• Home
  • Berita
  • Mau Jadi Content Creator? Simak Dulu Penjelasan Lengkapnya

Mau Jadi Content Creator? Simak Dulu Penjelasan Lengkapnya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Ketika menjalankan sebuah bisnis, kamu pasti akan membutuhkan konten marketing untuk melakukan promosi. Namun, dalam pembuatan konten promosi ini harus bisa menyesuaikan dengan target pasar dan harus didasari dengan pengetahuan tertentu agar lebih menarik. Biasanya para pelaku bisnis akan menggunakan jasa content creator. Tetapi apa itu sebenarnya content creator

Apa Itu Content Creator

Content creator adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk membuat dan menghasilkan konten informasi berupa tulisan, audio, maupun visual. Biasanya mereka akan membuat konten untuk platform media sosial atau blog.

Seperti yang kita tahu bahwa umumnya, orang-orang membuat konten memiliki tujuan untuk mendapatkan perhatian dari audiens tertentu, serta meningkatkan respon mereka agar jumlah followers, pengunjung situs, atau penjualan pun ikut serta bertambah. 

Baca juga: Content Creator Harus Tahu Apa itu Facebook Creator Studio

Jadi singkatnya, ketika ingin mendefinisikan content creator adalah seseorang yang pekerjaannya berfokus pada pembuatan konten. Tujuannya memang agar selalu terhubung dan mampu memasarkan hal-hal tertentu ke audiens yang sudah ditargetkan sebelumnya. 

Konten yang dibuat oleh seorang content creator juga bisa sangat berpengaruh dalam pertumbuhan bisnis. Seperti semua kegiatan pemasaran, membuat konten yang terencana dan dijalankan dengan baik serta mampu melibatkan audiens tentu akan menciptakan tingkat kepercayaan masyarakat.

Content creator
Sumber: Envato

Secara tidak langsung, konten tersebut juga akan memengaruhi penjualan bisnis, karena audiens percaya akan kualitas produk yang ditawarkan. 

Agar bisa mendapatkan hasil terbaik dari pembuatan konten, maka kamu harus mengetahui jenis konten apa yang populer dan bagaimana konten berubah saat tren berganti. Singkatnya pahamilah kondisi audiens seperti apa yang mereka butuhkan atau inginkan dengan kehadiran bisnis milikmu. 

Jenis-jenis konten yang biasa dibuat oleh seorang content creator

Konten ini bisa dibagikan dalam bentuk apapun di internet baik berupa foto, video, atau hanya sekedar menggunakan audio saja. Berikut beberapa contoh konten yang dibuat oleh seorang content creator

1. Konten untuk media sosial

Media sosial adalah sebuah platform yang dimana user-nya selalu menggunakan hampir setiap hari dan bisa diakses selama 24 jam penuh. 

Dan kondisi itulah yang menjadi kesempatan bagi para content creator untuk menciptakan sebuah konten menarik agar penggunanya minat dan yakin untuk membeli sebuah produk tertentu. Singkatnya, content creator ini harus membuat konten yang dapat mengubah pikiran banyak orang untuk yakin membeli produkmu. 

Selain bisa membagikan gambar atau video di berbagai platform media sosial, kamu juga bisa menggunakan tautan ke blog agar mempermudah user mengunjungi halaman web bisnis. 

2. Konten untuk situs website

Situs website saat ini memang digunakan sebagai ruang virtual bagi kamu selaku penjual dan calon pembeli bertemu online. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat konten yang tepat sasaran, informatif dan menarik. Tujuannya agar para pembeli bisa yakin dengan produk bisnis yang kamu tawarkan. 

Agar para pembeli bisa menikmati konten yang dibagikan, maka content creator harus membuat konsep menyenangkan sehingga mereka tidak bosan. 

Konten di situs website umumnya akan memberikan informasi kepada pembeli tentang produk apa yang ditawarkan dan keuntungannya. 

Konten situs website juga sangat berbeda dari blog, sehingga kamu perlu memastikan bahwa tulisan  di setiap halaman cukup jelas dan informatif bagi audiens. Sehingga orang akan lebih mudah memahami merek bisnis.

3. Konten untuk blog

Sebuah blog dapat menjadi sumber konten yang berkualitas untuk merek bisnis. Tujuan blog adalah untuk memberikan informasi tentang topik yang terkait dengan produk dan layanan bisnis.

Blog biasanya berisi konten artikel, di mana tulisan tersebut membantu orang memahami produk bisnis. Mulai dari bahan, penggunaan, manfaat, cara pesan dan lain-lainnya. 

Keuntungan Menggunakan Jasa Content Creator

1. Membuat konten menjadi lebih mudah 

Keuntungan pertama menggunakan jasa content creator adalah lebih mudah membuat konten menarik. Konten menarik ini perlu memenuhi beberapa aspek, seperti target audiens, SEO, dan hal lainnya. 

Sehingga peran content creator, memang sangat membantu dalam hal  memproduksi konten secara konsisten. 

2. Membantu membangun branding

Seorang content creator mampu merealisasikan strategi dalam bentuk konten unik dan menarik hingga menarik perhatian masyarakat. 

Oleh karena itulah, content creator sangat berperan penting dalam menciptakan dan mempertahankan branding yang dimiliki bisnis. 

3. Membantu mengelola dan membuat strategi konten

Seperti yang kita tahu, agar dapat menciptakan sebuah konten yang konsisten kamu membutuhkan strategi dan perencanaan yang tepat. 

Dalam hal perencanaan dan strategi ini, kamu perlu memahami siapa target pasar bisnis, apa kebutuhan target pasar, serta kapan waktu tepat untuk publish konten tertentu. 

Baca juga: Fitur Baru Google Search Console Insight Untuk Content Creator

Content creator
Sumber: Envato

Lalu, Bagaimana Cara Menjadi Content Creator?

Sebagai content creator, kamu bisa bekerja sendiri, bersama tim di agensi, atau bahkan pekerja lepas (freelance). Agar bisa melakukan pekerjaan ini, kamu membutuhkan skill dan pengalaman yang baik. 

Keuntungan menjadi seorang freelance content creator, kamu akan memiliki kesempatan untuk membuat beberapa jenis konten dengan tema berbeda karena bertanggung jawab lebih dari satu klien. 

Pada dasarnya, banyak juga influencer media sosial yang sebenarnya juga merangkap bekerja sebagai content creatorTanpa disadari, mereka secara rutin membuat konten unik dan menarik yang dapat meningkatkan jumlah followers engagement audiens. 

Dengan pengikut yang cukup besar, mereka dapat membantu mempromosikan sebuah bisnis. Jadi, tidak ada salahnya kamu menggunakan jasa influencer ketika akan melakukan pemasaran. 

Nantinya pihak bisnis hanya akan membayar dengan harga yang sudah disepakati dan kontennya sudah langsung dibuat serta ditampilkan oleh influencer di media sosial mereka. Cukup praktis bukan? Menjadi seorang influencer ini juga bisa jadi salah satu cara untuk membangun portofolio milikmu. 

Ciri-Ciri Content Creator yang Baik dan Berpeluang Sukses

 

1. Selalu update dengan berita terbaru

Seorang content creator harus terus update dengan berita atau topik-topik viral yang memang sedang banyak diperbincangkan di masyarakat. 

Apabila kamu ingin menjadi seorang content creator yang sukses, maka pastikan untuk terus update dengan tren dan perubahan orang-orang dalam menggunakan saluran digital.

2. Selalu baca dan lakukan riset konten

Content creator memang dituntut untuk bisa memahami kebutuhan, keinginan, dan masalah yang dihadapi audiens mereka. 

Oleh karena itu, konten yang kamu buat perlu beresonansi dengan followers. Jadi, kamu harus bisa melakukan riset apa yang terjadi di dunia agar tetap relevan dengan mereka.

3. Kenali konten yang baik

Content creator yang baik harus mampu mengenali konten viral yang potensial. Jika orang lain memposting konten, sebaiknya coba untuk bisa ikut terlibat. Biasanya konten yang saling berkaitan ini sering digunakan pada platform media sosial Twitter. 

4. Pahami tujuan membuat konten

Sebelum membuat konten, pahami apa yang ingin dicapai. Apakah ingin lebih banyak keterlibatan sosial atau engagement, traffic situs web, penjualan, atau ketiganya? Ini dibutuhkan agar kamu bisa membuat konten yang memang sesuai dengan target. 

5. Ukur tingkat keberhasilan konten

Setelah konten dibagikan ke masyarakat, kini saatnya bagi kamu untuk mengukur keberhasilannya. Cara ini akan membantu kamu memahami apa yang berhasil, apa yang tidak, dan apa yang harus dilakukan secara berbeda di lain waktu. Sederhananya, kamu jadi bisa membuat strategi konten yang lebih baik. 

Baca juga: 10 Tips Menambah Viewers YouTube Channel

Seperti apa konten yang bagus?

Apa yang membuat konten bagus akan bergantung pada isi dan desainnya. Namun, ada beberapa hal lain yang perlu diingat saat membuat konten yaitu:

1. Harus konsisten

Jika memproduksi konten untuk situs web bisnis sebanyak dua kali seminggu, maka berkomitmenlah untuk terus melakukan dengan jadwal yang sama. 

Audiens biasanya akan lebih tertarik dengan konten yang memang diunggah secara konsisten, sehingga mereka tidak perlu repot mencari konten baru. 

Investasikan atau luangkan waktu secara rutin ketika akan menciptakan persona merek dan pastikan untuk berbicara dengan gaya bahasa yang mudah diterima masyarakat. 

2. Buatlah konten yang ramah SEO 

Semua konten situs web bisnis juga harus dioptimalkan SEO-nya agar lebih mudah ditemukan di mesin pencarian seperti Google. 

Penggunaan SEO yang kurang maksimal dapat menciptakan dinding antara bisnismu dan audiens. Alasannya karena tidak dapat menemukan konten-konten yang kamu bagikan dengan mudah. Sehingga mereka lebih memilih mencari konten lain.

Content creator
Sumber: Envato

3. Relevan dengan kebutuhan dan keinginan audiens

Terakhir, konten yang baik adalah relevan dengan kebutuhan dan keinginan audiens. Jangan hanya fokus pada traffic pencarian saja, tetapi pastikan juga relevan dengan kondisi masyarakat. 

Sudah Siap Jadi Content Creator Sukses? Ikuti Tips di Atas Yuk!

Jadi, content creator adalah seseorang yang bisa merencanakan konsep, strategi bahkan hingga merealisasikannya menjadi sebuah konten nyata bagi audiens di media sosia. Tentu saja agar berhasil kamu harus bisa memahami kondisi pasar, sehingga pesan konten yang dibagikan bisa diterima dengan baik. 

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi seorang content creator, cobalah ikuti beberapa cara di atas, ya. Pastikan bahwa kamu memiliki ide-ide unik dan menarik. Selamat mencoba!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Nova Yulfia
September 23, 2022

terimakasih gan atas informasinya.. sangat berguna sekali utk penulis pemula seperti saya.. 🙏

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah