• Home
  • Tips
  • Mau Tahu Cara Jadi Eksis? Bikin Podcast, Yuk!

Mau Tahu Cara Jadi Eksis? Bikin Podcast, Yuk!

Oleh Ratna Patria

Hai, DomaiNesians! Akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Podcast yang cukup populer dan menjadi konten utama bagi para sebagian digital content creator. Tapi mungkin banyak dari kita yang belum memahami sebenarnya makna dari Podcast itu sendiri. Apa itu Podcast? Podcast adalah konten digital berbentuk audio yang bisa dinikmati dengan cara didengar.

Hampir sama dengan radio, Podcast sendiri juga bisa dikatakan sebagai siaran. Hanya saja biasanya dilakukan pengeditan terlebih dahulu dan tidak disiarkan secara langsung seperti kebanyakan radio pada umumnya. Fokus utamanya memang konten audio, walaupun saat ini juga berkembang Podcast dalam bentuk video seperti yang ada di YouTube.

Untuk kamu yang tertarik membuat konten Podcast dan ingin mewarnai topik Podcast di Indonesia, silakan mencoba membuatnya dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini. Simak baik-baik panduan lengkap cara memulai Podcast berikut.

podcast
Sumber: Freepik

Membuat Rencana

Dalam berbagai aktivitas, membuat rencana adalah yang yang sangat krusial. Termasuk ketika kamu memutuskan untuk membuat konten seperti Podcast ini. Kamu setidaknya harus meluangkan waktu untuk membuat rencana dan menentukan berbagai aspek sebelum memulai rekaman Podcast. Apa saja yang perlu kamu tentukan?

Topik

Podcast apa yang ingin kamu buat apa topiknya? Apa yang ingin kamu bicarakan pada Podcastmu? Tentukan sekarang! Sebaiknya pilihlah topik yang kamu suka dan yang kamu paham. Saat ini ada lebih dari 16 topik Podcast yang bisa kamu coba. Mulai dari topik tentang seni, bisnis, pendidikan, hingga tentang teknologi.

Tentukan nama

Setelah menentukan topik, sekarang tentukan identitas dirimu. Ingin dikenal dengan nama apa? Kamu bisa menggunakan nama sendiri atau nama yang berhubungan dengan topik Podcast yang kamu publikasikan nantinya.

Format penampilan

Sekarang tentukan format penampilan yang kamu inginkan. Misalnya, berapa panjang durasi Podcast yang ingin kamu siarkan. Saat ini ada Podcast yang hanya berdurasi kurang dari 5 menit, Bahkan ada juga durasi yang lebih dari 5 jam. Tentukan mana yang nyaman untukmu dan nyaman untuk target pendengarmu.

Jika kamu memilih Podcast berdurasi pendek, pastikan jika konten memiliki value. Dan jika memilih berdurasi panjang, jangan sampai membosankan. Kamu juga bisa membuat style tersendiri seperti misalnya Podcast lebih dari satu orang atau menghadirkan narasumber tertentu.

Selain durasi dan style, kamu juga harus mempersiapkan format setiap episode. Format episode ini mirip dengan susunan acara. Misalnya

  • Teaser atau mengambil part tertentu dari keseluruh Podcast yang cukup menarik dan mengundang rasa ingin tahu pendengar.
  • Musik Intro
  • Pengenalan singkat tentang konten yang ingin dibahas
  • Spot iklan (jika ada)
  • Konten utama
  • Minta respons pendengar seperti minta komentar, like, atau langganan.
  • Musik Outro

Yang penting kamu harus kreatif ketika membuat susunan format setiap episodenya. Dan semakin berkembang Podcast, kamu akan punya dua pendengar, pendengar lama dan pendengar baru. Kamu harus bisa memberikan konten yang cocok untuk keduanya.

podcast
Sumber: Freepik

Tahap Persiapan

Setelah merencanakan, sekarang saatnya tahap persiapan. Di tahap ini, kamu sudah mulai mengembangkan rencana awal ke pengaplikasiannya. Mulai dari membuat naskah, cover, dan persiapan lainnya.

Membuat naskah atau catatan penting

Agar apa yang kamu bicarakan bisa fokus satu topik. Kamu perlu naskah atau catatan penting dalam Podcast. Memang, biar mengalir dan tidak terkesan kaku sebaiknya jangan terlalu terpaku pada bacaan. Untuk itu, sebelum merekam, ada baiknya kamu menulis poin-poin penting yang akan kamu utarakan pada Podcast nantinya. Sehingga ketika kamu sudah out of topic, kamu bisa melihat catatan tadi.

Buat cover

Cover ga kalah pentingnya selain kualitas konten. Walaupun kata orang “Don’t judge books, by it’s cover”, nyatanya cover mempunyai daya tarik agar orang mau mendengarkan Podcast. Sama seperti produk, yang dilihat pertama adalah kemasannya, kemudian baru isinya. Dengan kemasan yang bagus, mengundang banyak orang untuk melihat dan mengetahui lebih dalam. Kamu bisa mencoba membuat cover dengan memanfaatkan situs seperti Canva.

Buat intro dan outro

Selanjutnya adalah menyiapkan intro dan outro. Walaupun singkat, musik ini berperan untuk menguatkan identitas kamu di mata para pendengar. Selain itu musik juga bisa mengubah suasana pendengar jadi tidak terlalu kaku. Pastikan juga jika musik yang kamu pakai bebas lisensi ya.

Siapkan mikrofon

Saat ini ada banyak mikrofon murah yang bisa kamu coba dengan kualitas yang gak murahan. Mikrofon ini menjadi perlengkapan yang sangat penting, karena selain cover dan konsep konten yang menarik, kualitas suara haruslah jelas. Akan percuma jika banyak pendengar yang tidak selesai mendengar Podcast mu hanya karena masalah suara yang tidak jelas atau mengganggu.

Siapkan narasumber (jika ada)

Nah, jika berencana membuat konten dengan narasumber sebagai bintangnya. Maka kamu harus menyiapkan beberapa hal dari awal. Mulai dari menentukan narasumber sesuai dengan bidang dan keahlian yang ingin dibahas di podcast, menghubungi narasumber, budget dan akomodasi, dan persiapan lainnya. Atau karena sekarang zaman sudah canggih, kamu bisa menggunakan mencoba virtual Podcast, jadi narasumber tidak harus datang ke tempatmu.

Rekam dan Edit

Mulai merekam

Setelah semua konsep dan rencana sudah matang. Sekarang waktunya mengeksekusi semuanya. Carilah tempat yang kedap suara dan tidak ada gangguan dari luar selama proses merekam. Jangan lupa lakukan uji coba dulu sebelum benar-benar merekam. Tujuannya agar semua alat dan perlengkapan bekerja dengan baik.

Gunakan software edit suara

Setelah selesai, kamu bisa mengeditnya menggunakan software seperti Adobe Audition untuk yang berbayar. Atau menggunakan Audacity untuk yang gratis. Jika kamu pengguna Mac, kamu bisa menggunakan GarageBand.

Nah, software tersebut selain bisa mengedit juga bisa langsung merekam. Jadi biar lebih simpel, kamu bisa langsung merekam dengan menggunakan software tersebut.

Publikasi

Jika sudah melakukan perekaman dan pengeditan, sekarang saatnya untuk mempublikasikan Podcast kamu. Saat ini ada banyak platform yang menyediakan wadah untuk content creator Podcast, misalnya seperti Spotify atau iTunes milik Apple, atau bahkan Youtube.

Kamu bebas memilih platform yang sesuai untuk kamu. Jika ingin lebih profesional, kamu bisa membuat platform sendiri dengan menyiapkan domain dan hosting. Setelah itu jangan lupa share ke teman-teman mu biar semakin banyak orang yang mendengar Podcast kamu.

podcast
Sumber: Freepik

Mulai konten Podcast mu sekarang!

Podcast adalah pilihan konten digital yang tepat untuk orang yang tidak ada waktu membaca atau menonton. Karena Podcast adalah salah satu media yang bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja.

Mulai dari saat berkendara, berangkat atau pulang kerja, menunggu, dan kegiatan lainnya. Karena sefleksibel itu, Podcast menjadi banyak peminatnya. Dan tidak ada salahnya jika kamu memulai membuat konten Podcast sekarang juga.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Vidi
February 15, 2021

Bahas usaha makanan & minuman, apa aja disini ada - - - Mampir ke Channel : ----- YouTube : Vidian Oxygen

Ramdani
November 4, 2020

TUTORAL DESAIN GRAFIS COREL DRAW & PHOTOSHOP Ayo mampir ke Channel ini. dijamin Bisa buat menambah Ilmu. https://www.youtube.com/channel/UCBaLMzw0uW0gL_2mo4W7GEw

Deny
September 29, 2020

mampir di chenel GAPOKTAN SC gan..dengen video permainan tradisonal gobak sodor

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!