• Home
  • Berita
  • 10 Rekomendasi Website Toko Online Gratis Untuk Bisnis

10 Rekomendasi Website Toko Online Gratis Untuk Bisnis

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini penggunaan platform online untuk berjualan menjadi hal penting dalam meningkatkan penjualan. Pasalnya, hampir semua orang dari seluruh kalangan baik anak muda hingga orang dewasa sudah menggunakan smartphone dan internet. Bagi kamu yang tertarik, berikut rekomendasi website toko online gratis. 

Website toko online gratis

Sebelum masuk pada pembahasan inti, perlu kamu pahami terlebih dahulu bahwa toko online adalah tempat di mana kamu bisa menawarkan layanan atau produk secara online di jaringan global. Toko online ini yang juga dikenal sebagai belanja online, nantinya para pengunjung dapat membeli produk atau layanan tertentu melalui sebuah platform jualan. 

Kemudian, website sendiri merupakan kumpulan halaman berisi informasi tertentu serta dapat diakses dengan mudah oleh siapapun, di manapun dan kapanpun melalui jaringan internet. Jadi, sederhananya website toko online gratis ini adalah sebuah kumpulan halaman berisi informasi produk-produk bisnis milikmu yang dapat diakses dan digunakan secara gratis untuk berjualan. 

Baca juga:  Cara Membuat Toko Online Mudah 

Website toko online gratis
Sumber: Envato

Rekomendasi website toko online gratis

Berikut beberapa rekomendasi website toko online gratis yang bisa kamu coba gunakan, seperti: 

1. WooCommerce

Rekomendasi website toko online gratis yang pertama adalah WooCommerce. Ini merupakan sebuah platform eCommerce paling populer di dunia. Kamu bisa dengan mudah gunakan perangkat lunak ini secara gratis. Caranya pun cukup download dan gunakan dengan penyedia hosting web mana pun.

Sayangnya WooCommerce tidak menyediakan hosting, sehingga kamu harus membeli terlebih dahulu serta pilih nama domain untuk memastikan situs web dapat diakses oleh pengguna di seluruh dunia.

Kelebihan dari website toko online gratis WooCommerce ini adalah user friendly di mana bagi kamu yang masih pemula pun tetap bisa menggunakannya. Melalui WooCommerce kamu bisa mengendalikan operasi website secara penuh tanpa membutuhkan banyak biaya tambahan lainnya.

Ada banyak desain tema WooCommerce untuk mengubah tampilan toko online sehingga sesuai dengan produk yang ditawarkan dan lebih menarik. Tak hanya itu saja, tetapi juga sudah tersedia ribuan plugin WooCommerce yang dapat digunakan untuk menambahkan fitur baru untuk membantu mengembangkan bisnis. 

Dengan WooCommerce kamu bisa menjual apa saja baik produk fisik, digital, dropshipping bahkan hingga afiliasi. WooCommerce tidak membebankan biaya transaksi apapun, namun kamu hanya perlu membayar penyedia layanan pembayaran online saja. 

2. Web.com

Rekomendasi website toko online gratis yang kedua adalah Web.com yang menawarkan berbagai paket dengan harga terjangkau sehingga memudahkan kamu dalam membuat toko online. Web.com akan membantu hosting toko, bahkan memberikan domain yang bisa dikustomisasi secara gratis serta sudah bersertifikat SSL.

Dengan Web.com, kamu bisa menampilkan hingga 500 produk di toko, menerima pembayaran menggunakan kartu kredit, melacak, mengelola pesanan, menautkan ke halaman Facebook, dan masih banyak lagi.Kelebihan lain dari website toko online gratis Web.com adalah bisa menggunakan email yang akan aktif selama 24 jam setiap harinya serta tersedia fitur chat secara langsung.

Website toko online gratis
Sumber: Envato

3. BuyNow Plus

Dengan BuyNow Plus kamu bisa membuat tombol buy now yang nantinya dapat diletakkan pada situs website toko online mana pun. Agar bisa menggunakan BuyNow Plus kamu harus membuat akun Stripe gratis.Kelebihan dari website toko online gratis yang satu ini adalah biaya transaksi yang dibutuhkan cukup rendah hanya 2 persen. Ini karena Stripe membebankan biaya transaksinya sendiri.

Kemudian, kamu juga bisa menggunakan BuyNow Plus untuk menangani pembayaran berulang pada kartu kredit tanpa harus membuat akun sehingga memudahkan pelanggan. Namun, sayangnya BuyNow Plus ini tidak menawarkan fitur tambahan apapun, seperti pelacakan inventaris atau pembuatan situs web.

4. BigCommerce

BigCommerce adalah platform eCommerce atau website toko online gratis yang bisa kamu coba gunakan. Melalui BigCommerce kamu bisa mendapatkan layanan hosting sekaligus atau all-in-one sehingga lebih mudah dalam membuat toko online.

Ada juga plugin WordPress yang tersedia, jika memiliki situs yang ingin digunakan dengan BigCommerce. Meskipun tidak memiliki paket gratis, tetapi bisa melakukan uji coba gratis terlebih dahulu selama 15 hari di awal sehingga memungkinkan untuk membuat toko dan memulai tanpa bayaran alias gratis. 

Kelebihan website toko online gratis BigCommerce ini adalah kamu tidak perlu lagi memasukkan detail kartu kredit apa pun untuk mengikuti uji coba gratis dan bisa mendapatkan domain gratis. Cara menggunakannya pun cukup mendaftar dengan memasukkan secara rinci penjelasan toko dan langsung menambahkan produk yang ingin dijual.

5. Shopify

Shopify juga menjadi salah satu rekomendasi website toko online gratis yang bisa kamu coba. Ini merupakan platform eCommerce yang dihosting sepenuhnya. Shopify juga menawarkan uji coba gratis selama 14 hari dan tidak memerlukan kartu kredit.

Kemudian, kelebihan yang dimiliki dari Shopify ini adalah memiliki interface drag dan drop, bisa menambahkan fitur tambahan ke toko, ada aplikasi marketplace dengan banyak add-on yang bisa dibeli.Kamu juga mendapatkan layanan support selama 24 jam setiap harinya bisa melalui chat, telepon, email, dan Twitter.

6. Weebly

Website toko online gratis Weebly memang tidak terlalu terkenal seperti beberapa platform lainnya, tetapi ini juga bisa jadi salah satu rekomendasi yang bisa dicoba karena menawarkan gratis untuk pemakaian awal.

Kelebihan yang didapatkan dari Weebly adalah bisa menambahkan segala jenis produk fisik maupun digital ke toko, terdapat interface drag dan drop yang mudah digunakan untuk membangun situs dan mengelola item.

Selain itu, juga sudah tersedia sekitar 100 desain untuk tema yang dapat dipilih sesuai keinginan, kemudian adanya inventaris bawaan, pengiriman, dan fitur manajemen pajak. Paket gratis yang tersedia pada Weebly juga memberi kamu akses untuk menggunakan fitur chat, email, dan telepon.

7. Site.Google.Com

Ternyata Google juga memiliki site.google.com di mana bisa membantu usaha mikro dan usaha kecil dalam melakukan mempromosikan produk-produk mereka. Tidak hanya itu saja, kamu yang menggunakan website online gratis dari Google ini juga bisa memperoleh brand awareness dari masyarakat yang memang sudah menjadi target pasar.

Nantinya, secara otomatis kamu memiliki situs site.google.com ketika menambahkan lokasi bisnis ke Maps. Sites.google.com ini memang terintegrasi dengan Google My Business dan Maps untuk membantu user atau pengguna mengembangkan bisnis.

Website toko online gratis
Sumber: Envato

8. Big Cartel

Website toko online gratis pilihan lain juga ada Big Cartel. Ini adalah platform online eCommerce yang dirancang khusus untuk seniman bidang kreatif. Apabila kamu ingin memiliki toko yang menjual produk kerajinan tangan atau sejenisnya, Big Cartel bisa menjadi pilihan platform yang bagus.

Kelebihan website toko online gratis Big Cartel ini adalah paket yang ditawarkan gratis serta tidak memiliki biaya transaksi apa pun, URL toko pun bisa didapatkan tanpa berbayar dan disesuaikan. Meskipun harus dalam format bigcartel.com, tetapi kamu dapat memilih nama depan apapun sesuai dengan yang diinginkan. 

9. Blogger.com

Umumnya, banyak orang lebih mengenal Blogger.com dengan sebutan Blogspot karena situs yang memiliki domain blogspot.com. Sebenarnya platform blog satu ini juga dimiliki oleh Google.

Bagi kamu yang tertarik untuk membuat toko online dengan menggunakan Blogger.com, hal yang diperlukan hanyalah memiliki akun Google. Walaupun hampir setiap orang memiliki akun Google, tapi pastikan kamu tidak menggunakan akun email pribadi ketika ingin membangun toko online. 

Lebih baik membuat akun baru yang memang dikhususkan untuk operasional toko online saja, ya. Tujuan membedakan akun pribadi dan bisnis agar keduanya tidak bercampur yang justru memengaruhi aktivitas toko online. 

Buat toko online gratis selamanya menggunakan Blogger.com memang cukup mudah. Setelah akun email Google untuk toko online telah siap, kamu bisa langsung saja kunjungi Blogger.com kemudian  mulai atur tampilan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Baca juga: Cara Membuat Blog Profesional Untuk Pemula

10. Opencart

Website toko online gratis Opencart ini adalah Content Management System (CMS) open source yang memang dirancang untuk membangun toko online sendiri. Melalui Opencart ini, kamu bisa buat toko online secara lengkap yang mencakup front end dan back end sekaligus.

Bagi yang belum paham, front end adalah tampilan online shop yang dilihat langsung oleh user atau pengguna ketika mengakses toko, sedangkan back end adalah sisi dalam bagian admin. 

Nantinya, pemilik toko online bisa dengan mudah melakukan berbagai hal seperti input produk jualan hingga memproses order dari pelanggan. Opencart sebagai CMS yang open source tentu membebaskan para penggunanya untuk memakai tujuan komersial apapun.

Website toko online gratis
Sumber: Envato

Buat Toko Online Gratis Selamanya dengan Beberapa Rekomendasi di Atas!

Beberapa rekomendasi website toko online gratis di atas seperti WooCommerce, Big Commerce, Web.com, BuyNow Plus, Shopify, Weebly, Site.Google.com, Big Cartel, Blogger.com, dan Opencart dapat membantu kamu memasarkan produk-produk jualan secara online. 

Beberapa keunggulan fitur yang dimiliki setiap website dapat membantu kamu mempercantik toko online, dan sehingga menarik minat para pelanggan. Selain itu, penggunaan website yang mudah juga membantu dalam melakukan pengelolaan. Melalui toko online kamu bisa memperluas jaringan karena bisa diakses di mana saja, kapan pun dan oleh siapa saja.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


jose
July 5, 2022

thank you atas informasi yang diberikan, dengan informasi ini yang telah mengetahui tentang struktur belajar bahasa pemograman:)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!