• Home
  • Berita
  • Pemanfaatan Big Data Untuk Meningkatkan Bisnis

Pemanfaatan Big Data Untuk Meningkatkan Bisnis

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Beberapa dari kita mungkin sudah mengenal apa itu big data atau bahkan sudah menggunakan data-datanya untuk keperluan bisnis. Big data adalah istilah yang menggambarkan volume data yang besar, baik terstruktur atau tidak. Namun di sini berapa jumlah data tersebut bukan hal yang penting, melainkan apa yang kita lakukan dengan data tersebut. Big data bisa memberikan banyak manfaat jika dianalisis. Hasil analisis akan memberikan wawasan baru yang bisa mendukung marketers untuk mengambil keputusan yang lebih baik atau bahkan melahirkan suatu langkah bisnis.

Menurut Harvard Business Review, 99% bisnis yang disurvey melaporkan bahwa mereka ingin menganalisis big data dan AI. Namun pada kenyataanya hanya 30% yang benar-benar melakukannya. Salah satu manfaat big data adalah memberikan wawasan baru. Manfaat tersebut tidak hanya bisa dirasakan oleh perusahaan besar atau bisnis besar. Bisnis kecil juga bisa mendapat manfaatnya. Jadi, untuk kamu yang ingin terjun ke dunia big data, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bisnis sehingga mendapat manfaat yang potensial.

Baca juga: Tren Marketing Media Sosial 2019

Big data adalah
Sumber: Pixabay

Pemasaran dan Customer Relationship Management (CRM)

Personalisasi akan selalu menjadi prioritas bagi merkerters dalam menjual produknya. Personalisasi tersebut dimaksudkan supaya aktivitas marketing yang dilakukan membentuk ikatan yang lebih dekat dengan pelanggan. Semakin seseorang merasa terhubung dengan suatu merek, semakin besar kemungkinan mereka melakukan bisnis dengan merek tersebut. Jika penerapan analisis big data adalah tepat, hal itu akan membantu memperkaya data produk. Saat ini, trennya bukan lagi menjangkau banyak orang, faktor terpenting dalam kesuksesan pemasaran adalah penargetan pada lingkungan mikro, yang cenderung membeli pada waktu yang tepat. Mulai dari menentukan urutan menampilkan produk, hingga bagaimana menghasilkan iklan email dengan target yang spesifik. Semakin banyak data yang didapat, lebih banyak peluang untuk terlibat dengan pelanggan di tingkat yang lebih pribadi.

Peningkatan Keamanan

Ketika volume transaksi online meningkat, tingkat penipuan juga akan meningkat. Mulai dari serangan malware, virus Wannacry hingga serangan-serangan yang dianggap kurang canggih namun tetap menghancurkan, para hackers telah menjatuhkan banyak bisnis online dan offline. Kehilangan data pelanggan bisa menghancurkan reputasi bisnis kamu, terlepas dari kerugian finansial yang terjadi. Big data memungkinkan perusahaan untuk mengimplementasikan perangkat lunak yang bisa meningkatkan perlindungan pada informasi sensitif.

Big data adalah
Sumber: Pixabay

Data Sharing

Ketika startup dan bisnis mulai berkembang, mereka mulai bekerja pada produk, situasi yang sulit akan sering muncul. Di satu sisi, tidak ada informasi yang cukup untuk membangun produk dengan pasti. Sementara di sisi satunya, data yang justru bisa membangun produk tersebut tidak mungkin diperoleh tanpa meriset produk lain terlebih dahulu. Disinilah data sharing berperan penting. Dengan data sharing, proses inovasi bisa menjadi lebih cepat, yaitu dengan menghubungkan bisnis ke kumpulan data yang dibutuhkan untuk memperoleh wawasan inovatif.

Customer Service dan Retensi

Chatbot menjadi sangat populer sebagai sarana bisnis untuk menyediakan customer servis terbaik tanpa kendala waktu, anggaran dan karyawan. Selain itu, cara lain big data bisa meningkatkan kepuasan pelanggan adalah dengan memberi panduan dan membantu dalam merancang produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dengan data yang tepat, kamu bisa menganalisis dan menyimpulkan fitur-fitur yang paling disukai oleh pelanggan dan mana yang perlu dihilangkan. Data bisa berasal dari mana saja, misalnya survey, jajak pendapat atau teknologi tracking.

Big data adalah
Sumber: Pixabay

Menganalisis Resiko

Keberhasilan tergantung pada banyak faktor yang berbeda dan bukan hanya soal bagaimana kamu menjalankan sebuah bisnis. Faktor ekonomi dan sosial memainkan peran penting untuk menentukan prestasi. Hasil analisis Big data adalah analitik prediktif, jadi ini memungkinkan kamu untuk menganalisis, baik media sosial maupun media konvensional seperti koran atau majalah. Dengan begitu kamu bisa dengan cepat mengikuti tren dan perkembangan terbaru dalam industri tertentu.

Membuka Peluang Baru

Big data adalah sumber yang bisa memberi kamu wawasan dari hasil analisis pasar dan konsumen. Namun data ini tidak cuma berharga bagi kamu, tetapi juga pihak lain. Kamu bisa memberikan atau bahkan menjual data tren yang non-personal ke industri besar yang beroperasi di sektor yang kurang lebih sama. Tidak ada keraguan bahwa big data akan terus memainkan peran penting dalam berbagai industri di seluruh dunia. Big data bisa memberi jawaban yang inovatif bagi organisasi bisnis. Untuk bisa mendapatkan lebih banyak manfaat, penting untuk melatih karyawan tentang manajemen big data. Dengan pengelolaan big data yang benar, bisnis kamu akan menjadi lebih produktif dan efisien.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!