5 Plugin SEO WordPress Gratis Yang Wajib Kamu Pasang!

plugin wordpress terbaik untuk SEO
Hi DomaiNesians! Apakah kamu menggunakan WordPress dalam membuat website? Jika iya, berbahagialah para pengguna WordPress. Kamu akan dimanjakan dengan berbagai kemudahan dalam membuat website serta bagaimana meningkatkan performa website. Terlebih lagi dalam urusan SEO (Search Engine Optimization), menaikkan traffic serta membuat website ada di peringkat pertama Google. Semua itu dapat dengan mudah kamu lakukan dengan Plugin WordPress. Apa itu Plugin WordPress dan bagaimana cara pasang plugin di WordPress? Coba baca Cara Upload Plugin WordPress. Nah terdapat beberapa plugin wordpress terbaik untuk SEO yang bisa kamu gunakan lho! Mau tahu apa aja yang sering digunakan para blogger dan SEO Specialist? Yuk cek penelusuran Tim Support DomaiNesia berikut ya.

Daftar Plugin WordPress Terbaik untuk SEO

1. Yoast SEO

plugin wordpress terbaik untuk SEO

Sepertinya plugin ini wajib ada di setiap website agar traffic website meningkat. Dengan Yoast SEO, kamu bisa membuat konten sesuai dengan kaidah SEO, membuat sitemap dengan format XML, menambah meta description, mengubah judul konten dan judul halaman, mengubah .htaccess dan robots.txt dan sebagainya. Salah satu hal yang membuat plugin ini menjadi favorit para pemula dan SEO Specialist adalah mampu merekomendasikan tentang focus keyword, SEO title, URL serta meta description. Jadi, buat pemula jangan khawatir! Kamu hanya perlu menyesuaikan artikel dengan rekomendasi dari Yoast SEO saja. Selain itu terdapat beberapa kelebihan dari Yoast SEO untuk urusan konten dan penulisan. Misalnya, apakah terdapat heading atau subheading, memiliki berapa kata dalam setiap paragraf, apakah ada kata yang berulang dan sebagainya. Terdapat 2 versi Yoast SEO, yaitu versi gratis dan versi premium. Untuk kebutuhan biasa, kamu masih tetap bisa menaikkan traffic website hanya dengan berbekal Yoast SEO gratis. Namun, untuk kebutuhan lebih, terdapat Yoast SEO versi premium/ berbayar dengan berbagai tambahan fitur.

2. All in One SEO Pack

plugin wordpress terbaik untuk SEO

Selain Yoast SEO, kamu juga bisa menggunakan plugin All in One SEO Pack. Plugin ini memiliki kelebihan seperti:
– XML Sitemap suppport
– Google AMP Support
– Google Analytics support
– Melakukan generate Meta TAG secara otomatis
– Cocok untuk PHP 7
– Terdapat video sitemap
– Terdapat fitur Bad Bot Blocker, Robots.txt serta File Editor
– Untuk melakukan editing konten, kamu tidak perlu bolak balik pindah ke halaman lain. Cukup edit SEO Title, SEO Keywords serta SEO Description langsung.
All in One SEO Pack dapat kamu dapatkan secara gratis. Namun, bagi yang ingin mendapatkan fitur unggulan lain, bisa melakukan upgrade ke versi Premium.

3. WP Super Cache / W3 Total Cache

Selain optimasi dari segi keyword dan konten, untuk mendapatkan peringkat teratas Google, ternyata performa website juga diperhatikan. Google akan menaikkan rangking dari suatu website yang memiliki performa tinggi. Cepat saat diakses, proses loading tidak memerlukan waktu lama serta cache dikelola dengan benar. Plugin W3 Super Cache akan melakukan pengelolaan file cache dengan 3 cara yaitu Expert, Simpel, dan WP-Cache caching. WP Super Cache akan memanfaatkan Apache mod_rewrite untuk pengelolaan cache. Selain WP Super Cache, kamu bisa juga menggunakan W3 Total Cache.

plugin wordpress terbaik untuk SEO

W3 Total Cache akan memperbaiki SEO serta user experience dari website WordPress agar memiliki performa yang baik. Dikutip dari WordPress.org, adapun beberapa keuntungan dari plugin W3 Total Cache yaitu:
– Memperbaiki conversion rates dan site performance website
– Mengoptimasi render progresif pada saat memulai website
– Mengurangi waktu load halaman website
– Memperbaiki performa web server
– Hemat bandwidth 80% via minify
– Support HTTP compression untuk HTML, CSS, JavaScript
– AMP (Acelerated Mobile Page) support dan SSL (Secure Socket Layer) support
– Cocok digunakan untuk shared hosting, virtual private serta dedicated server
Kamu bisa melakukan kombinasi W3 Total Cache dengan Memcached lho! Memcached berfungsi untuk meringankan load database, sedangkan W3 Total Cache digunakan untuk pengelolaan cache. Jadi, jika keduanya digabungkan maka akan menjadi solusi terbaik untuk pengelolaan cache data yang cukup besar di WordPress kamu. Coba baca Cara Install W3 Total Cache. Pengen tahu lebih jelas tentang Memcached? Yuk baca Tingkatkan Performa Website dengan Memcached Sekarang!

4. All in One Schema.org Rich Snippets

plugin wordpress terbaik untuk SEO

Pernah mendengar kata snippet? Bagi penggiat SEO, snippet adalah hal yang penting. Sebuah artikel di website yang telah berubah menjadi snippet pasti memiliki click rate yang tinggi. All in One Schema.org Rich Snippets adalah plugin untuk membantu artikel website agar dapat segera berubah menjadi snippet. Plugin ini akan membantu search engine untuk menemukan informasi apa yang penting di dalam website.

plugin wordpress terbaik untuk SEO

Salah satu faktor yang mempengaruhi SEO yaitu broken link atau link yang rusak. Misalnya link yang tidak bisa diakses, link akibat salah penulisan ataupun link yang mengarah ke halaman 404. Untuk itu plugin Broken Link Checker dapat menjadi pilihan kamu untuk melakukan pengecekan link yang rusak. Menurut Neil Patel, terlalu banyak link yang rusak akan memberikan dampak negatif untuk website. Jika website memiliki banyak link yang rusak (broken link) itu tandanya, website tersebut terbengkalai dan tidak layak untuk masuk ke halaman pertama Google. Untuk itu muncullah Plugin Broken Link Checker yang siap memonitor jumlah link yang rusak dalam suatu website. Broken Link Checker ini juga menjadi salah satu plugin wordpress terbaik untuk SEO. Adapun beberapa fiturnya yaitu:

– Memonitor link yang ada di post, halaman, komentar serta blogroll
– Mendeteksi link yang tidak bekerja
– Memberi notifikasi via dashboard/ email
– Membuat link yang rusak (broken link) memiliki tampilan berbeda di setiap post
– Kamu bisa mencari dan menyaring link menggunakan URL atau anchor text
– Link dapat di edit langsung dari halaman plugin tanpa update manual tiap post
– Setting mudah

Kesimpulan

Itulah plugin wordpress terbaik untuk SEO yang bisa kamu pilih! SEO termasuk hal yang cukup penting untuk meningkatkan rangking website di search engine Google. Coba baca Cara Mudah Agar Website Muncul di Halaman Pertama Google Dengan Cepat agar kamu lebih mengerti. Nah, untuk mempermudah optimasi SEO, kamu bisa gunakan 5 plugin wordpress terbaik untuk SEO yang populer digunakan beberapa orang di seluruh dunia ini. Ada beberapa plugin seperti Yoast SEO/ All in One SEO untuk optimasi konten, W3 Super Cache atau W3 Total Cache untuk optimasi website, All in One Schema.org Rich Snippets agar artikel bisa diindeks snippet Google serta Broken Link Checker untuk memonitor link yang rusak. Pengen coba hosting terbaik dengan teknologi terkini? Coba aja Hosting Terbaik DomaiNesia! Hosting murah gratis domain dan gratis SSL lho! Salam DomaiNesia!

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!