• Home
  • Berita
  • Facebook Debugger: Mengenal Tools Social Media Masa Kini

Facebook Debugger: Mengenal Tools Social Media Masa Kini

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Pada era digital saat ini hampir semua orang menggunakan internet dan kebutuhan terhadap keberadaan internet pun menjadi seperti kebutuhan yang primer. Seiring perkembangnya teknologi komunikasi platform-platform media sosial juga semakin banyak bermunculan.

Keberadaan media sosial juga bisa dianggap sangat penting di tengah kondisi masyarakat saat ini. Jika dilihat dari semua platform media sosial yang tersedia saat ini Facebook masih berada di posisi puncak sebagai sosial media yang paling banyak digunakan.

Tools Facebook untuk Sharing Konten

Melansir dari situs Techni Kompas pengguna aktif dari situs jejaring sosial ini terus meningkat setiap bulannya. Saat ini tercatat ada 2,4 milyar akun yang mengakses Facebook setiap bulannya.

Dengan pengguna yang begitu banyak tentu saja ada beberapa masalah yang terjadi saat kamu menggunakan platform ini. Karena pengguna platform ini lebih banyak dibandingkan platform media sosial lainnya Facebook banyak digunakan sebagai sarana promosi.

Facebook Debugger
Sumber: Pixabay

Sudah menjadi rahasia umum jika salah satu cara yang paling jitu untuk meningkatkan pengunjung website kamu adalah melakukan sharing konten website ke Facebook.

Ada beberapa kasus seperti Facebook tidak menampilkan gambar yang benar untuk tulisan yang dipublish pada website. Namun kamu tidak perlu panik karena masalah seperti itu bisa diminimalisir dengan menggunakan tools.

Mengenal Facebook Debugger

Mungkin kamu akan berkali-kali menghapus postingan di Facebook jika postingan tersebut tidak sesuai dengan apa yang ada di website atau blog. Mungkin kamu perlu mengenal Facebook Debugger.

Facebook Debugger Adalah salah satu tools yang bisa kamu gunakan untuk melihat apa yang dilakukan Facebook dari halaman website atau blog kamu. Dengan kata lain Facebook Debugger ini membantu kamu untuk menganalisa apakah ada eror yang bisa diatasi atau diperbaiki. Tools ini juga berfungsi untuk melihat tampilan pratinjau ketika kamu share link website kamu di Facebook.

Facebook Debugger bekerja dengan cara mengurai script open graph yang terpasang pada template agar informasi yang terdapat dalam artikel yang kamu buat bisa ditampilkan pada halaman Facebook sesuai seperti apa yang terdapat pada website.

Sumber: Pixabay
Sumber: Pixabay

Cara Menggunakan Facebook Debugger

Untuk menggunakan Facebook Debugger cukup mudah karena kamu tidak perlu membuat akun khusus. Kamu cukup memiliki akun Facebook untuk menjalankan tools tersebut. Berikut beberapa langkah untuk memastikan postingan kamu pada halaman Facebook sesuai dengan yang tertera pada website.

  1. Pertama silahkan mengakses situs Facebook Debugger (https://developers.Facebook.com/tools/debug/)
  2. Lalu masukan link tautan yang mengalami error dari website atau blog ke dalam kolom yang sudah disediakan,
  3. Kemudian klik tombol “ debug”.
  4. Setelah itu akan ditampilkan informasi yang akan di posting pada laman Facebook. Selain menampilkan informasi yang ingin kamu posting pada laman Facebook, tools ini juga akan menampilkan preview sehingga kamu dapat melihat apakah gambar pada tulisan tersebut akan posting dengan benar.
  5. Jika semuanya sudah seperti yang kamu harapkan kamu bisa memposting ulang tautan tersebut.

Jika tidak, itu berarti kamu memiliki beberapa kesalahan. Facebook akan memberikan notifikasi “peringatan itu harus diperbaiki ” silahkan cek pada bagian atas halaman. Jika Facebook tidak dapat menemukan gambar yang kamu posting, hal itu mungkin karena kamu tidak membuat “Feature Image” pada CSM.

Untuk memperbaiki hal ini, periksalah kembali apakah kamu telah mengupload gambar ke CSM. Tidak jarang Facebook akan menarik gambar lama karena tidak dapat melihat foto yang baru. Hal ini terjadi karena masalah caching pada browser atau sistem manajemen konten yang kamu buat. Untuk memperbaikinya silahkan bersihkan cache di CSM, Facebook, dan browser.

Pastikan Postingan Sudah Benar

Untuk memastikan kembali bahwa postingan pada halaman Facebook seperti apa yang kamu harapkan, buka kembali situs debugger dan klik, “Scrape Again”. Hal ini akan memaksa Facebook memperbarui halaman kamu di cache-nya.

Lalu periksa link preview dan pastikan postingan tersebut sesuai dengan keingin kamu terutama pastikan jika gambarnya benar. Jika tidak ada lagi kesalahan, itu berarti postingan kamu sudah siap untuk di share kembali di Facebook.

Sumber: Pixabay
Sumber: Pixabay

Memastikan postingan media sosial dengan benar adalah aspek penting dalam strategi promosi melalui platform media sosial. Sebetulnya ada beberapa cara yang bisa kamu coba selain menggunakan situs debugger untuk mengatasi gambar salah atau tidak muncul pada laman Facebook.

Kamu bisa mencoba cara lain seperti memposting gambar secara manual, bisa juga menggunakan plugin Yoast SEO dan lain sebagainya. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk kamu.

Ratna Patria


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!