• Home
  • Berita
  • Komponen Penting Optimalkan Marketing di Sosial Media

Komponen Penting Optimalkan Marketing di Sosial Media

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna jejaring sosial terbanyak di dunia. Berbagai platform jejaring sosial seperti Facebook, YouTube, Twitter bahkan aplikasi messenger seperti Line, WhatsApp dan sebagainya bukanlah suatu hal yang asing di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Bahkan saat ini banyak orang yang lebih memilih ketinggalan dompet dari pada ketinggalan handphone. Hal ini dilihat sebagai peluang oleh para pemilik usaha sebagai media baru untuk melakukan promosi atau membangun brand awareness.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membangun Brand Awareness

Dalam sosial media marketing, para pelaku usaha bisa memasarkan konten dalam bentuk postingan di website, gambar, atau video. Selain memasarkan konten, sosial media marketing juga dapat dilakukan untuk membangun brand awareness produk barang atau jasa yang kamu miliki. Dengan mengenalkan merek dan memberi impresi yang baik, maka rasa percaya masyarakat akan meningkat kepada produk kita dan bisa meningkatkan trafik penjualan.

sosial media marketing
Sumber: Pixabay

Ada beberapa komponen penting yang harus ada dalam sosial media marketing. Para pelaku bisnis terutama yang pemula harus memahami komponen di bawah ini agar proses pemasaran dapat terus berjalan efektif dan tepat sasaran :

  1. Fokus pada Target Konsumen

Kegiatan sosial media marketing dapat dilakukan oleh siapapun selama dia memiliki akun sosial media. Akan tetapi pemasaran yang fokus dan tepat sasaran tidak mudah dilakukan.

Sebelum memasarkan produk ada baiknya pelaku usaha menentukan targetnya terlebih dahulu lebih baik lagi jika melakukan riset pasar untuk lebih mengenali para calon-calon konsumen sehingga pemasarannya akan lebih efektif dan efisien.

  1. Konten yang Menarik

Pada saat ini setiap orang dituntut harus berpikir kreatif hal tersebut terjadi karena tuntutan industri yang berkembang. Pemilik bisnis online dituntut untuk selalu kreatif dalam menyediakan konten agar bisa menarik perhatian orang-orang di jejaring sosial yang menjadi target konsumennya.

Konten marketing yang tersebar di jejaring sosial banyak jumlahnya, kamu harus punya konten yang segar dan kreatif untuk bisa menonjol di antara pesaing-pesaing kamu. Pahami jenis sosial media marketing yang tepat.

sosial media marketing
Sumber: Pixabay
  1. Menentukan Jenis Sosial Media yang tepat

Saat ini banyak sekali platform jejaring sosial yang ada dan masing masing jejaring sosial memiliki fitur-fitur yang berbeda. Maka menentukan jenis sosial media sangat penting sebelum melakukan sosial media marketing.

Pelaku usaha dapat mengoptimalkan penggunaan semua fitur-fitur pada sosial media tersebut dan juga dengan menentukan sosial media yang ingin digunakan kita juga secara tidak langsung menentukan target konsumen kita.

  1. Menggabungkan Banyak Platform

Fokus ke satu sosial media memang sangat sarankan oleh banyak marketer. Namun, kalau kamu bisa menggunakan beberapa sosial media dengan baik, promosi bisa berjalan dengan lancar. Para pengguna sosial media di beberapa platform memiliki keunikan tersendiri dalam menanggapi promosi.

Para pelaku bisnis harus memiliki strategi jitu agar pemasaran yang dilakukan tidak sia-sia artinya tepat sasaran kepada target konsumen yang akan dituju. Jika kamu berkeinginan untuk melakukan pemasaran dengan memanfaatkan jejaring sosial, tentunya kamu harus membangun strategi terlebih dahulu.

Saatnya Beralih ke Pemasaran Digital

Kegiatan marketing tidak dapat dipisahkan dalam sebuah bisnis karena kegiatan marketing berfungsi untuk memperkenalkan barang atau jasa kepada para konsumen. Setiap pemilik usaha pasti melakukan kegiatan marketing, akan tetapi para pelaku bisnis harus menyadari bahwa saat ini kegiatan marketing sudah tidak lagi berada pada hal-hal konvensional.

sosial media marketing
Sumber: Pixabay

Seiring berkembangnya teknologi digital maka kegiatan marketing pun bergeser ke platform-platform digital. Salah satu platform yang paling banyak digunakan dan terbukti efektif untuk memasarkan suatu produk adalah melalui sosial media. Melakukan kegiatan pemasaran melalui platform sosial media bisa dibilang susah-susah gampang.

Beberapa pelaku usaha melakukan promosi secara hard selling,promosi ringan atau promosi dengan gambar, dan video. Untuk yang belum maksimal menggunakan sosial media marketing, silahkan dicoba beberapa komponen diatas, semoga dapat membantu mengembangkan bisnis kamu.

Ratna Patria

Artikel

Lainnya


Baskara
July 1, 2020

https://www.youtube.com/watch?v=WqELQd4PHto

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!