• Home
  • Berita
  • Apa Itu Bahasa Pemrograman Python dan Contoh Program Python

Apa Itu Bahasa Pemrograman Python dan Contoh Program Python

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Bisa dibilang saat ini skill yang perlu kamu kembangkan adalah skill pada bidang software development. Tentunya skill lain seperti digital marketing, content creator, dan lain sebagainya juga penting namun tak dapat dipungkiri bahwa software developer menjadi salah satu bidang penyumbang demand pekerjaan terbanyak menurut Coursera.

Dalam ranah software development terdapat satu istilah populer yang menjadi bagian terpenting dari aktivitas didalamnya yakni coding. Coding adalah aktivitas menuliskan code atau script tertentu dengan bahasa pemrograman tertentu untuk menyelesaikan sebuah masalah. Ada berbagai bahasa pemrograman yang digunakan oleh seorang programmer (orang yang melakukan coding) salah satunya adalah bahasa pemrograman phyton.

Phyton merupakan bahasa pemrograman yang cukup populer sehingga perlu buat kamu belajar bahasa pemrograman ini jika ingin mulai berkarir dalam ranah software development. Cara belajar efektif bahasa phyton ini dengan mulai mencoba membuat program python sederhana. Artikel ini akan memberikan kamu referensi contoh program phyton sederhana untuk mendukung proses belajarmu. Yuk, simak selengkapnya!

Sumber: Envato

Apa itu Python dan contoh program python

Pengertian python

Melansir dari penjelasan website resminya, python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek dengan semantik dinamis. Maksudnya, python memiliki struktur data bawaan tingkat tinggi yang dikombinasikan dengan pengetikan dinamis dan pengikatan dinamis sehingga membuatnya sangat menarik untuk pengembangan aplikasi dengan cepat. Sintaks Python yang sederhana dan mudah dipelajari menekankan keterbacaan karenanya mengurangi biaya pemeliharaan program.

Python mendukung modul dan paket yang mendorong modularitas program dan penggunaan kembali kode yang ada. Pustaka atau library standar tersedia open source alias tanpa biaya untuk semua platform utama, dan dapat didistribusikan secara bebas. Python mampu meningkatkan produktivitas karena tidak ada langkah kompilasi dan siklus edit-test-debug sangat cepat. Men-debug program Python itu mudah: bug atau input yang buruk tidak akan pernah menyebabkan kesalahan segmentasi.

Sumber: Envato

Contoh program python sederhana

Untuk dapat memahami lebih lanjut tentang bahasa pemrograman python, kamu bisa mulai melihat contoh program python sederhana berikut ini. Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa mencoba membuat program python secara langsung akan mempermudahmu belajar bahasa pemrograman ini. Inilah beberapa contoh program python sederhana yang bisa kamu jadikan referensi.

Menjumlahkan dua angka

Contoh program python sederhana yang pertama adalah menjumlahkan dua angka. Ini merupakan konsep berhitung yang paling sederhana. Pertama, buat dua buah masukan ada input untuk memasukan dua angka yang akan dijumlahkan. Untuk itu kamu bisa menggunakan fungsi input. Input yang masuk dalam program python ini sebenarnya masih bertipe string sehingga kamu perlu merubahnya dengan bantuan fungsi int. Setelah itu buat variable penampungnya misalkan sum, kemudian gunakan operator + untuk menjumlahkannya. 

Code: 

x = input("Type a number: ")

y = input("Type another number: ")

sum = int(x) + int(y)

print("The sum is: ", sum)

Screenshot hasil: 

program python

Menghitung luas

Program python selanjutnya adalah menghitung luas. Sebagai contoh mari menghitung luas dari segitiga. Sama halnya dengan program python sebelumnya, kamu perlu membuat masukan dengan fungsi input kemudian menghitungnya dengan membuat variable penampungnya.  Dibawah ini adalah code dan screenshot hasil program python.

Code: 

# Enter the base and height of the triangle

base = float(input('Enter the base: '))

height = float(input('Enter the height: '))

# Calculate area and display

area = (base*height)/2

print('The area of triangle is: %0.2f' %luas)

Screenshot hasil:

program python

Menghitung volume

Tak hanya bangun datar, bangun ruang juga bisa kamu hitung menggunakan bahasa pemrograman python. Pada pembahasan ini mari menghitung volume dari kubus. Pastikan kamu tahu bagaimana rumus untuk menghitung volume kubus agar dapat diterapkan dalam program python seperti pada contoh dibawah ini

Code: 

# Enter side of cube

side= float(input('Enter side of cube: '))

# Calculate and display result cube volume

volume = side**3

print(‘Volume of Cube is: %0.2f' %volume)

Screenshot hasil:

program python

Konversi Suhu

Selanjutnya adalah program sederhana untuk melakukan konversi perhitungan suhu. Pada contoh kali ini akan menggunakan perhitungan untuk konversi suhu Celcius dan Fahrenheit. Berikut ini contohnya:

Code: 

# Enter temperatur celcius

celcius = float(input("Enter the temperatur in Celcius: "))

# Calculate and display result

fahrenheit = (celcius * 1.8) + 32

print('%0.2f degree celcius is equal to %0.2f degree fahrenheit' %(celcius,fahrenheit))

Screenshot hasil: 

program python

Konversi panjang

Selain konversi terhadap suhu, python juga bisa digunakan untuk membuat program konversi panjang atau jarak. Dalam contoh ini kamu akan diberikan source code untuk konversi kilometer menjadi mil. 

Code:

# Enter distance in kilometers

kilometer = float(input("Enter distance in kilometer: "))

# Conversion Factor value

factor = 0.621371

# Calculate and display result

mil = kilometer*factor

print('%0.2f Kilometers is equal to %0.2f Mil' %(kilometer,mil))

Screenshot hasil:

program python

Menentukan bilangan ganjil atau genap

Contoh bahasa pemrograman python selanjutnya adalah menentukan bilangan ganjil atau genap. Program ini akan memintakan user untuk memasukan satu digit angka dan akan menghasilkan output berupa pernyataan mengenai jenis bilangan tersebut (ganjil atau genap). 

Code: 

# Enter number

number = int(input("Enter the number: "))

#If it's divisible by zero, then it's even

if (number % 2) == 0:

   print("{0} is an even number".format(number))

#If it's not divisible by zero, then it's odd

else:

   print("{0} is an odd number".format(number))

Screenshot hasil:

program python

Mengurutkan kata sesuai abjad

Mengurutkan kata adalah contoh program python selanjutnya. Program ini akan meminta user untuk memasukan satu kalimat dan program akan memproses dengan memecah kalimat menjadi kata-kata kemudian mengurutkannya sesuai urutan kata paling awal dalam abjad. 

Code: 

# Enter sentence

sentence= input("Enter sentence: ")

# Sentence to word

word= sentence.split()

# Sort the words

word.sort()

# Display result

print("Ascending word from sentence:")

for sort in word:

   print(sort)

Screenshot hasil: 

program python

Menghitung akar kuadrat

Contoh program sederhana python yang terakhir adalah untuk menghitung akar kuadrat. Seperti perhitungan sebelumnya, kamu bisa gunakan fungsi input untuk memasukan angka yang akan kamu hitung. Kemudian tampung dalam sebuah variable untuk memastikan angka yang kamu proses dapat di tampung dan dipanggil saat menampilkan. 

Code: 

# Enter the number

number = float(input('Enter the number: '))

# Calculate and display result

result = number** 0.5

print(Square root of %0.3f is %0.3f'%(number,result))

Screenshot hasil:

program python

Tips belajar bahasa pemrograman python

Untuk dapat dengan mudah dan cepat memahami bahasa pemrograman python, Domainesia punya tips dan trik nih buat kamu. Pastikan kamu melakukannya agar proses belajar kamu dapat efektif. Berikut ini tips belajar bahasa pemrograman python:

  • Code everyday, konsistensi sangat penting ketika kamu belajar bahasa baru untuk memudahkan mengingat dan terus-menerus menambah pengalaman.
  • Ikuti forum atau tutorial, ini tentu akan memudahkanmu jika terdapat masalah dalam proses belajar agar dapat langsung menanyakan atau mendapatkan solusi.
  • Kembangkan program sederhanamu, jika kamu telah bisa memahami contoh bahasa pemrograman python yang kamu buat, coba kembangkan untuk program yang lebih kompleks.

Saatnya mencoba membuat program python

Nah, itulah beberapa program python yang bisa kamu gunakan sebagai referensi belajar. Python adalah bahasa pemrograman yang menyediakan sintaks atau script yang mudah untuk dipelajari. Bahkan, python mampu meningkatkan produktivitas karena tidak ada langkah kompilasi dan siklus edit-test-debug sangat cepat. Men-debug program Python itu mudah: bug atau input yang buruk tidak akan pernah menyebabkan kesalahan segmentasi. Yuk saatnya mulai belajar bahasa pemrograman ini dan saatnya membuat program python!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah