• Home
  • Berita
  • Captcha Adalah Jalan Ninja Mengamankan Website, Kok Bisa?

Captcha Adalah Jalan Ninja Mengamankan Website, Kok Bisa?

Oleh Mila Rosyida

Dalam membuka sebuah situs website, pasti ada di satu momen kamu diharuskan untuk memasukkan deretan angka, huruf, atau bahkan gambar jika ingin melanjutkan membuka situs tersebut.

Pernahkah kamu mengalaminya DomaiNesians? Itu disebut dengan captcha.  Jika menemukan captcha, mungkin kamu akan merasa jengkel karena harus mengisinya.

Namun, apakah kamu sudah tahu apa itu captcha? Ternyata fungsi captcha bisa sebagai pelindung website loh DomaiNesians! Bahkan fungsi captcha bisa dirasakan oleh kedua pihak baik dari pemilik website dan juga pengunjung website.

Jika tidak ada captcha website tersebut bahkan bisa mengalami masalah teknis. Kok bisa? Yuk temukan jawabannya pada artikel kali ini, sebab DomaiNesia sudah merangkum apa itu captcha dan beragam fungsi captcha. Penasaran? Bahas langsung yuk!

Apa itu Captcha?

Hampir semua pengguna internet pernah menemui captcha. Apa itu captcha? Captcha adalah singkatan dari Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart.

Wow panjang ya artinya. Singkatnya, captcha adalah sebuah sistem keamanan yang bisa berjalan otomatis yang bertujuan untuk membedakan dan memastikan bahwa website diakses oleh manusia dan bukan robot.

Memang robot bisa mengakses website? Tentu bisa! Robot biasanya diciptakan untuk mengirimkan spam yang nantinya dapat mengganggu performa dari website.

Namun, robot tersebut tidak dibekali dengan keahlian untuk membaca susunan huruf, angka, dan juga gambar yang tersedia.

Dengan begitu, otomatis website akan terbebas dari serangan spam. Captcha biasanya berada pada form login website, dan sebelum melanjutkan ke halaman berikutnya kamu diwajibkan untuk mengisi captcha tersebut.

captcha adalah
Sumber : envato

Jika kamu menemukan tulisan “aku bukan robot” atau “aku manusia” bisa dipastikan itu adalah captcha.

Sangat menjengkelkan jika diharuskan untuk mengisi captcha padahal kita sedang terburu-buru dan menyita waktu.

Namun, keberadaan captcha membawa segudang hal positif. Untuk itu akan DomaiNesia bahas pada poin fungsi captcha berikut ini.

Apa Fungsi Captcha Bagi Website?

Sudah paham apa itu captcha kan? Jadi sudah siapkan membahas fungsi captcha?

Keberadaan sistem keamanan satu ini sangat menguntungkan karena keamanan website dapat meningkat karena kehadirannya.

Bahkan bisa dibilang bahwa fungsi captcha ini sangat krusial terhadap serangan robot yang berusaha memasuki website. Di bawah ini ada banyak fungsi captcha.

Mencegah muncul komentar yang bersifat spam

Siapa sih pemilik website yang tidak naik darah ketika banyak komentar spam tidak jelas yang membanjiri kolom komentar.

Pasti si pemilik website akan merasa risih dan terancam. Komentar spam ini sebenarnya digunakan untuk menaikkan peringkat pada mesin pencarian secara instan.

Namun hal tersebut tidak dibenarkan oleh Google. Lebih parahnya lagi, komentar spam dinilai sebagai masalah oleh algoritma Google yang bisa berakibat buruk hingga website tersebut dihapus oleh Google dari mesin pencarian.

Untuk mengindari permasalahan tersebut maka captcha adalah solusi yang tepat dan efektif yang bisa kamu pilih agar peringkat website mu tetap aman.

Selain menggunakan captcha, sebagai pemilik website kamu juga harus memperhatikan dan terus belajar mengenai Search Engine Optimization agar website milikmu bisa melejit di mesin pencarian.

Menghindari adanya akun palsu

Keberadaan akun palsu saat ini membawa dampak buruk bagi suatu website. Apalagi saat ini banyak situs yang menawarkan pendaftaran gratis seperti Google. Maka dari itu Google sudah memanfaatkan captcha.

Fungsi captcha adalah menghindarkan website dari akun palsu yang bisa mendaftar kapan saja.

Kamu tahu dampak buruk apa saja yang bisa kamu dapatkan jika website kamu dipenuhi akun palsu? Salah satunya saat kamu akan mengirimkan email marketing ke semua akun yang ada pada database, namun akun palsu ternyata tidak bisa menerima email.

Sumber : envato

Jika layanan email seperti Gmail dan Yahoo mendeteksi bahwa ada banyak email yang terpental, maka akan berpengaruh terhadap efektivitas email marketing yang dilakukan.

Sebab penyedia layanan email akan mengarahkan email marketing kamu ke folder spam yang otomatis akan susah dibaca oleh target marketing kamu.

Mengamankan segala bentuk transaksi online

Fungsi captcha adalah mengamankan transaksi online. Captcha adalah sistem keamanan krusial yang harus kamu tambahkan pada website milikmu apalagi jika di dalam website tersebut terdapat aktivitas transaksi.

Mengapa harus ditambahkan captcha? Untuk memperjelas, DomaiNesia mengambil contoh kasus dari brand Supreme yang menjual produk terbatas dan di waktu tertentu saja.

Nah dari situ ada banyak robot yang ikut berpartisipasi dalam perebutan produk dengan tujuan untuk menjual produk yang didapat dengan harga yang lebih fantastis.

Jika kamu sebagai pelanggan, apa yang akan kamu pikirkan? Yups, tidak lain adalah customer experience yang buruk. Dengan begitu maka reputasi toko online yang sudah kamu bangun sejak awal bisa terganggu dan bahkan pelangganmu bisa meninggalkan toko onlinemu.

Baca juga : Tempat beli Hosting Murah di DomaiNesia

Sumber : envato

Kamu tidak mau kan hal tersebut menimpa website toko online mu? 

Alamat email dapat terhindar dari Scraper

Salah satu fungsi captcha adalah melindungi email dari serangan scraper. Scraper adalah ancaman yang menargetkan pencurian email dan bisa berujung pada hak akses yang bisa diambil.

Nah captcha adalah solusi yang bisa kamu pilih untuk menyembunyikan alamat email kamu sehingga spammer tidak bisa mengirimkan spam dan mendapatkan alamat email milikmu.

Menghalangi tindak kejahatan 

Seperti yang kita tahu bahwa internet juga tidak bisa lepas dari segala bentuk tindakan kejahatan. Salah satu serangan kejahatan yaitu dictionary attack.

Dictionary attack adalah serangan yang bisa menembus sistem keamanan yang bisa berakibat pada pencurian akun.

Disini, fungsi captcha adalah mengamankan website dari segala bentuk serangan sehingga lebih aman dari pencurian data, akun, dan juga penyalahgunaan akun oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Itu tadi beberapa fungsi captcha. Selanjutnya DomaiNesia akan membahas jenis-jenis captcha yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan websitemu. 

Apa saja Jenis Captcha yang Bisa Digunakan?

Berikut ada 6 jenis captcha yang banyak digunakan.

Text Captcha

Text captcha adalah jenis captcha yang paling banyak dijumpai yang terdiri dari susunan angka, teks, dan juga karakter.

Jika kamu menemukan captcha jenis ini maka kamu diwajibkan untuk memasukkan kombinasi karakter yang sudah diberikan, apabila benar maka kamu bisa langsung terarah ke halaman yang kamu tuju.

Jika salah, maka kamu harus mengulanginya terus. Jenis satu ini bisa memudahkan seseorang yang memiliki gangguan dalam penglihatan sehingga tetap mudah digunakan.

Sayangnya, text captcha ini mudah untuk dipecahkan oleh robot sehingga ada kemungkinan robot bisa membobol website. Selain captca bisa juga menggunakan SSL, untuk beli SSL murah kamu bisa cek di DomaiNesia

Picture Recognition Captcha

Apa itu Picture Recognition Captcha? Picture Recognition Captcha adalah jenis captcha yang mewajibkan pengunjungnya untuk memilih gambar sesuai instruksi yang diberikan, misalnya “pilih gambar yang berisi rambu lalu lintas”.

Gambar yang ditampilkan juga beragam mulai dari elemen grafis, gambar pemandangan, atau benda. Keberadaan captcha ini adalah perkembangan dari text captcha dan memang ditujukan untuk menggantikannya.

Namun, jenis ini akan menyulitkan pengguna yang memiliki gangguan penglihatan dan harus memiliki ketelitian agar bisa mengisi dengan benar.

Dibalik kekurangannya tersebut, jenis ini susah untuk ditembus oleh robot karena mereka belum memiliki kemampuan khusus untuk mendeteksi gambar. 

Math Captcha

Selanjutnya ada match captcha. Match captcha adalah captcha yang mengharuskan pengunjung untuk mengisi jawaban dari pertanyaan yang diberikan mengenai matematika sebelum masuk ke situs website.

Tenang, tidak perlu jago matematika sebab pertanyaan yang diberikan sederhana hanya berupa pengurangan atau penjumlahan dari dua angka.

Jenis ini dinilai memiliki nilai keamanan yang tinggi sebab robot tidak mampu mengidentifikasi setiap pertanyaan yang diberikan.

Jadi kemungkinan dibobolnya akan semakin kecil.

Audio Captcha

Audio captcha adalah captcha yang bisa digunakan oleh pengunjung yang memiliki keterbatasan, jadi mereka tetap bisa mengakses website menggunakan audio. Jadi audio ini akan berisi susunan kode captcha yang tertera.

Biasanya jenis ini menjadi satu paket dengan text captcha yang digambarkan dengan ikon speaker yang nanti akan membaca teks yang ditampilkan.

Slider Captcha

Slider captcha adalah captcha yang mengharuskan pengunjung untuk menggeser gambar yang ditampilkan dalam bentuk puzzle.

Jadi pengunjung diminta untuk mengisi kekosongan bagian dari puzzle dengan mengarahkannya dengan mouse. 

Sumber : envato

No Captcha ReCaptcha

No Captcha ReCaptcha adalah captcha yang paling mudah untuk dipenuhi sebab kamu hanya diharuskan untuk mencentang bahwa kamu bukan robot.

Meski terlihat simpel dan mudah namun jangan salah karena captcha ini sulit untuk ditembus oleh robot loh! ReCaptcha milik Google ini memiliki 2 jenis yaitu Google ReCaptcha v2 dan Google ReCaptcha v3.

Google ReCaptcha v2 adalah captcha yang kita bicarakan di atas bahwa pengunjung tinggal mencentang bahwa dia bukanlah robot.

Sedangkan Google ReCaptcha v3 akan berjalan otomatis. Misalnya seperti ini, saat kamu merasa bahwa trafik website kamu tinggi namun setelah dikonversi hasilnya rendah. Maka kamu bisa mencoba untuk memasang jenis ini pada setiap halaman website milikmu, misalnya pada halaman login, review produk, dan juga list produk.

Nanti captcha ini akan melakukan pemindaian otomatis untuk mendeteksi apakah benar yang mengakses bukan robot.

Jika robot maka otomatis konten tersebut akan menutup dan menghapusnya secara otomatis. Jadi pelanggan website mu akan percaya kepada produkmu sebab review yang diberikan semuanya asli dan bukan dari robot.

Mulai Lengkapi Websitemu dengan Captcha Sekarang!

Captcha adalah rangkaian dari beberapa karakter yang bertujuan untuk mencegah robot spam dapat masuk ke situs website.

Selain itu, fungsi captcha masih banyak loh seperti menghindari pendaftaran akun palsu, mencegah komentar spam, mengamankan transaksi online, menghindari scrapper, dan tindak kejahatan yang lain.

Untuk menerapkannya pada website, kamu harus bisa memilih jenis captcha apa yang cocok. Dari banyaknya pilihan seperti Text Captcha, Math Captcha, Picture Recognition Captcha, Slider Captcha, dan juga Audio Captcha.

Setelah memahami penjelasan di atas mengenai apa itu captcha hingga fungsi dan jenisnya. Apakah kamu tertarik untuk menggunakannya pada website mu?

Jika inging mengetahui harga domain? kamu bisa cek list harga domain

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds