• Home
  • Berita
  • Content Creator Harus Tahu Apa itu Facebook Creator Studio

Content Creator Harus Tahu Apa itu Facebook Creator Studio

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Saat ini ada platform official dari Facebook yang bernama Facebook Creator Studio yang dikhususkan untuk para kreator dalam mengelola akun sosial medianya.

Ada beberapa fitur yang tentu saja membantu kamu dalam mengembangkan akun sosial media untuk berbagai keperluan.

Mulai mengelola, melihat performa, melakukan publikasi, dan sebagainya. Nah, daripada semakin penasaran, berikut ini penjelasan mengenai apa itu Facebook Creator Studio.

Facebook Creator Studio
Sumber: Freepik

Apa Itu Facebook Creator Studio?

Facebook Creator Studio adalah sosial media content management tool yang dikembangkan secara resmi oleh Facebook untuk membantu content creator dan publisher dalam mengelola konten, melacak performa, dan terhubung ke audience di Facebook dan Instagram.

Saat ini banyak orang terutama Marketer yang menggunakan tools lain dan bahkan mungkin tidak mengetahui apa itu Facebook Creator Studio.

Mereka lebih sering menggunakan tools pihak ketiga untuk mengelola, melakukan penjadwalan otomatis, dan melacak performa konten.

Padahal, dengan menggunakan Facebook Creator Studio saja, sudah cukup membantu, apalagi tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan ketika menggunakannya.

Facebook Creator Studio ini dikembangkan langsung oleh Facebook dan diperuntukkan untuk mengelola halaman konten saja.

Seperti misalnya mengunggah, melakukan penjadwalan, publikasi, memonitor performa, dan melacak semua konten yang kamu publikasikan.

Dan untuk menggunakan Facebook Creator Studio ini, kamu bisa mengunjungi laman https://business.facebook.com/creatorstudio.

Bisa Digunakan Tim

Kelebihan yang ada di Facebook Creator Studio ini bisa memiliki lebih dari satu pengguna untuk mengelola media sosial yang sama.

Ada lima peran yang terdapat di tools ini, mulai dari admin, editor, moderator, advertiser, dan analyst.

Dan tidak semua orang yang memiliki akses bisa melakukan perubahaan konten, mereka hanya bisa melakukan perubahan sesuai dengan peran yang mereka dapat.

Misalnya, peran analyst bisa melihat performa atau insight, tetapi tidak bisa membuat dan mempublikasikan konten.

Penjadwalan Konten di Facebook Creator Studio

Fitur lain yang cukup membantu dan banyak digunakan oleh orang adalah penjadwalan konten secara otomatis.

Pada media sosial Facebook dan Instagram, tidak ada fitur penjadwalan otomatis, sehingga banyak content creator atau marketer memilih menggunakan platform manajemen pihak ketiga yang biasanya berbayar.

Namun, dengan Facebook Creator Studio, kamu bisa melakukan penjadwalan tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Pengaplikasian penjadwalan pun juga cukup mudah. Hanya dengan mengunggah konten di halaman Facebook Creator Studio.

Kemudian menggunakan fitur ‘Schedule’ dan memilih waktu yang tepat kapan content akan dipublikasikan.

Facebook Creator Studio
Sumber: Freepik

Setelah itu secara otomatis sistem akan melakukan penjadwalan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Kamu masih bisa merubah jadwal yang ada, memberikan keterangan caption, dan sebagainya.

Bahkan hampir semua konten bisa dilakukan penjadwalan seperti gambar, video, text, IGTV, dan story. Dan kamu juga bisa mengatur hashtag, tag akun lain, menonaktifkan komentar dan sebagainya.

Management Engagement di Facebook Creator Studio

Otomatis Respon

Di Studio Creator ini juga memiliki fungsi yang sama dengan halaman Facebook seperti biasanya. Dan kelebihannya kamu bisa melakukan otomatis respon seperti chatbots.

Jadi, Facebook mengizinkan kamu untuk mengatur balasan otomatis untuk pengguna Facebook lain yang menghubungi melalui kotak masuk.

Melacak Kontak

Selain itu, kamu juga bisa melacak kontak orang-orang yang terhubung dengan akun sosial media kamu. Jadi kamu bisa memberikan label tertentu tentang mereka.

Tujuan dari pelacakan kontak ini akan memudahkan kamu misalnya ketika mencari audience yang memiliki tanggal lahir yang sama, mencari alamat email, tempat kerja, dan sebagainya.

Fitur Konten Video di Creator Studio

Episodic Video Series

Selain itu, Facebook Creator Studio juga memiliki fitur untuk konten. Mulai dari Episodic Video Series yang memang ditujukan untuk video series seperti tayangan di Netflix atau Televisi.

Jadi karena memang terdapat banyak audience yang ada di Facebook, maka Facebook juga memberikan kesempatan bagi kreator series yang ingin menjangkau lebih banyak audience di Facebook dengan fitur Episodic Video Series ini.

Video Clips

Selain itu ada juga Video Clips yang ditujukan untuk membuat video pendek dari siaran ulang yang kamu lakukan dan menggunakannya lagi.

Fitur ini mengambil potongan dari siaran langsung dan bisa kamu edit lagi untuk disesuaikan lebih lanjut.

Dengan Clips tersebut kamu bisa membuat post baru untuk mendapat tambahan views.

Video Playlists

Yang terakhir ada video playlist yang fungsinya mirip seperti penjadwalan. Hanya saja, playlist di sini sudah berpindah dari yang sebelumnya ada di halaman Facebook jadi ke Creator Studio.

Dengan playlist kamu akan mengelompokkan beberapa video menjadi satu kategori yang sama dan memungkinkan orang-orang tidak ketinggalan dengan semua video yang sudah kamu upload.

Dan Playlist sendiri akan membuat URL baru yang bisa kamu share melalui email dan juga sosial media lainnya untuk mendatangkan viewers baru.

Facebook Creator Studio
Sumber: Freepik

Kini Optimasi Konten Jadi Semakin Keren

Dengan adanya Facebook Creator Studio ini, tentu saja membantu para cerator dan marketer untuk mengoptimalkan management media sosial Facebook dan Instagram.

Dan melalui Creator studio juga kamu bisa melihat siapa saja audience kamu dan mengetahui informasi demografisnya.

Jadi dengan fitur yang cukup komplit, Facebook Creator Studio sangat direkomendasikan untuk mengelola akun sosial media.

Selain mudah untuk digunakan, juga tidak ada biaya tambahan.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Citra
April 22, 2021

Terima kasih Banyak ilmunya. Saya sangat senang membaca content ini. Sangat mudah memahami dan menambah wawasan saya. Salam dari Pulau Bali Citra, MS

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!