website dan trennya di Google. Kamu dapat menemukan beberapa metrik seperti: 

  • Volume, yaitu hasil yang paling banyak dicari
  • Difficulty,  jumlah orang yang sudah mencoba untuk menentukan peringkat untuk suatu istilah dan ini menetapkan kesulitan buat kamu untuk menentukan peringkat mengingat kompetisi yang sulit.
  • Efisiensi Topik, yaitu hasil berdasarkan gabungan dua faktor di atas yaitu volume dan difficulty
  • Tren, topik paling populer selama 60 hari terakhir

2. Tentukan Kata Kunci Target 

Setelah kamu mendapatkan topik, langkah selanjutnya adalah menemukan kata kunci untuk mengoptimalkan artikel agar mendapat peringkat yang baik di pencarian Google. Untuk menemukan kata kunci yang tepat untuk konten, kamu akan memerlukan bantuan dari tools yang sama. Dengan menggunakan tools tersebut, kamu dapat menemukan kata kunci yang tepat.

Kata kunci dapat terdiri dari satu hingga beberapa kata. Semakin pendek jumlah kata bisa dibilang kata kunci tersebut lebih sulit untuk dioptimalkan sebagai keyword utama kontenmu. Jenis keyword yang cocok bagi pemula biasanya menggunakan jenis long tail keyword. Baca dengan teliti saran demi saran kata kunci yang ditampilkan pada tools keyword.

3. Lakukan Riset yang Dalam

Bagaimana cara menulis artikel yang akan dipercaya dan ingin dibaca orang? Beberapa penelitian menjelaskan bahwa untuk memiliki performa baik, sebuah artikel harus informatif, faktual, dan memenuhi maksud pencarian pengguna. Jadi, setelah kamu mengetahui topik dan kata kunci yang akan meningkatkan performa artikel di peringkat pencarian Google, inilah saatnya untuk meluruskan merangkai fakta dan informasi yang kamu punya.

Fokuskan pada kata kunci yang telah kamu peroleh melalui tools. Kemudian gunakan fitur “people also ask” dan “related search” pada pencarian Google untuk menemukan informasi yang ingin diketahui orang tentang topikmu.

Kelebihan lain dari riset yang baik adalah bahwa setelah kamu mengetahui informasi yang dicakup orang lain di topikmu, kamu dapat lebih yakin bahwa konten yang kamu hasilkan sesuai dengan apa yang diharapkan pengguna untuk dilihat. Selain itu, riset yang baik juga mengungkap masalah yang mungkin belum terselesaikan dalam artikel lama. Pastikan untuk mengisi celah berharga ini dengan konten baru dan unik untuk membuat artikel kamu terlihat menonjol.

cara menulis artikel seo
Sumber: Envato

Eksekusi

Ini adalah saat dimana kamu mengimplementasi apa yang telah kamu riset menjadi sebuah artikel utuh yang SEO friendly. Berikut ini adalah eksekusi cara menulis artikel SEO 

1. Cara Bikin Artikel Agar Optimal

Jika kamu terbiasa menulis artikel dan tahu cara bikin artikel, kamu mungkin tidak menyadari bahwa ada beberapa atribut yang ternyata harus di optimasi jika menulis sebuah artikel yang ramah SEO. Ini adalah beberapa atribut dalam cara menulis artikel SEO yang perlu kamu ketahui:

  • Readability and word count, cari tahu seberapa rumit konten kamu dibandingkan dengan skor rata-rata misalnya 10 artikel dengan topik serupa pada pencarian Google teratas kamu. Periksa apakah panjang teks kamu cocok dengan rata-rata panjang artikel para pesaing.
  • Secondary Keyword, dapatkan rekomendasi kata kunci target yang dapat menambah nilai pada teks kamu dan meningkatkan kinerja SEO kamu.
  • Title, periksa apakah kamu telah menggunakan kata kunci target dalam judul dan judul kamu memiliki panjang yang tepat.
  • Tone of voice, cari tahu apakah nada tulisan kamu sejalan dengan teks lain yang ditulis dengan topik yang sama dan berdasarkan kata kunci pilihan kamu. 
  • Linking, pelajari jumlah tautan yang optimal untuk teks kamu. Biasanya kamu harus memberikan link yang berada pada websitemu (namun beda konten dengan url artikel yang kamu tulis) dan artikel dari website lain. 
  • Original, mendeteksi kemungkinan plagiarisme dalam teks kamu.

2. Optimasi Detail Penulisan

Jika kamu ingin menerbitkan artikel SEO, kamu juga harus mengoptimalkan konten meta (judul dan deskripsi) dan URL kamu. Ini berarti melakukan segala kemungkinan untuk membuat konten kamu terlihat menarik dan dapat diklik di pencarian Google. Beberapa tip teratas untuk judul dan deskripsi meta meliputi:

  • Memiliki judul dan deskripsi yang unik untuk setiap artikel
  • Menghindari judul dan deskripsi yang panjang (judul umumnya 60-65 karakter; deskripsi harus antara 140 dan 160 karakter)
  • Mencocokkan maksud pencarian dengan kata kunci, termasuk kata kunci target
  • Menggunakan bahasa aktif dan ajakan bertindak dalam deskripsi

Beberapa tips untuk URL yang baik meliputi:

  • Menggunakan kata kunci kamu
  • Tetap sederhana dan mudah dibaca
  • Termasuk 3-5 kata

    cara menulis artikel seo
    Sumber: Envato

Setelah mengetahui berbagai hal mengenai cara menulis artikel SEO, mungkin kamu perlu untuk mengetahui contoh-contoh dalam kaitannya cara bikin artikel SEO. Contoh artikel SEO pertama dapat kamu lihat pada artikel yang kamu baca saat ini. Kamu bisa menganalisa artikel ini sebagai contoh artikel SEO. Kamu pasti akan menemukan adanya kata kunci, internal dan external linking, judul diantara 60 – 65 karakter, dan sebagainya. Contoh artikel SEO lainnya dapat kamu cari di domainesia.com/blog.  

Yuk, Mulai Tulis Artikel SEO!

Setelah kamu tahu cara bikin artikel SEO, apakah kamu tertarik untuk mulai membuatnya? Cara bikin artikel SEO itu susah-susah gampang. Artikel SEO adalah salah satu cara untuk membuat traffic website kamu tinggi. Konten atau artikel SEO merupakan konten yang di optimasi sesuai dengan kaidah yang diterapkan oleh Google dalam menentukan posisi atau peringkat suatu konten di mesin pencarinya. Mau tidak mau, kamu harus nurut sama Google agar mendapatkan peringkat atas, walaupun memang Google tidak secara langsung membocorkan caranya.

Namun dalam banyak prakteknya, telah banyak yang mencobanya dan sukses. Cara menulis artikel SEO memiliki beberapa tahap diantaranya adalah tahap persiapan yang cenderung banyak melakukan riset kata kunci dan tahap eksekusi yang berisi kaidah serta ketentuan ramah SEO. Yuk, mulai coba menulis artikel SEO!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah