• Home
  • Tips
  • 11 Tips Copywriting Promo untuk Menarik Pelanggan

11 Tips Copywriting Promo untuk Menarik Pelanggan

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Copywriting adalah seni dan ilmu menulis kata-kata yang digunakan dalam halaman website, iklan, konten promosi dan yang lainnya dengan tujuan menjual produk atau jasa dan meyakinkan calon pelanggan untuk mengambil tindakan sesuai dengan goals yang dicapai.

Salah satu kunci sukses promo musiman adalah copywriting. Berikut ini 11 tips copywriting promo untuk campaign bisnis yang bisa kamu coba.

tips copywriting promo
Sumber: Freepik

Hindari Copywriting Klise

Temukan cara baru dan menarik untuk menyambungkan produk dan brand ketika promo musiman tiba tanpa meniru slogan dan kalimat yang sama. Buat copywriting brand sendiri untuk bersaing dengan copywriting yang biasa digunakan orang lain saat promo yang sama.

Ciptakan Urgensi

Moment promo musiman terjadi satu tahun sekali. Salah satu tips copywriting promo musiman terbaik yang bisa kamu coba adalah menciptakan rasa urgensi atau mendesak dalam strategi pemasarannya.

Kalau tidak, calon pelanggan akan menunda pembelian produk dan jasamu. Menciptakan kondisi mendesak bisa membuat calon pelanggan untuk segera melakukan pembelian karena takut waktu promo segera habis.

Gunakan Call to Action

Setelah kamu tahu kenapa kamu perlu membuat copywriting yang mendesak untuk promo musiman, lalu bagaimana kamu mengaplikasikannya?

Triknya adalah dengan menggunakan kata dan kalimat yang berisi call to action yang menciptakan rasa mendesak ketika calon pelanggan membacanya. Contoh kalimatnya bisa berupa:

  • Waktu terbatas
  • Beli sekarang
  • Penawaran eksklusif hari ini

Ulasan Pelanggan

Ulasan pelanggan adalah kunci. Penipuan online membuat banyak orang khawatir membeli produk secara online. Selain tips copywriting promo yang sudah dibahas sebelumnya, menambahkan ulasan pelanggan ke halaman produk akan membantu meyakinkan calon pelanggan.

Pahami Audiens

Baik itu musim liburan atau acara lainnya, kamu harus paham tentang audiens. Ketika kamu paham, tips copywriting promo lainnya tidak lagi menjadi masalah. Yang perlu kamu pahami:

  • Kenapa mereka membutuhkan produk kamu?
  • Kenapa mereka menginginkan produk kamu?
  • Kenapa mereka memilih brandmu?
  • Apakah kamu sudah menentukan demografi mereka?

Pertanyaan-pertanyaan di atas adalah awal untuk mau mengetahui keinginan dan informasi dasar audiens agar bisa menjadi pembeda antara campaign musiman yang berhasil terkonversi dan campaign yang gagal.

Gunakan Informasi yang Mudah

Salah satu tips copywriting promo terbaik adalah menghindari calon pelanggan kebingungan. Bayangkan ketika melihat iklan di timeline Facebook dengan copy yang panjang seperti paragraf atau iklan bergambar yang dipenuhi banyak teks.

Copywriting yang demikian akan membuat calon pelanggan tidak tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara mengetahui produkmu.

Jadi sebaiknya gunakan copywriting yang jelas dan mudah dimengerti oleh calon pelanggan agar mereka segera melakukan pembelian. Tuliskan poin-poin penting mengenai fitur dan manfaat produkmu secara singkat dan jelas.

tips copywriting promo
Sumber: Freepik

Tawarkan Berbagai Layanan Gratis

Menggunakan copywriting promo musiman dengan pengembalian mudah, tidak perlu perakitan produk, all size dan pengiriman gratis bisa kamu coba terapkan.

Menawarkan manfaat apapun kepada pelanggan akan membuat mereka puas. Layanan penukaran atau pengembalian uang yang mudah juga perlu dijelaskan agar calon pembeli merasa aman berbelanja di tokomu.

Tawarkan Voucher Hadiah atau Sertifikat

Tips copywriting promo selanjutnya adalah dengan menawarkan voucher diskon atau hadiah. Ketika pelanggan mendapat keuntungan menerima voucher diskon, kamu juga akan mendapatkan keuntungan saat mereka menukarkannya kembali.

Kemungkinan mereka akan membelanjakan lebih dari nilai nominal voucher. Begitupun kalau kamu mau mengadakan acara, kamu bisa menambahkan embel-embel mendapatkan sertifikat karena peserta akan mendapatkan sertifikat yang bisa mereka gunakan sebagai resume.

Percantik Website

Deskripsi produk yang kamu tulis harus mencerminkan produk aslinya, tetapi setiap halaman produk di website adalah halaman yang paling potensial dibuka oleh calon pelanggan.

Jangan hanya meletakkan brand value proposition di homepage, tetapi juga tampilkan di setiap produk, penelusuran, kategori dan halaman keranjang belanja.

Uji Error 404

Jangan sampai kehilangan pelanggan karena error 404. Tampilan error 404 biasanya karena halaman atau file yang diakses tidak dapat ditemukan, bisa karena masalah compatibility atau caching.

Error 404 ini bisa berdampak besar pada konversi pelanggan. Untuk antisipasi, kamu perlu menyiapkan copywriting yang ramah dan minta maaf untuk masalah error 404 atau halaman tidak ditemukan ini.

Ucapan Terima Kasih

Setelah pelanggan melakukan pembelian, jangan hanya mengarahkan pelanggan ke halaman terima kasih. Kamu bisa mengatakan sesuatu seperti meminta untuk tetap berhubungan melalui pendaftaran email atau media sosial.

Kamu juga bisa mengajak mereka untuk terus mencari rekomendasi produk, menawarkan kupon untuk pembelian selanjutnya dalam batas waktu tertentu, atau meminta mereka untuk memberikan nilai pengalaman selama berbelanja dengan survei singkat.

tips copywriting promo
Sumber: Freepik

Copywriting Sebaiknya Sesuai dengan Goals

Setelah mengetahui tips copywriting promo di atas, sekarang kamu bisa menentukan goals campaign agar bisa menyesuaikan dengan copywriting yang akan kamu gunakan. Goals champaign bisa berupa branding, awareness, penjualan dan goals lain sesuai promo bisnismu. Selamat mencoba!

Ratna Patria

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!