• Home
  • Tips
  • 7 Strategi Internet Marketing Wajib Diterapkan Saat New Normal

7 Strategi Internet Marketing Wajib Diterapkan Saat New Normal

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Wabah Covid-19 memberikan banyak dampak bagi perkembangan pelaku ekonomi. Tidak hanya Indonesia, hampir seluruh belahan dunia juga mengalami nasib serupa. Dalam masa-masa Covid, perekonomian melemah dan tentu saja menjadi tantangan bagi para marketer dan pemilik bisnis untuk terus bertahan di situasi yang sulit.

Untuk menggerakkan perekonomian kembali, pemerintah Indonesia kemudian menerapkan New Normal, setelah melakukan karantina wilayah. Hal ini tentu saja menjadi awal mula bagi pengusaha menjalankan bisnisnya di tengah situasi yang masih belum stabil.

Untuk itu diperlukan strategi khusus yang harus diterapkan sebuah bisnis dalam menghadapi New Normal pasca wabah Covid-19. Apa saja strategi tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

internet marketing
Sumber: Freepik

Aktif Menggunakan Media Sosial

Pengguna internet meningkat drastis selama masa social distancing seperti ini. Orang-orang menggunakan sosial media sebagai alat untuk menghadapi isolasi dan sosial distancing. Untuk itu dengan menggunakan sosial media, bisnis akan bisa terhubung dengan audience yang berpengaruh meningkatkan bisnis agar semakin dikenali banyak.

Pemanfaatan internet marketing yang tepat pada sosial media, bisa bisa mempengaruhi brand bisnis. Mulailah dengan membuat konten yang mempunyai value, yang bisa menarik audience dan meningkatkan kepercayaan mereka.

Optimalkan Penggunaan Website

Website bisa digunakan untuk meningkatkan jejak Brand di dunia digital biar bisnis semakin dikenal. Di zaman teknologi seperti ini, pemanfaatan internet marketing melalui media sosial tidaklah cukup untuk membuat bisnis bertahan.

Gunakan strategi internet marketing lainnya, seperti membuat platform sendiri menggunakan website dan alamat domain yang profesional. Selain bisa meningkatkan Brand, kehadiran website juga bisa meningkatkan organic traffic dan conversion rate. Jangkauan pelanggan pun menjadi lebih luas.

Penting untuk menggunakan prinsip-prinsip SEO (Search Engine Optimization) dalam internet marketing pada website. Agar bisa bersaing dengan kompetitor, mendatangkan visitor lebih banyak, dan semakin dikenal. Sebab, jika tidak SEO friendly, website tidak akan berada di halaman pertama pencarian.

Artinya ada sedikit kesempatan untuk meningkatkan penjualan, pendapatan, dan bisa bersaing di tengah kondisi seperti saat ini. Mulailah dengan membuat konten yang relevan dan dicari banyak orang.

SEO tentu sangat penting. Salah satu jalan yang bisa kamu terapkan adalah membuat nama domain dengan nama brand. hal tersebut akan sangat memudahkan pelanggan menemukan website kamu di internet. Untuk mendukung website kamu supaya mudah dikenali, Radix punya banyak TLD yang bisa kamu pakai untuk alamat website.

Ekstensi domain .ONLINE, .STORE, atau .WEBSITE sangat cocok digunakan untuk industri apapun. Jangan ragu untuk memilih ekstensi domain yang unik, karena kesempatan kamu untuk memiliki nama alamat yang diinginkan juga lebih besar.

Dengarkan Audience

Dalam Internet marketing, brand harus bisa menyesuaikan dengan target audience. Cara tercepat dan termudah untuk menetapkan kebutuhan audience adalah dengan meminta pendapat mereka terkait dengan brand dan industri yang berhubungan dengan bisnismu.

Manfaatkan media sosial untuk menjalin komunikasi yang lebih intens dengan audience dan pahami mereka. Sosial media adalah sumber informasi yang paling banyak ditemukan untuk perkembangan bisnis. Salah satunya untuk memahami kebutuhan pasar dan audience.

internet marketing
Sumber: Freepik

Bahkan, dengan media sosial bisnis bisa memonitor engagement melalui data statistik, yang kemudian nantinya bisa dimanfaatkan untuk menyusun strategi internet marketing yang lebih optimal.

Loyal Dengan Customer Lama dan Jangkau Customer Baru

Salah satu cara untuk mendapatkan loyalitas dari customer lama dan menjangkau customer baru adalah memberikan promo menarik, brand awareness, dan conversion rate yang tinggi.

Apalagi dengan situasi seperti saat ini, kamu bisa membuat promosi terhadap wabah Corona dengan memberikan penawaran spesial, diskon, atau melakukan tindakan khusus untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan brand kamu.

Misalnya dengan membeli produk tertentu, maka pelanggan secara tidak langsung menyumbangkan uangnya untuk orang-orang yang terkena dampak dari Covid-19. Kamu bisa memulai strategi ini dengan membuat email campaigns, menggunakan jasa periklanan, membuat konten di blog, dan mengupdate profil bisnis di media sosial.

Dengan loyal terhadap customer, maka mereka akan loyal dengan brand kamu. Tentu saja akan meningkatkan reputasi brand, meningkatkan customer retention, meningkatkan penjualan dan juga bisa menjangkau pelanggan baru.

Terapkan Dasar-dasar Manajemen Krisis

Di masa sekarang banyak bisnis yang akhirnya gagal bertahan. Banyak orang ketakutan, tidak produktif, dan daya beli semakin menurun. Hampir semua pemilik bisnis sepertinya sepakat jika sekarang saatnya waktu yang tepat untuk menerapkan dasar-dasar manajemen krisis.

Mungkin bagi sebagian pelaku usaha, cukup asing mendengar istilah manajemen krisis dan mungkin bukan ahli dalam penerapanya. Hanya saja, bisnis tetap harus terus berjalan. Virus Corona membuat semua orang menjadi tertekan.

Cobalah memanfaatkan brand untuk mencegah emosi pelanggan memburuk. pahami keadaan mereka, dan investasikan sumber daya yang bisa memberikan pelanggan dukungan serta bantuan.

Pantau terus reputasi brand di berbagai platform digital, termasuk jejaring sosial, situs berita, forum, blog, majalah, dan sebagainya. Dan jika ada perubahan tertentu terkait bisnis, berikan informasi resminya melalui website perusahaan atau email.

Tunjukan Pesan Positif dan Kurangi Kekhawatiran

Strategi internet marketing selanjutnya adalah dengan menunjukkan pesan positif bagi seluruh audience. Saat ini ketidaktenangan banyak orang, menjadi hal yang menakutkan. Sebagai bisnis yang punya dampak bagi orang lain dan lingkungan sekitar, tidak ada salahnya mulai membantu audience untuk membuat mereka tenang.

Beberapa perusahaan besar menggunakan teknik psikologi warna dan cyberpsychology untuk membuat audience mengurangi emosi negatif dan meningkatkan positive mood. Teknik tersebut diterapkan untuk setiap konten yang mereka publish di platform mereka, baik di media sosial maupun website perusahaan.

Jangan Lupakan Isu Kemanusiaan Saat Ini

Seperti yang kita ketahui, Virus Corona merupakan wabah dunia yang artinya banyak orang yang mengalami nasib serupa terkait bisnis mereka. Pemanfaatan internet marketing selanjutnya adalah dengan melibatkan brand dengan isu kemanusiaan saat ini.

Brand ikut terlibat untuk membantu menyelesaikan masalah yang ada dengan cara yang efisien. Misalnya dengan membuat sistem donasi, menyerahkan bantuan ke pihak yang dirugikan selama masa covid-19, terlibat dengan isu kemanusiaan yang sedang terjadi, dan berbagai positif hal lainnya diluar tujuan utama perusahaan.

Internet marketing yang tepat tidak hanya meningkatkan penjualan, tetapi juga menciptakan kesan positif bagi banyak orang untuk sebuah brand. Dengan memahami situasi yang saat ini sedang terjadi, strategi internet marketing yang cocok digunakan sepertinya tidak hanya fokus pada peningkatan penjualan saja, melainkan terlibat aktif menolong sesama manusia.

internet marketing
Sumber: Freepik

New Normal New Strategy

Ekonomi global sudah berpengalaman dalam menghadapi berbagai masalah. Mulai dari meningkatnya harga minyak bumi, inflasi tiba-tiba, dan wabah Covid seperti saat ini. Untuk menghadapi sistem New Normal setelah isolasi wilayah Covid, tentu saja ada beberapa hal penting yang harus dilakukan perusahaan agar bisa terus bertahan.

Strategi pemanfaatan internet marketing yang tepat, tidak hanya meningkatkan penjualan, tetapi juga meningkatkan brand awareness. Sudah siapkah bisnis mu kembali beroperasi di saat New Normal?

Ratna Patria


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!