• Home
  • Berita
  • Pentingnya Testimoni Pelanggan untuk Bisnis Online

Pentingnya Testimoni Pelanggan untuk Bisnis Online

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Berkembangnya teknologi membuat menjamurnya toko online. Para pelaku bisnis mulai berpindah ke platform digital untuk mempromosikan bisnisnya. Tentu saja hal itu membuat persaingan sangat ketat, para pebisnis online berlomba-lomba melakukan berbagai macam promosi untuk menarik pelanggan.

Banyak sekali platform digital yang bisa kamu gunakan sebagai media promosi seperti website, media sosial, dan lainnya. Mungkin kamu sudah melakukan banyak promosi tapi penjualan kamu belum mencapai seperti apa yang kamu harapkan. Maka kamu perlu mencoba menampilkan testimoni dari pelanggan kamu.

Keuntungan Menggunakan Testimoni Pelanggan

Suatu transaksi pastilah berdasarkan rasa percaya dan saling membutuhkan. Menarik kepercayaan pelanggan pada bisnis online memang tidak mudah Hal itu terjadi karena banyak sekali penipuan yang terjadi pada bisnis online.

Penipuan yang terjadi pada bisnis online bisa terjadi karena semua transaksi dilakukan tanpa bertatap muka. Pernahkah kamu memperhatikan sebuah website atau toko online di sebuah platform e-commerce dilengkapi dengan testimoni dari orang-orang yang menggunakan produk tersebut.

testimoni pelanggan
Sumber: Pixabay

Seberapa berpengaruhnya testimoni pelanggan terhadap meningkatnya penjualan produk? Berikut 4 alasan mengapa kamu perlu menampilkan testimoni pelanggan kamu.

  • Meningkatkan kepercayaan

Testimoni dari pelanggan kamu dapat membantu menumbuhkan kepercayaan dari para calon pelanggan kamu. Semakin banyak testimoni yang kamu tampilkan maka peluang produk kamu untuk terjual semakin besar.

Untuk para pebisnis pemula, kamu bisa mulai meminta testimoni produk dari teman-teman terdekat atau keluarga kamu yang menggunakan produk kamu. Namun, kamu juga harus memperhatikan bila pelanggan kamu kecewa dan menuliskan testimoni yang tidak bagus. Hal itu bisa menurunkan kepercayaan calon pelanggan kamu.

Tapi sebaliknya testimoni-testimoni yang bagus dari pelanggan kamu dapat membuat penjualan produk kamu meningkat secara cepat. Maraknya penipuan yang terjadi pada penjualan online membuat para calon pelanggan lebih selektif dalam membeli barang dan hal yang pertama yang mereka lihat sebelum membeli adalah testimoni produk tersebut.

  • Mempercepat Transaksi

Kelebihan dari testimoni pelanggan tidak hanya untuk membuat reputasi bisnis kamu bagus dan kepercayaan terhadap usaha kamu meningkat. Memasang testimoni dari pelanggan juga dapat meningkatkan angka transaksi bisnis kamu. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi bisnis–bisnis yang baru dirintis.

  • Murah

Untuk para pebisnis pemula mungkin merasa berat jika harus mengeluarkan budget yang tidak sedikit untuk kepentingan promosi. Misalnya memasang iklan di platform-platform digital apalagi sampai harus membayar artis atau selebgram hanya untuk mempromosikannya.

Kamu tidak perlu pusing memikirkan budget karena cara ini tentu saja tidak membutuhkan uang. Dengan biaya murah bahkan gratis ini, kamu sudah bisa mempromosikan produk kamu. Kamu hanya perlu meminta testimoni dari para pelanggan-pelanggan kamu dan menampilkannya pada toko online kamu.

testimoni pelanggan
Sumber: Pixabay
  • Membangun Citra Positif

Ada banyak cara untuk membangun citra positif bisnis yang kamu jalan. Salah satunya dengan memasang testimoni dari pelanggan kamu. Tampilkanlah testimoni-testimoni yang menonjolkan keunggulan bisnis kamu misalkan, produk yang bagus, servis kamu yang memuaskan, pengiriman kamu yang cepat dan lain sebagainya.

Hal tersebut bisa menjadi bahan pendukung bagi semua pernyataan tentang keunggulan produk kamu. Saat ini para calon pelanggan cenderung lebih selektif untuk memilih produk baik barang maupun jasa. Jika citra positif kamu sudah terbangun dengan baik maka secara otomatis keuntungan kamu akan meningkat.

  • Testimoni Pelanggan Membantu Mengidentifikasi Customer

Sama seperti pembeli mencari sesuatu yang spesifik, bisnis kamu pun demikian. Menemukan siapa target audiens akan membantu kamu menghasilkan lebih banyak penjualan berkualitas tinggi. Tidak hanya itu, hal tersebut juga membantu membangun hubungan pelanggan yang tahan lama dan menumbuhkan bisnis yang berkelanjutan.

Gunakan testimoni pelanggan untuk membantu konsumen lain mengetahui siapa pelanggan ideal kamu. Hal tersebut juga akan membantu konsumen memahami bagaimana produk atau layanan kamu akan menguntungkan mereka secara khusus. Saat mereka mengidentifikasi dengan kualitas yang dapat dikaitkan, mereka akan lebih efektif membayangkan diri mereka puas dengan menggunakan produk kamu, dan kamu akan menikmati tingkat konversi yang lebih tinggi.

testimoni pelanggan
Sumber: Pixabay

Tingkatkan Konversi Melalui Testimoni Positif

Demikianlah beberapa alasan mengapa kamu perlu menampilkan testimoni produk kamu pada platform digital yang kamu gunakan untuk berjualan online baik itu di website ataupun pada platform e-commerce yang sudah ada.

Manfaat testimoni pelanggan ini juga memvalidasi pelanggan saat ini dan masa lalu, membantu pengikut terhubung lebih kuat dengan bisnis kamu saat mereka sejalan dengan audiens target.

Plus, dengan menarik pelanggan target kamu melalui testimoni pelanggan, kamu akan menunjukkan bahwa kamu selaras dengan pasar kamu, membuktikan bahwa kamu memahami mereka dan kebutuhan mereka.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!