• Home
  • Berita
  • Mengenal Wildcard SSL dan Kelebihannya

Mengenal Wildcard SSL dan Kelebihannya

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Wildcard SSL – Sampai hari ini permasalahan kerentanan keamanan website masih menjadi hal yang utama dalam dunia website. Mengingat baru- baru ini ada berita bahwa data pribadi bocor lagi dan diperjual belikan. Nah, salah satu untuk mengamankan website adalah dengan memasang sertifikat SSL pada website.

SSL akan bekerja dengan membuat suatu jalur terenkripsi antara website dan web browser.

Sehingga informasi yang terdapat dalam website anda aman dari pencurian orang lain. Tidak hanya itu, website yang memiliki SSL akan lebih terpercaya, sehingga pengunjung website tidak khawatir lagi jika mengaksesnya. Salah satu jenis SSL yang bisa digunakan selain Single Domain SSL adalah Wildcard SSL. Apa itu Wildcard SSL? Apa kelebihannya? Apa perbedaannya dengan sertifikat SSL biasa?

Baca Juga : Cara Mendapatkan SSL untuk WordPress Agar Website Aman

Pengertian Wildcard SSL

Seperti tipe SSL yang lain, Wildcard SSL juga digunakan untuk mengamankan website dari cyber crime yang dilakukan oleh orang- orang yang tidak bertanggung jawab. Sesuai dengan namanya, sertifikat SSL ini mengandung karakter wildcard (bintang) pada domain. Hal itu berarti bahwa Wildcard SSL bertugas untuk mengamankan beberapa nama sub domain (host) yang berkaitan dengan domain utama.

Free SSL VS Paid SSL

Menurut Wikipedia, Wildcard SSL adalah suatu sertifikat yang berisi public key. Public akan digunakan pada beberapa subdomain yang ada pada tiap domain. Jadi, dengan mengunakan Wildcard SSL, domain dan seluruh subdomain dari domain utama (*.domain.com) akan terlindungi.

Wildcard SSL memang banyak macamnya. Hampir semua vendor SSL mengeluarkan produk Wildcard SSL. Di DomaiNesia terdapat 3 jenis Wildcard SSL yang bisa kamu pilih. Pertama Positive SSL Wildcard. Positive SSL Wildcard adalah Wildcard SSL yang dikeluarkan oleh vendor SSL Sectigo (dulunya bernama Comodo). Kemudian RapidSSL Wildcard, yang dikeluarkan oleh RapidSSL. Dan GeoTrust QuickSSL Premium Wildcard yang dikeluarkan oleh GeoTrust. Buat kamu yang ingin memasang SSL pada website, sebaiknya baca Tips Memilih SSL Murah DomaiNesia terlebih dahulu agar nantinya tidak bingung.

Mengapa Menggunakan Wildcard SSL

Kebutuhan website memang tidak hanya terbatas pada domain utama saja. Apalagi jika dalam satu perusahaan terdapat beberapa usaha. Misalnya kamu memiliki website hancrafted.com (produk kerajinan). Ada beberapa produk yang kamu jual. Produk- produk tersebut tidak berada di dalam kategori yang sama, seperti produk tas dan furniture. Nah, dengan subdomain kamu bisa memisahkan halaman website khusus produk tas sendiri (bag.hancrafted.com) dan produk furniture sendiri (furniture.hancrafted.com). Kalau seperti itu lantas bagaimana jika sertifikat SSL hanya untuk domain utama saja? Pastinya sangat disayangkan apabila sertifikat SSL untuk domain utama saja. Nah, disinilah Wildcard SSL dibutuhkan. Jadi, sebenarnya sertifikat SSL bisa disesuaikan dengan kebutuhan keamanan websitemu. Apabila kamu hanya menggunakan domain utama sebagai halaman website, kamu bisa menggunakan sertifikat SSL biasa. Sedangkan jika menggunakan domain utama dan subdomain, kamu bisa menggunakan Wildcard SSL.

Baca Juga : SSL: Tipe dan Perbedaannya

Kelebihan Wildcard SSL

Adapun kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan Wildcard SSL antara lain :

  • Tidak hanya domain utama yang terlindungi, subdomain juga terlindungi. Jumlah subdomain yang akan dilindungi unlimited. Berapapun subdomain yang ada pada domain utama akan dilindungi oleh Wildcard SSL.
  • Wildcard SSL lebih murah dibandingkan saat kamu membeli sertifikat SSL untuk satu per satu ketika membutuhkan perlindungan untuk subdomain.
 Sumber : Elements Envato
  • Mengelola sertifikat SSL lebih mudah.
  • Tidak perlu menambahkan Wildcard SSL lagi saat kamu membuat subdomain baru. Sertifikat wildcard akan secara otomatis melindungi.
  • Tetap dapat berjalan jika subdomain berada di beda server.

Perbedaan Wildcard SSL dan Sertifikat SSL Biasa?

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya. Sebenarnya pemasangan sertifikat SSL itu dapat disesuaikan dengan kebutuhan website. DomaiNesians bebas memilih apakah menggunakan Wildcard SSl atau Sertifikat SSL biasa. Apabila hanya menggunakan domain utama sebagai halaman website, bisa menggunakan sertifikat SSL biasa. Sedangkan jika menggunakan domain utama dan subdomain, kamu bisa menggunakan Wildcard SSL.

Pasang Sertifikat SSL Untuk Keamanan Websitemu

Dengan adanya isu- isu kerentanan website yang baru saja terjadi, apakah DomaiNesians rela jika websitemu diretas oleh orang lain? Nah, mulai sekarang jangan ragu- ragu lagi untuk memasang sertifikat SSL untuk websitemu. Sertifikat SSL dapat disesuaikan dengan kebutuhan website. Jika kamu memiliki website toko online, kamu bisa memasang sertifikat SSL murah terlebih dahulu seperti PositiveSSL dan RapidSSL.

Wildcard ssl

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!