SEO Matter: 5 Halaman Penting Pada Website7 min read

No ratings yet.

Halaman penting pada website adalah hal penting untuk meningkatkan ranking di mesin pencari. Situs web adalah tempat terbaik untuk membuat calon pelanggan terkesan. Meskipun konten yang bagus, sosial media dan iklan menarik perhatian calon pelanggan, namun pada akhirnya, situs web kamu yang menentukan keputusan akhir mereka akan membeli atau tidak. Ada beberapa hal dasar yang harus kamu pelajari dari berbagai situs, seperti bagaimana menerapkan desain yang menarik. Ketika membuka sebuah situs web, kamu juga akan membuka halaman lain dalam situs tersebut. Beberapa halaman dalam situs web bisa menjadi lebih penting dari halaman penting pada website lainnya. Seberapa penting memang harus dinilai dari tujuan masing-masing situs web. Pada umumnya, halaman yang bisa dikatakan penting adalah halaman yang:

  • Memiliki kemungkinan tertinggi untuk menarik traffic.
  • Memiliki tampilan yang kuat untuk user baru.
  • Memiliki peluang paling tinggi untuk mencapai konversi.
  • Memberikan peluang terbaik untuk menjual merek.
  • Memiliki bobot yang lebih signifikan daripada halaman lain.

Berdasarkan poin-poin di atas, tentukan paling tidak lima halaman yang lebih penting dari halaman lainnya, seperti:

  1. Halaman Home

Halaman Home atau beranda adalah yang paling jelas. Kamu mungkin juga sudah menyadari mengapa halaman Home menjadi yang paling penting. Halaman beranda adalah halaman penting pada website pertama yang akan dilihat oleh user. Jika halaman beranda kamu tidak kurang berkesan, engagement dengan user baru akan cepat berakhir. Halaman beranda juga sangat dianggap penting yang akan dipertimbangkan Google ketika memahami tujuan dan fungsi situs web kamu.
Kamu bisa menambahkan Headline yang kuat dan disertakan dengan desain visual yang menarik. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian user dan secara tidak langsung menyatakan tujuan dari situs web kamu. Sesuaikan semua elemen, karena halaman beranda adalah ruang yang relatif kecil. Lebih baik menggunakan desain yang minimalis daripada langsung membombardir user dengan desain yang terlalu mencolok.

  1. Halaman About

Setelah user memahami merek dan situs web kamu, About adalah halaman penting pada website selanjutnya yang akan mereka tuju jika mereka tertarik untuk mempelajari merek kamu. Pada halaman About, kamu bisa menjelaskan tentang kelebihan merek dan menjelaskan mengapa kamu adalah orang yang terpercaya dalam industri ini. Jika dilakukan dengan baik, kamu akan memberikan kesan yang positif pada calon pelanggan baru, bahkan bisa mengonversi lead secara langsung. Menjual produk pada halaman About termasuk dalam soft selling. Jadi lebih baik fokus pada apa yang membuat produk kamu lebih unik, tunjukan bahwa kamu sudah berpengalaman. Di halaman ini, kamu bisa menambahkan prestasi-prestasi yang pernah diraih. Dan yang paling penting, di halaman penting pada website ini kamu harus mencantumkan alasan mengapa user harus percaya pada produk yang kamu tawarkan.

halaman penting pada website

Sumber: Pixabay

  1. Halaman Contact

Ketika user membaca konten yang ada di situs web kamu dan tertarik dengan apa yang ditawarkan, tentunya mereka akan mencari halaman Kontak. Halaman Kontak sudah menjadi hal yang lumrah dan hampir selalu ada di setiap situs web. Jadi jika kamu melewatkan halaman yang satu ini, akan sangat disayangkan, karena kamu bisa kehilangan peluang untuk mengonversi. Setiap user yang membuka halaman Kontak, sudah tertarik untuk berbicara tentang bisnis. Maka halaman Kontak di situs web harus memudahkan mereka untuk menghubungimu. Tidak masalah kalau kamu hanya ingin fokus di satu bentuk kontak, namun tetap sertakan beberapa pilihan lain seperti email atau fax.

  1. Halaman Blog

Halaman Blog berfungsi untuk ‘memamerkan’ keahlian kamu di industri tersebut dan membantu calon pembeli untuk menentukan keputusan terakhir. Blog sebaiknya diperbarui secara teratur. Bisa satu minggu sekali atau dua kali. Usahakan setiap pos adalah tulisan yang bagus. Bertambahnya arsip postingan kamu, menjadi semakin penting karena akan menentukan peringkat di mesin pencari. Jadi jangan abaikan blog ya, DomaiNesians.

  1. Halaman Checkout

Halaman penting pada website ini adalah proses final, dimana pada akhirnya calon pelanggan menyelesaikan proses pembelian mereka. Kalau situs web kamu tidak ada platform e-commerce, temukan satu halaman yang memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai halaman final. Google memang tidak terlalu memperhitungkan halaman ini, namun pelanggan akan sangat peduli. Karena mereka sudah tertarik untuk membeli produk kamu, tugas selanjutnya adalah membuat proses pembelian mudah untuk diselesaikan. Desain yang apik, navigasi yang mudah, dan proses yang cepat adalah hal penting yang perlu diterapkan di halaman penting pada website ini.

Kelima halaman di atas memang penting, namun bukan berarti halaman lain tidak penting. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa pentingnya sebuah halaman dalam situs web tergantung pada tujuan dari situs web. Jadi lebih baik meluangkan waktu untuk mengoptimalkan semua halaman yang ada di situs web untuk mesin pencari, user experience, dan konversi. Jangan lupa untuk tetap melakukan penyesuaian. Penyesuaian yang berkelanjutan akan memberikan hasil yang lebih baik.

Mengapa Mengoptimalkan Setiap Halaman Adalah Hal Penting

Buat kamu yang punya pengalaman dengan SEO, pasti paham kalau itu adalah proses yang memakan banyak waktu. Penelitian, mengedit situs, membuat copywriting, dan membuat tautan. Menjadikan halaman ke peringkat pertama hasil search engine bukan hal yang mudah. Lalu apakah mengoptimalkan setiap halaman adalah sebuah keharusan? Mengapa demikian? Berikut adalah beberapa alasan, mengapa kamu harus mengoptimalkan setiap halaman di situs web.

  1. Optimasi termasuk memberikan pemahaman kepada search engine tentang halaman di situs web

Cara kerja mesin pencari tidak sama dengan pengunjung situs web. Pengunjung bisa mengenali halaman hanya dengan melihat secara visual. Sementara mesin pencari mengandalkan elemen teks dan HTML untuk menentukan topik di masing-masing halaman. Search engine akan mengindeks informasi dari setiap halaman penting pada website, lalu ketika ada pengguna yang mencari kata atau frasa tertentu, mesin pencari akan memberikan halaman yang paling relevan dalam database mereka.

Setiap mesin pencari, Google, Bing atau Yahoo memiliki algoritma sendiri untuk menentukan peringkat halaman. Jadi jika halaman di situs web kamu tidak memiliki informasi yang diperlukan untuk dipahami oleh mesin pencari, kamu akan sulit mendapatkan peringkat yang bisa dikatakan baik dalam hasil pencarian. Kalau kamu ingin menjangkau pelanggan yang potensial, mesin pencari harus bisa memahami situs web. Semakin banyak halaman yang dioptimalkan, semakin baik pula pemahaman yang didapat oleh mesin pencari. Semakin baik mesin pencari memahami situs web, semakin tinggi pula rangking situs kamu di hasil pencarian.

  1. Setiap halaman bisa mendapatkan ranking dari kata kunci yang berbeda

Masing-masing halaman di situs web akan bersaing dengan situs lain untuk memperebutkan peringkat terbaik, jika memiliki kata kunci yang berbeda-beda. Berarti, jika kamu punya 10 halaman yang berbeda di situs web, maka kamu memiliki potensi memberi peringkat untuk 10 pencarian yang berbeda. Untuk melakukannya, kamu harus mengoptimalkan setiap halaman dengan kata kunci yang berbeda-beda dan unik. Google hanya menampilkan satu halaman penting pada website dari situs manapun dalam menampilkan hasil pencariannya. Hal ini juga berarti jika kesepuluh halaman tadi memiliki kata kunci yang sama, maka mereka akan bersaing satu sama lain untuk memperebutkan ranking. Akan jauh lebih efektif untuk memberikan satu kata kunci pada satu halaman dan kata kunci lain untuk halaman lainnya.

halaman penting pada website

Sumber: Pixabay

  1. Kata kunci membantu pengunjung menemukan apa yang mereka cari

Ketika pelanggan potensial mulai mencari hal-hal yang mereka butuhkan, kemungkinan mereka akan menggunakan kata kunci umum yang terkait dengan produk dan layanan. Calon pelanggan akan meneliti berbagai pilihan yang ditawarkan dan bisa juga langsung melakukan pembelian saat itu juga. Namun yang sering terjadi adalah calon pelanggan akan meneliti terlebih dahulu, kemudian berpindah ke sesuatu yang lain. Jika tampilan situs web berkesan, mereka akan mengingat nama situs untuk dipelajari lebih lanjut. Pelanggan akan cenderung mencari nama perusahaan, ditambah dengan kata ‘harga’ ke mesin pencari. Konten yang memiliki kata kunci ini bisa dioptimalkan, supaya pelanggan bisa dengan mudah menemukan halaman yang relevan di situs kamu.

  1. Judul yang unik dan meta description bisa meningkatkan click-through rates (CTR)

Dua elemen yang paling mudah untuk dioptimalkan adalah tag judul dan meta description. Kedua elemen tersebut tidak memerlukan banyak karakter, cukup untuk memberikan pemahaman pada mesin pencari dan pengunjung tentang halaman tersebut. Menggunakan kata kunci dalam tag judul bisa membantu meningkatkan peringkat halaman situs web kamu lebih tinggi. Dan meskipun meta description tidak secara langsung mempengaruhi peringkat, ia bisa meningkatkan click-through rate. Click-through rate itu sendiri bisa menjadi sinyal positif untuk algoritma mesin pencari. Semakin banyak klik yang diperoleh, semakin tinggi pula peringkatnya.

Optimizing Do Matter!

Dari penjelasan diatas sudah jelas bukan, kalau optimasi halaman di situs web itu penting. Terutama di halaman-halaman yang kamu anggap penting, seperti Home, About, Contact, Blog, dan Checkout. Mengoptimalkan halaman situs web sama dengan mengoptimalkan penjualan produk dan layanan. Jadi, lebih baik meluangkan waktu untuk mengoptimalkan semua halaman yang ada di situs web untuk mesin pencari, user experience, dan konversi. Jangan lupa untuk tetap melakukan penyesuaian. Penyesuaian yang berkelanjutan akan memberikan hasil yang lebih baik.

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar