• Home
  • Berita
  • 20 Contoh Blog Pribadi Modern Inspiratif Untuk Berbagai Niche

20 Contoh Blog Pribadi Modern Inspiratif Untuk Berbagai Niche

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Kamu sedang cari contoh blog untuk sumber inspirasi, ya? Pasti karena kamu baru saja membuat blog? Atau kamu sudah punya blog lama dan mau membuatnya lebih segar dan modern?

Tenang, di artikel ini, kami akan membagikan contoh blog pribadi untuk berbagai niche yang bisa kamu pelajari. Mulai dari fashion, kuliner, teknologi, sampai travelling.

Dengan berbagai contoh blog yang menarik itu, nantinya kamu jadi punya ide untuk menata kembali desain atau mengubah tampilan blog kamu dengan baik.

Sudah tidak sabar untuk tahu contoh blog pribadi yang bagus? Yuk, baca sampai selesai.

Contoh Blog Pribadi yang Modern dan Inspiratif Untuk Berbagai Niche

Kami sudah merangkum contoh blog pribadi untuk pemula yang semoga bisa menginspirasi. Ini daftarnya:

1. Nomadic Matt

Kalau bicara contoh blog travelling, Nomadic Matt pasti jadi salah satunya.Coba deh mampir ke blog itu sendiri. Kamu akan langsung tahu kenapa Nomadic Matt jadi contoh blog pribadi yang menginspirasi para travel blogger.

Di blog ini, kamu bisa dapet tips keren tentang cara mengatur budget, cari tiket murah, sampai rekomendasi penginapan hemat. Semua ini bisa jadi ide kamu untuk membuat konten, kan?

Oh ya, Matt Kepnes yang ada di balik nama Nomadic Matt itu backpacker. Dia juga penulis buku panduan perjalanan yang terkenal, lho. Dia dianggap berhasil mengubah cara banyak orang berpikir tentang perjalanan hemat sebagai backpacker.

  • Yang bisa dipelajari dari contoh blog ini: informasi travelling yang lengkap, konten yang relevan dengan audiens, desain blog yang sederhana, nama domain yang unik.

2. Smitten Kitchen

  • Niche: Kuliner dan Resep Masakan
  • Dibangun dengan: WordPressSmitten Kitchen

Sedang cari contoh blog makanan sebagai inspirasi? Smitten Kitchen adalah salah satu rekomendasi terbaik. Belum masuk ke blognya saja, kamu akan sudah menemukan tagline unik “Fearless Cooking from a Tiny NYC Kitchen”.

Tak salah sih kamu menjadikannya contoh blog pribadi untuk pemula. Sebab, blog ini mengajarkan tentang kepercayaan diri untuk fokus pada memberikan kualitas konten terbaik di niche kuliner meskipun mengandalkan dapur kecil.

Itulah kenapa semua konten di dalam blog ini unik. Mulai dari pilihan resep yang dibagikan sampai gaya bahasa penyampaian yang benar-benar personal dan penuh percakapan.

  • Yang bisa dipelajari dari contoh blog ini: penggunaan storytelling yang akrab dalam berbagi resep, serta fokus konten yang mengedukasi dan membangun koneksi dengan pembaca.

3. The Sartorialist

  • Niche: Fotografi Fashion
  • Dibangun dengan: WordPressThe Sartorialist

Setelah mampir ke Smitten Kitchen dan lanjut ke The Sartorialist, kamu akan dapat pengalaman yang beda. Inilah contoh blog fashion yang membuat kamu terpesona dengan tampilan yang memanjakan mata.

Tapi, jangan salah sangka dulu, ya. Blog ini dibuat sama Scott Schuman, dan ia bukan desainer. Scott itu seorang fotografer. Dan The Sartorialist ini adalah contoh blog pribadi yang menggabungkan skill fotografi, keindahan fashion, dan kemampuan profesional menata online portofolio

Kalau kamu juga seorang fotografer, blog ini bisa jadi contoh blog keren yang fokus di satu niche dan jadi ahlinya.

  • Yang bisa dipelajari dari contoh blog ini: keberanian untuk memilih subniche yang sesuai dengan expertise, desain minimalis yang menonjolkan konten dengan baik,

4. Olivia Lazuardy Blog

  • Niche: Fashion dan Gaya Hidup
  • Dibangun dengan: WordPress

Kalau The Sartorialist sedikit mirip website portfolio, blog Olivia Lazuardy merupakan contoh blog pribadi tulen. Bukan cuma koleksi foto, kamu akan mendapatkan narasi teks di setiap postingan.

Fashion blogger asal Indonesia ini berhasil membuat sebuah contoh blog fashion yang layak dijadikan rujukan bagi pemula. Lihat saja bagaimana desain minimalisnya mampu membuat berbagai konten di blog menonjol.

Yang paling unik, kecerdikan untuk menempatkan tombol social sharing untuk memudahkan makin banyak orang tahu berbagai konten yang ia buat.

Kualitas foto yang baik membuat blog Olivia Lazuardy bisa jadi contoh blog pribadi yang menarik. Sayangnya blog tersebut sudah jarang diupdate dengan berbagai konten terbaru.

  • Yang bisa dipelajari dari contoh blog ini: kejelian menata konten agar menarik, konsistensi menampilkan foto berkualitas, dan penempatan social sharing button

 5. The Naked Traveler

The Naked Traveler

  • Niche: Travel
  • Dibangun dengan: WordPress

Wah, kalau ini sih tidak mungkin terlewat dari contoh blog pribadi yang menarik. The Naked Traveler merupakan blog yang fenomenal dan bahkan pernah diangkat dalam sebuah film.

Kenapa The Naked Traveler merupakan contoh blog travelling yang keren? Sosok Trinity bukan sekadar blogger yang keliling dunia dan berbagi foto. Ia berhasil menceritakan pengalamannya secara sangat apik di blog itu.

Kalau kamu mau tahu contoh blog pribadi yang bagus, rasanya The Naked Traveller harus jadi salah satunya. Apalagi kalau niche kamu masih seputar wisata dengan audiens di Indonesia, terutama para backpacker.

Secara desain, memang tak ada yang spesial. Sekadar tema minimalis yang fokus pada media foto dan cerita yang dibagikan. Tapi, sekali mampir ke blog ini, tentu akan terus ketagihan untuk kembali lagi dan membaca berbagai cerita seru Trinity lainnya.

  • Yang bisa dipelajari dari contoh blog ini: Kekuatan cerita dan pengalaman seru seputar traveling yang dibagikan.

6. Scary Mommy Blog

  • Niche: Parenting dan Lifestyle
  • Dibangun dengan: WordPressScary Mommy Blog

Mau contoh blog pribadi untuk niche parenting? Coba kunjungi Scary Mommy Blog. Kamu akan menemukan seseorang berbagi pengalaman parenting yang nyata, jujur, dan humoris.

Perlu contoh blog pribadi dengan konten yang menarik? Blog ini juga bisa menginspirasi. Berbagai topik mulai dari kehamilan, nutrisi anak, sampai isu parenting terkini dibahas tuntas dengan bahasa santai.

Yang paling menarik, desain website yang dinamis dan mudah dinavigasi membuat pengunjung dengan cepat menemukan topik yang relevan.

  • Yang bisa dipelajari dari contoh blog ini: Kemampuan bercerita yang santai tapi tetap informatif, desain yang modern dan navigasi yang ramah pengguna.

Beli Domain Murah

7. Edutopia

  • Niche: Pendidikan
  • Dibangun dengan: WordPressEdutopia

Niche blog yang tak pernah sepi itu pendidikan. Jadi, kalau kamu membangun blog pendidikan, itu merupakan langkah bagus. Tapi, apa contoh blog pendidikan yang baik? Edutopia bisa coba dikunjungi.

Blog ini bisa jadi sumber inspirasi atas semangat inovasi pendidikan. Kamu bisa mempelajari konten praktik yang dibuat, sampai cerita sukses yang dihadirkan. Meskipun contoh blog menarik ini bukan untuk ditiru keseluruhan, tapi cukup menjadi ide untuk membuat blog lebih baik.

Selain itu, kecepatan beradaptasi pada kebutuhan informasi pembaca patut diacungi jempol. Edutopia langsung punya kategori khusus “ChatGPT dan Generative AI” agar pembaca mereka selalu update dengan topik hangat tersebut.

  • Yang bisa dipelajari dari contoh blog ini: desain yang simple dan navigasi yang mudah, variasi konten dengan kategori yang up-to-date, informasi yang lengkap dan mendalam

8. The Blonde Abroad

  • Niche: Travel dan Gaya Hidup
  • Dibangun dengan: WordPressThe Blonde Abroad

Satu lagi contoh blog pribadi di niche travelling yang menarik buat kamu, The Blonde Abroad. Dari namanya sudah bisa ditebak kalau ini merupakan blog travelling dan lifestyle dari seorang wanita dengan destinasi berbagai tempat di dunia.

Memang benar. Kiersten Rich, seorang solo traveller, membuat blog ini dengan kontennya yang penuh warna, fotografi keren, informasi panduan perjalanan yang bermanfaat.

Pembaca akan dapat informasi seputar destinasi wisata, tips packing, saran fashion, dan juga tips kesehatan selama bepergian. Semua itu dibalut dengan desain ala kartu pos yang unik dan warna yang lembut.

  • Yang bisa dipelajari dari contoh blog ini: Desain ala kartu pos yang unik, fotografi yang menarik, topik konten yang lengkap dan praktis.

9. Creative Bloq

  • Niche: Desain, Seni, dan Kreativitas
  • Dibangun dengan: WordPressCreative Bloq

“Kak, ada ga contoh blog di dunia desain?” Tentu ada, dan salah satunya adalah Creative Bloq. Tenang, tidak ada typo, kok. Penulisannya memang “bloq”.

Kalau kamu memang seorang expert di bidang desain atau sekadar ingin berbagi pengalaman seputar desain kreatif, Creative Blog bisa jadi contoh blog pribadi kamu nantinya.

Dari blog itu, kamu bisa menggunakan sebagai lab desain untuk mencoba berbagai karya. Kamu bisa mendapatkan masukan dari komentar untuk perbaikan. Plus, kamu bisa mendapatkan inspirasi topik dari pengunjung yang suka topik desain tertentu.

Oh ya, jangan khawatir kalau desain website kamu sederhana bahkan minimalis. Selama kamu bisa menampilkan karya dengan baik, maka akan sejalan dengan tujuan kamu membuat blog.

  • Yang bisa dipelajari dari contoh blog ini: Desain yang sederhana, penataan kategori yang baik, konten yang informatif.

10. Pergi Dulu

  • Niche: Perjalanan dan Petualangan
  • Dibangun dengan: WordPressPergi Dulu

Mau tahu contoh blog pribadi yang bagus di niche travelling dari Indonesia lainnya? Pergi Dulu merupakan salah satu yang terkenal.

Blog ini adalah dibuat oleh pasangan Adam dan Susan. Mereka menceritakan keromantisan mereka dalam bingkai perjalanan seru ke berbagai tempat di Indonesia dan dunia. Tentunya, lengkap dengan berbagai tips perjalanan, dan berbagai panduan wisata lainnya.

Kamu bisa belajar bagaimana Pergi Dulu bisa mewujudkan sebuah blog yang menarik secara konsisten. Dan jawabannya adalah tagline blog mereka: We Love to Travel.

Berbeda dengan The Naked Traveller, Pergi Dulu merupakan contoh blog travelling yang desainnya lebih menarik. Archive blog dibuat fokus pada foto utama ibarat sebuah portofolio karya.

  • Yang bisa dipelajari dari contoh blog ini: kombinasikan kisah perjalanan pribadi yang unik, tips perjalanan yang lengkap dan desain yang fokus pada fotografi yang menawan.

11. Chiara Ferragni

  • Niche: Fashion dan Gaya Hidup
  • Dibangun dengan: WordPressChiara Ferragni

Kalau mau contoh blog pribadi yang berhasil membuat bloggernya punya pendapatan melimpah, The Blonde Salad harus masuk dalam daftarnya. Blog ini dimiliki oleh Chiara Ferragni, salah satu influencer fashion top dunia.

Sebelum lebih fokus ke media sosial seperti Instagram, The Blonde Salad merupakan andalan Chiara untuk meraih perhatian dunia fashion. Jadi, tak salah kalau kamu menjadikannya contoh blog fashion sebagai sumber inspirasi.

Nah, apa sih yang menarik? Apalagi kalau bukan desain blog yang khas blog fashion, terutama dengan warna dasar pink yang membuatnya terlihat lebih menarik. Soal isi konten jangan ditanya. Chiara membahas semua aspek fashion dan lifestyle dengan lengkap. Bahkan ulasannya cukup pribadi dan mendalam.

  • Yang bisa dipelajari dari contoh blog ini: blog cukup kuat untuk membangun personal branding sebagai expert dan influencer, pilihan topik blog dan desain yang ala fashion, makin memperkuat tujuan branding tadi.

12. The Dieline

  • Niche: Desain Kemasan
  • Dibangun dengan: WordPressThe Dieline

The Dieline adalah contoh blog yang bisa menginspirasi kamu untuk berani menjadi siapapun kamu sesuai skill yang kamu punya.

Blog ini tentang semua desain kemasan. Artinya, niche yang digeluti cukup sempit. Tapi, itu justru kunci kesuksesannya. Pembaca akan mendapatkan semua informasi tentang tapi desain grafis kemasan dan berbagai inovasi dan tren yang sedang berlangsung.

Kenapa ini bisa jadi contoh blog pribadi kamu?

The Dieline menunjukkan expertise mereka dalam menjelaskan sebuah desain yang terbukti bukan hanya tentang estetika tapi juga fungsi. Ini merupakan sebuah ide yang orang abang belum banyak tahu dan The Dieline menjelaskannya dengan sempurna.

  • Yang bisa dipelajari dari contoh blog ini: berani masuk ke niche spesifik sesuai keahlian, desain minimalis demi fokus pada konten dan topik yang lengkap di niche itu.

13. The Travel Junkie

  • Niche: Perjalanan dan Gaya Hidup
  • Dibangun dengan: WordPressThe Travel Junkie

Satu lagi contoh blog travelling yang menunjukkan sisi expertise dari pembuatnya, The Travel Junkie. Jangan salah, contoh blog pribadi ini bukan buatan blogger luar negeri, tapi milik Bowie, blogger asal Yogyakarta, Indonesia.

Secara desain, kamu mungkin ragu kalau ini bisa jadi contoh blog pribadi untuk pemula. Soalnya, desainnya cenderung umum Tapi kamu akan terkejut kalau tahu sudah banyak perusahaan yang bekerja sama dengan Travel Junkie. Mulai dari Toshiba, Garuda Indonesia, Oppo, Marriott dan lainnya.

Ini bisa menginspirasi kamu bahwa blog itu bukan hanya tentang desain tapi juga tentang konten yang dibuat dan kenyamanan pengunjung saat berada di dalamnya. Intinya, semua faktor blog perlu diperhatikan.

  • Yang bisa dipelajari dari contoh blog ini: adanya narasi yang memikat dan visual yang canti serta kedalaman pembahasan yang membuatnya unik dan bermanfaat.

14. Blog Mira Sahid

Blog Mira Sahid

  • Niche: Gaya Hidup, Parenting, dan Inspirasi
  • Dibangun dengan: WordPress

Mari lanjut lagi dengan contoh blog pribadi dari blogger Indonesia. Di niche life style, nama Mira Sahid tentu menjadi salah satu sumber inspirasi para blogger. Dan itu tidak salah, karena blog Mira Sahid merupakan contoh blog pribadi untuk pemula yang menarik.

Siapa dia? Mira merupakan pendiri Komunitas Blogger Perempuan. Di blog tersebut, Mira tidak hanya membagikan konten seputar perjalanan hidupnya sebagai ibu, tetapi juga berbagai insight mengenai kesehatan mental, keberanian menghadapi dunia, dan motivasi.

Kalau kamu sedang membangun blog di niche parenting atau gaya hidup umum, kamu bisa mengunjungi blog ini. Kamu bisa dapat ide topik apa saja yang bisa dibahas untuk blog kamu nantinya.

  • Yang bisa dipelajari dari contoh blog ini: topik yang sangat relevan dengan dunia Parenting, kategori konten yang baik, gaya komunikasi personal yang bagus

15. Blog Aleyda Solis

  • Niche: SEO dan Pemasaran Digital
  • Dibangun dengan: WordPressBlog Aleyda Solis

Tak selamanya perempuan dikenal dengan niche parenting, fashion dan lifestyle. Aleyda Solis contohnya. Sebagai praktisi SEO, Aleyda membuat blog yang cukup informatif membahas semua hal tentang dunia SEO dan digital marketing.

Blog Aleyda Solis merupakan contoh blog pribadi yang mampu menunjukkan bagaimana seorang ahli SEO dengan reputasi global berbagi expertise. Bahkan, inilah contoh blog menarik yang bisa mendokumentasikan perjalanan profesional seseorang. Artinya, blog bukan selalu untuk hal yang santai.

Penaatan konten di blog juga bisa dibilang sederhana. Ini karena pengunjung blog tentu akan lebih fokus pada konten yang dimuat. Maka inilah contoh blog yang memikirkan target audiens dalam pengembangan blog-nya.

  • Yang bisa dipelajari dari contoh blog ini: penggunaan blog untuk dokumentasi perjalanan profesional, konten mendalam tentang bidang yang dikuasai tersaji baik, fokus pada konten sesuai target audiens-nya

16. AnakJajan

  • Niche: Kuliner dan Perjalanan
  • Dibangun dengan: WordPressAnakJajan

Kalau harus menyebut contoh blog makanan yang dikenal di Indonesia, AnakJajan akan menjadi salah satunya. Blog ini termasuk salah satu pelopor blog travel dan kuliner yang menunjukkan kekayaan budaya Indonesia.

Blog ini dibangun oleh Julia dan Marius. Keduanya cukup konsisten dalam niche blog makanan dan sempat jadi nominasi blogger awards di 2016. Tentu berkat konten yang menarik dan komitmennya membantu dunia blog di Indonesia kian maju.

Yang layak diperhatikan dari AnakJajan sebagai contoh blog pribadi adalah gaya penuturan yang santai. Kamu jadi merasa mendapatkan sebuah review makanan dan tempat wisata yang jujur dari seorang traveller. Itupun masih ditambah dengan kualitas foto yang cukup bagus.

  • Yang bisa dipelajari dari contoh blog ini: konsistensi pembuatan konten blog, standar kualitas foto yang baik, gaya penuturan yang santai.

17. Sonia Eryka Blog

  • Niche: Fashion, Travel
  • Dibangun dengan: WordPressSonia Eryka Blog

Blog Sonia Eryka adalah contoh blog pribadi yang modern dan unik. Bukan hanya dari sisi konten, tapi penataan kategori yang cukup simple sehingga mudah dipahami. Pengunjung bisa langsung memilih apakah ingin masuk ke blog fashion atau travel.

Kedua kategori itu sebenarnya masih berkutat ke dunia fashion, tapi perbedaan ini menunjukkan bahwa Sonia Eryka paham bahwa fokus konten bisa memudahkan pengunjung blog eksplorasi lebih jauh.

Yang cukup unik lainnya adalah meskipun merupakan musisi, ia tidak mencampurkan topik berbeda itu di dalam blognya. Sebuah strategi yang cukup baik untuk fokus pada satu niche dengan target audiens tertentu.

  • Yang bisa dipelajari dari contoh blog ini: konten unik yang menunjukkan expertise, fokus pada niche di satu blog, penataan kategori yang memudahkan pengunjung

18. Discover Your Indonesia

  • Niche: Wisata Indonesia
  • Dibangun dengan: WordPressDiscover Your Indonesia

Bicara contoh blog pribadi di niche travelling seperti tak ada habisnya. Dan, Discover Your Indonesia jadi salah satu blog travel yang jadi bagian daftar kami. Blog ini disusun oleh Firsta, seorang pemandu wisata yang ingin pesona wisata Indonesia makin dikenal luas.

Benar saja. Discover Your Indonesia jadi contoh blog travel yang cukup unik membahas bukan hanya kecantikan alam tapi juga keragaman budaya dari Sabang hingga Merauke.

Beda dengan blog travel lain, Firsta cukup jauh masuk ke aspek sosial dan lingkungan yang menjadi bagian utama blog itu. Keunikan ini yang layak kamu jadikan contoh blog pribadi yang menarik.

  • Yang bisa dipelajari dari contoh blog ini: blog hero dan header yang menjelaskan blog dengan sekali lihat, penataan kategori lokasi wisata yang intuitif, sematan konten media sosial yang baik.

19. The Mom Edit

  • Niche: Gaya Hidup
  • Dibangun dengan: WordPressThe Mom Edit

Blog kamu bukan cuma tentang parenting tapi masih ada hubungannya dengan gaya hidup ibu rumah tangga modern? Coba deh lihat The Mom Edit sebagai contoh blog pribadi yang bisa membuat kamu terinspirasi.

Niche-nya memang unik, seorang ibu harus bisa mengurus rumah tapi juga tetap menjalani kehidupan sosial yang seru. Nah, The Mom Edit berhasil jadi contoh blog yang isinya penuh dengan info bermanfaat dari sudut pandang pribadi seorang ibu.

Shana Draugelis terkenal karena tulisannya tentang tips mode yang praktis dan gampang dimengerti. Bahkan, tips-tips yang dia bagikan bisa langsung dicontek sama pembaca. Tentu, sesuai dengan fase kehidupan rumah tangga mereka.

  • Yang bisa dipelajari dari contoh blog ini: kejelian merancang konten yang relevan dengan tantangan kesibukan ibu masa kini dan desain minimalis untuk lebih fokus pada konten dan rekomendasi produk

20. Blog Neil Patel

  • Niche: Digital Marketing dan SEO
  • Dibangun dengan: WordPressBlog Neil Patel

Di dunia digital marketing, ada satu contoh blog pribadi yang terkenal, yaitu blog milik Neil Patel. Awalnya, Neil cuma mau berbagi pengalaman dan menunjukkan keahliannya, tapi siapa sangka blognya jadi cikal bakal bisnis agensi yang dia punya.

Nah, apa sih yang yang menarik dari contoh blog pribadi untuk pemula ini? Pertama, Neil Patel konsisten untuk terus membuat konten. Padahal sekarang sedang tren media sosial. Tapi, dia tetap pakai blog sebagai kendaraan utamanya. Ini bisa jadi inspirasi buat blogger pemula.

Bukan cuma itu, blognya Neil Patel juga contoh blog menarik karena dia suka bahas topik yang kreatif. Bahkan, dia sering riset sendiri dan sharing eksperimen. Itu semua membuat blog pribadi jadi contoh blog menarik.

  • Yang bisa dipelajari dari contoh blog ini: konsistensi dalam mengelola konten blog, topik kreatif, riset yang sesuai tren terbaru, bukti yang menunjukkan expertise blogger tersebut.

Tips Membuat Blog Tampil Lebih Modern

Setelah tahu contoh blog pribadi yang menarik, inilah tips membuat blog tampil lebih modern:

  • Fokus pada Niche.  Dengan tetap fokus pada niche akan lebih mudah untuk menunjukkan identitas online kamu sebagai blogger. Tapi, jangan ragu menjelajahi topik terkini dan perspektif unik di niche itu.
  • Tambahkan Multimedia. Fokus ke teks sebagai informasi utama itu penting. Tapi, gunakan juga video, infografis, podcast, dan ilustrasi untuk melengkapi tulisan kamu.
  • Mudahkan Interaksi. Gabungkan platform blog yang memudahkan kamu berinteraksi dengan pengunjung seperti komentar, kuis atau polling.
  • Gunakan Tema Modern. Kalau dirasa tema sudah tidak sesuai minat audiens, tak ada salahnya melakukan pergantian dengan tema lebih modern. Pilihlah yang minimalis atau unik, baik yang gratis atau berbayar.
  • Tunjukkan Personal Branding. Di awal, pengunjung mungkin berkunjung ke blog karena kontennya. Tapi, dengan personal branding yang kuat, mereka akan datang ke blog karena blogger di belakangnya.
  • Selalu Gunakan Gambar Berkualitas Baik. Apapun niche yang kamu geluti, gambar yang baik di blog akan menunjukkan profesionalitas. Jadi, selalu gunakan foto berkualitas di blog tersebut. Akan lebih baik kalau merupakan foto yang diambil sendiri.
  • Pastikan Blog Ramah Perangkat Mobile. Makin banyaknya pengunjung yang mengakses blog lewat ponsel membuat kamu perlu memastikan tema blog ramah pengguna mobile.

Jadi, Contoh Blog Pribadi Mana Pilihan Kamu?

Wah, banyak juga ya contoh blog pribadi yang sudah kamu lihat? Sudah mendapat inspirasi untuk membuat blog kamu jadi lebih menarik dan modern?

Tak perlu buru-buru. Kamu bisa memikirkannya dengan lebih matang. Yang penting, pastikan blog yang kamu buat bisa sesuai dengan tujuan awalnya, ya. Jangan lupa fokus pada kekuatan kamu sebagai blogger, misalnya dari sisi konten, penataan desain atau lainnya.

Oh ya yang tak kalah penting, pastikan kalau domain yang kamu pakai sesuai dengan blog itu. Coba liat Nomadic Matt atau Anak Jajan, contoh blog dengan nama bagus, bukan?

Nah, kalau kebetulan domain yang kamu inginkan sudah tidak tersedia, coba deh kamu cek ekstensi domain XYZ. Biasanya, ekstensi domain ini belum banyak dipakai, jadi sekaligus menambah keunikan blog kamu, lho.

Bagaimana, sudah siap untuk membuat blog kamu makin unik dan keren dengan contoh blog di atas?

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds